Usaha Warung Makan Sederhana Modal Kecil

by :

Apakah anda ingin membuka usaha warung makan sederhana namun bingung bagaimana cara memulainya?

Yuk,sama-sama kita pelajari tentang bagaimana agar mendirikan warung sederhana dengan modal kecil sukses sesuai harapan.

Kenapa Usaha Warung makan Sangat Potensial?

Ini beberapa alasan kenapa warung seserhana memililiki prospek yang sangat baik.

1.Daya Beli Masyarakat

Warung sederhana sangat identik dengan layanan makanan dengan harga yang murah, karenanya usaha ini memiliki potensi yang sangat besar apalagi kita tahu kemampuan daya beli masyarakat kita sebagian besar masih dalam kategori menengah kebawah karenana untuk makanan dengan harga murah meriah memiliki jangkauan konsumen yang sangat besar.

Tidak hanya dilingkungan kota kecil di kota-kota besar seperti Jakarta sekalipun usaha ini masih sangat prospektif.

Kita hanya perlu menerapkan strategi yang tepat agar usaha ini bisa sukses, seperti penentuan lokasi, menu masakan dan sebagainya yang akan kita dibahas nanti dibawah.

2.Bisa Dijalankan Dengan Modal Minim.

Membuka warung makan sederhana bisa dengan modal minim tidak seperti membuka restoran yang mumbutuhkan modal yang cukup besar.

Warung makan sederhana juga bisa didirikan di depan rumah apabila rumah anda di pinggir jalan.

Jika mengharuskan menyewa tempat usaha sekalipun tidak diperlukan tempat yang luas dan megah.

Cukup menyewa kios sederhana yang tentu harga sewanya jauh lebih murah dibandingkan pada usaha restoran misalnya.

Persiapan Membuka Usaha Warung Makan Sederhana

Lalu saja yang perlu dipersiapkan untuk membangun usaha warung makan sederhana?Berikut langkah demi langkah yang perlu dipelajari.

1.Menentukan Modal Usaha Warung Makan

Setiap membuka usaha sekecil apa pun kita harus menenentukan modal yang akan kita gunakan.

Merinci secara detail perkiraan anggaran yang akan dipergunakan dalam upaya membangun sebuah usaha merupakan langkah awal yang tepat.

Rinci secara mendalam dari anggaran sewa kios, pembelian peralatan, modal belanja harian pemakain listrik, kompor gas hingga biaya operasional seperti gaji karyawan dan seterusnya.

Tidak perlu bingung dengan sistim manajen, untuk sebuah usaha warung sederhana cukup menggunakan catatan di buku tulis yang tersusun rapih sehingga mudah dipahami untuk merinci ulang dinkemudian hari.

Ingat, modal usaha harus realistis jangan terlalu dikecilkan namun jangan juga terlalu dibesar-besarkan.

Cantumkanlah modal-modal anggaran dengan seakurat mungkin kemudian ditambah beberapa persen sebagai dana cadangan.

Setelah berhasil menganalisa perkiraan anggaran selanjutnya adalah mencari sumber dana tersebut.

Jika anda sebelumnya sudah memiliki anggaran yang telah dipersiapkan dan dana tersebut mencukupi maka abaikan langkah ini.

Namun bagi anda yang masih kekurangan modal usaha atau bahkan sama sekali belum memiliki anggaran, sekarang saatnya mencari jalan agar dapat mencukupi pendanaan yang akan direncanakan.

Modal usaha bisa dicari dengan cara mengumpulkan sebagaian pendapatan anda saat ini, apakah dari gaji atau dari keuntungan bisnis jika anda seorang pebisnis.

Fokuslah pada sasaran tujuan pengumpulan dana sehingga kita lebih disiplin dalam mengumpulkan uang anggaran tersebut.

Bisa saja dana baru terkumpul dalam 1 tahun, mungkin hanya lima bulan saja sesuaikan target pencapaian modal sebaik mungkin.

  • Jika menghendaki mendapatkan modal cepat kita juga bisa memanfaatkan properti yang kita memiliki yang kurang maksimal dalam memanfaatkanya dengan harga jual tinggi untuk mendapatkan modal, contohnya menjual mobil angkutan anda yang kurang berpotensi dalam menghasilkan keuntungan atau bisa juga menjual perhiasan anda untuk mewujudkan usaha tersebut.

2.Menentukan Lokasi Warung Makan

Seperti usaha-usaha yang melibatkan konsumen secara langsung, lokasi usaha yang tepat merupakan salah satu kunci awal dalam mencapai kesuksesan.

Memilih lokasi merupakan hal gampang namun juga kadang meropotkan.

Kadang kita menemukan lokasi yang cocok namun ternyata harga sewa kios tersebut sangat tinggi.

Sebaliknya ketika ada tawaran kios sewa dengan harga murah namun lokasinya kurang strategis.

Lokasi yang strategis secara teori akan lebih memudahkan kita dalam menjaring pelanggan baru apalagi jika kita baru saja mau mengawali sebuah usaha.

Harga sewa yang jauh lebih mahal adalah konsekuensi yang harus dihadapi ketika memilih lokasi strategis yang akan kita incar.

Namun begitu tidak semua lokasi yang memiliki harga sewa mahal tersebut adalah lokasi strategis, karena lokasi-lokasi di daerah pemukiman elit saya yakin memiki harga sewa sebuah kios yang sangat mahal namun apakah lokasi elit seperti ini cocok untuk usaha warung makan sederhana?

Kita harus bisa menganalisa lokasi yang tepat dan strategis jika memungkinkan carilah yang harga sewanya murah.

Kalaupun tidak ditemukan sewa yang murah maka kita harus sangat hati-hati sewa yang mahal tidak menjadi masalah selama prospeknya sangat menjanjikan.

Apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi untuk membangun warung makan sederhana ini?

Pertimbangan Dalam Memilih Lokasi Usaha Warung Makan Sederhana

1.Kawasan Pabrik

Didaerah industri yang banyak sekali menampung karyawan merupakan lokasi yang tepat untuk dijadikan lokasi di area tersebut.

2.Terminal Angkutan Umum

Dikota-kota kecil di Indonesia terminal dan area sekitarnya merupakan lokasi yang cukup strategis untuk dijadikan lokasi warung makan sederhana.

Banyaknya masyarakat yang hiruk-pikuk di area tersebut akan memancing mereka masuk ke warung untuk makan pagi atau siang bahkan malam jika aktivitas terminal hingga larut.

3.Lokasi Wisata

Lokasi wisata bisa dijadikan lokasi warung makan sederhana jika tempat tersebut selalu ramai dari hari kehari.

Banyak para wisatawan yang enggan membawa bekal saat pergi berwisata.

Ini adalah peluang baik sehingga jika kita tinggal di dekat tempat wisata yang selalu ramai akan memiliki potensi menarik jika mendirikan warung makan disana.

Namun begitu tidak semua tempat wisata merupakan lokasi ideal, ada banyak sekali tempat wisata yang ramainya hanya di hari-hari besar saja seperti hari raya lebaran.

Sementara pada hari biasa cenderung sepi.

Tentu lokasi wisata seperti kurang strategis apalagi jika harga sewa tempat disana mahal maka sebaiknya carilah lokasi lain yang lebih baik.

4.Dipusat Keramaian Kota

Dikota-kota kecil hingga besar semua memiliki kesibukan yang padat sepanjang hari.

Pusat kota ini tidak melulu harus di daerah besar seperti Jakarta, kota kabupaten, kecamatan juga merupakan pusat kota yang cukup strategis untuk mendirikan warung makan.

Memang harga sewa tempat kios untuk mendirikan usaha ini sangat mahal.

Namun jika anda menemukan sebuah lokasi yang tepat sewa kios yang mahal akan terbayarkan karena potensi pengunjung jauh lebih besar.

5.Di Tepi Jalan Utama

Jika pusat kota masih terlalu mahal karena keterbatasan dana untuk menyewa kios di situ maka cobalah mencari lokasi yang strategis di tepi jalan utama daerah anda.

Jalan utama yang penuh dengan lalu lalang kendaraan bisa menjadi tempat strategis jika pandai menganalisa daerah tersebut.

Ingat, tidak semua lokasi di tepi jalan utama merupakan tempat ideal.

Kita mesti pandai mencari tempat yang pas agar usaha kita nantinya tidak terlalu berlarut-larut sepi.

Cobalah mencari kios di jalan utama yang posisinya bersebelahan dengan pom bensin, bersebelahan dengan bngkel motor yang ramai pengunjung, bersebelahan dengan warung sembako atau berjejer diantara para pedagang makanan lain seperti bakso, soto dan banyak lagi dimana banyak orang menjadikan tempat tersebut sebagai pusat makanan di daerah kita.

Masih banyak tempat lain yang strategis dan uraian diatas hanyalah contoh yang bisa saja dijadikan referensi.

3.Menyiapkan Daftar Menu Yang Akan Di Sajikan

Daftar menu makanan warung sederhana sangat beragam, lantas menu apa yang paling cocok dan menguntungkan untuk dijadikan menu ketika memulai usaha nantinya?

Jawabanya sangat relatif tergantung akan seperti apa warung tersebut.

Apakah ingin memulai warung sederhana dengan menu masakan padang, menu masakan warteg atau justru ingin membuka menu makanan model prasmanan atau pembeli mengambil sendiri makanan yang di sajikan?

Atau bisa jadi kita akan membuka warung sederhana dengan menu khusus misalnya hanya menyajikan menu ayam goreng sambel istimewa atau sate dan gulai kambing spesial.

Untuk memastikan jenis dan cara penyajian yang sesuai jangan sungkan untuk menggali informasi tentang usaha sejenis yang ada di daerah dimana kita akan membangun usaha tersebut.

Kenali juga calon konsumen yang akan anda bidik.

Sebagai contoh jika anda menyasar konsumen para pekerja atau karyawan mungkin menyajikan warung sederhana dengan menu warteg atau masakan padang akan sesuai sebagai menu harian yang sudah terjamin kelangsungan usahanya.

Disamping harganya yang terjangkau konsumen juga lebih memilih menu tersebut sebagai makanan harian yang pas dan ramah kantong keuangan.

Namun jika warung kita nantinya akan beroperasi dipusat keramaian dan beroperasi pada jam sore hingga malam hari maka usaha warung sederhana dengan menu khusus seperti sate dan gulai kambing bisa anda pertimbangkan.

Ketika anda sudah yakin menu dan cara penyajian warung maka selanjutnya adalah melakukan ujicoba dengan masakan-masakan yang akan dijadikan usaha kita.

Makanan yang enak dan lezat menurut anda barangkali tidak enak menurut orang lain.

Kita boleh percaya diri dengan keahlian memasak yang kita kuasai namun begitu tidak semua orang akan setuju dan mengakui jika makanan tersebut adalah yang terbaik.

Memang kita tidak mungkin memuaskan selera lidah semua orang karena selera masing-masing individu pasti berbeda-beda.

Nah tujuan membuat ujicoba menu masakan dan kemudian membagikan kepada saudara, keluarga untuk mencoba masakan tersebut adalah untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan mendapatkan resep yang pas dan sesuai dengan selera pengunjung nantinya.

Mungkin tidak semua orang yang telah mencoba masakan tersebut mengatakan enak, namun jika ada delapan dari sepuluh orang yang mencoba masakan kita menyatakan sajian tersebut lezat maka ini sudah lebih dari cukup sebagai standar resep yang akan disajikan.

Ketika melakukan ujicoba masakan jangan lupa juga membandingkan masakan sejenis pada usaha warung yang ada di daerah kita yang saat itu paling laris dan terkenal paling enak.

Lakukan ujicoba hingga menghasilkan menu yang bisa bersaing dengan masakan sejenis yang paling laris dikota atau daerah anda.

Lantas bagaimana jika kita sudah menemukan konsep warung serta menu namun tidak tahu cara memasak yang tepat?

Menghadapi solusi seperti itu jalan paling mudah adalah mencari karyawan sebagai juru masak anda.

Pada zaman sekrang ini tidak terlalu sulit mencari karyawan sesuai keinginan, kita bisa memanfaatkan media sosial sebagai ajang untuk mencarinya.

Posting di grup-grup facebook lokal didaerah anda untuk mendapatkan karyawan sesuai kriteria.

Atau jika kita yakin mempunyai kenalan entah saudara sendiri atau teman yang memenuhi kriteria maka menawarkan atau meminta bantuan mereka untuk mencarikan karyawan juga merupakan perkara yang tidak terlalu sulit.

Ketika kita sudah mendapatkan karyawan yang ideal sesuai pilihan maka banyaklah belajar dari mereka, karena tidak selamanya seorang karyawan akan terus betah bekerja bersama kita.

Dengan mempelajari keahlianya setidaknya kita sudah siap kapanpun ketika karyawan mengundurkan diri dari pekerjaanya.

4.Persiapan Peralatan Warung Makan

Setelah mendapatkan lokasi usaha, sudah yakin dengan menu masakan yang akan jadi menu jualan maka saatnya mempersiapkan peralatan warung.

Bingung apa saja peralatan warung sederhana yang akan digunakan?

Kita bisa bertanya dan belajar dari karyawan yang telah kita rekrut untuk merinci apa saja yang harus dipersiapkan.

Karena itu carilah karyawan yang benar-benar berpengalaman dibidang yang sama sebelumnya.

Atau jika kita memiliki kaean atau saudara yang juga memiliki bisnis serupa maka tidak ada salahnya untuk belajar dari mereka.

Bukan saja alat apa saja namun kita perlu tahu dimana alat tersebut didapatakan dengan kualitas baik namun harga lebih terjangkau.

Beberapa contoh peralatan warung makan sederhana tersebut seperti:

-Meja dan Kursi

-Kompor Gas

-Rice Cooker

-Peralatan Memasak (wajan, pisau dapur , dan sebagainya)

-Peralatan Makan dan Minum

-Dan Masih Banyak Lagi Lainya.

5.Mendesain Warung Makan Sederhana

Persiapan peralatan telah sukses di dapatkan selanjutnya adalah mendesain warung agar sesuai dengan rencana.

Untuk mendapatkan ide desain warung sederhana kita bisa meniru atau mencuri ilmu dari warung- warung yang sekarang ini ada kemudian menduplikasinya untuk dijadikan desain model warung anda.

Usahakan desain warung tetap mencerminkan kesederhanaan namun tertata rapi.

Memanfaatkan dana yang terbatas sebaik mungkin agar tetap mencukupi dan menghasilkan yang terbaik sesuai dana dan keuangan.

Perlu diingat bahwa warung sederhana didesain untuk kalangan menengah kebawah.

Mereka kebanyakan memilih tempat yang santai dan tidak ada kesan mewah.

Konsumen kalangan ini lebih menyukai gaya yang sederhana sehingga mereka tidak canggung makan dengan rileks kadang sebagaian dari konsumen lebih suka makan cara tradisional makan dengan tangan dan kaki diangkat dikursi.

Ya, hanya warung dengan konsep yang merakyat yang bisa memenuhi selera mereka.

6.Membuka Usaha Warung Makan

Setelah semua persiapan dirasa sudah terpenuhi maka saatnya untuk memulai usahawarung makan sederhana.

Memulai dengan berbelanja sayur,ikan,ayam dan sebagainya sebagai langkah awal dan memasaknya untuk hari pertama ketika warung dibuka.

Rincilah semua perbelanjaan dengan teliti.

Beli sayur dan bahan lauk pauk secukupnya saja karena pada awal-awal usaha umumnya masih sepi sehingga yang dibutuhkan adalah sajian menu yang lengkap namun dalam jumlah serba terbatas untuk menghindari kerugian karena sisa makanan yang akan terbuang.

Bagaimana caranya agar warung sederhana kita cepat mendaptkan pelanggan?

Harga yang murah, rasa yang lezat dan tempat yang bersih saja belum cukup.

Kita perlu berpromosi untuk memperkenalkan usaha warung kita kepada konsumen.

Apalah artinya semua kelebihan yang kita miliki jika belum ada yang mengenal warung milik kita tersebut?

Promosi adalah hal penting setidaknya pada awal-awal membuka usaha dimana kita belum memiliki konsumen atau pelanggan sama sekali.

7.Promosi Warung Makan

Berpromosi tidak mesti layaknya perusahaan besar yang menggunakan media televisi dengan modal yang sangat besar.

Sebuah usaha warung makan sederhana tentu memiliki keterbatasan dana untuk media promosi.

Banyak cara yang sangat murah bahkan gratis dalam cara berpromosi.

Intinya promosi adalah salah satu cara yang tepat untuk memperkenalkan usaha kita kepada calon pelanggan.

Kesuksesan sebuah promosi harus juga diikuti dengan kualitas produk atau layanan atau barang jualan yang sebanding dengan harga yang ditawarkan.

Apalah artinya sebuah promosi yang gencar namun usaha warung kita tidak mempunyai keistimewaan apapun dimata konsumen?

Maka promosi tersebut akan menjadi sia-sia saja.

Beberapa langkah promosi bisa dimulai dari hal yang paling kecil dan sederhana seperti:

-Mengakui dengan penuh percaya diri dan menceritakan kepada rekan, saudara, dan siapa saja jika anda adalah pemilik sebuah usaha baru warung makan.

Dengan cara ini diharapkan akan banyak orang yang kemudian menceritakan kembali tentang kepemilikan usaha kita kepada orang lain dan seterusnya dan akan menjadi media promosi terbaik yaitu rekomendasi dari kawan ke kawan atau saudara ke saudara begitu seterusnya.

Untuk sukses dengan promosi cara seperti ini kita juga wajib memberitahukan kepada mereka apa lelebihan warung kita dibanding yang lain.

Mungkin warung tersebut memiliki sajian lauk yang lengkap, harga yang bersaing, atau menawarkan harga promosi pada minggu pertama atau bulan pertama dan sebagainya.

-Membuat Spanduk Nama Usaha Warung Sederhana

Meski ada yang menganggap sepele permasalahan ini, namun sebenarnya spanduk nama yang terpampang jelas dan menarik merupakan upaya promosi murah yang akan menarik calon konsumen berdatangan.

Buatlah spanduk dengan nama yang gampang diingat namun juga harus berbeda dengan yang lain, tujuanya agar warung kita memiliki ciri khas dan nama yang hanya ada di warung kita tersebut.

Ketika usaha tumbuh besar dan mulai terkenal maka nama sebuah usaha akan sangat besar dan berpengaruh terhadap kelangsungan usaha.

Ini bisa menjadi senjata ampuh karena banyak kasus sebuah usaha tiba-tiba berhenti lantaran pemilim kios tidak memperkenankan kita untuk memperpanjang sewanya.

Alasanya bisa bermacam-macam, namun pada intinya sangat merugikan terutama jika usaha warung atau apapun itu sedang mulai mengalami kemajuan dan memiliki banyak pelanggan.

Dengan memiliki nama warung yang berciri khas kita dengan mudah mendirikan kembali warung di tempat lain tanpa harus memulai dari nol karena kita telah memiliki banyak pelanggan yang percaya dengan kekhasan dengan nama usaha kita tersebut.

Kita bisa menuliskan di depan warung yang akan ditutup jika warung tersebut akan pindah diarea baru, tulis secara detail tempat lokasi dan kapan waktu tepatnya.

-Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial seperti facebook telah menyambangi sebagian besar pengguna smartphone sehingga merupakan alat yang efektif sebagai media berpromosi.

Kita bisa memanfaatkanya denga memposting usaha baru kita pada grup-grup lokal yang memiliki topik kuliner ataupun forum jual beli.

-Membuka Usaha Pada Momen Tertentu

Memperhitungkan dengan matang hari pertama yang tepat untuk membuka usaha bisa jadi merupakan start yang bagus agar jualan kita langsung dikenal banyak orang.

Sebagai contoh kita mulai membuka usaha tepat saat ada acara karnaval 17 Agustus sehingga akan banyak kerumunan yang ada di depan warung yang baru saja kita dirikan.

Jika menunggu perayaan sepertj itu terlalu lama, maka setidaknya hari dimana umumnya ramai orang berdatangan didaerah dimana warung tersebut dibuka dan ini saya yakin adalah hal yang baik.

Jika di sekitar warung memiliki tempat yang cukup luas dan anda memiliki kenalan penyedia kesenian tradisional yang murah meriah jangan ragu.

Menyediakan beberapa ratus ribu untuk mengundang kesenian seperti seni daerah dalam skala kecil bisa dijadikan awal perkenalan dengan warga sekitar untuk mengundang mereka berkumpul dan memancing mereka mencoba sajian warung sederhana yang kita tawarkan.

Jika usaha kita dirasa istimewa pasti para penikmat sajian warung kita akan dengan tulus mempromosikan kepada orang lain yang berrdampak sangat baik bagi kelangsungan usaha.

8.Tips Sukses Usaha Warung Makan

Diatas mungkin hanya sedikit saja trik untuk memulai sebuah usaha warung makan sederhana.

Perlu upaya yang serius dalam menjalani sebuah usaha apapun itu agar menjadi sukses.

Berikut adala beberapa tips tambahan yang bisa dijadikan pertimbangan dalam membangun sebuah usaha warung makan sederhana:

-Keramah tamahan

Keramahan pelayan merupakan hal mendasar dan bukan rahasia lagi sebagai upaya agar para pelanggan tetap setia kepada usaha kita

-Desain yang sederhana namun bersih dan rapi.

Perlu kita tahu nilai jual warung makan sederhana adalah desainya yang merakyat.

Itulah kenapa sebuah usaha warung sepertj warteg contohnya tetap tampil sederhana dan jauh dari mewah meskipun bisa daja pengusaha warteg tersebut yelah sukses dan bisa saja merombak menjadi warung yang lebih modern.

Namun mereka tidak melakukanya karena itulah nilai jual khasnya.

Satu hal yang perlu digarisbawahi meskipun model desain tetap sederhana namun kita wajib menjaga kbersihan dan kerapihan penataan warung.

Banyak warung yang ramai namun mereka terkesan kotor dan jorok.

Jika anda mampu memberi nilai lebih dengan konsisten menjaga kebersihan secara mendetaik ini adalah langkah sempurna merebut pelanggan ke tempat usaha anda.

-Dapatkan masukan dari pelanggan

Kadang ada pelanggan yang tidak puas dengan apa yang kita berikan, dalam sebuah usaha kritik membangun adalah tips terbaik untuk memberikan layanan yang selalu meningkat.

Jangan marah jika dikritik justru sebaliknya kita perlu berterima kasih karena mereka mengingatkan dimana letak kelemahan kita.

Apakah hal-hal sepele karena sambalnya kurang peras atau hal penting lain seperti harga yang terlalu mahal dan sebagainya.

Semoga bermanaat.

Terimakasih Telah Membaca,Kunjungi Juga Tentang Perawatan Kecantikan di:

Hinyong Cantik

   
Jika merasa sedikit saja manfaat,bantu kami dengan klik Sukai Halaman Facebook Hinyong dibawah,dukungan anda sangat berarti.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Copyright© Hinyong 2018
Tentang Hinyong| Hubungi Hinyong| Privacy Policy|Disclaimer|Terms Of Services|Sitemap