Cara Memulai Usaha Toko Komputer Dijamin Menguntungkan

Usaha Toko Komputer

Usaha Toko Komputer

 

Semakin canggihnya teknologi informasi dan komunikasi membuat kebutuhan masyarakat terhadap peralatan media digital semakin meningkat, khususnya pada komputer atau laptop.

Hal tersebut bisa dijadikan sebagai peluang usaha toko komputer yang pastinya menjanjikan, tetapi sebelum itu Anda harus tahu berbagai tips untuk memulainya agar hasilnya untung dan sukses.

Ikuti penjelasannya lebih detail agar informasi tentang langkah tepat memulai bisnis toko komputer bisa Anda dapatkan!

Ini Dia 10 Tips Memulai Usaha Toko Komputer Hasil Dijamin Sukses

Para pebisnis yang telah menuai kesuksesan dari hasil kerja kerasnya dalam membuka serta menjalani tahapan bisnis atau usaha tentu mengalami banyak hal yang tidak mudah bagi mereka sebelumnya.

Oleh karena itu, tips atau langkah yang tepat untuk mengawalinya sangat dibutuhkan, termasuk beberapa tips yang sudah dirangkum di bawah ini.

Persiapkan Anggaran Memulai Usaha Toko Komputer

Setiap orang yang ingin memulai usaha atau bisnis tentu harus memiliki anggaran terlebih dahulu sebagai modal awal, salah satunya saat akan membuka usaha toko komputer.

Pastikan Anda mempersiapkan dana tabungan atau investasi lebih awal sehingga bayangan atau ide tentang membuka usaha juga terbersit dari jauh-jauh hari.

Melihat beberapa pengalaman tokoh yang sudah mendapatkan kesuksesan saat menekuni bisnis toko komputer, telah berhasil menghasilkan omzet yang sangat besar dari usahanya tersebut, yakni mereka berhasil mendapatkan untung sekitar kurang lebih dari 100 juta per bulan.

Tetapi, hasil tersebut tidak didapatkannya secara instan, harus dengan modal awal yang bisa dibilang cukup mahal, yakni sekitar 20 hingga 40 juta rupiah. Jika Anda berminat maka gunakanlah dana hasil investasi atau tabungan untuk memulainya.

 

Tentukan Lokasi Strategis untuk Toko Komputer

 

Pada tahap selanjutnya, Anda harus menentukan lokasi strategis toko komputer agar bisa dengan mudah ditemukan oleh banyak orang. Caranya dengan mempertimbangkan berbagai hal, yakni.

1. Jalan raya yang tidak jauh dari lokasi toko komputer.

2. Pusat perbelanjaan dan pertokoan yang ramai dikunjungi oleh masyarakat pada umumnya.

3. Pusat masyarakat yang notabene atau kebanyakan memiliki profesi sebagai pihak yang pekerjaannya membutuhkan bantuan alat digital seperti komputer. Anda bisa memilihnya di sekitar pusat pendidikan, perkuliahan, pusat gedung perkantoran, dan sebagainya.

4. Pilih lahan yang sedikit luas, cukup menampung bangunan toko sekaligus terdapat lahan kosong sebagai area parkir.

5. Pilih daerah yang tidak rawan terkena banjir, jika tidak tersedia, maka bangunlah toko dengan meninggikan permukaan tanahnya terlebih dahulu.

6. Anda juga bisa menyewa tempat untuk membuka toko di pusat perbelanjaan seperti mall ternama agar lebih strategis.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Toko Elektronik yang Menjanjikan

Gunakan Brand atau Nama Usaha Toko Komputer

Nama Usaha Toko Komputer

Sebelum memulai praktik bisnisnya, Anda harus memiliki nama usaha agar toko komputer dengan identitas milik Anda lebih dikenal, serta lebih mudah untuk dipasarkan kepada masyarakat luas.

Gunakan nama toko komputer yang unik dan berbeda dari lainnya yang sudah ada.

Tentukan nama yang singkat dan mudah diingat oleh masyarakat, agar mereka bisa menyebakan informasi tentang toko komputer Anda kepada rekan-rekan atau kenalannya.

Desain Toko Komputer dengan Tema Tekhno

Jika Anda sudah menentukan identitas yang tepat untuk toko Anda, maka selanjutnya lakukanlah sesuatu agar toko tersebut menarik untuk dikunjungi oleh para calon pelanggan.

Caranya dengan mendesain toko menjadi lebih menarik, nyaman, dan membuat para pelanggan betah untuk memilih koleksi komputer di sana.

Pastikan ruang toko tidak terlalu sempit agar para pelanggan bisa masuk dan memilih koleksi produk dengan mudah, karena Anda tidak mungkin membawa barang berat jika ingin menunjukkan produk komputer seperti yang diinginkan para pelanggan.

Anda bisa menyediakan rak yang memperlihatkan beberapa contoh komputer dengan merk dan spesifikasi tertentu yang bisa menarik minat pelanggan dengan meletakkannya di depan toko atau titik yang strategis dan bisa dijangkau dengan mudah di dalam toko.

Sediakan Produk Komputer Beragam Merk

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Toko Alat Listrik Modal Kecil Menengah dan Modal Besar

Toko komputer yang menyediakan produk lengkap tentunya akan diburu oleh para pelanggan, karena mereka akan memilih komputer dengan beberapa merk ternama yang kualitasnya sudah terjamin bagus.

Demikian juga dengan toko komputer milik Anda, sediakanlah stok produk komputer dari berbegai merk, terutama yang terkenal dan permintaannya banyak di pasaran, serta merk-merk tertentu yang harganya terjangkau.

Berikan produk komputer yang harganya beragam agar menjangkau berbagai kalangan masyarakat dari bawah hingga atas.

Sediakan Berbagai Peralatan dan Perlengkapan Produk Komputer Lengkap

Meskipun toko Anda lebih utama untuk menyediakan produk komputer dengan berbagai merk, tatpi Anda juga perlu menyediakan berbagai peralatan dan perlengkapan yang nantinya dibutuhkan oleh para pelanggan untuk memperbaiki atau meningkatkan komputer mereka.

Para pelanggan juga akan lebih nyaman karena bisa membeli produk komputer beserta peralatannya dengan lengkap dalam satu tempat saja, yakni di toko Anda.

Peralatan dan perlengkapan komputer yang penting sebagai rangkaian utama komputer meliputi mouse, CPU, keyboard, serta monitor.

Sedangkan peralatan tambahan yang harus Anda jual antara lain, seperti headset, headphone, speaker, kabel rangkaian komputer, dan sebagainya.

Anda bisa menjual beberapa perlengkapan tambahan tersebut dengan beragam model, tipe, atau desain yang unik, tetapi tetap perhatikan merk dan kualitas barang.

Karena para pelanggan tentu akan mempertimbangkan hal tersebut sebelum yakin untuk membelinya.

Baca Juga: Prospek Usaha Toko Sparepart Mobil

Siapkan Para Calon Pekerja Toko Komputer

 

Saat Anda membuka toko komputer tentu tidak akan bisa menjalankannya sendiri, karena lebih susah mengaturnya. Sebaiknya adakan penerimaan calon pekerja untuk toko komputer Anda.

Beberapa bagian pegawai yang harus Anda rekrut antara lain adalah, pegawai kasir, serta penjaga toko yang juga berperan sebagai sales untuk menawarkan produk dan membuat pelanggan memiliki minat yang tinggi terhadap produk yang dijual toko.

Pastikan Anda merekrut karyawan dengan menentukan berbagai kriteria sesuai bidangnya.

Untuk pegawai kasir, kriteria yang dibutuhkan tentu harus seorang yang memiliki kecermatan dan ketelitian dalam menghitung anggaran.

Hal ini sangat penting untuk melihat untung dan rugi dari hasil penjualan toko setiap periode waktu tertentu.

Selanjutnya, untuk penjaga toko sekaligus sales, Anda harus menentukan kriteria berupa seoang yang pandai berkomunikasi dengan orang lain dalam waktu singkat. Orang tersebut juga harus memiliki pengetahuan tentang seputar komputer, dan berbagai permasalahannya.

Selain itu, sebagai sales juga harus memiliki kepribadian yang ramah, ceria, tidak murung sehingga konsumen bisa lebih tertarik lagi untuk mengunjungi toko komputer karena pelayanan yang berkualitas dari pekerja Anda.

Cukup dua bagian ini saja, yang harus Anda miliki ketika membuka toko komputer untuk pertama kalinya, Anda bisa bertugas sbagai pemilik sekaligus kepala toko yang juga memiliki pemahaman seputar ilmu komputer.

Berikan Potongan Harga, Diskon, Bonus, atau Hadiah untuk Pembelian Pertama

Discount toko komputer

Saat membuka toko untuk pertama kali tentu tidak mudah, karena sasaran pelanggan toko masih belum stabil, dan Anda harus mencarinya dengan usaha keras.

Pada tahap awal pembukaan toko, Anda bisa memperkenalkan dengan mengadakan event tertentu yang ditujukan kepada para pelanggan.

Selain itu, berikan promo untuk pertama kali agar mendapatkan respon baik dari para pelanggan, yang diumumkan sejak jauh hari dengan menyebarkan brosur atau banner.

Anda bisa menyediakan beragam promo menarik untuk perlengkapan tertentu seperti headset, dan yang lainnya, yang tidak memberikan kerugian terlalu besar bagi Anda.

Bisa juga Anda memberikan beberapa hadiah unik untuk setiap pembelian produk yang dilakukan pertama kali bagi setiap pelanggan.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Toko Aksesoris dan Sparepart Motor

Pemeliharaan dan Pengembangan Strategi Bisnis Toko Komputer

Jika toko komputer sudah bisa berjalan dengan stabil, dan Anda bisa mendapatkan pelanggan secara rutin setiap harinya, meskipun dengan jumlah yang tidak menentu, maka rawat dan peliharalah ruangan toko dengan baik.

Pastikan tidak ada desain yang rusak, meskipun ruangan toko bisa dibilang cukup kecil, usahakan terdapat pernak-pernik atau hiasan yang masih bagus untuk dipajang di toko.

Selain itu, Anda juga harus mengembangkan bisnis Anda agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, tidak terlalu bergantung pada satu sumber saja.

Anda bisa membuka banyak toko yang dikelola atau dioperasikan secara online, mengingat kini media internet menjadi sarana bisnis yang strategis dan sangat menguntungkan.

Pastikan Anda memiliki tenaga kerja yang mendukung pekerjaan promosi dan marketing melalui media digital, bila perlu Anda sendiri mampu untuk melakukannya agar lebih efektif, berikut langkahnya.

  • Gunakan jaringan pertemanan Anda sebagai jaringan bisnis, pastikan Anda memiliki banyak koneksi kepada orang-orang yang memiliki minat menggunakan komputer. Serta ikuti beberapa kelompok atau komunitas yang fokus membahas hal-hal terkait peralatan digital seperti komputer, sekaligus menjualnya. Kemudian manfaatkan berbagai media online, seperti marketplace online, media sosial, serta website atau blog.
  • Buatlah akun toko komputer pada berbagai media tersebut, terutama pada marketplace yang memang lebih banyak dikunjungi oleh orang-orang yang sedang butuh untuk berbelanja, Sasarannya pun tepat, karena dengan menggunakan media marketplace tersebut masyarakat sudah terkategorisasi dengan baik untuk memanfaatkannya tanpa harus Anda sarankan terlebih dahulu.
  • Tetapi, Anda juga harus memahami cara aau strategi untuk memasarkannya agar bisa ditemukan kolom pencarian aplikasi marketplace tertentu. Caranya bisa dengan menggunakan tagar saat sedang memposting produk komputer yang akan diperjualbelikan.
  • Anda juga bisa menggunakan strategi pemasaran lewat mesin pencari terkenal seperti Google toko bisa dengan mudah dan cepat untuk ditemukan oleh para calon pelanggan di seluruh penjuru dunia. Caranya gunakanlah bahasa asing, untuk mendeskripsikan produk, mencantumkan nama produk, pemberian tagar, dan sebagainya.

 

Mengetahui Hambatan dan Masalah Saat Menjalankan Usaha Toko Komputer

Sebagai calon pemilik usaha toko komputer, Anda juga harus memahami berbagai kendala dan masalah yang akan Anda temui, berikut beberapa contohnya.

1)Persaingan sangat ketat, karena sudah banyak sekali pihak yang melihat peluang di bidang ini.

2)Hasil pendapatan yang menguntungkan bisa Anda raih asalkan dengan usaha promosi maksiman, serta berani memberikan penawaran beda dari yang lain. Jika tidak maka justru akan mengalami kerugian.

3)Produk komputer selalu mengalami inovasi tiap periode jadi harganya akan selalu turun.

4)Anda juga harus memiliki keahlian di bidang komputer agar bisa memantau kinerja para karyawan.

Tips dan Kesimpulan

Membuka peluang bisnis di bidang komputer memang menguntungkan, tetapi Anda harus memperhitungkan berbagai hambatan dan resiko terlebih dulu.

Selanjutnya mengikuti tipsnya dengan tepat untuk meminimalisir kerugian, jadi jangan ragu untuk mencobanya!

Sumber referensi

https://wirausahakan.blogspot.com/2016/03/mau-buka-toko-komputer-ini-masalah-yang.html

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *