Inilah Cara Memulai Usaha Jual Beli Kayu Gelondongan

Jual Beli Kayu Gelondongan

Usaha Jual Beli Kayu

Semua orang tentu mengenal usaha jual kayu gelondong yang kini banyak di jumpai hampir di semua wilayah bahkan hingga ke desa-desa

Ternyata, semua orang memiliki peluang membuka usaha jual beli kayu dengan menyediakan dana dan tempat dan berbisnis jual kayu gelendong seperti kayu sengon atau kayu albasia dan berbagai jenis kayu lainya.

Untuk jenis kayu hasil dari kebun seperti kayu sengon atau kayu kelapa dan sejenisnya mungkin tidak diperlukan persyaratan khusus ya, namun pendirian usaha yang melibatkan jenis kayu tertentu seperti jati dan sebagainya tetap harus di bawah perizinan Perhutani untuk menghindari illegal loging, atau penebangan besar-besaran di luar izin yang menyebabkan eksploitasi sumber daya alam.

Simak 9 Tips Membuka Peluang Jual Beli Kayu dengan Langkah Tepat

Sebelum Anda menginginkan hasil yang sukses dan menjanjikan dari membuka usaha jual beli kayu, sebaiknya ikutilah beberapa tips berikut ini agar usaha Anda berjalan lancar dan aman.

Persiapkan Modal Awal Untuk Memulai Usaha Jual Kayu

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Toko Komputer Dijamin Menguntungkan

Untuk menyediakan stok awal hasil sumber daya berupa kayu yang sudah akan dibeli dan dijual kembali, maka Anda harus memiliki modal untuk membelinya kepada pemilik kayu hasil dari kebun rakyat secara langsung atau dari Perum Perhutani.

Biaya modal yang nantinya Anda keluarkan sangat beragam karena tergantung dari jenis kayu yang akan Anda beli dan stok yang ingin anda simpan untuk dijual baik kepada perorangan maupun kepada pabrik kayu lapis dan sebagainya.

Jika Anda memesan beraneka ragam jenis kayu, maka dana sekitar 40 hingga 50 juta bisa dihabiskan sebagai modal awal membeli stok tersebut.

Sementara jika ditambahkan dengan biaya lain-lain, seperti biaya operasional, dan listrik tidak akan lebih dari 60 juta.

Anda sebaiknya mendirikan atau membeli bangunan toko atas nama Anda sendiri sebagai pemilik untuk meminimalkan biaya modal awal, dan jangan melakukan sewa.

Meminta Perizinan Untuk Membuka Usaha Jual Beli Kayu

Sebelum Anda mendirikan usaha jual beli kayu gelondong ada berbagai syarat dan ketentuan yang harus Anda urus dan patuhi terutama pada jenis kayu yang memerlukan inin khusus dari perhutani.

Jika tidak, maka usaha tidak akan diizinkan untuk berjalan, karena bertepatan dengan hasil alam yang dijaga sekaligus dilindungi. Para pengusaha yang ingin menjual kayu berkualitas dari Perhutani harus memiliku surat IUIPHHK, yakni surat izin usaha industry primer hasil hutan kayu.

Anda pun harus menaati aturannya, karena ada banyak sekali yang tertulis secara legal dan resmi di perundang-undangan negara.

Pastikan Anda melakukan pendekatan terlebih dahulu dengan pihak yang terlibat secara langsung dalam pengelolaan hasil hutan Perhutani.

Dengan demikian, Anda bisa dengan mudah untuk mengurus berkasnya dan mendapatkan perizinan untuk mendirikan usaha toko kayu atau furniture yang berkualitas, berbeda dari yang lain.

Baca Juga: Peluang Usaha Toko Perhiasan Emas, Investasi yang Menjanjikan

Tentukan Lokasi Strategis Untuk Usaha Jual Beli Kayu

Jika perizinan pendirian usaha sudah Anda dapatkan, selanjutnya tentukanlah lokasi toko yang strategis agar bisa dengan mudah ditemukan oleh para wira usaha di bidang pengrajin kayu yang pastinya akan menecari toko Anda tersebut.

Dirikan toko yang dekat dengan pusat keramaian, sangat sesuai jika berada di sekitar jalan raya, dengan halaman toko yang luas, karena Anda akan membutuhkan kendaraan seperti pickup atau truk untuk mengirimkan berbagai jenis kayu yang dipesan calon pelanggan Anda.

Anda tidak bisa mendirikan toko kayu di gang yang sempit, harus jalanan yang lebar, serta tidak bisa juga untuk menyewa tempat toko di pusat perbelanjaan seperti mall, karena akan memakan banyak tempat, dan sangat susah untuk memuat produknya. Jadi satu-satunya lokasi paling strategis adalah di dekat jalan yang luas di depan toko, seperti jalan raya.

Gunakan Brand atau Nama Usaha Jual Beli Kayu Anda

Pastikan bahwa identitas toko Anda tersebut bisa dikenal dan ditemukan oleh masyarakat luas karena kualitas kayunya yang terkenal hingga ke berbagai wilayah.

Tentukan nama toko yang singkat, padat, dan jelas agar mudah diingat oleh banyak orang yang akan mencarinya.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Toko Elektronik yang Menjanjikan

Mengutamakan Kualitas Kayu yang Dihasilkan.

 

Pada tahap pertama pembukaan toko, tentu aka nada beberapa orang yang penasaran dengan kayu-kayu Anda, Mereka biasanya mendatangi toko untuk melihat-lihat kondisi kayu serta memastikan apakah harganya sesuai.

Oleh karena itu, pastikan bahwa kayu yang Anda pilih dari harus berkualitas, tidak ada cacat atau mudah lapuk.

Selain itu, pastikan juga agar harga jual kayu lebih terjangkau dengan memanfaatkan strategi tertentu dengan menjalin kerjasama.

Jika kualitas kayu yang dijual sudah terbukti berkualitas, maka toko tersebut akan terkenal dalam waktu yang cukup singkat.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan pelanggan dengan mudah, serta memberi kenaikan harga pada saat sedang sangat ramai dan produknya pun sudah dijamin berkualitas bagus.

Sediakan Berbagai Jenis Kayu Berkualitas Sebagai Unggulan

Setiap orang yang berwira usaha sebagai pengrajin kayu, mebel, atau furniture tentu tidak memproduksi barang hanya dari satu jenis kayu saja.

Mereka akan mempertimbangkan beberapa jenis kayu yang cocok pada kondisi tertentu, misalnya saat hujan kayu jenis A lebih kuat dan tahan lama dari kayu jenis B, dan sebagainya.

Oleh karena itu, lengkapi usaha jual beli kayu yang Anda kelola dengan menyediakan berbagai macam jenis kayu berkualitas. Terutama yang biasa diminati di pasaran, dan harganya pun terjangkau.

Anda bisa mengambil stok kayu jati dalam jumlah banyak jika permintaan pasar cukup tinggi meskipun harganya mahal.

Kayu ini tergolong sebagai jenis kayu yang paling kuat dan tahan lama, namun memiliki bobot yang sangat berat.

Namun, selain kayu jati sediakan juga beberapa jenis kayu, seperti kayu kamper, mahoni, yang harganya menjangkai lebih banyak rakyat dan juga kuat di beberapa kondisi tertentu.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Toko Baju atau Pakaian dengan Hasil Sukses | Bisnis Fashion

Siapkan Para Calon Pekerja Usaha Jual Beli Kayu Anda

 

Toko kayu merupakan toko yang cukup besar, karena sudah bisa dipastikan bahwa permintaannya cukup banyak sehingga Anda sebagai pemilik usaha jual beli kayu tidak akan bisa mengelola sendiri.

Namun, Anda bisa merangkap sebagai seorang yang berada di posisi kasir, tanpa merekrut karyawan baru.

Tetapi Anda harus merekrut karyawan yang bisa diminta bantuannya untuk melakukan aktivitas berat, seperti menyediakan stok kayu, mengambil stok kayu, serta mengirim atau mengantar kayu ke para pelanggan.

Jumlah yang dikirim sudah pasti lebih dari satu sehingga Anda membutuhkan calon karyawan yang semuanya laki-laki, dengan kriteria berbadan sehat dan kuat, atau kekar, serta memiliki ketahanan tubuh untuk mengangkat dan memindahkan barang berat seperti kayu.

Di sini Anda akan membutuhkan beberapa pegawai yang berjumlah 3 atau 4, atau Anda juga bisa meminta bantuan kepada seseorang dalam beberapa waktu saja kemudian memberikannya upah secara langsung.

Tetapi hal ini tidak efektif, jadi sebaiknya pekerjakan dalam periode yang lebih lama saja, apalagi jika Anda tidak sekedar membuka toko kayu, tetapi juga hasil dari pengolahannya, seperti furniture, dan mebel.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Toko Mainan Anak yang Menjanjikan

Berikan Potongan Harga, Diskon, Bonus, atau Hadiah untuk Pembelian Pertama

 

Saat pembelian pertama, atau pada waktu-waktu tertentu, sebaiknya berikanlah promo yang menarik, seperti pemberian potongan harga, diskon, atau bonus tertentu.

Anda harus melakukan hal ini jika membuka toko untuk pertama kali karena bertujuan untuk menjalin mitra dengan para calon pelanggan dengan erat agar menjadi langganan.

Pasang Sistem Keamanan dan Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Jual Beli Kayu Anda

Menjual produk kayu dengan ukuran potongan yang cukup besar, karena akan dijadikan sebagai bahan abaku pembuatan furniture, maka peminatnya pun cukup banyak.

Dan di sinilah kejahatan seringkali terjadi, yakni munculnya para criminal yang sangat berpotensi untuk mencuri kayu yang Anda jual.

Maka pasanglah sistem keamanan dengan ketat agar kayu-kayu tersebut bisa aman, dan Anda pun tidak mengalami kerugian.

Caranya bisa Anda lakukan dengan memasang CCTV, atau memberikan pagar yang terletak di depan toko, serta dilapisi pengaman listrik pada ujung pagar.

Jangan menggunakan jasa satpam jika Anda tidak bisa memberinya kepercayaan, karena bisa saja satpam tersebut melakukan kerjasama untuk mengambil kayu-kayu yang akan Anda jual.

Sementara, jika Anda telah memiliki pelanggan yang tetap dalam jumlah stabil setiap harinya, maka saatnya bagi Anda untuk melakukan pengembangan bisnis agar lebih maju dan bisa bersaing dengan toko kayu lainnya.

Pastikan bahwa Anda melakukan berbagai hal sebagai berikut:

1. Mempromosikan hasil kayu yang memiliki kualitas tinggi melayani berbagai media, salah satunya secara online.

2. Anda harus memasarkan secara online dengan memberi fitur yang menarik dan mudah untuk diakses para pelanggan, seperti website yang dilengkapi dengan balasan customer service dengan cepat melalui sistem obrolan online atau chatting.

3. Tunjukan tanda atau surat legalitas yang Anda terima untuk menjalankan usaha agar masyarakat luas percaya.

4. Gunakan testimony yang sudah berpengalaman membeli produk kayu berkualitas di toko Anda, kemudian jangan lupa mendokumentasikannya, dan memposting pada website atau akun toko online yang Anda miliki.

5. Pastikan agar Anda mencantumkan harga saat memasarkannya secara online.

6. Jalinlah kerjasama bisnis dengan marketplace terpopuler seperti Shopee, OLX Tokopedia, dan sebagainya agar bisnis Anda dengan pelanggan lebih dipermudah, dan keduanya pun sama-sama puas.

 Baca Juga: Cara Memulai Usaha Toko Sepeda dengan Peluang Menjanjikan

Tips dan Kesimpulan

Keuntungan yang bisa didapatkan dengan membuka usaha jual beli kayu bisa mencapai puluhan juta perbulannya, dan mendapatkan kembali modal cukup cepat.

Namun, Anda harus memenuhi berbagai langkah tepat seperti yang dijelaskan di sini agar bisa menuai kesuksesan tanpa banyak masalah.

Jadi, Anda tidak perlu lagi untuk memulainya, karena membuka usaha jual beli kayu dijamin aman di bawah perlindungan dan ketentuan perundang-undangan untuk menjalankannya.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *