Strategi dan Cara Buka Usaha Toko Plastik

Usaha Toko Plastik

Cara Buka Usaha Toko Plastik

Memulai usaha toko pada jenis yang spesifik tentu akan memberi nilai lebih karena dengan mengambil satu jenis usaha dagang maka barang yang akan kita jual tentu saja menjadi lebih lengkap dan banyak pilihan pada bidang usaha yang dijalankan.

Sebagai contoh usaha spesifik yang memiliki prospek baik adalah usaha jualan khusus plastik.

Dengan menjual aneka kebutuhan plastik tentu akan memiliki potensi yang lebih baik dalam mendapatkan calon konsumen yang mencari kebutuhan plastik ke usaha toko kita dibanding ke toko umum karena kelengkapan usaha toko plastik pasti memiliki barang yang lebih lengkap.

Jika sekarang ini anda sedang berminat ingin khusus membuat usaha toko plastik berikut akan disajikan kiat dan tips cara buka usaha plastik secara ringkas namun kami buat sejelas mungkin.

Tips Cara Memulai Usaha Toko Plastik

Hal pertama yang perlu dipelajari adalah kebutuhan plastik yang akan dijual.

Apakah ingin menjual segala macam kebutuhan plastik dari palstik untuk rumah tangga seperti kantong plastik sampah, plastik untuk mengemas barang seperti membuat es hingga berjualan plastik untuk kebutuhan pertanian, perikanan dan seterusnya.

Atau mungkin anda berencana hanya ingin berjualan produk plastik untuk kebutuhan tertentu.

Misalkan saja anda hanya menjual kebutuha plastik untuk pertanian saja maka anda bisa menuliskan di papan tempat jualan jika toko anda menjual plastik untuk kebutuhan pertanian.

Atau mungkin saja anda justru berencana mendirikan toko plastik grosir yang super lengkap dengan stok melimpah.

Apapun pilihanya hal yang harus tidak boleh dilupakan adalah melakukan analisa sederhana terhadap peluang pasar yang ada di daerah dimana anda akan berjualan plastik tersebut.

Cara paling mudah menggali potensi jualan didaerah anda adalah dengan meniru usaha atau toko plastik yang sudah sukses kemudian anda menduplikasinya dengan menambahkan berbagai kelebihan agar mudah mendatangkan pelanggan.

Coba berkeliling di area sekitar anda apakah ada usaha toko khusus plastik yang lebih dulu disana?

Bagaiaman perkembanganya? Jika ternyata memang prospeknya sangat baik maka langakah selanjutnya adalah mencari toko plastik paling laris untuk dijadikan contoh atau rujukan bagi anda membuka usaha toko plastik yang sedang direncanakan.

Perhatikan dan datangi toko tersebut lihat apa saja yang mereka jual dan cari tahu apa saja kelebihan-kelebihan yang ditawarkan sehingga toko plastik tersebut sangat ramai.

Setelah yakin anda mampu untuk memberikan nilai lebih dari apa yang ditawarkan oleh usaha plastik paling laris di daerah anda selanjutnya mulai merencanakan penentuan lokasi usaha.

Disini tidak akan dibahas apa saja jenis plastik yang akan dijual namun lebih menekankan pada strategi perencanaan yang baik.

Anda bisa menggali kelengkapan usaha plastik dengan mempelajari lebih jauh pada materi ini atau bertanya kepada yang berpengalaman tentang hal itu.

Lokasi Usaha Ideal Toko Plastik

Pemilihan lokasi yang tepat pada usaha toko khusus plastik akan menentukan keberhasilan usaha pada jangka panjang.

Dimana lokasi usaha toko plastik yang tepat?

Ada beberapa kriteria yang harus diperhitungkan dengan baik agar usaha berjalan mulus dan cepat mendatangkan pembeli.

  • Lokasi yang banyak dilalui calon konsumen dimana orang-orang tersebut sebagian besar datang ke lokasi untuk keperluan belanja seperti; pasar tradisional, di samping supermarket atau minimarket, pusat perbelanjaan dan sebagainya.
  • Di pinggir jalan raya dimana jalan tersebut banyak dilalui kendaraan yang akan menuju ke kota, ke pasar atau pusat perbelanjaan.
  • Hindari membangun usaha toko plastik disamping grosir toko plastik yang jauh lebih besar sementara usaha yang akan anda bangun adalah usaha toka plastik yang relatif kecil yang melayani partai kecil, kecuali anda yakin anda akan menawarkan nilai lebih yang tidak bisa tersaingi dan atau jenis plastik yang akan di jual sama sekali berbeda.
  • Hindari berjualan di pinggir jalan besar namun hanya dilalui atau sebagian besar hanya dilalui kendaraaan besar seperti tronton dan bis jarak jauh ataupun alat-alat berat lain.
  • Usaha toko alat plastik masih kurang prospektif didirikan diarea pedesaan, sebaiknya pertimbangkan untuk menganggarkan dana lebih besar untuk menyewa lokasi yang lebih strategis, meski dananya jadi lebih mahal namun coba kalkukasikan kemungkinan pengembalian modal dalam jangka penjang jika memilih lokasi yang lebih baik.

Modal Usaha Toko Plastik

Dalam memperkiraan modal usaha toko plastik sangat tergantung dengan perencanaan usaha yang akan dibangun.

Jika anda harus membeli lahan baru di pusat kota tentu pembiayaan menjadi sangat besar, belum lagi faktor besar kecilnya toko, stok barang dan juga apakah ingin jualan toko plastik partai grosir atau berjualan eceran namun memiliki jenis yang cukup lengkap.

Jika modal anda terbatas alangkah baiknya mengatur perencanaan pemakaian modal dengan memanfaatkan setidaknya 50 % untuk berbelanja kelengkapan barang jualan.

Sementara untuk pendanaan usaha yang memakan modal besar seperti modal untuk tempat usaha dengan cara menyewa, sementara karyawan bisa menggandeng suami atau istri atau anak atau  orang tua sebagai tenaga bantuan agar menghemat dan usaha dapat secepatnya dijalankan.

Intinya sesuaikan perencanaan anggaran pemanfaatan modal usaha berdasarkan ketersediaan budget bukan menyesuaikan budget dengan perencanaan yang bisa saja akan mengalami pembengkakan.

Anda dapat menyusun anggaran sendiri dengan teliti dan sedetail mungkin dengan cara yang telah dibahas diatas.

Dan berikut adalah contoh yang masih sangat sederhana dalam menyusun rensana anggaran.

Perkiraan modal usaha toko plastik modal kecil

Investasi awal
1.Lemari  Etalase Rp 1,5  juta
2.Pembuatan  Rak Kayu Rp 500 ribu
3. Sewa kios pertahun Rp 6 juta
Total biaya untuk investasi  awal Rp 8 juta.

Perkiraan biaya operasional:
1. Belanja plastik utuk dijual  Rp. 10,5 uta
2. Gaji karyawan Rp. 1,5 juta/bulan
3. Transportasi Rp. 200 ribu/bulan
4. Listrik, air bulanan Rp. 150 ribu
5.Tak terduga Rp. 650 ribu

Total biaya operasional adalah Rp. 13 juta

Subtotal modal yang harus disiapkan adalah: Rp. 21 Juta

Saya yakin anda dapat menjabarkan lebih rinci perencanaan anggaran agar ditemui angka-angka yang mendekati dengan realita dilapangan dan dapat menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Mendapatkan Stok Barang Jualan

Hal yang tak kalah penting untuk diperhitungkan adalah mendapatkan stok barang dagangan.

Dengan memiiki penyetok barang yang terbaik dan harga yang terbaik tentu anda dengan mudah menawarkan kelebihan bersaing dengan toko sejenis karena dapat bersaing dalam hal harga jual.

Permasalahanya mungkin darimana kita bisa tahu penyetok plastik dengan harg terbaik?

Ada beberapa metode yang bisa dijadikan acuan untuk mencari grosir ataupun distributor plastik terbaik di daerah terdekat.

Beruntungnya informasi sekarang ini dengan mudahnya  di akses lewat internet, cukup memanfaatkan google dimana kit bisa mencari informasi penyedia plastik grosir di wilayah anda.

Cek satu persatu grosir-grosir yang muncul lalu datangi langsung grosir atau distributor yang akan dipilih dan bandingkan mana yang terbaik dari sisi harga, kualitas dan seterusnya.

Selain memanfaatkan google kita juga bisa memanfaatkan media social biasanya toko yang telah besar dan mapan umumnya mereka memiliki jaringan social media yang terhubung dengan facebook, tweeter dan sebagainya.

Dan jika anda memiliki teman, saudara atau siapa saja yang memiliki usaha sejenis mintalah bantuan kepadanya untuk mendapatkan informasi namun usahakan mereka adalah pengusaha toko plastik dari daerah yang berbeda namun masih terjangkau dalam mendapatkan penyetok plastik.

Dan jika masih bingung juga maka gunakan langkah termudah yaitu dengan mencari karyawan yang telah nemiliki pengalaman beratahun-tahun bekerja di bidang yang sama.

Dari karyawan terdebut kita bisa mendapatkan informadi tentang grosir atau distributor plastik serta lebih paham bagamana cara berbelanja yang terbaik, mana barang yang perlu distok dalam jumlah yang banyak dan mana yang tidak

Untuk mendapatkan karyawan yang dimaksud kita bisa memosting lowongan pekerjaan di facebook tepatnya di grup facebook lokal tentang lowongan pekerjaan dengan menyertakan kriteria yang diinginkan, gaji yang ditawarkan dan seterusnya.

Promosi dan Strategi  Pemasaran

Setelah persiapan selesai dan usaha toka plastik siap dijalankan sekarang adalah saatnya melakukan promosi sekaligus mulai berjualan.

Meskipun mungkin usaha yang akan dijalankan masih relatif kecil namun begitu bukan berarti promosi menjadi tidak penting, hanya saja cara promosinya mungkin akan berbeda tergantung seberapa besar dan seberapa luas jangkauan usaha anda.

Berikut Langkah Promosi Murah yang Bisa  Dijalankan;

1.Buat spanduk toko dengan nama usaha yang unik dan mudah diingat agar dapat terlihat dengan mudah.

2.Perkenalkan kepada teman, saudara, dan siapa saja dan terngkan tentang usaha anda secara detail dengan menceritakan kelebihan yang ditawarkan, tawarkan juga bonus jika dari mereka mampu mengantarkan pelanggan dengan nominal belanja tertentu.

3.Memanfaatkan media sosial seperti facebook dengan memosting di grup jual beli lokal dan sebagainya.

4.Buat selebarn dan kartu nama untuk dibagikan kepada calon atau pelanggan yang sudah ada.

Disamping promosi dalam upay secepatnya  mendapatkan pelangggan kita bis melakukan strategi pemasaran yang baik terutama di awal-awal usaha ketika usaha masih sepi.

Strategi Pemasaran;

1. Mejual  ke toko-toko  atau warung dengan jemput bola
Jangan ragu untuk awal-awal usaha menyambangi warung dan toko sembako dalam satu daerah agar mereka lebih mengenal sekaligus berjualan barang yang kita jual.

Beri kartu nama jika perlu pasang stiker di toko usahanya atas seijin pemilik warung

2. Menjual ke industri rumahan makanan dan minuman
Usaha UMKM seperti pembuat cemilan, jajan keliling umumnya membutuhkan plastik kemasan cara yang sama dengan diatas bisa diterapkan.

3. Jualan  online
Paham dengan sekdama bagaimana cara berjualan plastik secara online.

Tergantung seberapa besar usaha dan seberapa serius  usaha online toko plastik yang ingin anda jalankan maka caranya akan ada sedikit perbedaaan.

Dari cara yang paling simel dengan berjualan di facebook hingga tingkat lanjut seperti jualan di shopee atau bahkan munkin jualan lewat blog e-commerce.

Disamping berjualan pada sistim online kita juga mendapaatkan manfaat lain yaitu  promosi yang baik.

Beri Nilai Lebih

Jika ingin mendapatkan banyak pelanggan maka kita sebagi pemain baru haruslah memeangkan persaingan.

Berikan kelebihan yang toko lain tidak berikan hal tersebut meliputi/;

  • Harga yang bersaing
  • Kualitas barang dagangan
  • Kenyamanan pengunjung toko
  • Parkir gratis
  • Bonus tertentu dan sebagainya.

Bagaimana tertarik?Ayo susun rencana usaha toko plastik anda  dari sekarang.

Terimakasih Telah Membaca,Kunjungi Juga Tentang Perawatan Kecantikan di:

Hinyong Cantik

   
Jika merasa sedikit saja manfaat,bantu kami dengan klik Sukai Halaman Facebook Hinyong dibawah,dukungan anda sangat berarti.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *