Definisi dan Pengertian Usaha Kecil Menengah (UMKM)

Usaha Kecil Menengah

Menurut data dari Kementrian Koperasi dan UMKM bahwa Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai salah satu roda penggerak perekonomian di Indonesia, telah menyumbangkan 60,34 % PDB Indonesia di tahun 2017. Ini artinya sekitar 60 % nilai barang dan jasa yang diproduksi di Indonesia di tahun 2017 berasal dari sektor UMKM.

Pengertian Usaha Kecil Menengah atau UKM

Usaha Kecil Menengah (UKM) ialah sebuah bangunan dari usaha yang berskala kecil dan memiliki kekayaan bersih paling banyak sebesar Rp.200.000.000,- per tahun. Kekayaan ini tidak termasuk tanah dan bangunan dari tempat usaha.

Umumnya Usaha Kecil Menengah dimiliki oleh perseorangan maupun kelompok.

Walaupun demikian, definisi UKM sangat berbeda di masing-masing negara. Ukuran bisnis dan bidang-bidang bisnis yang beragam juga dapat dikategorikan sebagai usaha kecil menengah.

Pengkategorian ini membuat jenis bisnis skala kecil memiliki hak dan kewajiban khusus. Dan juga berkaitan dengan legalitas status perusahaan dan besaran pajak yang harus dibayarkan kepada pemerintah.

Baca Juga: Strategi Bersaing pada Usaha Kecil dan Menengah

Kelebihan Usaha Kecil Menengah UKM

Dengan fleksibilitas dan ukurannya yang kecil, usaha kecil menengah (UKM) mempunyai beberapa keunggulan dalam menjalankan usahanya, terutama dari segi pembentukan dan operasional.

Berikut di bawah ini merupakan kelebihan-kelebihan yang dimiliki dari bisnis Usaha Kecil Menengah, yaitu:

Kecepatan Inovasi

Dalam menjalankan bisnis Usaha Kecil Menengah tidak ada hirarki dan kontrol yang terlalu kaku seperti kebanyakan di perusahaan besar.

Bisnis dengan skala yang kecil dan memiliki kebebasan lebih dibandingkan bisnis besar membuat pekerjanya dapat secara leluasa menyalurkan ide-ide mereka secara kreatif dan inovatif dan belum memiliki banyak pesaing.

Tidak hanya itu, produk-produk dan ide-ide baru tersebut dapat dirancang, digarap dan diluncurkan dengan sesegera mungkin.

Menciptakan Lapangan Kerja

Pemilik usaha bukanlah satu-satunya orang yang mendapatkan keuntungan dalam membangun usaha kecil menengah. Pemerintah dan masyarakat juga banyak diuntungkan dari usaha ini.

Karena dengan banyaknya usaha kecil menengah yang tumbuh di Indonesia, maka semakin banyak juga lapangan pekerjaan yang tercipta serta adanya peningkatan penghasilan dalam negeri.

Fokus Pada Satu Bidang

Usaha kecil menengah tidak wajib untuk selalu mengikuti permintaan pasar seperti layaknya perusahaan besar yang selalu mengikuti arus perkembangan jaman.

Usaha ini dapat berfokus dalam satu bidang usaha tertentu saja.

Untuk mengembangkan usahanya, pemilik dapat menghadirkan inovasi-inovasi atau ide kreatif yang dapat diaplikasikan pada produk yang dijual.

Sebagai contoh, sebuah usaha kerajinan rumahan dapat berfokus dengan hanya menggarap satu model atau jenis kerajinan tertentu dan cukup melayani permintaan konsumen tertentu untuk dapat mencapai laba.

Kebebasan Dalam Menentukan Harga

Usaha kecil menengah memiliki kekuatan lebih besar dalam menentukan harga barang maupun produksi jasa dibandingkan dengan usaha besar.

Ini karena pemilik Usaha Kecil Menengah sendiri yang memegang aset, sumber kekayaan, dan hasil produksi.

Sehingga mereka lebih leluasa dalam menentukan harga barang yang dijual ke pasaran.

Fleksibilitas Operasional

Usaha kecil menengah biasanya dikelola oleh sebuah tim kecil yang masing-masing anggotanya memiliki wewenang untuk menentukan keputusan.

Hal ini membuat pergerakan dalam Usaha Kecil Menengah lebih fleksibel dan membuat para karyawan yang bekerja memiliki ruang gerak dan ruang untuk berpikir secara lebih luas.

Selain itu, kecepatan reaksi bisnis ini terhadap segala perubahan seperti selera konsumen, trend produk, dan yang lainnya cukup tinggi, sehingga bisnis skala kecil ini lebih kompetitif.

Biaya Operasional yang Rendah

Kebanyakan UMKM bekerja pada domisilinya masing-masing tanpa memiliki ruang perkantoran yang tetap.

Meskipun begitu, hal ini juga dapat menjadi salah satu keuntungan dalam bisnis Usaha Kecil Menengah.

Karena perusahaan tidak terlalu besar mengeluarkan biaya operasional.

Apabila ditinjau lebih jauh lagi, usaha kecil menengah mendapatkan biaya bantuan dari pemerintah, organisasi non-pemerintah dan bank dalam bentuk kemudahan pajak, donasi atau uang tunai secara langsung.

Terdapat cukup banyak pengusaha kecil menengah yang tidak hanya membuka toko riil, yang ada fisiknya.

Tetapi mereka membuka toko virtual atau toko online di internet yang dapat menjangkau lebih banyak orang.

Bahkan beberapa dari pengusaha online memiliki penghasilan yang sangat fantastis.

Ada beberapa calon pengusaha yang memutuskan untuk mundur ketika menemukan kendala saat memulai sebuah bisnis.

Padahal peluang usaha yang menjanjikan sudah ada di depan mata.

Masalah klasik yang sering terdengar adalah kurangnya modal awal untuk memulai bisnis.

Solusinya adalah memilih peluang usaha dengan modal kecil yang memang telah terbukti menguntungkan.

Baca Juga:

Strategi Bisnis, Pemasaran dan Promosi Pada Usaha Kecil dan Menengah

Daftar Usaha Kecil Menengah yang Menjanjikan

Kalau kita bicara usaha kecil menengah, berarti kita berbicara mengenai usaha bisnis dengan modal kecil dan tidak terlalu besar.

Meskipun jumlahnya terbatas, kita tetap harus mengeluarkan uang.

Selain itu juga kita harus mempunyai modal non-materil, seperti pengetahuan tentang bisnis usaha kecil menengah yang akan dijalankan, modal kemauan, dan usaha yang keras.

Apakah faktor kekurangan modal dapat menjadi penghambat bagi Anda untuk memulai bisnis yang diinginkan? Tentu saja tidak!

Manfaatkan berbagai bisnis kecil menengah yang menguntungkan yang dapat dijalankan walau dengan modal yang minim.

Karena sebenarnya ada banyak sekali peluang usaha modal kecil di sekitar kita.

Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh peluang bisnis usaha kecil dan menengah yang menjanjikan dengan modal kecil yang sering dijalankan oleh para wirausahawan kecil dan menengah.

Usaha Kecil Menengah Bidang Kuliner

Jika Anda memiliki resep makanan yang unik atau dapat membuat cemilan yang digemari banyak orang, maka Anda harus mempertimbangkan usaha kecil menengah di bidang kuliner.

Peluang usaha yang menjanjikan ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai dunia kuliner.

Tidak sedikit orang yang berhasil menjalankan bisnis makanan. Bahkan bisnisnya semakin berkembang hingga dapat membuka cabang di tempat lain.

Bisnis kuliner ialah salah satu model bisnis yang tidak akan pernah mengalami kemunduran.

Karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia.

Model bisnis ini juga dapat dijalankan dengan modal yang relatif kecil.

Jika Anda tidak mempunyai keahlian dalam dunia kuliner tetapi sangat ingin memiliki sebuah bisnis makanan, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli bisnis waralaba makanan dengan modal yang kecil, sebagai contoh yaitu waralaba makanan camilan karena banyak peminatnya.

Atau Anda juga bisa membuat usaha bisnis kuliner menjual minuman misal seperti usaha toko jus buah, es campur ataupun sop buah. Ada banyak  di bidang kuliner yang dapat Anda pilih dan sesuaikan dengan keahlian Anda.

Usaha Menjual Pulsa Elektrik

Saat ini, untuk memulai bisnis jual pulsa cukup mudah dan murah. Anda hanya memerlukan modal awal antara Rp 100.000–Rp 300.000, maka sudah dapat memulai menjalankannya.

Bisnis ini dapat dikerjakan di mana saja dan oleh siapa saja.

Tetapi untuk menjalankan bisnis pulsa elektrik membutuhkan keseriusan dan strategi pemasaran yang baik.

Karena saat ini persaingan dalam menjual pulsa elektrik sudah cukup ketat. Dan untuk memulainya, Anda harus mendaftar menjadi agen jual pulsa elektrik di beberapa Distributor pulsa elektrik.

Peluang Usaha Membuka Les Privat/Kursus

Menjual keahlian dengan cara mengajari orang lain ternyata dapat menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan.

Jika Anda memiliki kemampuan dalam bidang tertentu, contohnya; keahlian bermain gitar, mendesain,membuat website, berbicara bahasa Inggris, komputer, dan lain-lain, maka Anda dapat memberikan les privat atau kursus di rumah atau dapat juga dilakukan di tempat lain tergantung situasi dan kondisi.

Uniknya, sekarang ini, untuk menjalankan bisnis les privat atau kursus dapat dilakukan secara online via internet.

Di Indonesia, kini sudah banyak startup bisnis yang memberikan kemudahan untuk les privat / kursus secara online.

Bagi Anda yang mempunyai ilmu atau keahlian khusus, ini adalah sebuah peluang bisnis yang menjanjikan.

Bahkan dapat dijalankan dengan modal yang sangat minim. Anda hanya perlu membuat materi pelajaran yang sesuai dengan bidang keahlian yang dikuasai.

Membuka Warung atau Toko Sembako

Peluang usaha membuka warung/toko sembako sangat potensial. Karena pasti akan selalu dicari oleh masyarakat.

Tetapi, sudah cukup banyak orang yang menjalankannya. Karena itu, sebaiknya Anda melihat tingkat persaingan yang ada, lokasi, dan modal yang dimiliki.

Anda juga perlu memperhatikan kelebihan dan kekurangan dalam menjalankan model bisnis ini karena tidak semua orang cocok dalam menjalankan usaha warung sembako.

Peluang usaha yang menguntungkan ini membutuhkan perhatian serius, ketelitian, dan keberadaan pemilik usaha terus-menerus.

Sehingga Anda harus turun tangan sendiri agar warung sembako dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga:

Toko atau Warung Sembako Modal 5 Juta, Bagaimana Caranya?

Usaha Kecil Menengah di Bidang Otomotif

Pada saat ini perkembangan produk otomotif di Indonesia memang sangat pesat.

Hal ini bisa Anda jadikan peluang usaha untuk membangun bisnis di bidang otomoti f misalnya seperti bengkel motor atau mobil, tempat cuci motor, usaha rental mobil dan masih banyak UKM di bidang otomotif yang dapat Anda coba mulai bangun.

Pastinya prospeknya cukup cerah baik sekarang ataupun di masa depan.

Usaha Toko Fashion Online

Saat ini, memiliki sebuah toko online sangat mudah. Bisnis online shop dapat dijalankan oleh orang yang memiliki toko offline dan ingin meningkatkan penjualan yaitu dengan cara menjual secara online.

Bisnis ini juga dapat dikerjakan oleh orang yang tidak memiliki produk, yaitu dengan cara bergabung dengan supplier atau produsen yang menawarkan sistem dropship atau reseller.

Untuk memulai bisnis online shop, tentunya Anda harus mempunyai toko online. Sebenarnya tidak sulit untuk membuat toko online.

Anda akan mendapatkan tutorialnya di internet.

Selanjutnya ialah mencari produsen produk atau mitra kerjasama yang memberikan layanan reseller atau dropship.

Setelah Anda, diterima menjadi mitra, Anda dapat mulai untuk memposting produk di toko online dan mempromosikan toko online tersebut.

Baca Juga:

Cara Memulai Usaha Toko Baju atau Pakaian dengan Hasil Sukses | Bisnis Fashion

UKM dalam Bidang Tour and Travel

Pada saat ini ada banyak bermunculan usaha perjalanan wisata berupa tour and travel yang sangat menguntungkan bagi masyarakat.

Prospeknya memang cukup bagus, karena pada saat ini kendaraan sangat dibutuhkan oleh semua orang yang ingin melakukan perjalanan.

Terutama untuk orang yang suka travelling baik di dalam Negeri atau Luar Negeri.

Peluang ini bisa Anda jadikan kesempatan untuk membuka usaha kecil menengah di bidang tour and travel karena memang cukup menjanjikan saat ini bahkan hingga di masa depan.

UKM di Bidang Kreatif

Perkembangan usaha bisnis pada saat ini semakin cepat dan mudah dengan adanya internet.

Ya, Anda tidak hanya dapat memasarkan produk fashion saja di online shop Anda.

Akan tetapi Anda juga bisa membuat produk kerajinan yang membutuhkan kreatifitas yang tinggi jika memang Anda memiliki keahlian tersebut.

Tak perlu bingung dan khawatir dalam hal pemasarannya karena Anda bisa menjualnya secara online dengan mudah pada saat ini.

Sehingga prospek usaha kecil menengah dalam bidang kreatif memang sangat menjanjikan dan menguntungkan.

Kesimpulan

Masih ada banyak peluang usaha dengan modal kecil yang dapat Anda kerjakan dari rumah.

Satu hal yang perlu diingat bahwa walaupun bisnis atau usaha yang dijalankan dengan modal kecil, bukan berarti keuntungan yang akan didapatkan kecil juga.

Semangat dan kerja keras yang dilakukan secara terus menerus akan memberikan hasil yang maksimal dan bahkan dapat melebihi harapan Anda.

Referensi

https://www.cermati.com/artikel/6-usaha-kecil-menengah-yang-menjanjikan

https://www.jurnal.id/id/blog/2018-daftar-10-bisnis-ukm-yang-menjanjikan-di-indonesia-sekarang-ini/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *