Cara Memulai Usaha Toko Elektronik yang Menjanjikan

Usaha Toko Elektronik

 

Melihat tingginya minat seluruh masyarakat untuk menggunakan peralatan dan perlengkapan elektronik tentu menjadikan hal tersebut sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk mulai membuka usaha toko elektronik yang sangat menjanjikan! Namun, jalankan dengan mengikuti tips yang tepat agar bisnis bisa segera mengalami kesuksesan.

11 Tips Memulai Usaha Toko Elektronik Mini Sukses dan Menguntungkan

Usaha toko elektronik merupakan peluang yang memberikan hasil sangat menjanjikan, apalagi jika toko semakin berkembang, asalkan dilalui dengan semangat, ketekunan, dan kesabaran dalam berproses, serta menjalani tips dan triknya dengan tepat.

Agar bisnis mulai berkembang sukses di tahap awal maka simaklah 11 poinnya di bawah ini.

1. Modal Awal yang Dibutuhkan Memulai Usaha Toko Elektronik

Anggaran dana yang perlu Anda keluarkan sebagai modal awal membuka usaha toko elektronik memang terbilang cukup mahal, mengingat harga tiap produknya pun memang mahal.

Namun, jika Anda menekuninya perlahan, maka laba yang bisa Anda hasilkan sangat menggiurkan, bahkwan jangka waktu balik modal pun cukup cepat.

Pertama kali membuka toko, bisa jadi modal yang Anda habiskan mencapai puluhan juta, bahkan ratusan juta rupiah jika produk elektronik yang diperjualbelikan cukup lengkap, serta berasal dari berbagai merk.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan produk investasi dari bank yang menyediakan layanan modal usaha, atau bekerja sama dengan mitra lain yang cukup berpotensi memberikan keuntungan bagi Anda untuk memajukan usaha toko elektronik milik Anda.

Baca Juga: Bagaimana Memulai Usaha Sembako Modal 5 Juta

2. Pilih Jenis atau Ragam Produk Toko Elektronik

Ragam produk toko elektronik

Sebelum membuka usaha toko, sebaiknya tentukan terlebih dahulu tentang jenis dan ragam produk elektronik yang akan diperjualbelikan.

Anda bisa memilih untuk menjual aneka produk elektronik rumah tangga yang permintaannya stabil dan meningkat, seperti mesin cuci, televisi, radio, kompor listrik, dan sebagainya.

Jika Anda sudah menetapkan ragam produk tersebut, segera lakukan pembelian untuk stok toko.

Belilah dengan beragam merk, meskipun Anda fokus untuk menjual satu jenis produk elektronik misalnya mesin cuci, maka sediakan dengan beragam merk agar pelanggan bisa menentukan kriteria dan minat kualitas produk yang diinginkannya.

3. Pilih Lokasi Strategis Untuk Toko Elektronik

Salah satu faktor penting yang menyebabkan toko ramai dikunjungi maupun tidak, yakni letak atau lokasi didirikannya toko.

Para pengunjung tentu akan lebih memilih toko yang terdapat di daerah atau lokasi yang mudah dijangkau oleh berbagai kendaraan serta pejalan kaki.

Biasanya di tempat umum yang menjadi pusat keramaian masyarakat, bisa didirikan di sekitar jalan raya yang berdekatan dengan pusat pertokoan, atau di kawasan perumahan kota besar yang penghuninya cukup ramai.

Jika usaha produk Anda mulai laris dan berkembang cukup pesat di kemudian hari Anda bisa membuka cabang.

Atau sebaliknya jika Anda sedang mengalami kekurangan biaya, maka bisa menyewa beberapa petak lahan baik di luar maupun di dalam pusat perbelanjaan untuk mendirikan toko sementara waktu saja.

Baca Juga: Analisa Usaha Fotocopy Sukses

4. Gunakan Brand Atau Nama Toko Elektronik

Toko elektronik yang Anda didirikan juga harus memiliki nama usaha, agar dikenal oleh banyak masyarakat luas dan bisa menjadi salah satu kategori toko yang paling banyak diminati di sekitar wilayah domisili Anda.

Gunakan nama yang simpel, dan mudah diingat oleh banyak orang agar lebih dikenal secara luas.

Berikan logo atau symbol yang menjadi ciri khas dari usaha Anda, logo tersebut biasanya diletakkan bersama dengan nama usaha yang Anda jadikan sebagai identitas bisnis.

Jangan sampai membuat logo atau nama usaha yang mirip dengan toko elektronik lain, karena tindakan Anda tersebut bisa saja termasuk sebagai plagiasi hak cipta. Dan usahakan bahwa nama usaha tersebut unik.

6. Desain Toko Elektronik Agar Lebih Menarik, Elegan dan Rapi

Meskipun tampilan toko elektronik biasanya cenderung biasa saja untuk dilihat, atau bahkan terkesan membosankan, tetapi buatlah desain yang unik, berbeda dari toko pada umumnya.

Gunakan cat dinding yang cerah, jangan sampai terdapat pengelupasan, kemudian berilah beberapa hiasan dinding seperti jam, kalender atau bisa juga lukisan.

Penataan aneka produk elektronik juga harus rapi, tiap produk harus dikategorikan sesuai jenisnya, meskipun berbeda merk.

Misalnya Anda menjual produk aneka mesin cuci, maka letakkan produk tersebut dengan beragam ukuran serta merk ke dalam satu tempat , begitupun dengan produk lainnya.

Hal itu sangat penting untuk mempermudah para pelanggan yang hendak memilih satu produk sekaligus beserta ukuran dan merknya.

Baca Juga: Cara Buka Usaha Toko Buku

7. Sediakan Produk Pelengkap Elektronik

Selain produk aneka elektronik berat seperti televisi, mesin cuci, dan sebagainya, Anda juga bisa menjual peralatan yang melengkapi produk tersebut misalnya charger, baterei, remote, antenna, dan lain-lain.

Usahakan bahwa toko elektronik Anda menyediakan berbagai kebutuhan elektronik sekaligus pelengkapnya.

Hal ini berguna agar pelanggan bisa berbelanja dalam satu tempat sekaligus, dengan begitu mereka juga akan semakin nyaman dan puas untuk selalu berbelanja di toko Anda.

8. Siapkan Perabotan, Peralatan, Perlengkapan dan Hal Lain yang Dibutuhkan Toko Elektronik

Sebelum Anda meletakkan stok produk elektronik ke dalam toko, sebaiknya siapkanlah terlebih dulu berbagai perabotan yang dibutuhkan, seperti etalase toko, rak aluminium, besi atau kayu yang kuat, bisa menahan berat barang-barang elektronik, serta bertahan lama.

Siapkan juga mesin kasir untuk menghitung hasil penjualan, kemudian lengkapi dengan beberapa tempat sampah di sudut ruangan untuk menjaga agar toko selalu bersih.

Letakkan etalase toko sesuai dengan kenyamanan Anda, dan pastikan berada di dekat pintu yang bisa dilihat oleh para pelanggan.

Masukkan ke dalamnya berbagai peralatan pelengkap barang elektronik dengan rapi beserta label harganya, agar pelanggan bisa melihat dan memilih produk dengan mudah.

Sedangkan untuk produk elektronik utama yang Anda promosikan letakkan di depan toko saat sedang buka agar bisa menarik pandangan para calon pelanggan.

Pilihlah produk yang dalam kondisi baik untuk diletakkan di tempat masuk utama, namun berilah celah yang ukurannya pas untuk dimasuki pelanggan agar bisa memilih produk elektronik lebih banyak di dalam toko Anda.

Baca Juga: Usaha Grosir Sembako dari Nol

9. Siapkan Pekerja Toko Elektronik

Meskipun Anda membuka usaha toko elektronik baru untuk pertama kalinya, tetapi Anda tidak akan bisa menanganinya seorang diri tanpa bantuan pekerja lain.

Oleh karena itu, siapkan beberapa tenaga kerja yang bertugas sebagai pegawai kasir, dan penjaga toko atau sekaligus sales. Pastikan bahwa kedua calon pekerja memenuhi kriteria yang Anda butuhkan seperti berikut ini.

1).Kasir

Bertugas secara khusus untuk menghitung hasil penjualan yang didapatkan toko selama jam kerja. Pastikan bahwa pegawai kasir yang Anda pilih memiliki ketelitian dan kecermatan dalam perhitungan.

2.)Penjaga toko sekaligus sales

Anda juga memerlukan seorang pekerja yang tugasnya menjaga toko, namun sekaligus menjadi seorang sales yang memperkenalkan serta memberikan penawaran produk kepada pelanggan.

Usahakan bahwa pegawai toko atau sales memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi serta melakukan negosiasi dengan pelanggan.

Sales juga memiliki tugas penting untuk bisa menyelesaikan target pemesanan pelanggan. Jika sales berhasil memenuhi target, biasanya akan diberi bonus.

Pastikan bahwa Anda memberikan kenyamanan dan perhatian kepada para pegawai agar mereka bisa turut mengembangkan usaha Anda.

Namun, bersikaplah tegas dan disiplin kepada pegawai untuk menjunjung tinggi etos kerja serta meminimalisir kecurangan atau kejahatan yang bisa saja dilakukan oleh pegawai.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Toko Bangunan

10. Adakan Event Grand Opening Toko Elektronik

Untuk memperkenalkan toko Anda kepada warga atau orang-orang yang tersebar di sekitar toko, berikan brosur yang memberikan infromasi tentang toko sekaligus mengadakan acara grand opening yang memberikan kesempatan bagi semua orang untuk melihat aneka produk elektronik di toko Anda.

Jangan lupa memberi keterangan waktu dan petunjuk tempat yang jelas di brosur yang akan disebarkan agar para pelanggan bisa dengan mudah menemukannya.

11. Berikan Diskon, Atau Hadiah untuk Pembelian Pertama

Saat mengadakan acara meriah seperti pada saat grand opening, sebaiknya berikan banyak penawaran menarik untuk para calon pelanggan Anda.

Misalnya pada beberapa produk pelengkap eletronik seperti remote, antenna, serta produk lain dengan ukuran prakti, Anda memberikan potongan harga, atau diskon yang meriah tentunya bisa membuat produk lebih banyak diminati.

Pada saat mengadakan salah satu event meriah tersebut, Anda juga bisa mempromosikan produk lain secara bersamaan.

Gunakan keahlian sales Anda untuk menawarkannya, terutama pada calon konsumen yang notabene adalah ibu-ibu dengan minat tinggi saat terdapat event promo dan diskon produk elektronik rumah tangga.

Perawatan, Pemeliharaan dan Pengembangan Bisnis Toko Elektronik

Jika toko berjalan dengan stabil, ditandai dengan adanya pelanggan yang berkunjung tiap hari, baik untuk sekedar melihat produk atau membeli, maka rutinlah merawat kebersihan dan kerapihan toko Anda.

Usahakan agar produk elektronik tidak berdebu, meskipun itu hanya bungkus kardus di bagian luarnya saja.

Selain merawat produk agar kualitasnya tetap terjaga, Anda juga perlu untuk mengembangkan bisnis toko elektronik tersebut.

Caranya tentu sangat mudah. Kini Anda bisa menggunakan media online sebagai pemasaran untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas, mengingat semua orang hampir di seluruh dunia selalu membutuhkan barang elektronik.

Namun, untuk produk yang berukuran besar sebaiknya promosikan melalui brosur ataupun banner, Anda juga bisa memanfaatkan jaringan untuk relasi bisnis yang lebih luas di lapangan secara nyata.

Media secara online lebih banyak menghasilkan keuntungan, dengan memanfaatkan banyak marketplace seperti tokopedia, shopee, dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan begitu proses promosi dan penjualan Anda lebih mudah dengan perantara pasar online tersebut.

Namun, untuk menarik minat banyak pelanggan, Anda harus menyertakan testimoni para pelanggan yang membeli produk Anda secara langsung.

Anda juga bisa menyertakan fotonya agar lebih meyakinkan sebagai objek promosi secara online.

Para pelanggan yang pernah belanja di toko Anda sarankan untuk memberikan ulasan sekaligus penilaian yang bagus terhadap toko beserta pelayanannya.

Tips dan Kesimpulan

Bisnis dengan membuka usaha toko elektronik memang menguntungkan, namun Anda harus berani menghabiskan modal cukup banyak pada tahap awal, serta dan tidak pernah menyerah untuk menjalaninya.

Pastikan juga menggunakan tips di atas dengan baik agar bisnis bisa semakin berkembang dan sukses.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *