Usaha Jualan Es Durian,Bagaimana Caranya Agar Sukses?

by :

Ingin buka usaha makanan atau minuman namun bingung jenis apa yang paling menguntungkan?

Es durian bisa jadi merupakan ide yang tepat jika anda menginginkan jualan minuman dingin dengan keuntungan lumayan besar.

Ingin membuka usaha es durian?berikut beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan agar usaha es durian sukses.

Kenapa Es Durian Prospektif?

Setiap pengusaha memiliki persepsi dan pandangan yang berbeda terhadap sebuah analisa peluang usaha.

Banyak faktor yang mempengaruhi prospek sebuah peluang usaha ini termasuk diantaranya besarnya peminat,kemudahan mendapatkan stok barang dan juga faktor keuntungan yang bisa didapatkan.

Es durian bisa dibilang sangat menguntungkan jika beberapa faktor pendukung untuk memulai bisnis ini dapat dicapai.

Disamping termasuk bisnis kuliner dengan harga jual tinggi es durian umumnya memiliki penggemar fanatik yang setia.

Jika kita mampu menyajikan es durian yang enak dan mampu bersaing dalam hal rasa dan berbagai hal pendukung seperti kebersihan,tempat dan harga maka usaha ini akan cepat mendatangkan pelanggan yang tentu berimbas pada keuntungan.

Penggemar durian juga umumnya sangat menyukai sajian es durian sementara rata-rata para penggemar durian adalah mereka dari golongan yang memiliki daya beli tinggi.

Inilah kenapa es durian bisa dikatakan memiliki prospek keuntungan yang besar.

Bagaimana Memulai Usaha Es Durian

Untuk memulai berjualan es durian dan sukses kita perlu setidaknya melakukan strategi awal dari perhitungan modal,mendapatkan resep terbaik,strategi penjualan dan tempat usaha serta promosi yang efektif.

Persiapan Modal

Besarnya modal dalam usaha jualan es durian sangat relatif tergantung seperti apa model bisnis yang akan dijalankan.

Apakah ingin menjual es durian dengan cara jualan keliling atau dengan mendirikan kedai mewah di mall?atau mungkin juga ingin berjualan dengan sistim waralaba?

Tentu ada perbedaan bagaimana cara anda memulainya.

Menentukan dan memperhitungkan modal dengan teliti akan lebih memudahkan ketika kita benar-benar merealisasikan usaha tersebut.

Ada opsi dengan menyesuaikan modal yang ada atau memilih usaha dengan modal lebih besar dengan cara menunda perencaan dan mewujudkan ketika modal terkumpul.

Apapun model usaha yang akan dijalankan pastikan kita serius dengan mempersembahkan yang terbaik dari awal perencanaan hingga usaha benar-benar dijalankan.

Untuk mengetahui seberapa besar anggaran yang dibutuhkan kita bisa menghitung dari beberapa keperluan yang paling pokok ditambah biaya pendukung serta beberapa persen untuk biaya tak terduga.

Lakukan perincian dari beberapa hal mendasar seperti

1.Tempat Usaha

Tempat usaha merupakan biaya wajib ketika kita akan memulai usaha es durian terutama jika kita menginginkan usaha tersebut sebagai usaha permanen di satu tempat.

Bisa dengan mendirikan kios,menyewa kios,atau dengan menyewa lapak di mall-mall terkemuka di kota anda.

2.Biaya Peralatan

Biaya peralatan merupakan biaya yang wajib juga karena tanpa peralatan mustahil bisnis es durian bisa berjalan.

Peralatan seperti mangkok,sendok dan beberapa prasarana seperti meja,kursi serta freezer tempat menyimpan bahan baku dan es sebagai produk jualan harus di perinci sebelum menjalankan bisnis tersebut.

Sementara bagi mereka yang menginginkan jualan keliling perhitungkan biaya pembuatan gerobak atau modifikasi sepeda motor dan faktor pendukung lainya secara rinci pula.

3.Biaya Bahan Es Durian

Biaya bahan untuk membuat es durian merupakan biaya rutin dan berputar yang akan dipergunakan saat usaha telah dibuka.

Perkirakan berapa biaya untuk membeli durian,biaya untuk membeli susu atau bahan pendukung lain yang diperlukan.

3. Biaya Karyawan

Jika menginginkan usaha yang lumayan dan memiliki tempat usaha dan ingin memiliki karyawan ini juga harus dipertimbangkan biaya dan berapa jumlah karyawan yang diperlukan.

4.Biaya lain-lain

Biaya ini termasuk biaya listrik,air,dan berbagai hal lain seperti pajak retribusi dan sebagainya.

5.Biaya tak terduga

Biaya tak terduga dimaksudkan jika ternyata perkiraan modal melebihi dari apa yang diperhitungkan.

Ambil beberapa persen dari total rincian biaya bisa 10% atau 20% semua tergantung dari keadaan keuangan dan perhitungan yang dilakukan.

Mendapatkan Resep Terbaik

Ketika kita menjatuhkan sebuah pilihan untuk membuka usaha jualan es durian,sebagian besar mungkin sudah memiliki persiapan dan skil untuk membuat es durian sebagai resep menu jualanya.Barangkali sebagian lainya bahkan belum memiliki ide seperti apa resep durian tersebut.

Apakah resep yang akan dijalankan sudah yang terbaik?

Meski kita yakin dengan kemampuan dan merasa jika resep yang kita miliki adalah resep yang pas dan lezat,namun belum tentu menurut orang lain.

Karenanya disarankan serangkaian ujicoba berulang kali hingga yakin betul mendapatkan resep terbaik.

Beberapa cara yang bisa dicoba diantaranya adalah

1.Cari beberapa pnjual es durian paling laris di daerah kita coba dan rasakan kelebihan dan kekurangan masing-masing.Apakah resep kita bisa disejajarkan dengan mereka penjual yang terlaris?Jika memungkinkan kita mesti memiliki kualitas dan rasa lebih baik.

2.Curi ilmu atau resep dari penjual-penjual tersebut bisa dengan memperhatikan cara mereka meracik,bahan-bahan yang diperlukan jika memungkinkan tanyakan pada karyawan penjual es durian tersebut apa resep yang digunakan dan bagaimana caranya.

3.Lakukan ujicoba resep dengan membagikan es durian hasil olahan kita kepada para pencinta es durian.

Apakah hasilnya sudah bagus dan mintalah perbandingan dengan penjual es durian yang telah ada.

Lakukan berulang kali dengan berbagai perbaikan pada sisi yang masih kurang.

Jika telah yakin catat resep baku untuk dijadikan menu es durian yang akan dibisniskan nantinya.

Lebih baik kehilangan sedikit biaya untuk uji coba namun menghasilkan resep yang bisa diandalkan.

Mendapatkan Pasokan Buah Durian

Karena menu utama bisnis kita nantinya adalah menjual es durian maka hal yang paling penting dalam bahan baku adalah mencari sumber bahan baku pasokan buah durian.

Mengingat buah durian adalah buah musiman maka kita harus jauh-jauh hari mempersiapkan ancang-ancang bagaimana mendapatkan stok buah durian agar tersedia sepanjang tahun.

Bagi mereka yang telah berkecimpung dalam bisnis ini tentu bukan persoalan karena mereka tahu darimana saat musim durian suatu daerah kosong,bisa jadi dengan mendatangkan buah durian daerah lain yang telah di koordinasikan dengan pemasok buah,atau bisa juga dengan menggantikan buah lokal dengan buah import seperti durian Montong yang akan terus ada sepanjang tahun.

Pelajari mencari penguplai barang yang bisa dipercaya agar bisa mendapatkan harga terbaik dengan kualitas yang terjaga setiap kali pemesanan.

Menentukan Tempat Usaha

Memilih lokasi jualan yang tepat merupakan faktor penting agar usaha berjualan es durian cepat menjaring pelanggan.

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan diantaranya adalah:

1.Tempat yang banyak dikunjungi oleh calon pembeli seperti sekitar daerah wisata,area perkotaan,dan area-area lain yang kemungkinan bisa mendatangkan calon pembeli lebih banyak.

2.Kemampuan daya beli masyarakat serta selera terhadap buah durian menjadi indikasi berikutnya apakah usaha tersebut bisa diterima dengan baik.

Sebuah kawasan yang memiliki tingkat ekonomi dan daya beli lebih baik maka kemungkinan untuk membelanjakan uangnya membeli es durian cenderung lebih besar.

Hal tersebut dikarenakan es durian merupakan salah satu jenis kuliner dengan harga jual tinggi dibanding jenis makanan lainya,bahkan pada usaha es durian keliling sekalipun harus mempertimbangkan faktor lingkungan atau daerah yang akan menjadi target penjualan.

Bahan baku durian yang memiliki harga lebih mahal dari berbagai jenis buah lain bahkan pada musim panen sekalipun merupakan salah satu faktor yang menyebabkan harga jualnya lebih tinggi.

Namun begitu kita tidak perlu khawatir asalkan bisa memilih tempat usaha yang tepat pada kawasan yang memiliki daya beli baik kemungkinan untuk sukses tetap tinggi lantaran pencinta durian sulit menggantikan dengan kuliner sejenis lainya.

Persiapan Membuka Usaha

Setelah merencanakan dengan matang perkiraan biaya dan menyediakan anggaran yang diperlukan dan telah mempersiapkan resep terbaik yang telah disiapkan sebelumnya,maka sekarang saatnya melakukan persiapan membuka usaha.

Mendirikan tempat usaha,menyewa atau membuat gerobak atau motor yang dimodifikasi sebagai saran penjualan bisa segera dilakukan.

Belanja alat-alat keperluan pendudung yang tercantum pada daftar dan membeli bahan baku serta bahan-bahan pendukung ketika usaha sudah siap dibuka.

Faktor lain yang perlu diperhatikan adalah komitmen untuk selalu:

1.Menjaga kebersihan dan kerapihan tempat usaha bahkan meski usaha tersebut hanyalah jualan keliling.

2.Memberikan layanan terbaik dengan ramah dan murah senyum kepada siapa saja calon pembeli.

3.Terbuka terhadap kritikan pembeli dan jangan sekalipun membenci orang yang mengkritik jika menurut mereka pelayanan atau rasa yang kita suguhkan kurang berkenan.

Usaha awal perlu pembelajaran dan kritikan adalah saran terbaik langsung dari konsumen agar kita selalu memperbaiki diri.

Buka Usaha dan Promosi

Setelah yakin semua persiapan dan komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik telah dikibarkan sekarang saatnya membuka usaha jualan es durian tersebut.

Seperti pada usaha-usaha kuliner lain kasus sepi pengunjung pada awal usaha adalah hal yang sangat wajar.

Kecuali jika anda beruntung karena ledakan peminat terhadap jualan anda maka usaha yang baru bukapun bisa saja langsung diserbu pembeli.

Agar suasana sepi pengunjung atau pembeli tidak berlarut-larut tidak ada yang lebih efektif selain melakukan promosi.

Akan sulit rasanya mendatangkan kesuksesan meski menu hidangan es durian super nikmat sementara tidak ada orang yang mengenal usaha kita.

Promosi bisa dijalankan sambil usaha terus berjalan dari hal-hal sepele hingga hal rumit dalam berpromosi bisa dijalankan semua tergantung seberapa besar usaha yang dijalankan.

Berikut promisi dasar yang bisa dipertimbangkan terutama saat mengawali usaha anda.

1.Pasang spanduk dan buat pakaian seragam

Spanduk yang terlihat menarik dan terlihat jelas di tempat usaha kita merupakan salah satu promosi agar para calon pembeli lebih cepat mengetahui keberadaan usaha kita.

Spanduk berisi nama usaha dan gambar ilustrasi yang menarik dan dibuat sedemikian rupa agar menarik minat pembeli.

Bahkan pada penjual keliling sekalipun sebaiknya membuat gerobak atau motor untuk berjualan dengan menyertakan nama usaha dan cat yang menarik perhatian.

Berpenampilan bersih,rapi dan wangi jika dirasa perlu buat seragam khusus dengan nama dan logo usaha kita.

Segala sesuatu yang terlihat profesional akan lebih mudah diingat oleh pembeli dibanding mereka yang melakukan usaha asal-asalan.

2.Perkenalkan dan ajak saudara atau teman untuk berkunjung.

Hal termudah dalam promosi adalah memperkenalkan usaha kepada kerabat dan saudara.

Jangan malu untuk mengakui usaha baru anda,akuilah dengan penuh percaya diri dan kebanggaan serta ceritakan bagaimana anda serius dalam menangani menu dan layanan.

Banyak pemula salah dalam memulai awal langkah usaha,banyak dari mereka terlalu terkesan merendah yang sebenarnya kurang berdampak positif dalam hal promosi.

Bahkan sering kita mendengar ketika ditanya usahanya mereka menjawab jika usahanya iseng-iseng saja atau daripada nganggur dan jawaban sejenis yang justru terlihat ketidakseriusannya.

Memperkenalkan dengan percaya diri dan mengharap bantuannya untuk menyebarkan informasi kepada teman dan kerabat lainya akan menjadi promosi awal terbaik.

Berikan discount khusus jika diperlukan kepada saudara atau teman anda jika mereka mau datang dan berbelanja di usaha baru kita ini.

3.Media sosial

Makin banyaknya pengguna media sosial bisa dijadikan sarana yang baik untuk berpromosi kepada teman-teman terutama mereka yang masih dalam jangkauan bisnis.

Posting dengan percaya diri tentang usaha kita,jika ingin lebih profesional buatlah halaman Facebook yang memuat usaha kita sehingga lebih mudah dalam hal berpromosi karena tampilannya akan lebih terlihat menarik dan profesional.

Pelajari dengan detail bagaimana memanfaatkan media sosial sebagai ajang promosi usaha.

4.Discount

Memberikan discount harga pada hari tertentu seperti saat hari dimana umumnya sepi pembeli misalnya hari Senin atau hari Jum’at.

Discount juga bisa diberikan jika mereka membeli dalam jumlah banyak.

Misalkan kita berikan satu porsi gratis setiap pembelian minimal 10 porsi dan sebagainya.

Kenali Kendala

Salah satu kendala dalam berjualan es durian adalah faktor cuaca,musim penghujan merupakan kendala dalam menjaring pembeli.

Menyiasati hal seperti ini maka buatlah jumlah bahan baku secukupnya saja disamping itu kita juga bisa mengantisipasi usaha jualan es durian dengan menu tambahan agar saat musim penghujan pun jualan tetap laku.

Menu tersebut bisa saja berjualan jahe susu panas atau minuman yang cocok terutama disajikan pada musim penghujan.

Persiapan-persiapan lain yang terlihat sepele juga harus diperhitungkan seperti menyiapkan uang recehan saat awal buka agar pembeli dengan uang besar terlayani dengan baik karena telah tersedia uang kembalian.

Bagaimana?masih perlu informasi tambahan?silahkan kirim komentar di bawah.

Semoga bermanfaat.

Jika merasa sedikit saja manfaat,bantu kami dengan klik Sukai Halaman Facebook Hinyong dibawah,dukungan anda sangat berarti.
Loading...

Tinggalkan Balasan

   
Copyright© Hinyong 2018
Tentang Hinyong| Hubungi Hinyong| Privacy Policy|Disclaimer|Terms Of Services|Sitemap