Prospek Usaha Toko Sparepart Mobil

Prospek Usaha Toko Sparepart Mobil

Bagi pemilik kendaraan bermotor terutama mobil, pastinya perawatan kendaraan menjadi prioritas yang diutamakan setiap orang, oleh karena itu tidak heran banyak yang rela untuk mengeluarkan uang besar untuk membiayai kendaraan dengan membeli berbagai perlengkapan yang dibutuhkan kendaraan bermotor seperti sparepart Mobil

setelah melihat peluang pasar yang begitu besar, saat ini banyak para pelaku usaha yang menawarkan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan kendaraan, mereka membuka kesempatan untuk bekerja sama, dengan investasi terjangkau mulai dari Rp 1.000.000, semua masyarakat bisa untuk menjadi mitra usaha dan bisa merasakan keuntungan yang menggiurkan dalam kerjasama usaha ini.

Lalu yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana prospek usaha toko sparepart mobil tersebut? Berikut ini kami jelasan tentang prospek usaha tersebut, simak pembahasan berikut ini.

Jumlah kendaraan mobil yang semakin tahun semakin bertambah membuat usaha yang memiliki hubungan dengan kendaraan bermotor ini memiliki prospek yang bagus untuk dijalankan, sebab itulah tidak salah bila saat ini banyak pebisnis yang mulai untuk melirik penjualan berbagai perlengkapan kendaraan mobil mulai dari sparepart hingga perlengkapan yang lain penunjang untuk berkendara.

Prospek yang cukup cerah di usaha perlengkapan mobil tersebut di ungkap pengamat usaha bernama yadi budi setiawan, menurut dia usaha yang berhubungan dengan kendaraan bermotor yaitu roda dua maupun roda empat masih menjadi salah satu usaha yang sangat menjanjikan di luar usaha kuliner, sebab pasar yang besar dan setiap tahun akan terus bertambah

Dengan semakin luas dan bertambah banyaknya penjualan kendaraan bermotor tersebut menjadi ukuran prospek yang cerah, usaha perlengkapan kendaraan bermotor ini ternyata juga menjadi daya tarik para pelaku usaha, salah satunya adalah Muhammad Mansur yang tertarik membuka sebuah toko sparepart sepeda motor karena prospek yang sangat besar,

Usaha dibidang otomotif khususnya penjualan sparepart mobil sangat besar lantaran angka penjualan mobil yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Tahun ini para pakar otomotif telah memperkirakan penjualan mobil nasional juga akan terus mengalami pertumbuhan, setidaknya 10% – 20%, roda perekonomian yang mulai berputar kencang dan juga rendahnya suku bunga kredit mobil menjadi bahan pertumbuhan penjualan mobil tersebut.

Tidak hanya produsen dan dealer mobil yang bisa merasakan atau meraup keuntungan dari  maraknya bisnis otomotif, bengkel atau usaha toko sparepart mobil juga kebagian berkahnya, jangan hanya mendengarkan keuntungan yang diperoleh orang lain saja, anda juga bisa ikut menciptakan atau merasakan dari usaha ini, bagaimana caranya berikut penjelasannya:

1. Cara yang pertama adalah dengan membuka usaha toko penjualan sparepart mobil sendiri

Jumlah bengkel yang ada saat ini memang tidak bisa dikatakan langka, namun pesatnya pertumbuhan mobil setiap tahunnya membuat usaha bengkel tetap memiliki pasar bagi pengusaha yang baru memulai, jika anda sudah memiliki kemampuan dalam otomotif tidak ada salahnya untuk memulai usaha bengkel mobil ini, karena setiap tahunnya akan semakin banyak dan peluang usaha anda akan semain lebar.

2. Dengan bekerjasama kepada waralaba (franchise)

Jika anda saat ini tidak memiliki kemampuan dibidang otomotif dan ingin menekuni dunia bisnis otomotif ini, jangan khawatir anda bisa menawarkan dengan waralaba, dengan waralaba ini anda tidak perlu bersusah payah untuk memulaikarena nantinya anda bisa langsung membuka bengkel dengan nama yang sudah terkenal, anda tidak perlu memulai dari awal.

Semua yang diperlukan dalam usaha anda ini waralaba lah yang akan memasok semuanya termasuk suku cadang, melatih para mekanik, menetapkan standar pelayanan, dan juga mengawasinnya, ada dua perusahaan yang menawarkan franchise ini, yang pertama PT Astra Otoparts Tbk, yang menawarkan franchise bengkel Shop dan Drive, dan juga PT Wacana Mitra Prakasa yang mempunyai merek bengkel Fast.

Kedua perusahaan ini tidak menawarkan franchise bengkel untuk memperbaiki kerusakan mesin mobil, tetapi perusahaan otomotif ini menawarkan waralaba bengkel yang menjual dan memasangkan suku cadang baru, lalu mana yang harus dipilih berikut ini kelebihan dan kekurangan dari masing-masing waralaba yang bisa untuk referensi anda dalam menentukan pilihan

1. Outlet Wacana Mitra Prakasa

Gerai ini memasarkan sekaligus melayani pemasangan aki, shock breaker (suspense) dan oli, hanya melayani penukaran suku cadang, sedang untuk perbaikan berat itu harus di bengkel lain kata Idwan Wiatmojo

2. Outlet Supervisor Astra Otoparts

Gerai ini hanya bisa menjual aki dan shouck merek tertentu, dengan mere kaki GS dan Incoe sedangkan Shock breaker adalah bermerek kayaba dan mounre, untuk oli mobil kami bebas untuk menjual merek apa saja kata Tjul Wielsel, pemilik Shop dan Drive cengkareng, kelebihannya, hingga saat ini astra tidak mengutip franchise fee dari waralabanya, mungkin pertengahan tahun ini akan mengenakan franchise fee sebesar RP. 75.000.000 untuk lima tahun, Untuk menjadi waralab shope dan Drive anda harus menyiapkan modal setidaknya adalah Rp. 130,7 juta, untuk modal membeli persediaan barang dagangan sebesar Rp. 35 juta, dan selanjutnya anda bisa membeli barang untuk di dagangkan secara kredit,

Lebih enaknya lagi astra juga ikut menanamkan uang, setiap kali waralaba membuka outlet, Astra juga akan menanggung biaya pembangunan eksterior bengkel, biaya promosi awal dan juga biaya untuk merekrut karyawan, mulai tahap tes awal yakni psikoter, wawancara, hingga tes kesehatan. Selain menyiapkan modal uang, waralaba juga harus menyiapkan tempat untuk usaha yang memiliki luas minimal 5 m x 12 m.

lokasi yang ramai yang strategis, lokasinya yang berada di keramaian yang banyak dilewati orang, syarat ini merupakan kunci sukses dari usaha toko sparepart mobil  keuntungan kotor dari penjualan suku cadang di shop dan Drive ini rata-rata sebanyak 20% dan masih harus dikurangi royelti fee sebesar 3%. Jika pemilik usaha bisa mencapai target penjualan,, seluruh modalnya akan balik dalam kurun waktu 3,5 Tahun,

Jika bisa melebihi target penjualan, maka balik modalnya bisa lebih cepat, dalam jaringan penjualan waralaba Fast sebenarnya terdapat sistem pembelian yang terpusat, gerai-gerai memesan barang pada waralaba, yang selanjutnya membelinya lagi dari para distributor, kelebihannya adalah waralaba bisa berutang, selanjutnya perusahaan yang berutang pada distributor, distributor sendiri tidak akan mau untuk memberi utang pada pengusaha baru.

Contoh Gerai Fast yang berlokasi di kelapa gading saat ini bisa meraup omset Rp. 120 Juta setiap bulannya, sedangkan gerai fast yang berlokasi di daerah sunter keuntungan kami baru Rp 11 juta, kata mustika sulistdja, pemilik bengkel, penempatan lokasi menjadi cunci pokok kesuksesan bisnis sparepart mobil ini, pasalnya jika lokasi yang akan didirikan sepia tau kurang ramai orang yang berlalu lalang akan sangat mempengaruhi pendapatan dari toko sparepart mobil ini.

Tapi anda harus ingat prospek kedepan dari bisnis ini sangat luas dan bagus.

Demikian artikel tentang Prospek Usaha Toko Sparepart Mobil Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *