Usaha Sepi ? Baca Strategi Menarik Pelanggan Baru ke Toko Jualan Anda

Pada era saat ini, persaingan bisnis sangatlah keras. Ramai atau tidaknya pelanggan tergantung modal yang dimiliki.

Baik modal materi maupun non materi. Pastinya anda tidak menginginkan usaha anda bangkrut kan ?

Salah satu kunci agar perusahaan atau usaha yang anda miliki tetap berjalan adalah adanya pelanggan.

Yup karena pelanggan merupakan komponen penting dalam dunia bisnis atau dunia usaha. Percuma apabila kita membuka usaha tetapi tidak ada pelanggan.

Lalu, bagaimana caranya mendapatkan pelanggan baru ke toko anda ? dan bagaimana juga caranya mempertahankan pelanggan lama ?.

Artikel ini akan membahas secara lengkap bagaimana cara mengatasi itu semua. Yuk simak penjelasannya

Strategi Menarik Pelanggan Baru

Apakah anda punya usaha ? apakah usaha anda online ataukah oflline ? Anda penasaran kira-kira apa ya rahasia pelanggan mendatangi usah anda secara terus menerus ? Mengingat bahwa saat ini persaingan usaha semakin ketat. Siapa yang tidak terkenal maka dia akan bangkrut.

Nah berikut adalah strategi menarik pelanggan baru :

1. Buat Usaha Anda Semenarik Mungkin

Pertama, adalah buat usaha anda semenarik mungkiin. Entah itu dari nama toko, barang yang anda tawarkan, desain lokasi usaha, tema atau konsep atau resep yang unik (jika anda membuka usaha warung makan). Anda harus bisa membuat usaha anda ini melekat di ingatan masyarakat.

Ketika sudah melekat di ingatan masyarakat ini menjadi keuntungan tersendiri bagi anda. Karena mereka yang sudahtau merekomendasikan keunikan usaha anda ke orang lain. Sehingga banyak yang penasaran dan mendatangi  toko anda.

2. Bersahabat Dengan Pelanggan

Selanjutnya, anda harus bisa menjalin relasi dengan pelanggan baru atau pelanggan lama anda. Mengapa melakukan hal demikian ? agar pelanggan betah dan nyaman untuk membeli dan bekerjasama dengan usaha anda. Membangun hubungan baik dengan pelanggan juga berdampak pada menigkatnya kepercayaan mereka kepada anda. Misalnya pasang senyum jika anda melayani pelanggan baru dan layani sebaik mungkin. Jika ini anda lakukan maka anda akan mempunyai kesan usaha degan pelayanan yang ramah.

3. Kenali Tipe Pelanggan

Anda harus bis amengenali tipe pelanggan anda. Ada empat tipe pelanggan yang wajib anda ketahui. Anda harus mengetahunya agar bisa mentapkan strategi yang tepat. Pertama adalah tipe pelanggan setia. Nah untuk mempertahankan pelanggan yang sering datang ke toko anda. Anda harus memberinya hadiah. Sekecil apapun itu untuk menghargai kesetiannya. Dengan cara ini, akan mendorong dia untuk terus datang kepada anda.

Kedua adalah tipe pelanggan yang memburu harga murah. Anda juga harus menangani pelanggan semacam ini. Caranya adalah dengan merekomendasikan harga termurah padanya. Bukan merekomendasikan harga tertinggi. Dengan ini pelanggan baru akan menganggap bahwa toko anda adalah toko yang termasuk menyedakan barang murah. Sehingga ia akan datang secara terus menerus.

4. Maksimalkan Promosi

Agar usaha anda tidak sepi, anda harus rajin melakukan promosi baik online mapun offline. Online salah satu contohnya adalah dengan mengunggah poster atau foto usaha anda dan mengirimnya ke grup-grup media sosial yang anda miliki. Misal facebook, whatsapp, Instagram atau yang lainnya.

Hindari memposting di akun pribadi. Mengapa demikian ? karena anda akan kesulitan memanajemen jika terjadi banyak pesanan atau pertanyaan pelanggan. Lebih baik anda mempersiapkan akun khusus. Di sisi lain, juga memudahkan anda memisahkan antara urusan keluarga, teman dan bisnis. Yang paling penting adalah perjelas promosi produk anda. Hindari melakukan promosi yang memunculkan banyak pertanyaan. Misalkan tidak mencantumkan lokasi dan tidak mencantumkan harga.

Anda juga bisa menggunakan teknik gift away yang mana ada persyaratan yang harus dilakukan oleh target pelanggan anda kemudian jika dia memenuhi kualifikasi maka dia akan mendapatkan hadiah. Misalkan diskon 20% untuk 100 pelanggan pertama di hari tertentu. Tunjukkan juga testimony pelanggan lain yang sudah pernah merasakan pelayanan usaha anda.

Promosi offline juga penting. Anda bisa membuat brosur, poster yang bisa anda bagikan kepada target konsumen anda. Misalkan targetnya adalah anak sekolah. Maka anda harus bersiap membagikan brosur ketika mereka melewati gerbang sekolah. Target anda adalah orang yang di jalan maka anda harus memasang poster usaha anda di samping jalan.

5. Membuat Ikon Utama Pada Usaha

Maksunya bagaimana ? ikon utama itu apa ? bagaimana caranya ? dan mengapa ini penting. Ikon utama bisa dibilang adalah sebuah maskot dari usaha anda. Ikon ini bisa berbentuk badut, boneka yang di dalamnya ada orang atau bentuk yang lainnya.

Taruhlah ikon tersebut di depan toko atau tempat usaha anda. Agar orang yang lewat memperhatikannya dan pada akhirnya tertarik masuk ke toko anda. Jangan lupa kreasikan ikon ini semenarik mungkin.

Tidak hanya berbentuk maskot tetapi apa yang anda jual juga menentukan datangnya pelanggan. Misalkan anda membawa masakan khas daerah atau negara anda agar pelanggan penasaran dan ingin mencobanya tanpa harus jauh datang ke daerah atau negara asalnya. Cukup mudah bukan cara ini.

6. Adakan Event Atau Acara yang Menarik

Sebelum melakukan acara, pertama anda harus mengenali apa yang disukai target konsumen anda. Lalu ketika anda sudah menemukan buat acara sesuai dengan selera mereka dan selipkan promosi di dalamnya. Atau anda bisa langsung menyebutkan bahwa ini adalah acara dari usaha atau toko anda. Misalkan santunan anak yatim, jalan sehat, lomba dan lain sebagainya. Tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Cukup dengan acara asederhana asalkan menjamin bahwa pelanggan akan datang ke tempat anda.

7. Mencari Partner Bisnis

Untuk menghindari usaha anda mengalami kebangkrutan atau sepi. Anda  harus rajin mencari partner bisnis. Usahakan mencari partner yang usahanya lebih maju dibandingkan anda dan lebih dikenal orang. Buatlah iklan atau promosi secara bersamaan yang mencantumkan kedua belah pihak. Dengan ini nama usaha anda bisa tersokong atau bisa terbantu dengan usaha yang sudah lebih maju yang anda jadikan partner.

Bagaimana ? apakah anda sudah mempunyai pandangan siapa yang akan anda jadikan partner bisnis? Jika anda belum menemukan, segara cari dan buat daftar partner sebanyak-banyaknya. Tetapi sebelum itu anda harus mempersiapkan siapa nantinya yang bisa bernegoisasi dengan partner bisnis agar iklan yang anda buat sama-sama menguntungkan. Tidak membawa kerugian bagi salah satu pihak.

Pelajari juga trik-trik bernegoisasi dan kesepakatan-kesepakatan bersama. Anda bisa belajar dengan seseorang yang sudah dulu membuka usaha dibandingkan dengan anda. Anda juga bisa mendatangi konsultan bisnis.

Semua poin tersebut harus disiapkan secara matang, memang akan merepotkan pada awalnya tetapi jika usaha anda sudah melewati masa krisis dan anda secara konsisten menerapkan beberapa poin di atas. Maka bisa dipastikan usaha anda tidak akan lagi merasa krisis atau sepi. Bagaimana apakah anda bisa melakukannya ?

Lalu, apa sih yang harus dihindari agar usaha tidak sepi dan mendapatkan pelanggan ?

Hal yang Harus Dihindari Ketika Menerapkan Strategi Menarik Pelanggan Baru ke Toko Jualan

Ada beberapa hal yang harus anda hindari agar pelanggan baru tetap terus datang ke tempat anda. Sekaligus mempertahankan pelanggan yang lama :

1. Tidak Bisa Mengendalikan Emosi

Pelanggan tidak akan suka apabila orang yang melayaninya suka marah-marah alias tidak bisa menahan emosi. Bagaimanapun juga membuka usaha apalagi yang sudah berbentuk toko maka harus membutuhkan kesabaran dan pelayanan yang ekstra. Apabila ada pelanggan yang sangat menjengkelkan maka anda juga harus belajar dan banyak-banyak membaca tentang bagaimana cara menanganinya tanpa harus emosi pula.

2. Kualitas Produk di Bawah Standar

Kualitas produk bisa menunjukkan seberapa niat anda dalam membuka usaha atau toko. Barang yang anda jual harus sesuai standar nasional. Artinya tidak bisa secara semena-mena membuat atau memasarkan produk yang tidak layak dipakai atau tidak layak untuk dilihat.

Jika ini anda lakukan, maka pelanggan akan mikir dua kali untuk datang ke toko anda. Pelanggan lebih memilih toko lain dengan kualitas yang bagus. So, pastikan produk anda layak untuk dijual dan digemari oleh pelanggan.

3. Tidak Mengenali Karakteristik Pelanggan

Bagaimana maksudnya harus mengenali karakteristik pelanggan? Berikut ada analogi sederhana. Apabila anda membuka toko pizza di tempat orang yang tidak suka makan pizza atau pizza bukanlah sesuatu yang familiar bagi mereka. Maka bisa dipastikan toko anda hanya akan ramai pada di awal saja. Bukan seterusnya. Mengapa ? karena pizza bukanlah makanan pokok mereka sehari-hari.

Pun sebaliknya apabila anda berada di daerah perkotaan kemudian anda menjual makanan dari daun-daunan maka hal ini juga tidak akan banyak menarik pelanggan. Karena itu juga buka kebutuhan atau keinginan mereka. Pada akhirnya, usaha anda akan menjadi usaha musiman yang hanya ramai di awal tidak seterusnya.

Anda harus menyesuaikan apa yang mereka sukai. Jika anda tidak mengetahui, maka lakukan riset kecil-kecilan dengan bertanya pada penduduk sekitar atau mengisi kuisioner yang anda buat. Dengan ini usaha anda adalah usaha yang diinginkan dan dibutuhkan masyarakat. Sehingga tepat sasaran dan seterusnya akan banyak pelanggan yang berdatangan.

4. Tidak Memperketat Keamanan Toko

Memperketat pengamanan toko adalah suatu hal yang penting. Bayangkan saja, jika anda tidak memiliki pengamanan toko maka akan banyak sekali terjadi kehilangan. Entah itu pelanggan anda atau anda sendiri.

Misalkan anda membuka toko di sebuah tempat yang rawan pencurian, kemudian anda tidak mempekerjakan tukang parkir atau satpam untuk menghindari kejadian pencurian. Maka yang terjadi adalah orang tidak akan mau lagi membeli di toko anda karena takut kalau barangnya hilang.

Perlu anda ketahui juga bahwa terkadang kabar burung (kabar dari mulut ke mulut) juga cepat menyebarkan sesuatu termasuk kejadian tidak mengenakkan di toko anda. Orang kemudian tidak akan merekomendasikan toko atau usaha anda karena tidak mau kejadian pencurian yang dialaminya juga dialami oleh orang lain.

Nah, penjelasan di atas merupakan strategi agar pelanggan baru datang ke toko anda. Perhatikan juga hal yang harus anda hindari agar semakin maksimal keuntungan yang aanda dapatkan dan usaha akan jadi semakin berkembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *