Usaha Kecil-Kecilan Yang Menguntungkan di Daerah Pedesaan,Baca Praktekan dan Nikmati Hasilnya

Usaha Kecil-Kecilan

Usaha Kecil-Kecilan Yang Menguntungkan.

Tinggal di desa dan mempunyai pekerjaan dengan penghasilan yang baik barangkali sulit ya?

Buat sebagian orang jangankan pendapatan yang bagus mendapatkan pekerjaan tetap dan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari saja masih masuk kategori istimewa.

Itulah barangkali yang menjadi alasan begitu banyak pemuda dan pemudi hijrah ke perkotaan untuk mendapatkan pekerjaan demi masa depanya.

Di sisi lain,meski pendapatan dari hasil bekerja di kota lebih baik,tidak sedikit dari mereka yang mengeluh lantaran harus meninggalkan kampung halaman dan bagi yang telah memiliki anak istri sering merasa sangat rindu keluarga.

Jika pembaca termasuk dari golongan tersebut,yang bekerja di kota namun sebenarnya bukan impian hidupnya melainkan karena keterpaksaan tuntutan hidup maka kembali ke desa hidup bersama keluarga tercinta bisa menjadi pilihan yang terbaik.

Yang jadi pertanyaan adalah bagaimana caranya agar kebutuhan hidup tetap terpenuhi?

Ingin membuka usaha nyatanya masih kekurangan modal,mencari pekerjaan di pedesaan rasanya sangat sulit karena daerah pedesaan memiliki keterbatasana daya tampung tenaga kerja.

Maka disini penulis berbagi ide dan mudah-mudahan akan memberikan pandangan yang lebih baik bagaimana upaya kita mendapatkan penghasilan di desa sebagai salah satu cara menggantikan pekerjaan tetap kita yang harus meninggalkan keluarga.

Membangun Usaha Tanpa Modal dan Usaha Modal Kecil

Membuka usaha kecil-kecilan yang punya potensi dan menguntungkan bisa dijadikan alternatif ketika kembali ke desa.

Kenapa usaha kecil-kecilan?salah satu alasan adalah keterbatasan modal atau dana usaha.

Disamping itu membuka usaha dengan mengawali dari yang kecil akan lebih aman dibandingkan jika langsung membuka usaha besar sementara modal harus berhutang dan cara itu sangat beresiko.

Berhutang untuk memodali usaha bukan hal yang keliru,namun terlalu berani berhutang sebelum anda tahu potensi dan hasil dari sebuah usaha ini akan terlalu riskan.

Suatu saat ketika bisnis kecil-kecilan anda mengalami kemajuan dan mempunyai potensi berkembang,mengajukan pinjaman untuk memperluas bisnis bisa menjadi pilihan yang bijak.

Bahkan kita bisa bisnis tanpa modal sama sekali hanya modal kemauan dan jiwa bisnis,yuk kita cari tahu lebih.

Usaha Tanpa Modal

Meski banyak usaha dengan modal kecil yang bisa ditindak lanjuti,namun jika ada yang merasa benar-benar tidak memiliki modal maka mencari sumber penghasilan tanpa mengeluarkan modal bisa kita pelajari.

Prinsip berbisnis tanpa modal disini sejatinya seperti memanfaatkan kemampuan kita untuk menjadi perantara atau bisa juga menjadi penjual jasa dengan mendapatkan komisi tertentu.

Didaerah pedesaan memanfaatkan bisnis model seperti ini tidak rumit,apalagi jika kita sudah kenal baik dengan partner bisnis kita.

Kenali dengan baik apa saja potensi yang bisa anda kembangkan kemudian anda incar untuk menjadi usaha anda.

Kita bisa menjualkan produk tertentu atau hanya sebagai makelar dengan menawarkan produk tertentu.

Bisnis Beras

Beberapa produk yang ada di pedesaan seperti hasil pertanian,berbagai makanan dan jajan anak-anak bisa anda praktikan.

Sebagai contoh jika di daerah anda dekat dengan penggilan padi biasanya akan ada bos atau mereka yang memiliki produk beras berlimpah di tempat penggilingan padi tersebut.

Jika anda belum kenal dengan mereka cobalah melakukan pendekatan biar bisa mendapat akses kepercayaan atau setidaknya anda bisa berkenalan lebih baik denagn pemilik usaha beras tersebut.

Jika sebelumnya anda sudah mengenal dengan baik para pemilik usaha beras tersebut maka ini akan lebih memudahkan anda untuk menawarkan jasa anda.

Setelah dirasa cukup mengenal baik dengan pemilik usaha beras ini cobalah ungkapkan niat tulus anda untuk memasarkan beras miliknya.

Yang diperlukan dari sistim ini hanyalah mengambil sedikit contoh beras yang akan anda jadikan lahan usaha tersebut.

Setelah itu anda mulai bergerilya mencari konsumen di daerah anda atau di di luar desa anda.

Bahkan kita tidak perlu sama sekali membeli beras tersebut kita hanya menawarkanya ke konsumen bisa jadi ke toko-toko sembako atau bisa juga ke warung-warung makan.

Negoisasi harga sangat penting karena penghasilan anda akan didapatkan dari selisih harga dari pemilik usaha dengan konsumen atau calon pelanggan anda.

Barangkali usaha anda tidak semulus bayangan,karena banyak para pemilik warung sembako sudah mempunyai penyuplai beras dan rata-rata mereka loyal.

Namun percayalah tidak semua usaha akan sia-sia,jika anda menawarkan 10 kali dan mendapatkan penolakan barangkali anda akan mendapatkan beberapa transaksi setelah anda menawarkan 20 atau 30 kali ke konsumen berbeda.

Konsumen dengan akses yang sulit memiliki kemungkinan lebih baik karena saingan pedagang sejenis lebih sedikit.

Maka teruslah mencari langganan baru dan dapatkan keuntungan lebih baik dari waktu ke waktu.

Salah satu modal penting sisitim usaha seperti ini adalah kejujuran dan kepercayaan.

Sungguh jika anda sudah mendapatkan kepercayaan dari pengusaha atasan anda maka anda akan sangat leluasa memasarkan produk beras tersebut bahkan hingga skala lebih besar sekalipun.

Karena itu jagalah kepercayaan dan jujur demi kelangsungan usaha tanpa modal tersebut.

Dagang Jajan Khas Daerah

Makanan anak-anak dan remaja sepeti siomay,cilok,bubur ayam dan sebagainya kini sangat popular didaerah pedesaan.

Menariknya di daerah pedesaan banyak para pedagang jenis makanan ini tidak membuat sendiri produk jualanya.

Mereka hanya menjualkan produk tersebut yang bahan dan produknya sudah dibuat oleh pengusaha di atasnya.

Ini menarik karena penulis sendiri pernah ber bagi cerita dengan seorang penjual bubur ayam katakanlah namanya Andi, ia telah keluar dari sebuah perusahaan rambut palsu di Purbalingga milik pengusaha korea.

Dan lebih memilih menjadi penjual bubur ayam milik seorang pengusaha di kampungnya dengan sistim menjualkan saja dan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan tersebut.

Karena usahanya hanya menjual saja maka waktu yang diperlukan dalam bisnis tersebut sangat efisien,menurutnya berjualan seperti ini lebih fleksibel terhadap waktu,dan tidak perlu berhari-hari untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Andi sendiri hanya bekerja di saat waktu sarapan yaitu antara jam 06.00 hingga 09.00 pagi,menurutnya dengan berdagang hanya 3 jam saja ia mampu melampui penghasilanya ketika bekerja sebagai karyawan rambut padahal waktu menjadi karyawan ia harus seharian penuh bahkan hingga larut malam ketika ada lembur.

Hal menarik lainya adalah Andi bahkan tidak perlu repot membuat gerobak karena ternyata semua fasilitas sudah disediakan oleh pengusaha tersebut.

Barangkali di daerah anda tidak tersedia pengusaha bubur ayam seperti contoh diatas,namun bagaimana dengan jajanan lain?

Coba cek ketersediaan pengusaha siomay,cilok atau bahkan bakso yag mempunyai sistim kurang lebih sama dengan tersebut diatas.

Tetap tidak ada?cobalah mencari keluar dari wilayah desa anda atau mungkin keluar dari wilayah kecamatan anda.

Bisa juga mencari penjual siomay atau jajanan lain dengan cara menggali informasi dari mereka yang berdagang dengan sistim dimaksud.

Jika anda mendapatkanya mulailah bergerilya untuk mendapatkan akses.

Modal utama dari bisnis seperti ini adalah kejujuran,dan tidak gengsi mengawali usaha dari bawah.

Karena jika anda kreatif dan berkembang setiap usaha bisa mengalami kemajuan.

Bisa jadi anda akan menjadi pengusaha dan pemilik gerobak nya di suatu saat nanti.

Baca Juga:

Peluang Usaha Menguntungkan Jualan Bakso Online

Jual Jasa Pengurusan Sertifikat Kendaraan

Maraknya kendaraan bermotor di perkotaan berimbas juga hingga ke pelosok desa.

Banyak pengendara bermotor malas ke kota untuk mengurus serifikat seperti STNK yang hilang bahkan hanya sekedar membayar pajak.

Kini juga banyak motor-motor bekas masuk ke desa,sepeda motor yang memiliki plat dari luar daerah akan menyusahkan pada proses pembayaran pajak.

Nah jika anda mempunyai koneksi tentang pengurusan sertifikat ini,anda bisa menjual jasa kepada mereka yang memerlukan,seperti pembayaran pajak,ganti plat dan juga pembuatan stnk baru bagi yang kehilangan.

Selama jasa anda wajar dan masuk akal saya yakin banyak orang akan mempercayakan pekerjaan ini kepada anda.

Dikemudian hari barangkali anda akan menemukan peluang usaha lainya bisa saja anda mempunyai koneksi untuk berbisnis jual beli sepeda motor dan lagi-lagi anda bisa menjadi makelar untuk mendapatkan komisi.

Usaha Modal Kecil

Mungkin peluang usaha diatas tidak menarik minat pembaca atau barangkali pembaca merasa memiliki sedikit modal untuk dikembangkan.

Dengan memiliki modal sendiri tentu kita mempunyai pilihan lebih baik untuk membuka usaha di daerah kita.

Jualan Sayur-Mayur dan Buah-buahan.

Sayur-sayuran dan buah-buahan masih sangat identik dengn daerah pedesaan.

Menjadikan sumber hasil bumi dari desa dan dijadikan ladang bisnis bisa menjadi pilihan menarik.

Bagaimana caranya mendapatkan keuntungan maksimal dari bisnis sayur-mayur atau buah-buahan di desa?

Kebetulan penulis memiliki pengalaman dengan menjadi penjual usaha satu ini.

Meskipun sekarang ini masih menjadi pekerjaan sampingan saja karena penulis sendiri memiliki pekerjaan utama lain dan bekerja keluar kota bahkan kadang keluar negeri.

Namun saat pulang di desa beberapa bulan lamanya saya manfaatkan untuk berdagang.

Syarat utama menjadi penjual sayuran dari desa adalah sayuran harus secepatnya laku terjual,karena jika barang tidak habis kita akan menanggung kerugian,karena sayur yang layu tidak memiliki daya jual yang baik.

Karena itu jika jualan sayuran kita dalam jumlah yang cukup banyak usahakan berjualan di pasar saja karena daya belinya lebih baik,bahkan berjualan di pasar tradisional di pagi hari sangat efektif karena rata-rata pembelinya adalah para tukang sayur dan pemilik warung sembako.

Namun jika kita ingin menjual dalam porsi yang lebih kecil menjual berbagai sayuran lengkap dengan bumbu-bumbunya bisa anda kelilingkan di daerah anda sendiri.

Dari pengalaman, saya sendiri lebih memilih membeli buah-buhan musiman atau sayur-sayuran dari para petani di desa dan menjualnya ke kota.

Karena umumnya membeli sayur yang sudah ada di pasar atau di kota memiliki harga yang jauh lebih tinggi.

Ini lantaran banyaknya persaingan para pedagang saat barang sudah tiba di pasar.

Alteranatif lain berdagang aman di bidang sayuran adalah memilih produk jualan yang lebih tahan lama.

Sayur-sayuran hijau umumnya hanya bertahan sehari jika kita jual di pasar namun jika anda menjual sayur lain seperti sayur nangka muda yang sudah dikupas,atau sayur jengkol yang anda beli dari desa,atau mungkin anda menjual tempe dan tahu maka daya tahannya bisa lebih baik.

Apapun jenis sayurnya berjualanlah dengan aman,sebisa mungkin anda membeli sayuran dari desa jangan melebihi kemampuan jualan anda sehingga tidak menyisakan sayuran yang akan membuat anda rugi.

Sementara jika anda mau melirik bisnis buah-buahan maka buah pisang dan berbagai buah musiman seperti dukuh,rambutan dan lainya bisa dijadikan pilihan yang menggiurkan.

Untuk mendapatkan keuntungan yang baik kita bisa membeli buah-buahan langsung ke pemilik pohonya daripada anda berbelanja di pasar dan menjualnya kembali.

Namun demikian kita perlu banyak belajar bagaimana memperkirakan buah yang masih ada di pohon,bagaimana harga jualnya dan bagaimana memperkiraan hasil panenya.

Namun percayalah membeli buah yang masih dipohon akan memberi keuntungan lebih baik seiring kepandaian kita dalam melakukan transaksi.

Bahkan jika anda dan bisnis anda semakin tumbuh dan jaringan perkenalan anda semakin baik anda bisa menjadi pengepul buah-buahan dari para pedagang kecil atau para petani dan anda bisa menjual hasilnya ke kota besar sepeerti Jakarta,Bandung,Surabaya,atau kota lain jika anda tinggal di luar jawa.

Menjual barang berupa buah-buahan ke Jakarta pun tidak susah,namun jika anda baru pertama kali sebaiknya anda mendatangi langsung para pemilik lapak seperti di Pasar Induk Kramat Jati Jakarta untuk dijadikan partner bisnis anda.

Carilah partner yang terpercaya sesuai jenis buah ataupun sayuran yang akan anda jual.

Suatu saat ketika bisnis berjalan anda tidak perlu lagi ikut ke Jakarta anda cukup berada di desa dan barang akan di antar ke Jakarta bisa dengan menyewa truk atau jika barang anda lebih sedikit bisa anda titipkan lewat bis dan mereka akan menjemput barang daganganya.

Kepercayaan dan kejujuran sebuah perdagangan mutlak diperlukan.

Jualan Mainan Anak-Anak

Mainan anak-anak usia 3 tahun hingga anak sekolah dasar bisa menjadi komoditi yang lumayan untuk dijadikan usaha dengan modal kecil.

Usaha ini sedang mengalami pertumbuhan yang cukup baik terutama di daerh pedesaaan.

Apalagi anak-anak sekarang memiliki uang saku yang cukup lumayan jika dibandingkan pada masa 10 tahun yang silam.

Sementara jenis dan ragam permainan anak-anak semakin bervariasi dari yang sangat sederhana seperti parasut dari plastik seharga Rp.2000,- hingga mobil-mobilan dan aneka pesawat dengan harga diatas Rp.10.000,-.

Direntang harga tersebut masih sangat berpotensi mendatangkan konsumen terutama anak-anak di pedesaan.

Dengan modal antara Rp.500.000,- sampai dengan Rp.100.000,- kita sudah bisa berjualan berbagai macam mainan.

Cukup menggunakan sepeda atau sepeda motor dan membuat kotak tempat jualan disertai tempat gantungan dagangan kita maka bisnis sederhana namun memberi imbalan lumayan bisa anda jalankan.

Waktu jualan anda pun sangat singkat hanya pada jam istirahat anak sekolah dari Taman Kanak-Kanak hingga anak Sekolah Dasar dan jika igin mendapat hasil yang lebih baik jualan pada acara hiburan gratis di desa anda bisa anda lakukan.

Apa yang menarik dari jualan mainan ini adalah keuntungan yang besar dari 50%-100% harga per item.

Untuk mendapatkan barang mainan ini pun tidak susah banyak bertebaran grosir permainan anak di kota anda.

Belanja hari ini,susun dan mulai jalankan bisnis anda esok hari dan seterusnya.

Suatu saat jika anda mengalami kemajuan dan usaha semakin baik menambah dagangan dan membuka sendiri toko permainan anak bisa menjadi target selanjutnya.

Jualan Jajan Anak Sekolah

Karena topiknya adalah usaha kecil-kecilan maka jualan jajan anak sekolah bisa menjadi pilihan berikunya.

Dengan bermodalkan sedikit kreativitas kita bisa menjadi pedagang jajan siap saji dengan harga bersahabat untuk anak-anak sekoahan di pedesaan.

Modalnyapun tidak besar dan keuntungan jualan makanan seperti ini bisa mencapai lebih dari 100% dari bahan baku.

Kue serabi,cilok atau batagor bahkan mungkin rujak dan berbagai jajanan khas daerah sangat cocok dijadikan bisnis ini.

Asalkan anda tidak gengsi mendapatkan penghasilan lumayan bahkan anda bisa mengalahkan penghasilan para pekerja yang bekerja harian di desa tersebut.

Disamping kerjanya leih ringan anda lebih mempunyai waktu luang karena jualan makanan untuk anak sekolah waktunya hanya di saat jam istirahat dan saat pulang sekolah saja.

Ketika dirumah selepas berjualan anda bisa mencari tambahan lain dengan mencari ide bisnis rumahan yang dapat melipatgandakan pendapatan anda.

Meskipun kelihatanya sepele para pebisnis ini dari hari ke hari semakin bertambah karena mereka tahu kerja mereka menghasilan pendapatan yang sebanding.

Manfaat lainya kita jadi memiliki jiwa bisnis lebih baik dan mendapatkan pengalaman berbisnis yang bisa terus kita kembangkan menjadi lebih besar.

Bisnis Keripik dan Kerupuk dan Makanan Ringan

Keripik tempe,kerupuk merupakan makanan khas Indonesia yang di sebagian daerah dijadikan lauk pendamping nasi.

Disamping rasanya yang gurih harga keripik tempe dan berbagai macam kerupukpun sangat terjangkau.

Banyak kisah sukses seorang pebisnis keripik ataupun kerupuk mengawali bisnisnya dari usaha kecil-kecilan di desa tempat tinggalnya.

Berkaca dari situ usaha kecil-kecilan jenis ini mempunyai prospek yang sangat baik jika anda serius mengawalinya.

Jika anda tidak punya pengalaman membuat keripik atau kerupuk atau mungkin makanan ringan lain sererti seriping pisang anda jangan khawatir.

Khususnya didaerah pedesan banyak para ibu yang ahli dan piawai memasak makanan khas ini.

Rasanya tidak salah jika anda meminta bantuan atau memberi imbalan kepada para ibu yang ahli ini dengan cara mengundangnya untuk mengajarkan anda bagaimana cara membuat keripik atau kerupuk ini.

Setelah anda paham mulailah belajar membuat sendiri jika perlu berikan sentuhan kreativitas agar produk anda terasa berbeda dan lebih istimewa.

Pemasaranya juga mudah anda bisa menjual di pasar terdekat atau bisa juga anda titipkan di warung-warung yang ada sekitar anda.

Saran saya jangan pernah merasa puas dengan hasil yang didapatkan terus kembangkan dan naikan standar kemampuan dan jangkauan pasar anda.

Usaha kecil-kecilan bisa berubah menjadi usaha besar yang menggiurkan jika ditekuni dengan serius.

Usaha Peternakan,dan Perikanan

Masih di khususkan di daerah pedesaan usaha peternakan dan perikanan juga bisa diawali dengan modal kecil sebagai usaha kecil-kecilan.

Bisa saja anda memulai beternak ayam petelor dengan jumlah sekitar 100 ekor.

Atau memelihara kambing yang bisa anda titipkan ke tetengga denagn sistim bagi hasil.

Sementara usaha kecil-kecilan lainya seperti membuat telor asin dari hasi ternak bebek juga merupakan peluang usaha di pedesaan yang cukup menarik.

Memelihara lele dan ikan konsumsi juga bisa anda jalankan terutama jika anda tinggal di daerah dengan limpahan air yang baik.

Banyak sekali usaha kecil-kecilan di desa yang bisa kita jadikan peluang jika ingin hidup di desa tanpa perlu melakukan pekerjaan yang sebenarnya kita tidak sukai di perkotaan.

Namun disini saya hanya memberi contoh sebagian kecil saja,disamping itu pada postingan sebelumnya juga kita pernah membahas panjang lebar tentang peluang usaha modal kecil yang lain.

Jika anda masih ingin mencari ide lainya maka baca pada tautan di baah ini:

Peluang Usaha

Silahkan bagi yang ingin menambahkan,isi kolom komentar dibawah dan saya ucapkan terima kasih karena sudah menyempatkan waktu untuk membaca artikel ini.

Saya juga mengharap kebaikan anda untuk membagikanya kepada teman atau saudara anda lewat tombol social media di bawahnya.

Sekecil apapun manfaat yang kita berikan kepada sesama mudah-mudahan akan menjadi amal ibadah amiin!

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan