Usaha Warung Kopi Sederhana Modal Kecil Yang Menjanjikan Untung Besar

Usaha Warung Kopi Sederhana Modal Kecil.Kadang kita bingung bagaimana kita mendapatkan peluang usaha yang cocok,padahal peluang itu begitu banyak di sekitar kita.Karenanya hinyong.com akan mencoba menganalisa sebuah contoh peluang usaha yang sangat sederhana namun sebenarnya memiliki potensi keuntungan yang besar jika di jalankan dengan serius.

Membuka usaha warung kopi sederhana.

Siapa yang tidak kenal minuman satu ini?

Meminum kopi dianggap sebagai penyemangat dan obat mujarab menunda rasa kantuk.

Tidak heran banyak sekali para penikmatnya,dari kalangan bawah hingga kalangan menengah ke atas.

Karena potensinya yang sangat baik sebagai ladang bisnis,dari desa hingga kota,dari kelas kaki lima hingga kedai mewah banyak dijumpai pengusaha yang menjual aneka jenis kopi.

Tidak tanggung-tanggung keuntungan menjual minuman kopi inipun sangat besar.

Dari kelas yang paling sederhana saja mereka bisa menjual kopi panas/dingin dengan keuntungan mencapai 200% dari modal.

Keuntungan tentu akan lebih besar jika secangkir kopi di suguhkan di kedai kopi kelas atas.

Namun sesuai judul topik artikel kali ini kita akan membahas bagimana peluang usaha warung kopi sederhana dengan modal kecil bisa dijalankan.

Apa saja yang dibutuhkan untuk membangun sebuah bisnis warung kopi sederhana yang menjanjikan keuntungan besar ini?

 

Yakinkan Niat dan Semangat

Dalam membangun sebuah usaha apapun itu hal pertama yang paling penting adalah niat yang kuat dengan semangat yang baik.

Begitupun dalam usaha membuka warung kopi ini.

Tanpa niat dan keyakinan yang kuat saya pikir kecil kemungkinan keberhasilan sebuah bisnis.

Untuk mendukung agar keyakinan anda kuat kita perlu melakukan analisa terhadap usaha yag akan dijalankan.

 

Kumpulkan Informasi Pendukung

Setelah anda yakin dan berniat bulat untuk membuka usaha satu ini,langkah selanjutnya adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang apa-apa saja yang diperlukan guna membangun usaha anda.

Informasi ini bisa saja tentang potensi dan kemampuan daya beli masyarakat serta mempelajari daerah mana yang paling potensial yang akan dijadikan tempat usaha,berapa banyak persaingan yang lebih dulu membangun bisnis serupa,serta apa saja kelebihan dan kekurangan saingan para pebisnis yang telah ada.

Mengumpulkan informasi bisa dengan bertanya kepada teman terutama mereka para penggemar kopi,atau mendatangi langsung warung kopi yang telah ada dengan tujuan mempelajari apa saja peralatan yang diperlukan,menu apa saja yang tersedia dan bagaimana harga dan layanan yang mereka berikan.

Kita perlu mengingat dengan baik apa saja informasi yang bisa kita kumpulkan dan akan lebih baik lagi jika kita membuat catatan khusus tentang semua informasi yang kita dapatkan.

Pelajari semua materi dari informasi ini,lanjutkan dengan mengkaji apa saja yang bisa anda buat agar usaha anda nantinya akan lebih baik .

 

Tentukan Modal Dengan Analisa Sederhana

Menentukan besar modal usaha menjadi faktor krusial di awal-awal sebuah perencanaan.

Banyak para pemimpi yang tidak melangkahkan kakinya untuk menggeluti bisnis idamanya lantaran alasan terbentur modal.

Menentukan modal bisa dengan dua cara yaitu menyesuaikan budget yang ada atau dengan menyusun modal usaha terlebih dahulu baru mencari modal anda setelahnya.

Perlu diingat dan penting adalah menentukan modal usaha harus ideal jangan terlalu memaksakan dan juga jangan terlalu merampingkan.

Modal yang terlalu besar dan terlalu jauh dari jangkauan bisa jadi akan membuat usaha anda tertunda bahkan bisa gagal sebelum bertindak.

Alangkah baiknya jika menentukan sendiri kemampuan modal anda baru kita menentukan akan seperti apa warung kopi yang akan kita jalankan nantinya.

Membuat warung kopi sederhana dengan tenda di depan toko di sebuah kota tentu akan lebih hemat biaya dibandingkan anda harus membeli kios meskipun kios kecil untuk membangun usaha warung kopi anda.

Hal-hal seperti inilah yang harus kita perhatikan,membuat warung kopi sederhana dengan mendirikan tenda tidak selamanya terkesan murahan.

Bahkan membangun warung kopi sederhana dengan tenda mempunyai kelebihan yang sangat baik terutama karena kita lebih fleksibel dalam menentukan area bisnis yang akan kita pilih.

Kreatifitas dan keunikan akan membuat warung kopi sederhana akan terasa lebih spesial terutama jika target konsumen anda adalah dari kalangan usia muda.

Tempat yang bersih,meja yang rapi bahkan cangkir ekslusif bisa menjadi daya tarik konsumen untuk menjadi pelanggan.

Setelah berhasil menentukan bagaimana dan seperti apa tempat usaha kita nantinya,selanjutnya susun analisa sederhana untuk menentukan biaya yang tepat.

Acuan dari informasi yang anda dapatkan seperti yang di bahas sebelumnya bisa anda tuliskan,apa saja keperluan awal dan keperluan modal berputar nantinya.

Berikut sedikit contoh penulisan sederhana bagaimana kita menentukan modal anda.

 

  • Tenda dan Perlengkapanya                  Rp.1000.000,-.

  • Kompor gas dan Pendukungnya         Rp.  800.000,-

  • 3 Set Meja Kursi + Tikar Lesehan       Rp.1.500.000,-

  • Modal Berputar                                       Rp.1000.000,-

  • Biaya Tak Terduga                                  Rp.  500.000,-

  • Jumlah Total                                            Rp.4.800.000,-

 

 

Penulisan diatas hanya sebagai contoh sangat sederhana karena pada kenyataanya anda bisa menuliskan anggaran per item dari setiap barang yang akan dibeli hingga biaya transportsi dan sebagainya.

Besar biaya bisa diatur dengan menyesuaikan budget anda,bisa lebih kecil atau lebih besar karena pada kenyataanya tidak semua barang harus dibeli dan baru.

Bisa saja anda hanya memanfaatkan meja kursi bekas di rumah anda yang di cat ulang atau membeli barang bekas dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

 

Menentukan Lokasi

Setelah yakin dengan analisa sederhana diatas selanjutnya adalah menentukan lokasi yang tepat sebagai tempat membuka usaha warung kopi ini.

Jika kita sebagai pengusaha baru yang belum mempunyai pengalaman dan belum dikenal pelanggan menentukan lokasi yang dikerumuni calon konsumen adalah cara terbaik.

Carilah lokasi di dekat PT,atau di dekat pasar bisa juga terminal atau bisa juga di daerah wisata yang ramai pengunjung sementara lokasi lain yang cukup prospektif adalah daerah dimana banyak anak muda berkumpul bisa di dekat alun-alun kota atau di area Gelanggang Olahraga dan tempat lain sejenis.

Bagi yang ingin membuka warung kopi sederhana di daerah pedesan coba mencari lokasi yang berada di pinggir jalan utama desa atau jika memungkinkan adalah di dekat pertigaan atau pesimpangan lalu lintas warga desa setempat.

Setelah anda menentukan beberapa titik lokasi yang strategis lanjutkan dengan mencari informasi bagaimana caranya agar bisa mendirikan tempat usaha di daerah tersebut.

Pelajari juga apa tantanganya,karena lokasi yang terlalu jauh dari rumah juga menyisakan masalah keamanan pada barang barang anda saat jam operasional tutup.

Cari tahu bagaimana anda bisa menyimpan barang anda ketika warung sederhana anda sedang tutup,aman atau tidak daerah tersebut.

Bisa juga anda mencari jasa penitipan barang atau jika mungkin cari kawan atau saudara di daerah sekitar untuk menitipkan barang-barang anda.

Tidak semua daerah menerima pedagang baru apalagi jika kita bukan warga setempat,karenanya demi keamanan cari informasi sedetailnya bagaimana agar anda bisa mendirikan tempat usaha di daerah yang telah anda incar.

Kita bisa menanyakan kepada para pedagang yang telah lebih dulu berada di daerah tersebut untuk memberikan tip dan saran agar anda bisa mendirikan usaha dengan aman.

Setelah anda dapatkan semua informasi tersebut hal yang tidak boleh di lupakan adalah mencari tahu bagaimana mendapatkan pasokan pendukung seperti listrik,air bersih tempat pembuangan sampah dan kalkulasi berapa biaya yang dikeluarkan untuk semua fasilaitas tersebut.

 

Gandeng Partner Bisnis Terbaik

Jika semua persyaratan diatas telah terpenuhi maka mulailah berbenah untuk membangun bisnis pertama anda ini.

Saya yakin jika anda harus menjalankan usaha ini sendiri anda akan merasa kewalahan apalagi jika ini adalah usaha pertama anda.

Mengajak partner untuk membantu berjalanya bisnis merupakan langkah yang tepat.

Partner ini bisa saja karyawan anda sendiri,atau lebih baik jika ia adalah istri atau suami anda.

Partner yang bersemangat dan mempunyai visi dan misi yang saling mendukung akan sangat baik sebagai teman dan orang yang akan memberikan nasehat dan masukan dalam menjalankan usaha nantinya.

 

Promosi

Jika semua siap maka jangan lagi menunda waktu anda bersiaplah dan mulai jalankan usaha warung kopi sederhana secepatnya.

Barangkali menjadi rahasia umum jika sebuah bisnis makanan dan minuman akan terkendala di awal usahanya.

Orang belum banyak yang tahu dan langganan anda belum ada.

Disinilah pentingnya sebuah promosi,lakukan promosi sederhana dengan mengundang teman-teman dan keluarga anda datang ke tempat usaha baru tersebut setidaknya satu bulan pertama.

Dengan banyaknya konsumen atau pembeli yang sebenarnya teman dan saudara anda sendiri ini akan memancing pembeli lain untuk mencoba kedai anda.

Sebuah warung yang ramai menandakan ada kelebihan dibanding warung lain yang sepi bisa jadi karena rasanya yang enak harganya yang terjangkau,pelayanan yang baik atau bahkan perpaduan dari ketiganya.

Jika warung anda ramai pengunjung meski sebenarnya adalah pengunjung promosi maka kemungkinan menjaring konsumen sebagai calon pelanggan anda akan semakin baik.

 

Tingkatkan Kualitas Pelayanan,Kebersihan dan Harga

Pembeli pertama anda pasti akan menjadi awal kebahagian ketika anda mulai membuaka usaha warung kopi.

Dan pastinya kita mengharap akan ada para pembeli berikutnya berdatangan dan menjadi pelanggan.

Sayangnya para pelanggan dan pembeli baru akan datang berterusan jika kita memiliki keunggulan di banding para pebisnis sejenis lainya.

Artinya kita harus terus waspada dan harus terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan,keramah tamahan dan kebersihan serta harga yang sesuai.

Banyak para pedagang warung sederhana yang awal usahanya selalu ramah dan menjaga kebersihan namun lambut laun mereka lalai dengan itu semua.

Alasanya barangkali mereka sudah merasa cukup banyak pelanggan sehingga kesibukan melayani pembeli mengabaikan prinsip dasar mendapatkan dan menjaga pelanggan.

Mestinya sesibuk apapun bisnis yang anda garap pelanggan adalah jantung dari kehidupan sebuah usaha,maka terus berikan pelayanan yang semakin baik dari waktu ke waktu dan jaga selalu kebersihan tempat usaha dari hari ke hari.

 

Kembangkan Usaha Warung Kopi Sederhana Anda Berterusan

Barangkali pada awal usaha anda warung kopi sederhana tersebut hanya menyediakan kopi panas dan beberapa minuman standard rumahan lain dan beberapa makanan ringan seperti pisang goreng dan tempe goreng.

Seiring berjalanya waktu akan banyak komentar dari para pelanggan tentang menu yang harus di tambah.

Ini adalah kritik dan masukan positif,jika diperlukan catat semua masukan para pelanggan misalnya banyak pelanggan yang meminta disediakan minuman jahe susu,atau minuman tradisional lain.

Bisa juga para pelanggan mengharap adanya menu lain seperti menginginkan menu kue atau makanan ringan tertentu yang belum tersedia.

Pasar anda akan semakin luas dan baik,belajar dari pengalaman dan pelanggan sangat baik untuk menjaga usaha makin berkembang.

Apakah tertarik membuat usaha warung kopi sederhana milik anda sendiri?Jika mengiginkan usaha lain silahkan baca dari judul di bawah ini:

Peluang Usaha Modal Kecil

Terima kasih telah membaca artikel ini,jika anda berbaik hati bagikan artikel ini dengan menekan tombol sosial media bagian bawah.

Salam sukses untuk anda dari hiyong.com

Loading...

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan