Cara Memulai Usaha Toko Aksesoris dan Sparepart Motor

Usaha Toko Aksesoris dan Sparepart Motor

Perkembangan tekhnologi dan kenaikan laju pertumbuhan pemakai sepeda motor di Indonesia sangat pesat.

Ini ditandai dengan makin padatnya pemakai jalan raya yang semakin hari terus mengalami kenaikan.

Padatnya kendaraan tentu memberi dampak positif bagi sebagian orang.

Usaha baru imbas dari naiknya jumlah kendaraan roda dua ini bisa dilihat dengan jelas.

Banyak pengusaha beralih untuk memilih usaha bengkel sepeda motor sebagai usaha yang dianggap sangat prospektif.

Disamping itu usaha jual aksesoris dan sparepart sepeda motor juga menjadi trend yang terus meningkat karena tingginya permintaan pasar.

Peluang usaha yang masih terbuka lebar karena pasar yang begitu luas, sebab setiap tahun kendaraan bermotor khususnya motor ini terus mengalami peningkatan disemua daerah yang ada di indonesia.

Hal ini jugalah membuat pelaku usaha baru mulai melirik usaha toko Aksesoris dan Sparepart motor, karena peluang yang begitu besar dan juga keuntungan yang didapatkan lumayan besar.

lalu bagaimana cara membuka usaha tersebut? berikut ini akan kami jelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memulai usaha ini, simak pembahasan berikut ini,

1.Persiapkan Dana Modal Usaha Aksesoris dan Sparepart Motor

Modal yang harus disiapkan adalah meliputi :

1. Menyewa tempat usaha (Bila anda belum memiliki tempat sendiri), anggaran yang dibutuhkan untuk sewa tempat ini maksimal adalah 20% dari modal awal yang dipersiapkan.

2. Sarana dan prasarana yang ada di toko, anggaran untuk sarana dan prasarana toko adalah 10% dari modal awal anda.

3. Jualan atau barang dagangan  anggaran yang dibutuhkan maksimal, adalah 70% dari modal awal anda.

4. Anggaran peralatan bengkel (Jika toko memiliki bengkel) anggaran inj bisa menyesuaikan dengan keadaan keuangan, kita bisa juga mencari barang bekas untuk menghemat biaya begitupun peralatan jasa yang lain seperti cuci motor (jika ada) maka anggaran dapat menyesuaikan.

2. Menentukan Lokasi Usaha Toko Sparepart dan Aksesoris

Lokasi usaha akan mempengaruhi keberhasilan jangka pendek dari usaha toko Aksesoris dan Sparepart motor ini, sedangkan untuk jangka panjang, akan dipengaruhi berbagai faktor selain lokasi usaha yakni harga, kualitas produk anda, pelayanan pada pelanggan dan pemasaran.

Lokasi yang cocok untuk usaha ini adalah yang memiliki letak yang strategis secara ekonomi yakni :

1. Lokasi berada di pinggir jalan raya jalan kabupaten, jalan kecamatan atau jalan provinsi yang sedang, hindari berada di jalan Negara dan jalan provinsi yang besar.

2. Berada di daerah dengan jalan raya yang terdapat dua arah dan tanpa ada batas jalan di tengahnya

3. Dekat dengan pemukiman atau rumah penduduk

4. Dekat dengan pusat keramaian seperti pasar, Kampus, Perkantoran, Sekolah dll.

3. Mempersiapkan Sarana dan Prasarana Yang Dibutuhkan di Dalam Toko

Setelah lokasi sudah didapatkan dan dirasa sudah cocok, maka mempersiapkan sarana yang diperlukan untuk menunjang operasional usaha anda nantinya adalah Rak barang, Etalase, Meja, Kursi, Papan Nama, Komputer dan aplikasi toko, anda harus mempersiapkannya bila ingin pembukuan tertata rapi.

Sarana dan prasarana toko yang harus diusahakan dengan Budget seminimal mungkin dan bila memungkinkan anda bisa menggunakan barang yang ada dirumah anda tanpa harus membeli lagi, sarana dan prasarana yang ada di toko, hanya akan menjadi barang yang tidak akan memperoleh laba atau keuntungan, tetapi merupakan belanja yang harus dihitung penyusutannya karena akan mengurangi laba usaha anda nantinya.

4. Mempersiapkan atau Membeli Produk Barang Dagangan

Dalam membeli produk jualan yang harus menjadi perharian adalah pemilihan Distributor tempat anda nantinya dalam membeli produk yang pertama kali, anda harus memilih distributor yang memiliki reputasi yang baik, hal ini bertujuan untuk mempertimbangkan faktor harga jual, kelengkapan produk keaslian produk, jaminan garansi serta layanan jual, yang diberikan supplier tersebut.

Usaha mendatangi suplier produk sebelum melakukan transaksi pembelian berguna untuk melihat kualitas dan kelengkapan produk dari supplier tersebut serta untuk mendapatkan keterangan lengkap, tentang produk dan mekanisme pembeliannya, bila ingin melakukan pembelian melalui internet maka sebuah keharusan anda untuk mendatangi lokasi distributor tersebut mengingat banyaknya penipuan melalui internet.

Hal lain yang perlu anda perhatikan dalam mempersiapkan produk jualan anda adalah tentang kelengkapan produk, produk fast moving menjadi kategori utama yang harus anda sediakan, akan tetapi jangan sampai semua anggaran pembelian hanya diperuntukan untuk produk fast moving tersebut, harus pula disediakan jenis-jenis produk intermediate atau middle moving.

Hal ini disebabkan pelanggan yang datang ke toko sprepart anda datang dengan keluhan dan kebutuhan produk yang berbeda.

Kelengkapan produk jualan ini harus disiasati pada kuantitas atau jumlah barangnya, kategori Fast moving jumlahnya diperbanyak sedangkan kategori intermediette atau middle moving maka jumlahnya sedikit dibeli.

Khusus bagi yang anggarannya terbatas maka kategori yang slow moving bisa ditiadakan sedangkan bagi yang mempunyai anggaran yang cukup setidaknya 75 juta rupiah maka untuk anggaran produk kategori barang slow moving bisa diadakan.

Produk toko dan bengkel harus mempunyai atau memenuhi 5 jenis produk yaitu :

1. Sparepart after market

2. Produk sparepart genuine part

3. Variasi dan Aksesoris

4. Oli

5. Ban luar dan ban dalam

Usahakan 5 jenis produk di atas ini tersedia pada usaha toko Aksesoris dan Sparepart motor anda,

5. Membeli Peralatan Bengkel dan Jasa Yang Lain

Peralatan bengkel atau tool dan peralatan untuk jasa yang lainnya seperti cuci motor, dan press velg harus mempunyai kualitas yang baik, dan tahan lama disamping juga harga yang ekonomis, kualitas yang baik akan memudahkan pengerjaan jasa yang dilakukan di bengkel, contoh produk dengan merk yang memiliki reputasi baik seperti Tekiro, Bosh, Lippro dan Super Shape, peralatan bengkel yang lengkap disa anda dapatkan dengan dana dalam misaran 7,5 juta rupiah atau lebih.

6. Persiapkan Tenaga Kerja

Tenaga kerja di sebuah toko sparepart motor akan berbeda bila ditambah dengan bengkel motor, karena adanya tenaga mekanik, kebutuhan tenaga kerja di sebuah toko hanya membutuhkan karyawan toko, helper dan administrasi, anda bisa membuka lowongan kerja melalui internet, iklan, koran untuk mendapatkan karyawan atau tenaga kerja di posisi yang dibutuhkan,

Untuk tenaga mekanik bisa anda dapatkan dengan cara :

1. Hunting atau mencari sendiri atau bekerja sama dengan SMK otomotif atau lembaga kursus mekanik seperti HMTC atau yang lainnya

2. Selanjutnya dengan menawarkan pekerjaan kepada mekanik dari bengkel resmi dengan gaji yang lebih besar

3. Belajar sendiri di lembaga kursus mekanik (proses belajarnya antara 3 bulan hingga 6 bulan)

4. Mendaftarkan sodara atau teman di lembaga kursus mekanik dengan ketentuan nantinya setelah lulus harus bekerja di bengkel anda.

7. Siapkan Strategi pemasaran yang terbaik

Hal yang sangat penting ini adalah pemasaran dan menyiapkan strategi yang tepat, banyak pemula belum berhasil dalam menjalankan usaha karena mereka tidak memiliki strategi pemasaran yang baik, bahkan cenderung apa adanya, padahal dalam usaha atau bisnis itu ibarat perang yang membutuhkan strategi yang tepat agar bisa memenangkan peperangan itu.

Banyak sekali pemasaran yang bisa dilakukan untuk toko atau bengkel anda baik dengan internet atau melalui media konvensional.

Semoga setelah membaca artikel tentang Cara Memulai Usaha Toko Aksesoris dan Sparepart Motor anda berhasil dalam menjalankan usaha yang sedang anda impikan dan menjadi pengusaha yang berhasil.

Semoga bermanfaat

Terimakasih Telah Membaca,Kunjungi Juga Tentang Perawatan Kecantikan di:

Hinyong Cantik

   
Jika merasa sedikit saja manfaat,bantu kami dengan klik Sukai Halaman Facebook Hinyong dibawah,dukungan anda sangat berarti.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *