Usaha Ayam Potong Kemitraaan Solusi Tepat Beternak Hemat Biaya

Usaha Ayam Potong Kemitraaan

Banyak calon pengusaha yang sebenarnya memiliki niat untuk menjadi peternak ayam potong namun terkendala oleh besarnya anggaran biaya yang harus disiapkan.

Bayangkan untuk mendapatkan keuntungan yang memadai seorang peternak ayam broiler setidaknya harus memelihara ribuan ekor dengan biaya anggaran dari pembuatan kandang, pembelian bibit dan pakan mencapai puluhan juta rupiah.

Usaha ayam potong sistim kemitraan bisa jadi merupakan pilihan tepat mengatasi permasalahan besarnya biaya bagi peternak ayam potong yang ingin memulai usaha dengan dana terbatas.

Terlepas dari kontroversi tentang kelebihan dan kekurangan usaha ternak kemitraan, usaha ayam potong model ini tetap merupakan pilihan yang bijak bagi mereka yang ingin memulai usaha namun dengan modal minimal.

Selama kita teliti dan jeli dalam memilih partner usaha inti maka sukses menjadi peternak ayam potong dengan sistim kemitraan bukan isapan jempol.

Mengenal Usaha Ayam Potong Inti-Plasma atau Kemitraan

Disini kita akan membahas tentang usaha ayam patong inti-plasma atau kemitraan secara gampang saja.

Intinya usaha kemitraan adalah sebuah sistim usaha kerjasama antara seorang atau badan usaha atau perusahaan yang disebut sebagai “inti” dengan kita sebagai calon pemelihara yang disebut sebagai “plasma”

Kedua belah pihak memiliki tujuan yang sama yaitu mengelola usaha peternakan ayam potong atau broiler dengan itikad “win-win”.

Artinya ke dua belah pihak mempunyai kesepakatan yang saling menguntungkan, terlepas pada kenyataanya akan ada kemungkinan untung dan rugi baik bagi pengusaha inti maupaun pengusaha plasma sebagi resiko sebuah usaha.

Apa dan Siapa Pengusaha Peternak Inti?

Pengusaha inti adalah mereka atau seseorang atau perusahaan yang akan menyediakan segala macam keperluan ternak ayam yang meliputi:

  • Bibit Ayam atau DOC (Day Old Chicken)
  • Pakan dan kebutuhan obat-obatan termasuk vaksin ayam.
  • Pengawas atau Petugas Pembimbing serta Ahli kesehatan (Dokter Hewan atau Mereka yang Ahli dan Ditunjuk Oleh Perusahaan Inti)

Semua kebutuhan tesebut diatas akan disiapkan oleh perusahaan inti dan umumnya akan diberikan secara bertahap selama proses ternak berlangsung hingga masa panen.
Kemudian hasil panen ayam yang dihasilkan akan dibeli oleh pengusaha inti dengan harga sesuai kontrak.
Dan semua biaya dari awal hingga akhir ketika panen tiba akan dibayar oleh pengusaha plasma (kita sebagai pemelihara) dengan memotong dari pembayaran hasil panen ayam tersebut.
Kelebihan sisa pembelian adalah keuntungan peternak plasma setelah dipotong dengan berbagai macam biaya operasional seperti tenaga kerja dan perhitungan biaya kandang milik pemelihara yang bisa di kalkulasi sebagai biaya sewa termasuk didalamnya adalah petalatan pendukung, air, penerangan dan sebagainya.
Segala keperluan yang di suplai oleh perusahaan inti harganya akan mengikuti harga pasaran saat itu.
Meskipun harga ayam setelah panen sudah ditentukan saat penanda tanganan kontrak namun hal itu umumnya tidak berlaku dengan harga pakan, doc dan obat-obatan serta vaksin.
Bahkan pada sistim kerjasama perusahaan inti tertentu mereka akan menaikan sedikit lebih tinggi dari harga pasaran, alasanya karena mereka adalah sebagai pengusaha yang memberikan modal untuk keperluan pakan, DOC dan obat-obatan.
Ada kelebihan dan kekurangan dari sistim peternakan inti-plasma seperti ini.
Nanti akan dibahas lebih lanjut apa kelebihan dan kekuranganya di bagian bawah.

Apa dan Siapa Pengusaha Peternak Plasma?

Pengusaha plasma dalam usaha ternak sistim kemitraan adalah kita atau mereka sebagai partner usaha inti yang menyiapkan segala macam keperluan kandang dan tenaga kerja.

Berikut adalah keperluan ternak yang harus disiapkan oleh pengusaha plasma atau pengelola peternakan.

  • Kandang Ayam
  • Peralatan Pendukung seperti Tempat Minum, Tempat Pakan dan Alat Pendukung Lainya
  • Air dan Penerangan
  • Tenaga Kerja Sebagai Pemelihara

Jadi secara garis besar kita sebagai peternak plasma adalah pengelola sebagi orang yang diwajibkan memiliki tempat dan kandang serta sarana peternakan dan juga mempersiapkan peralatan dan tenaga kerja.
Sementara pengusaha inti adalah mereka yang akan menyiapkan modal dari penyiapan bibit ayam broiler, pakan, obat-obatan tenaga pembimbing serta ahli kesehatan hewan.

Persyaratan Kerjasama Peternakan Inti-Plasma atau Kemitraan

Dalam sebuah kerjasama bisnis tentu akan ada persyaratan mengikat dari kedua belah pihak.
Penandatanganan kerjasama akan dilakukan ketika pihak pengusaha inti dan peternak plasma yang sebelumnaya telah menyetujui kesepakatan dan memenuhi persyartan tertentu sesuai kesepakatan atau aturan yang ditetapkan oleh pengusaha inti.
Beberapa contoh persyaratan yang harus dipenuhi oleh peternak plasma diantaranya:

    Memiliki lahan atau kandang dengan kapasitas tertentu, masing-masing pengusaha inti mungkin berbeda ada yang mensyaratkan minimal kapasitas kandang 4000 ekor ada yang 5000 ekor dan seterusnya.
    Memiliki pengetahuan cara ternak ayam yang baik dan benar.
    Memiliki sertifikat kendaraan atau tanah sebagai jaminan awal yang akan dipegang oleh perusahaan inti sebagai tanda keseriusan dan juga sebagai langkah berjaga-jaga jika pengusaha plasma mengalami kerugian yang tidak dapat dibayarkan.
    Menyetujui semua persyaratan yang tertuang dalam isi perjanjian kerjasama.
    Bersedia menjual 100% hasil ternak kepada pengusaha inti meskipun harga pasaran bisa saja jauh lebih tinggi diatas harga kontrak yang telah disepakati.

Sedangkan pengusaha inti sebagai pemodal segala kebutuhan DOC, pakan dan vaksin harus memenuhi persyaratan seperti:

  • Sanggup menyediakan DOC, pakan, obat dan vaksin serta tenaga pembimbing selama usaha dijalankan.
  • Sanggup membeli hasil ternak ayam yang dikelola peternak plasma bahkan jika harga pasaran jatuh dibawah harga kontrak sekalipun

Sebenarnya masih banyak poin-poin penting dalam isi perjanjian kerjasama yang tertuang dalam surat perjanjian.
Namun saya pikir dengan mengetahui dasar-dasarnya saja sudah lebih dari cukup.

Kelebihan dan Kekurangan Sistim Peternakan Ayam Inti-Plasma

Secara umum selama usaha ternak kemitraan memiliki tren positif dari waktu ke waktu dan secara perhitungan menghasilkan laba atau keuntungan maka usaha cara ini bisa dibilang menguntungkan ke dua belah pihak.
Karena dengan menjalankan sisitim kemitraan akan menjadi solusi keterbatasan dana bagi peternak plasma dan akan menguntungkan perusahaan inti karena mereka akan mendapatkan keuntungan dari penjualan pakan, bibit ayam(doc), dan obat-obatan serta vaksin ditambah lagi jika harga kontrak hasil panen lebih rendah dari harga pasaran, maka pengusaha inti akan mendapatkan keuntungan ganda.

Berikut adalah Kelebihan Peternakan Kemitraan

Keuntungan atau Kelebihan Ternak Kemitraan Bagi Pengusaha Inti atau Penyedia DOC

    • Mendapat keuntungan dari penjualan

DOC,

    pakan, obat dan vaksin.
    Dapat membeli harga ayam lebih murah ketika harga pasaran ayam dibawah harga kontrak.
    Memiliki keuntungan yang lebih besar karena harga DOC, pakan dan obat serta vaksin umumnya dijual diatas harga pasaran.

Kekurangan atau Kerugian Bagi Pengusaha Inti

  • Rawan dikelabui oleh peternak plasma dengan cara mereka menjual sebagian hasil panen ternak ke pihak lain terutama ketika harga pasaran jauh diatas harga kontrak. Presentasi kematian yang tinggi sering di jadikan alasan perernak plasma agar mereka dapat menjual hasil ternak ke pihak lain.
  • Potensi kerugian ketika harga ayam broiler pasaran jauh dibawah harga kontrak.
  • Kerugian ketika peternak plasma memilih membeli sebagian pakan dengan membeli ditempat lain dengan merek dan kualitas lebih rendah untuk mendapatkan harga miring.

Keuntungan atau Kelebihan Ternak Kemitraan Bagi Pengusaha Plasma atau Peternak Pengelola dan Pemilik Kandang

    Hemat biaya, dengan menggandeng mitra dalam ternak kemitraan, peternak plasma dapat menghemat hingga 80-90 % biaya peternakan dengan jumlah yang sama jika di biayai secara mandiri.
    Memiliki kepastian harga jual sesuai kontrak dan tidak pusing mencari pembeli.
    Mendapatkan arahan cara beternak secara profesional dengan bantuan pembimbing dan tenaga kesehatan.
    Ketika harga pasaran turun maka peternak tetap mendapatkan harga jual ayam sesuai harga kontrak.

Kekurangan atau Kerugian Bagi Peternak Plasma atau Pengelola dan Pemilik Kandang

  • Keterikatan dengan mitra pengusaha inti membuat peternak plasma tidak memiliki kebebasan dalam memilih pakan hingga kebebasan memilih DOC sesuai keinginan.
  • Harga beli DOC, pakan, dan obat serta vaksin kebanyakan lebih mahal dibanding harga pasaran.
  • Ketika angka kematian tinggi dan peternakan merugi maka peternak plasma yang menanggung sendiri kerugian akibat kematian.

Tips Memilih Mitra Pengusaha Ternak Ayam Intiplasma

Banyaknya pengusaha yang bermunculan menawarkan kerjasama ternak kemitraan tentu membuat para calon peternak plasma diuntungkan.
Secara teori mereka para pengusaha akan bersaing dengan memberikan serangkaian penawaran menarik kepada calon mitranya agar mereka mau menjadi partner peternakan inti-plasma.
Dalam memilih mitra pengusaha penyedia DOC dan pakan sebaiknya kita harus teliti sebelum menjatuhkan pilihan.
Kita bisa membandingkan dari sekian banyak pengusaha tersebut satu persatu.
Atau jika memiliki teman atau kerabat yang telah jauh lebih berpengalaman di bidang peternakan serupa mintalah nasehat dan arahan dalam menentukan mana yang terbaik.
Setidaknya ada beberapa poin penting dalam memilih partner pengusaha yang akan mendanai usaha ternak nantinya.

Pertimbangan Dalam Memilih Partner Pengusaha Peternak Inti

    Carilah mereka yang memiliki modal besar dan kredibilitas yang bagus
    Teliti poin-poin isi perjanjian kerjasama dan carilah yang paling menguntungkan kita sebagai peternak plasma.
    Kadang beberapa pengusaha memberlakukan kontrak harga secara fix.Namun ada sebagian lagi yang memberikan toleransi ketika ada kenaikan harga pasaran jauh diatas harga kontrak mereka yang memberikan kebijaksanaan akan memberi tambahan berkisar antara 5%-15% dari selisih harga pasaran dikurangi harga kontrak, pilihlah mereka yang memberikan toleransi dengan nilai tertinggi.
    Cari pengusaha inti yang mau bijaksana dalam pembayaran utang pakan,DOC dan Obat serta vaksin.Pada kasus yang tidak diinginkan mungkin peternak plasma mengalami kerugian besar akibat kematian ayam dan sebagainya.Mereka yang memiliki kebijaksanaan baik akan memberikan waktu pengembalian kerugian dengan cara memotong beberapa kali atau dicicil dari hasil jual panen pada beberapa kali musim berikutnya.

Selain poin-poin yang telah disebut diatas jika kita adalah pemain yang benar-benar baru sebaiknya belajar lebih banyak bagaimana pengelolaan ternak ayam yang baik dan benar.

Bertanyalah kepada mereka yang benar-benar berpengalaman dalam seluk-beluk pemelihraan ayam broiler.

Selain itu dapatkan juga pelajaran dari buku dan internet.

Anda juga bisa membaca artikel tentang cara ternak ayam potong yang baik dan benar pada artikel sebelumnya.

(Beberapa materi didapatkan dari berbagai sumber lain.)

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *