Tips dan Cara Buka Usaha Toko Perlengkapan Bayi

Usaha Toko Perlengkapan Bayi

Pada artikel kali ini akan mengulas tentang salah satu peluang usaha yang mungkin belum terlalu menjamur karena bagi pemikiran sebagian orang usaha ini membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Meskipun begitu usaha ini memiliki prospek yang menjanjikan, tahan terhadap krisis ekonomi dan pastinya akan selalu dibutuhkan dengan jumlah permintaan yang selalu banyak.

Peluang usaha yang dibahas ini adalah Usaha Toko Perlengkapan Bayi, akan dibahas bagaimana tips dan cara memulai usaha tersebut, mari kita simak.

 

Usaha toko perlengkapan bayi ini bisa dicoba oleh semua kalangan, terkhusus ibu rumah tangga yang punya pengalaman memiliki bayi dan berbelanja perlengkapan bayi di toko-toko yang ada dipasar atau di mall.

Tidak perlu ragu jika ingin mencoba peluang usaha satu ini karena disini akan diberikan tips dan cara awal memulai usaha toko perlengkapan bayi yang dijamin sukses.

Cara Memulai Usaha Toko Perlengkapan Bayi

Untuk memulai usaha ini anda harus mengetahui dulu tentang apa saja perlengkapan bayi yang sedang trend dan banyak dicari oleh pembeli.

Perlengkapan bayi mulai dari troli, baby walker, hingga pakaian yang biasa dibutuhkan bayi.

Jika toko anda ingin memiliki perlengkapan bayi yang lengkap dan dapat bersaing dengan toko lainnya, anda harus menyediakan produk perlengkapan bayi yang langsung diambil dari suplier penyedia perlengkapan bayi.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Toko Komputer Dijamin Menguntungkan

Tips Memilih Lokasi Usaha Toko Perlengkapan Bayi

Lokasi yang dekat dengan perumahan warga tentu lebih menarik, apalagi dijaman sekarang kebanyakan orang-orang lebih suka hal yang praktis dan instan.

Masyarakat terutama ibu rumah tangga yang memiliki bayi pasti lebih memilih berbelanja peralatan bayi di toko peralatan yang lebih dekat dari rumah mereka ketimbang membeli ke pasar atau ke supermarket yang lebih jauh.

Namun begitu jika memang menjangkau pembeli yang lebih luas, memilihi lokasi yang dekat dengan pasar atau dilingkungan pasar itu sendiri juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Anda bisa menembak segmen yang lebih luas karena berada di kawasan perbelanjaan yang umum.

Satu hal juga yang menjadi perhatian adalah jika membeli lokasi usaha atau tempat usaha yang sudah siap pastinya akan menggunakan dana yang sangat besar, jadi diharapkan pilihlah tempat yang ideal dan disesuaikan dengan prospek keuntungan dari hasil usaha tersebut.

Penuesuain ketersedian dana sangat penting agar usaha tetap bisa dijalankan sesuai dengan modal yang ada.

Jika dirasa berat mendapatkan tempat usaha dengan membeli atau membangun tempat baru maka menyewa untuk beberapa tahun adalah pilihan bijak.

Bahkan jika lokasi rumah anda cukup strategis memanfaatkan rumah sendiri sebagai tempat usaha juga merupakan langkah awal yang bisa dipertimbangkan.

Menyiapkan Daftar Barang Dagangan Toko Perlengkapan Bayi

Menentukan daftar barang dagangan yang akan dipajang di toko merupakan hal penting dan tentunya harus benar-benar dipertimbangkan untuk menarik perhatian pembeli.

Tujuan menyusun daftar barang dagangan adalah terkait dengan efisiensi modal yang diperlukan, usahakan memanfaatkan dana modal secara lebih efektif agar anda tidak boros dalam pemanfaatan dana.

Berarti anda harus teliti dalam memilih pembelian barang dagangan yang memiliki perputaran cepat dan menyisakan sedikit barang yang kurang diminati agar cepat balik modal dan meraih keuntungan lebih cepat.

Jika toko anda tidak terlalu besar, tetap usahakan untuk menjual peralatan bayi yang lengkap, seperti yang dibutuhkan oleh bayi baru lahir sampai dengan kebutuhan bayi yang sudah cukup besar.

Lakukan pengaturan lay out toko anda agar tidak terlihat lengang dan juga tidak terlalu penuh untuk memberikan kenyamanan pembeli bergerak bebas memilih-milih produk anda.

Anda juga harus mengamati penjualan dan permintaan produk di toko anda mana yang lebih laku ataupun kurang laku, serta mengamati trend pasar saat ini.

Berikan merk sendiri apabila mendapatkan barang tanpa merk dari supplier.

Untuk mengetahui barang dagangan apa saja yang lebih cepat laku, tentu anda harus lebih banyak menggali informasi baik itu dari media internet, majalah ataupun dari media lainnya dan pengalaman pribadi dari para pelaku usaha yang menggeluti bidang yang sama.

Apa saja kira-kira jenis daftar barang dagangan yang paling diminati dari toko perlengkapan bayi, contohnya sebagai berikut :

  1. • Tempat tidur bayi
  2. • Perlengkapan mandi bayi
  3. • Ayunan bayi
  4. • Car seat
  5. • Baby walker
  6. • Gendongan bayi
  7. • Popok
  8. • Aneka mainan bayi
  9. • Baju bayi

 

Berdasarkan jenis-jenis barang dagangan diatas , sekarang anda sudah bisa membayangkan dan siap untuk memulai usaha toko perlengkapan bayi ini.

Tentunya jangan lupa untuk selalu mempromosikan toko anda kepada rekan-rekan dan kerabat dekat agar toko anda cepat dikenal dan ramai.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Toko Aneka Kue Menguntungkan Bagi Pemula

Cara Mendapatkan Stok Barang Toko Perlengkapan Bayi

Hal yang mungkin sulit bagi pemula adalah bagaiaman cara mendapatkan stok barang dengan kualitas baik namun dengan harga yang lebih rendah dengan tujuan agar mampu menjual kembali dan bisa bersaing dengan para pengusaha toko perlengkapan bayi lain yang sudah eksis.

Cara termudah dan cepat adalah mencari informasi grosir usaha perlengkapan bayi di internet.

Jika kebetulan anda berada dilokasi yang dekat dengan kota besar tentu mendapatkan akses pengusaha grosir yang mengonlinekan produk mereka dengan mudah.

Selain itu jika kebetulan anda memiliki lokasi dikota kecil serta kesulitan mendapat akses karena lokasi penyedia grosir online rata-rata jauh dan memakan ongkos yang besar maka strategi yang bisa dijalankan adalah menggali informasi secara offline.

Jika anda kebetulan hendak merekrut karyawan toko maka carilah calon karyawan toko perlengkapan bayi yang berpengalaman di bidang yang sama.

Anda dapat mencuri informasi dari karyawan tersebut dimana toko suplier terdekat yang dapat dipercaya dengan harga yang terbaik.

Dan jika cara tersebut masih sulit maka jajaki satu persatu grosir offline yang terdekat dengan lokasi usaha anda untuk kemudian menentukan mana saja grosir yang terbaik, namun cara ini memakan waktu dan juga butuh ketelitian ektra agar tidak salah memilih grosir-grosir yang tepat.

Rincian Modal Awal Usaha Toko Perlengkapan Bayi

Setelah anda mengetahui lokasi yang strategis untuk membuka usaha serta apa saja perlengkapan bayi yang ingin dijual di toko anda, tentu hal utama yang harus dipersiapkan dan dipikirkan adalah modal awal.

Modal awal ini sekaligus menjadi investasi untuk anda, terlebih jika anda melakukan pembelian sebuah bangunan toko, dikemudian hari toko ini bisa anda jual kembali sebagai hasil investasi.

Diambil dari beberapa referensi diperkirakan modal awal untuk membuka usaha toko perlengkapan bayi adalah sekitar diatas Rp 50 Jutaan, belum termasuk pembelian toko bangunan.

Tetapi kalau anda ingin menyewa harga toko berkisar antara Rp 10-15 juta untuk yang berlokasi di tengah kota, apabila terletak dipinggiran kota akan lebih murah lagi. Berikut perkiraan rincian dari modal :

Pembelian Peralatan :

  • – Renovasi tempat = Rp. 5,000,000
  • – Baby walker = Rp 2,000,000
  • – Tempat tidur bayi 5 buah = Rp 12,500,000
  • – Car seat = Rp 1,500,000
  • – Ayunan bayi = Rp 500,000
  • – Perlengkapan mandi 10 set = Rp 1,000,000
  • – Popok 10 buah = Rp 1,500,000
  • – Aneka mainan bayi 10 buah = Rp 250,000
  • – Kursi bayi 1 buah = Rp 200,000
  • – Meja 2 buah = Rp 800,000
  • – Kursi 2 buah = Rp 100,000
  • – Rak 1 buah = Rp 500,000
  • – Etalase kaca 1 buah = Rp 1,000,000
  • – Komputer admin = Rp 3,000,000
  • – Perlengkapan lainnya = Rp 500,000
  • – Biaya cadangan = Rp 23,000,000
  • Total = Rp 53,350,000

Ditambah dengan biaya operasional sekitar = Rp 3,987,000

Selanjutnya akan dibahas bagaimana cara memulai bisnis usaha toko perlengkapan bayi dan tips sukses untuk menghadapi permasalahan yang dihadapi.

Baca Juga: Peluang Usaha Toko Perhiasan Emas, Investasi yang Menjanjikan

Strategi Penentuan Harga Jual Usaha Toko Perlengkapan Bayi

Lagi-lagi meski sudah memiliki stok barang serta lokasi dan siap berjualan, harga jual merupakan hal mendasar yang sulit untuk diterapkan terutam bagi pemula.

Untuk mendapatkan ide cara penerapan harga yang tepat, maka tidak ada salahya jika kemudian anda melakukan serangkain survey langsung dengan membeli beberapa item produk perlengkapan bayi yang paling laku dengan merek dan model yang sama denga yang kita akan jual di toko paling ramai di kota anda.

Dari situ kita bisa menghitung berapa persen keuntungan yang diperoleh jika menjual barang tersebut dengan harga yang sama dengan pembelian pada survey tadi.

Taruhlah keuntungan yang didapat adalah 10% maka anda dapat menerapkan cara yang sama pada produk lainya pada kisaran presentasi keuntungan yang sama, atau jika anda ingin lebih cepat menjaring pelanggan beri sedikit lebih murah dari harga jual toko lain.

Ingat cukup sedikit saja selisihnya pada setiap produk agar anda juga tetap mendapat keuntungan.

Strategi Promosi Bisnis Usaha Toko Perlengkapan Bayi

Selesai melakukan tahapan diatas , selanjutnya adalah segera memulai usaha toko perlengkapan bayi anda. Berikut tahapan yang bisa dikerjakan selanjutnya.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Toko Olahraga dengan Hasil Sukses

Promosikan Usaha Toko Perlengkapan Bayi Anda

Melakukan promosi yang tepat sasaran bisa menghemat waktu serta dapat menjangkau banyak calon pembeli.

Kegiatan promosi perlu dilakukan agar usaha anda cepat laris.

Terdapat beberapa cara untuk melakukan promosi yakni sebagai berikut :

• Memperkenalkan usaha anda kepada teman dan kerabat dengan menceritakan berbagai produk dan keunggulan yang ditawarkan.

• Melakukan promosi dengan berkeliling membagikan brosur yang bisa berisi daftar harga, promo diskon ke lingkungan sekitar toko anda.

• Melakukan promosi aktif melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan media sosial lainnya yang banyak penggunanya.

Menerapkan Strategi Bisnis Usaha Toko Perlengkapan Bayi

Terdapat beberapa strategi bisnis yang bisa anda terapkan pada usaha toko perlengkapan bayi anda , yakni sebagai berikut :

• Melakukan dekorasi tempat usaha menjadi menarik perhatian dengan desain yang modern dan disukai juga oleh anak-anak. Penggunaan warna cat dinding yang lembut dan cerah ceria.

• Menyediakan stok perlengkapan bayi yang lebih bervariasi agar menarik pembeli, usahakan apa yang dicari pembeli harus tersedia agar tidak mengecewakan terutama bagi calon pembeli baru.

• Memberikan harga yang bersaing, artinya perlu diketahui juga jangan memberikan harga yang lebih mahal dari toko yang lain, tetapi juga tidak disarankan membanting harga jauh dibawah pasaran hal ini tentu tidak sehat.

Taruhlah harga sedikit dibawah harga pasaran kalau memang memungkinkan atau memilih harga yang sama namun berikan keunggulan pelayanan yang lain.

• Menyediakan fasilitas layanan tambahan, hal ini bertujuan agar pembeli selalu merasa nyaman dihargai.

Layanan tersebut bisa saja seperti Parkir gratis, layanan antar barang ketempat tujuan secara gratis, memberikan hadiah bonus ketika seorang pembeli berbelanja dengan jumlah tertentu.

Bonus yang diberikan dapat berupa produk barang ataupun potongan harga.

• Membuat pembukuan keuangan secara baik juga dapat menjadi strategi bisnis yang baik agar pengaturan terhadap keuangan toko anda menjadi lebih tertata dan jelas.

Lakukan pencatatan semua keuntungan dan pengeluaran dalam buku agenda anda, hal ini dapat membantu anda untuk mengetahui apakah modal anda sudah kembali atau belum.

• Penting untuk menyisihkan sedikit demi sedikit keuntungan anda untuk dijadikan modal dagang selanjutnya.

• Jalankan semua strategi bisnis diatas yang dapat membantu mengembangkan usaha toko anda menjadi lebih maju dan sukses.

 

Dengan menerapkan strategi bisnis diatas hal ini tentu akan membuat pembeli senang berbelanja di toko anda dan memungkinkan mereka untuk merekomendasikan tempat usaha anda kepada rekan-rekannya.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Toko Elektronik yang Menjanjikan

Tips Sukses Memulai Usaha Toko Perlengkapan Bayi

Anda perlu mengetahui beberapa tips sukses untuk mengatasi masalah selama menjalankan usaha anda.

Berikut tips sukses yang bisa dijadikan referensi untuk anda.

• Selalu memberikan informasi dan pelayanan yang baik kepada para pembeli tentang produk atau apapun yang ditanyakan oleh mereka.

• Bersikap ramah terhadap para pembeli, jangan sampai bersikap kasar kepada pembeli hal ini juga akan mempengaruhi penilaian mereka terhadap layanan yang diberikan toko anda.

• Membuat suasana toko yang nyaman bagi para pembeli yang sedang berada di toko anda, agar merasa betah dan nyaman.

• Tak kalah penting lainnya adalah jangan lupa untuk selalu mempersiapkan mental anda untuk menghadapi segala macam resiko.

Resiko seperti toko yang sepi, biaya sewa toko yang terus naik, karyawan anda yang ingin meminta gaji tinggi, keuntungan yang didapat tidak cukup untuk menutupi kebutuhan operasional sampai dengan resiko mengalami kerugian karena pendapatan tidak sesuai dengan pengeluaran.

• Mental seorang pengusaha harus kuat sehingga bisa menghadapi berbagai masalah , namun anda juga harus optimis mungkin saja kelak toko anda akan menjadi lebih maju, sangat ramai oleh pembeli sampai anda merasa kewalahan, anda juga harus siap mental menghadapi hal-hal seperti itu agar tidak terlena namun tetap fokus pada pelayanan dan kualitas produk yang baik.

• Tekun dan selalu belajar layaknya seorang bayi baru lahir, belajar merangkak, belajar berjalan sampai dengan berlari dan tumbuh dewasa.

• Tentu yang sangat penting adalah berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar selalu diberikan keberkahan rejeki yang halal.

Demikian tips dan cara buka usaha toko perlengkapan bayi semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi bagi anda yang ingin menjalankan usaha ini.

 

Referensi

https://economy.okezone.com /read/2017/09/11/320/1773320/inspirasi-bisnis-baby-shop-beromzet-puluhan-juta-rupiah-balik-modal-dalam-2-bulan

https://dolarbisnisonline.blogspot.com/2015/06/strategi-buka-usaha-perlengkapan-bayi.htmlwww.neraca.co.id/article/28295/Usaha-Toko-Perlengkapan-Bayi-Cukup-Menggiurkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *