Warung Sembako Sepi Karena Banyak Usaha Baru?Ini Solusinya

Usaha Warung Sembako Sepi Pembeli?

Banyak keluhan pemilik usaha warung sembako yang terus mengalami penurunan omset jualan mereka lantaran banyaknya usaha baru serupa di sekitarnya.

Tentu ini berdampak pada nilai keuntungan yang kian merosot bahkan bisa mengancam kelangsungan usaha jika keadaan terus berlarut-larut.

Apa saja yang harus diperbuat agar usaha tetap berjalan dan mulai mampu mengembalikan omset penjualan bahkan meningkatkanya?

Simak terus tips berikut ini.

Tingkatkan Mutu Layanan

Dulu ketika belum banyak usaha sembako sejenis di daerah sekitar mungkin saja usaha sembako Anda tetap ramai pembeli meskipun pelayanan yang Anda berikan tidak terlalu menjadi prioritas.

Namun seiring berjalanya waktu dimana mulai banyak bermunculan pesaing baru, maka pelayaan yang terbaik adalah salah satu cara untuk menjaga pelanggan tetap setia dan tidak berpindah ke warung sebelah.

Rasa nyaman dan suasana akrab merupakan ciri khas pelayanan warung sembako yang akan semakin mempererat hubungan antara pemilik warung dan pelanggan Anda.

Cara berbicara yag baik dan menyenangkan akan membuat orang yang berbelanja makin betah dan enggan untuk berpaling.

Peningkatan kualitas layanan juga harus diiringi dengan konsistensi menjaga usaha Anda setiap saat.

Jangan biarkan pembeli menunggu dan memanggil Anda sebagai pemilik usaha lantaran warung sembako sering ditinggal untuk keperluan lain, bahkan meskipun warung sembako sepi sekalipun.

Jika memang Anda kesulitan untuk konsisten karena banyak pekerjaan rumah yang tidak bisa ditinggalkan maka wajib bagi Anda untuk mencari orang sebagai pengganti untuk menjaga warung, bisa saja saudara atau Anak atau orang yang Anda percaya.

Lengkapi Produk Jualan

Semakin lengkap produk jualan yang Anda jual maka ini akan semakin menarik pelanggan lebih memilih usaha warung sembako Anda, dibandingkan warung lain.

Mungkin kendala masalah ini adalah ketika modal Anda pas-pasan, namun jika Anda yakin permasalahan utama warung sepi dan kalah persaingan adalah kelengkapam produk jualan maka menambah dana dengan menjual aset pribadi pasif yang kurang bermanfaat bisa untuk dipertimbangkan.

Lengkapi produk dengan bermacam item yang paling banyak dibutuhkan dahulu dan kurangi jumlah per item, sebaiknya sedikit barang jualan tapi dengan variasi produk yang makin lengkap.

Tarik Produk Kadaluarsa

Banyak pemilik warung yang abai dengan permaslahan ini entah karena lalai atau lupa atau bahkan sayang selagi masih bisa dijual.

Apapun alasanya produk kadaluarsa harus secepatnya disingkirkan apalagi jika produk tertentu yang mudah berjamur, maka segera singkirkan dan ganti dengan produk yang masih layak jual.

Survei Harga dengan Pesaing

Selisih sedikit saja harga jualan Anda dengan pesaing maka bersiaplah untuk mulai ditinggalkan pelangan.

Inilah kenapa Anda selalu harus memberikan harga terbaik dibandingkan pesaing lainya.

Jika Anda kesulitan menurunkan harga jual karena alasan keuntungan yang sudah sangat minim maka setidaknya berilah harga yang sama dengan usaha sejenis di sekitar Anda.

Kenyamanan dan Kebersihan

Jika selama ini warung terkesan berantakan dan acak-acakan dan kotor maka sekarang saatnya menata ulang dengan memberi tampilan yang lebih fresh.

Jaga tampilan warung sebaik mungkin dari segi kebersihan hingga penataan yang baik, pelajari cara menata warung sembako yang baik sesuai dengan model dan ketersedian ruangan Anda agar terasa lebih nyaman bagi pembeli dalam berbelanja.

Jika diperlukan ubah warna cat atau setidaknya cat ulang jika dirasa cat sudah terlalu berumur dan tidak menarik lagi.

Bersihkan barang dagangan dari debu yang menempel rutin setiap hari agar tampak menarik dan membuat pembeli tidak risih dengan barang yang Anda jual.

Fasilitas Tambahan

Bukan hanya di minimarket modern, usaha warung sembako kecilpun dapat memberikan fasilitas tambahan guna menarik lebih banyak lagi pembeli.

Fasilitas ini dapat berupa tempat duduk dan meja santai di depan atau disamping warung yang teduh, menempatkan tv untuk menayangkan siaran menarik dan bisa juga menambahkan free wifi jika memungkinkan.

Tambah Bisnis Pendamping

Jika semua langkah diatas sudah dilakukan dengan baik maka selanjutnya optimalkan usaha warung sembako dengan bisnis pendamping yang masih relevan dengan usaha Anda.

Bisnis pendamping bisa saja hanya dijadikan penambah agar lebih banyak orang ramai datang ke tempat usaha sembako Anda namun juga bisa dijadikan bisnis tambahan yang akan lebih menguntungkan.

Sesuaikan jenis bisnis pendamping ini dengan kondisi keuangan dan potensi ke depan yang paling baik.

Bisnis tersebut bisa seperti:

Semakin lengkap bisnis pendamping ini maka akan semakin lebih banyak menarik pelanggan untuk berkunjung ke usaha warung sembako milik Anda.

Namun Anda juga harus tetap logis dengan menerapkan bisnis tambahan agar lancar sesuai rencana.

Bisnis tambahan harus disesuaikan dengan pangsa pasar yang ada jangan berlebihan yang justru bisa berakibat kerugian karena jualan bisnis pendamping tidak laku.

Lakukan ke semua langkah diatas secara konsisten maka usaha pesaing akan kesulitan untuk mendapatkan pelanggan Anda, bahkan cepat atau lambat pelanggan  baru akan berdatangan ke usaha warung sembako Anda.

Dan warung sembako sepi milik Anda hanya akan menjadi cerita masa lalu.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright© Hinyong 2020
Tentang Hinyong| Hubungi Hinyong| Privacy Policy|Disclaimer|Terms Of Services|Sitemap