Jualan Sayur Keliling

Usaha Jualan Sayur Keliling

Jika Anda sedang bingung harus memulai usaha apa yang masih sangat prospektif dan menguntungkan dengan biaya yang relatif kecil, maka inilah usaha yang sangat tepat, jualan sayur keliling.

Jualan sayur memiliki margin yang cukup besar, namun juga memiliki resiko kerugian yang besar pula mengingat jenis sayuran merupakan komoditi yang  akan rusak dan layu jika harus disimpan dalam waktu lama

Untuk mendapatkan keuntungan yang besar dari berjualan sayur keliling maka kita perlu mengatur strategi yang tepat agar berjalan sesuai harapan.

Berikut adalah tahapan yang perlu Anda lakukan jika ingin memulai usaha jualan sayur keliling.

Survey Area Usaha

Karena usaha ini memiiki nilai keuntungan yag lumayan maka jangan heran jika jualan sayur keliling sudah memiliki banyak persaingan.

Meski begitu luasnya wilayah pemukiman dan makin padatnya perumahan sehingga masih banyak juga daerah yang masih jarang dialalui oleh para penjual sayur keliling ini.

Dengan melakukan survey area usaha maka Anda akan dengan lebih mudah dalam menjalankan usaha, dengan memperhatikan poin-poin sebagai berikut:

  • Teliti sebanyak mungkin area di daerah Anda, dimana area tersebut cukup jauh dari area pasar sayur namun memiliki kepadatan penduduk yang memadai.
  • Pada area pemukiman coba untuk menanyakan pada warga sekitar apakah didaerah tersebut sudah ada pedagang sayur keliling?Jika ada tanyakan pada jam berapa pedagang umumnya berjualan, ini akan memudahka Anda untuk berjualan pada jam yang berbeda atau mencari area lain yang belum dilewati pedagang sayur keliling.
  • Cek keramain pada area tertentu seperti pada lokasi taman kanak-kanak dimana umumnya ibu-ibu menunggu anaknya sekolah, puskesmas, posyandu dan sebagainya, perhatikan dan tanyakan apakah ada penjual sayur keliling disana.

Semakin mengenal lokasi mana yang paling cocok untuk dijadikan kawasan Anda berjulaan sayur maka kesuksesan akan lebih mudah dan lebih cepat dicapai.

Pahami Jenis Sayur dan Dagangan yang Akan Dijual

Hal penting berikut adalah mengenal jenis sayur dan barang dagangan pendukung.

Anda bisa belajar kepada mereka yang lebih dulu sukses dalam usaha sayur keliling, tentu dengan area wilayah yang berbeda ya.

Jika tidak, minimal Anda harus memahami jenis sayur dan harga pasaran, karenanya jangan pernah malu untuk bertanya kepada ahlinya dan yang Anda rasa bisa dipercaya.

Sayur hijau seperti bayam, kangkung, dan sejenisnya umumya tidak tahan lama, ini harus diperhatikan agar penjualan harus habis dalam 1 hari.

Sementara jenis lain mentimun, kentang, bawang dan berbagai jenis lainya memiliki daya tahan yang lebih lama sehingga jenis ini bisa saja dibeli dalam jumlah lebih banyak terutama disaat harga cenderung rendah.

Pemahaman jenis sayur akan memudahkan Anda dalam memperhitungkan berapa margin keuntungan karena sayur memiliki profit besar ketika masih segar namun akan mengalami penurunan harga tawar ketika mulai layu.

Pada jenis sayur tertentu Anda dapat melipat gandakan keutungan dengan berbelanja borongan dan mengemas sendiri dirumah.

Seperti sayur nangka muda, untuk mendapatkan keuntungan berlipat sebaiknya belilah nangka muda utuh jika perlu Anda bisa membeli borongan dipohonya terutama jika Anda tinggal di wilayah pedesaan, lalu kupas dan jual dalam ukuran 1/2 kg atau 1/4 kg.

Dengan cara ini Anda akan dapat mencapai keuntunga maksimal.

Selain sayur Anda juga dapat menambahkan dagangan yang masih berhubungan seperti daging ayam, menjual kerupuk dan keripik untuk lauk dan sebagainya.

Namun bagi Anda yang masih benar-benar baru Anda juga bisa menjual sayur secara perlahan dengan membawa jenis sayur dalam jumlah sedikit saja dahulu sambil mempelajari bagaimana permintaan pelanggan.

Persiapan Kendaraan

Jika kedua hal diatas sudah Anda pahami sekarang saatnya mempelajari untuk membuat alat untuk berjualan keliling.

Banyak metode yang bisa digunakan, dari menggunakan gerobak dorong, menggunakan sepeda, sepeda motor, hingga mengunakan mobil bak terbuka.

Anda tinggal menyesuaikan peralatan yang dibutuhkan dengan metode jualan yang akan dijalankan, jika menggunakan sepeda motor maka Anda perlu membuat kerangka dari kayu atau bambu yang dibuat di bagian jok belakang untuk menyimpan barang dagangan.

Dan jika Anda ingin berjualan dengan gerobak maka Anda perlu meyiapkan gerobak yang bisa Anda buat sendiri atau dengan memesan kepada tukang atau ahlinya.

Berbelanja dan Jualan

Jika semua peralatan telah disiapkan sekarang saatnya untuk memulai usaha pertama Anda ini.

Untuk berbelanja sayur yang segar Anda harus berbelanja di awal pagi dan umumnya pasar pagi hari seperti ini mulai buka dari jam 3 pagi bahkan ada yang lebuh awal lagi tergantung didaerah mana Anda tinggal.

Buat catatan selengkapnya dengan menyesuaikan dana yang Anda miliki, sebelum berbelanja.

Belanjalah keperluan sampai selesai lalu Anda bawa pulang terlebih dahulu untuk Anda susun dengan rapi dan mulai berjualan pada jam 7 atau jam 8 sesuai dengan kondisi area Anda.

Sebagai pedagang baru maka Anda perlu memperkenalkan usaha Anda kepada calon pelanggan, jika Anda merasa kurang percaya diri untuk teriak-teriak maka gunakan rekaman dengan menggunakan hape (smartphone) yang dihubungkan dengan speaker.

Ramah dan pandai berbicaa saat berinteraksi adalah salah satu kunci awal untuk lebih cepat mendapatkan pelanggan.

Jual barang dagangan dengan harga bersaing dan utamakan kejujuran dalam setiap transaksi.

Jangan mudah menyerah karena sudah menjadi rahasia umum dalam dunia perdagangan jika akan banyak rintangan dan susahnya mencari pelanggan.

Namun jika Anda gigih dan mengutamakan kualitas, harga dan kejujuran maka kesuksesan hanya tinggal menunggu waktu saja.

Semoga bermanfaat.