Usaha Restoran

Ingin membuka restoran? Bagaimana cara memulainya? Apa saja hal-hal yang harus diketahui?

Hari ini, banyak pekerja, bermimpi menjadi bos sendiri, jadi keluar untuk melakukan bisnis yang lebih pribadi Bisnis populer seperti “restoran” mungkin merupakan pilihan pertama bagi banyak orang karena terlihat seperti sebuah bisnis yang tidak sulit. Siapa pun dapat memulai.

Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya, tidak mudah membuat restoran dan bertahan secara berkelanjutan?

Karena itu perencanaan yang baik sebelum memulai adalah sangat penting. Dan siapa yang tidak tahu bagaimana memulainya? Apa yang harus dipelajari lebih dulu? Hari ini kami memiliki pedoman untuk orang yang ingin Buka restoran untuk pergi.

Cara Buka Usaha Restoran

1. Apa yang baik untuk dijual?

Pertanyaan pertama yang harus Anda jawab sebelum memutuskan untuk membuka restoran adalah menjual makanan seperti apa. Menu apa yang menjadi menu utama? Dan yang terpenting, siapa pelangganya ?

Kisah ini tidak memiliki jawaban pasti. Tetapi secara umum, kita cenderung memilih untuk menjual makanan yang kita lakukan dengan baik atau memiliki formula rahasia yang unik.

Selain itu, beberapa orang mungkin memilih untuk menjual makanan dari survei perilaku konsumen. Dan analisa jenis pemasaran yang masih bisa tumbuh di masa depan

2. Temukan lokasi yang tepat

Setelah mendapatkan menu, “Lokasi” adalah salah satu hal terpenting yang harus dipertimbangkan,dan  ketika memilih lokasi pertimbangkan hal berikut:

Kerumunan orang

Harus banyak orang yang lewat, jika ada banyak orang, terutama di malam hari Atau jika hanya pada hari Sabtu-Minggu maka harus mempertimbangkan dengan seksama apakah itu akan efektif dijadikan lokasi ideal.

Apa jenis audiens target yang ada?

Pekerja kantor, pelajar – pelajar, warga senior atau turis.

 Tarif sewa

Pertimbangkan tarif sewa yang sesuai dengan keuangan namun harus strategis.

Apakah ada tempat parkir?

Jumlah restoran yang bersaing

Apakah jauh dari sumber bahan baku?

Namun, meski lokasinya bagus Jangan lupa bahwa lokasi harus sesuai dengan jenis makanan dan format restoran kami juga.

3. Siapkan dana

Mimpi tidak bisa menjadi kenyataan Tanpa dana.

Sumber dana dapat berasal dari tabungan pribadi.

Hibah dari keluarga Kemitraan dengan teman Atau jika ada yang tidak memiliki dana sendiri Kemudian bisa memilih menggunakan pembantu seperti Pinjaman untuk bisnis dari berbagai bank, tetapi sebagian besar membutuhkan jaminan juga.

Oleh karena itu, keputusan untuk meminjam uang untuk membuka restoran harus dipertimbangkan dengan hati-hati.

Disarankan bahwa pinjaman pribadi seperti kartu kredit atau kartu tunai tidak boleh digunakan sebagai dana untuk operasi bisnis. Karena memiliki suku bunga yang sangat tinggi

4. Pilih sumber bahan baku.

Pemilihan bahan baku yang aik akan sangat berpengaruh pada hasil akhir masakan yang dihidangan di restoran Anda.

Cari sumber pemasok dengan kualitas yang baik dan harga paling rendah pada kualitas yang sama.

Jangan tergiur dengan tawaranharga murah namun kualitas bahan baku yang buruk.

Ingat hasil akhir olahan sangat dipengaruhi oleh kualitas bahan baku yang digunakan.

5. Cari karyawan yang tepat

Meskipun banyak orang mungkin berpikir bahwa kita dapat melakukan semuanya sendiri. Tetapi jika ingin toko tumbuh besar, perlu untuk mempekerjakan staf untuk membantu.

Staf restoran yang perlu demiliki, seperti koki, pelayan, pencuci piring, kasir, dll.

Tentu saja, jika Anda berniat menjadi pemilik bisnis yang penting adalah mengatur orang-orang Anda.

Dan memiliki staf yang baik Juga akan membantu mempromosikan toko menjadi lebih baik juga

6. Cara mengatur harga makanan

Harga makanan adalah kunci seberapa baik toko dapat bergerak maju. Karena jika Anda menetapkan harga rendah, Anda bisa mendapat untung kecil Tetapi jika diset terlalu tinggi, itu bisa menjadi penjualan yang buruk Tidak ada pelanggan juga, jadi itu bisa dibandingkan dengan toko-toko lain di pasar bersamaan dengan berapa banyak setiap toko menjual.

Termasuk melihat pelanggan kami bagaimana kekuatan daya belinya?

Secara umum, cara termudah Cenderung menetapkan harga dengan menambahkan biaya pengeluaran hingga 15 – 30%.

7. Memahami manajemen biaya.

Meski restoran laris manis, tetapi jika tidak dapat mengendalikan biaya pengeluaran dapat menyebabkan usaha restauran menjadi bermasalah.

Karenya pengaturan biaya yang jelas dan tertulis mutlak diperlukan dan dengan merinci  biaya yang dibagi menjadi 2 bagian utama, yaitu

• Biaya tetap ( seperti toko dekorasi Beli peralatan Deposit untuk sewa tempat Biaya untuk berbagai lisensi

• Biaya variabel, seperti membeli bahan baku untuk memasak Gaji karyawan air dan listrik

Ini harus dilakukan untuk mengelola kedua bagian dari uang dengan sempurna karena banyak orang membuang banyak uang ke dekorasi toko.

8. Buat poin untuk usaha restoran Anda

Saat ini, restoran adalah bisnis yang sangat kompetitif. Karena itu, makanan lezat saja mungkin tidak cukup, menciptakan nilai jual lainnya untuk toko akan membantu menarik lebih banyak pelanggan.

Yang memiliki banyak teknik seperti nama usaha restoran yang mudah diingat .

Desain toko yang unik dan membuat menu agar terlihat lebih eksotis.

Termasuk pemasaran agar sesuai dengan gaya hidup orang modern dengan memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan jumlah suka dan dibagikan bagi pelanggan untuk mengingat dan meraih lebih banyak lagi calon customer.

9. Mendaftarkan lisensi yang valid

Hal penting yang diabaikan banyak orang adalah pendaftaran berbagai izin untuk membuka restoran dengan benar seperti Pengurusan surat izin usaha perdagangan , sertifikat halal dari MUI dan sebagainya.

10. Memahami masalah pajak

Pajak adalah sesuatu yang pasti harus diikuti karenanya Anda juga harus mengikuti prosedur dan membayar pajak pendapatan atau ppn yang harus dibayarkan setiap bulan.

Memulai bisnis restoran mungkin tampak seperti cara yang sulit dan mengkhawatirkan. Tetapi ketika merencanakanya dan menyiapkan dengan membuat perbedaan dan keunikan maka kesuksesan pasti dalam jangkauan Anda.