Cara Memulai Usaha Toko Aneka Kue Menguntungkan

Usaha Aneka Kue

Usaha Toko Aneka Kue

Peluang bisnis menguntungkan saat ini bisa Anda temukan di berbagai bidang, salah satunya dengan bisnis kuliner.

Jika Anda tertarik, serta memiliki bakat dan minat di bidang tersebut, maka cobalah memulai usaha toko aneka kue dengan mengikuti tips dan triknya yang penting!

Inilah 12 Tips Memulai Usaha Aneka Kue

Popularitas bisnis di bidang kuliner salah satunya usaha aneka kue semakin meningkat, mengingat permintaan pasar terhadap aneka kue, baik itu kue ringan, maupun kue berat semakin meningkat juga, tidak pernah turun.

Hal itu tentu saja disebabkan kebutuhan perut yang selalu harus diisi setiap saat. Oleh karena itu memilih usaha membuka toko aneka kue masih sangat menguntungkan.

Baca Juga: Usaha Jualan Es Durian,Bagaimana Caranya Agar Sukses?

1. Modal Awal yang Dibutuhkan Memulai Usaha Aneka Kue

Modal awal untuk membuka toko aneka kue sangat beragam, karena tergantung dari biaya gedung yang Anda sewa atau beli.

Selain itu bisa juga disebabkan jumlah besarnya bahan untuk membuah kue, serta peralatannya.

Berikut rincian anggaran modal awal yang nanti perlu Anda siapkan.

Pertama, Anda akan membutuhkan kompor gas yang harganya sekitar 200 hingga 400 ribu rupiah, kemudian mixer seharga 3 hingga 4 juta, oven gas sekitar 3 hingga 4.5 juta, aneka cetakan dan loyang sekitar kurnag lebih 200 ribu.

Peralatan memasak kue, seperti whisk, ayakan, panic, wajan, dan sebagainya kurang lebih 600 ribu rupiah, serta perlengkapan lain-lain bisa Anda berikan harga sekitar 300 ribu saja.

Listrik toko dan gas yang nanti Anda habiskan tiap waktunya juga harus dihitung ke dalam modal awal.

Bahan kue sekaligus kemasannya sebesar kurang lebih 1.5 juta sehingga total modal awal yang Anda butuhkan sekitar 12.5 juta rupiah.

Pastikan Anda memulainya dengan bakat memasak yang sudah pasti Anda miliki.

2. Lokasi Strategis Untuk  Usaha Toko Aneka Kue

Hal penting yang harus Anda perhatikan yakni menentukan lokasi toko kue yang strategis, jika berada pada tahap awal sebaiknya Anda gunakan gedung atau tempat sewa.

Namun, jika menurut Anda hal tersebut terlalu mahal, maka bisa memanfaatkan lahan milik Anda sendiri atau membelinya.

Usahakan tempat yang menjadi bakal toko aneka kue tidak jauh dari pusat keramaian, misalnya di pinggir jalan raya namun memiliki halaman yang luas untuk parkir, atau bisa juga dibangun di tempat yang ramai dengan gedung perkantoran, sekolah, perkuliahan, bisa juga perbelanjaan.

Anda bisa menggunakan cara yang lebih modern lagi, yakni dengan memanfaatkan maps online untuk menandai lokasi Anda agar mudah ditemukan oleh semua orang yang sedang mencari rook aneka kue di sekitar domisili Anda.

 Baca Juga: Bisnis Kuliner – Jualan Makanan Apa Saja Yang Laris dan Menguntungkan?Bagaimana Caranya?

3. Memilih Tema Untuk Menghias Toko Aneka Kue

Selanjutnya pilihlah tema untuk memperindah toko kue milik Anda, jika kue yang akan dijual seperti berbagai macam donat bisa menggunakan cat dinding berwarna cokelat atau yang menarik lainnya.

Serta menghias ruangan dengan tema kue yang akan kita jual.

Berikan hiasan alami dan segar di dalam ruangan seperti bunga atau tanaman hijau hias yang bisa digantung di teras, di sudut ruangan atau sebagai penghias meja.

4. Memilih Aneka Kue yang Akan Dipasarkan

Jika Anda sudah menghias dengan baik toko kue, artinya Anda juga harus menentukan jenis aneka kue yang akan dipasarkan, misalnya Anda akan memasarkan aneka kue tradisional yang masih populer hingga kini, maka produksilah kue-kue tersebut sebagai andalan toko Anda.

Nantinya, aneka jenis kue yang Anda pasarkan ini bisa juga dijadikan sebagai inspirasi untuk memberi nama merk atau toko kue untuk memperkenalkannya kepada khalayak luas.

5. Tonjolkan Keunikan Toko Aneka Kue

Setiap produk kuliner tentu memiliki cita rasa khas yang berbeda-beda, begitupun dengan toko kue yang akan Anda kembangkan.

Usahakan bahwa cita rasa yang Anda ciptakan berbeda dengan yang lain, serta terdapat hal unik yang bisa Anda andalkan.

Misalnya Anda akan memproduksi aneka kue yang tebuat dari bahan ubi atau ketela, maka Anda harus menjadikan bahan baku tersebut sebagai bahan utama, dan akan menjadi unik serta sebagai cita rasa khas produk yang sedang dikembangkan.

Baca Juga: Jualan Jajan Keliling Lewat Facebook

6. Gunakan Brand Atau Nama Toko Aneka Kue

Nah, nama toko atau merk produk adalah hal yang penting untuk dicantumkan sebagai pengenal bisnis yang sedang Anda kembangkan.

Beri merk sesuai aneka produk kue yang sedang diproduksi, kemudian buatlah beserta logonya sehingga bisa dicantumkan sekaligus pada kemasan produk serta dipampang menjadi nama toko kue.

7. Siapkan Perabotan, Peralatan dan Perlengkapan yang Dibutuhkan di Dalam Toko

Saat Anda telah selesai mempersiapkan sebuah bahan bangunan toko kue namun masih dengan ruang yang kosong, maka isilah ruang tersebut dengan berbagai perabotan, peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan toko, seperti meja, kursi, papan menu, meja panjang untuk diletakkan di kasir, tempat memajang aneka kue, dan sebagainya.

Jika semua perabot dengan lengkap sudah dimasukkan maka Anda pun bisa untuk memulai menyiapkan hal yang lain.

8. Siapkan Resep dan Bahan Baku Aneka Kue

Pada tahap selanjutnya, Anda harus mempersiapkan resep dan aneka bahan baku pembuat kue, antara lain seperti

• Aneka jenis gula sesuai kebutuhan membuat adonan kue

• Minyak goreng dan mentega

• Aneka jenis tepung sesuai kue yang akan dibuat.

• Susu, Keju

• Perasa alami, selai

• Buah-buahan seperti cerry, strawberry, kismis, dan sebagainya.

Pastikan Anda membeli bahannya dengan lengkap, jangan sampai bahan kehabisan ketika pelanggan hendak memsan kue tertentu, dan stoknya di etalase pun habis.

Namun, Anda bisa membuat kespakatan dengan pelanggan untuk sistem pre order dengan pembayaran serta batas pengambilan kue pada waktu tertentu sesuai kebutuhan pelanggan agar kue bisa dijual saat maish baru diolah atau dimasak.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Makanan Unik dan Kreatif

9. Tenaga Kerja Toko Kue

Usaha toko kue tentu tidak bisa dijalankan oleh satu orang atau dua orang saja, oleh karena itu Anda membutuhkan tenaga kerja.

Persiapkan bagian-bagian posisi kerja para calon pegawai terlebih dahulu, kemudian adakan sistem perekrutan. Posisi yang nantinya Anda butuhkan di toko kue antara lain yakni.

– Penjaga toko, sebagai seorang yang mengarahkan pelanggan dan membantu jika terdapat kesulitan. Penjaga toko nantinya juga bisa mencatat pesanan aneka kue yang disebutkan oleh pelanggan.

– Kasir, yakni seorang yang akan bekerja untuk menghitung pemasukan dari pembelian pelanggan pada kue Anda. Pastikan memilih pegawai kasir yang bisa menghitung dengan cermat dan teliti.

– Marketing, seorang yang paling penting untuk memasarkan dan memaksimalkan perkembangan toko Anda, baik di lapangan secara nyata maupun di dunia maya.

– Asisten koki, juga Anda butuhkan jika Anda selain menjadi pemilik toko juga menjadi koki utama. Namun, jika Anda tidak memiliki bakat memasak maka Anda juga memerlukan koki yang handal di bidangnya untuk membuat aneka kue.

10. Grand Opening Usaha Toko Aneka Kue

Sebelum membuka toko dan menerima pelanggan secara resmi, adakan event grand opening untuk toko Anda.

Caranya bisa dilakukan dengan menyebarkan selebaran kepada masyarakat dan warga sekitar yang berlalu lalang tidak jauh dari jarak toko Anda.

Serta lakukan hal tersebut untuk disebarkan di media online yang populer seperti Instagram, dan sebagainya.

11. Berikan Gratisan, Diskon, Atau Hadiah untuk Pembelian Pertama Bisnis Toko Kue Anda

Saat Anda mengadakan event grand opening sebaiknya berikan daya tarik utama produk kue Anda kepada pelanggan dengan memberikan aneka promo atau gratis

produk untuk pertama kali mencoba. Berikan harga yang gratis pada salah satu produk kue tertentu kepada seluruh pembeli yang hadir saat Anda membuka toko untuk pertama kalinya.

Berikan gratisan pada salah satu produk saja, namun pada saat itu juga Anda bisa menyediakan aneka kue yang lainnya dengan harga sesuai ketentuan Anda.

Biaya awal yang Anda habiskan untuk promo ini memang tidak murah, namun dari situ Anda bisa mendapatkan banyak calon pelanggan yang akan berkenalan dengan produk kue Anda.

Jika mereka memiliki selera dan minat tinggi, maka bisa menjadi pelanggan tetap.

12. Perawatan dan Pengembangan Toko Aneka Kue

Jika pada tahap awal di hari pertama Anda sudah melakukan berbagai hal yang menarik untuk toko aneka kue milik Anda, maka selanjutnya di hari-hari awal akan ada respon yang cukup menarik dari pelanggan setelah mengenal produk kue milik Anda.

Jika sebalumnya pelanggan mengikuti event grand opening meriah yang telah Anda selenggarakan, dan jatuh cinta pada produk tersebut, maka keesokan hari atau beberapa hari mereka akan datang kembali ke toko Anda.

Bisa datang seorang diri atau justru membawa banyak rekan mereka yang penasaran untuk mencoba cita rasa hasil kue buatan Anda.

Dengan begitu, artinya Anda telah memiliki pelanggan yang stabil selama beberapa hari ke depan.

Pada masa seperti ini, saatnya bagi Anda untuk memaksimalkan pengembangan bisnis toko kue melalui media online.

Gunakan pegawai Anda yang berada di bidang marketing atau pemasaran, mintalah mereka untuk mengambil testimony dari para pelanggan yang telah mencoba cita rasa kue unik dari toko Anda.

Sertakan foto beserta komentar pelanggan tersebut setelah mencicipi kue, atau bisa juga mengambil videonya untuk disebarkan ke akun media sosial khusus toko kue.

Bisnis toko kue milik Anda pun akan semakin berkembang dan terkenal hingga ke wilayah lainnya, dan pada beberapa waktu ke depan Anda bisa membuka peluang untuk membuka cabang toko.

Jika perkembangan kemajuan toko sudah pesat seperti ini, maka rawatlah dengan baik toko Anda.

Jaga kebersihan dan keindahan ruangan, pastikan warna cat dinding tidak pudar, serta berikan tempat sampah yang tersedia di beberapa sudut ruangan toko.

Tips dan Kesimpulan

Mengawali usaha toko kue sebenarnya cukup mudah asalkan Anda sudah memiliki bakat untuk membuat kua dengan cita rasa khas sebelumnya, dan telah memiliki beberapa rekan atau kerabat yang telah mengenal dengan baik hasil kue buatan Anda.

Jika semua hal tersebut sudah Anda miliki, maka jangan ragu lagi untuk mengembangkannya menjadi lebih besar lagi dengan membangun toko kue.

Namun, jangan lupa untuk melakukannya sesuai dengan berbagai tips yang telah dijelaskan di atas agar toko semakin sukses.

 

Sumber referensi

https://www.moneysmart.id/yuk-ikutan-merasakan-manisnya-bisnis-kue-bikin-artis-artis-heboh/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *