Trik Bisnis Usaha Jualan Nasi Goreng Hingga Sukses

Nasi Goreng salah satu kuliner khas asli Indonesia yang sangat disukai karena terkenal memiliki cita rasa yang enak dan lezat.

Hampir semua masyarakat Indonesia mengenal dan menjadi makanan favorit, sehingga hal ini menjadikan peluang Usaha Nasi Goreng sangat berpotensi meraih keuntungan dan diminati pelaku bisnis kuliner.

Disamping itu bisnis jualan nasi goreng cukup mudah untuk dijalankan, usaha makanan yang membuat kenyang ini sudah dari sejak dulu diminati.

Beberapa pertimbangannya adalah dari segi kemudahan dalam pembuatan nasi goreng dan pengelolaan bisnis yang juga tidak terlalu rumit.

Pada artikel kali ini akan dibahas dan diulas secara lengkap informasi tentang Bisnis Nasi Goreng serta tips berjualan nasi goreng hingga sukses.

Peluang Usaha Jualan Nasi Goreng

Memulai usaha warung nasi goreng tidaklah harus dengan modal awal yang besar, usaha ini biasanya bisa dilakukan pada malam hari. Ada yang berjualan dengan gerobak dorong, berjualan diwarung bongkar pasang sampai dengan membuka sebuah restoran atau rumah makan.

Tentu modal yang diperlukan tergantung dari jenis tempat usaha yang anda pilih.

Faktor Penentu Untuk Kesuksesan Usaha Jualan Nasi Goreng

Berdasarkan pengalaman terdapat beberapa hal yang mempengaruhi penjualan nasi goreng, diantaranya :

• Segi rasa yang bervariasi 

• Cara penyajian

• Tempat makannya (nyaman atau tidak nya serta segi kebersihan tempat)

Teknik Usaha Jualan Nasi Goreng

untuk membuka suatu usaha anda perlu mempelajari dan mengetahui bidang usaha yang digeluti tersebut.

Begitu pula dengan usaha nasi goreng, anda harus mengetahui dan mengerti tentang cara menjalankan bisnis nasi goreng ini.

Dengan memiliki pengetahuan yang banyak, anda dapat menciptakan ide  baru untuk mengembangkan dan mengoptimalkan peluang usaha yang dijalankan.

Modal Usaha Jualan Nasi Goreng yang Perlu Dipersiapkan

Modal yang diperlukan untuk berjualan nasi goreng berikut untuk jenis usaha memakai gerobak dan warung bongkar pasang.

– Gerobak dan tempat duduk : Rp 1 juta

– Tenda jualan : Rp 200 ribu

– Kursi dan meja : Rp 300 ribu

– Kompor gas dan tabung : Rp 300 rb 

– Perlengkapan makan : Rp 200 rb 

– Perlengkapan masak : Rp 300 rb 

– Sewa lokasi : Rp 1 juta

 

Total biaya modal : Rp 3,3 juta

Dengan modal yang tidak terlalu besar tadi, dapat dihitung perkiraan keuntungan dari asumsi penjualan 30 porsi per hari :

Penghasilan :

– Harga makan ditempat = 20 x Rp 12.000 = Rp 240.000

– Harga dibungkus = 10 x Rp 10.000 = Rp 100.000

Total = Rp 340.000

Biaya :

– Beras (30 porsi) = Rp 50.000

– Bumbu-bumbu = Rp 20.000

– Lauk (kambing, ayam, telor) = Rp 100.000

– Minyak goreng dan lain-lain = Rp 30.000

Total = Rp 200.000

Jadi, keuntungan berkisar Rp 140.000 per hari, menarik bukan. Ternyata keuntungan bisa diperoleh dari modal yang tidak terlalu besar, hanya dengan modal kecil anda sudah dapat pula berjualan ditambah dengan konsep usaha yang unik.

Hal inilah yang menarik banyak pelaku usaha dan sangat tergiur untuk menjajal bisnis nasi goreng ini.

Sekarang anda tinggal mempersiapkan hal-hal apa saja yang diperlukan untuk memulai suatu usaha baru, penjelasan lengkap nya ada dibawah ini, selamat mempelajari.  

 

Cara Memulai Usaha Nasi Goreng

Bagi pemula yang ingin memulai usaha berjualan nasi goreng mungkin masih kebingungan dalam hal mempersiapkan apa saja yang perlu dan pengetahuan apa saja yang harus diketahui.

Berikut dijelaskan beberapa hal yang perlu anda ketahui dan juga pelajari seperti tentang teknik memasak nasi goreng yang baik, cara pemasaran bisnis nasi goreng, tempat atau lokasi penjualan yang strategis serta strategi inovasi resep nasi goreng yang enak.

Menentukan Lokasi yang Tepat untuk Jualan Nasi Goreng

Penentuan lokasi cukup penting dalam hal memulai sebuah usaha, layaknya juga untuk usaha nasi goreng meskipun nasi goreng bukanlah untuk kalangan tertentu karena siapa saja menyukai nasi goreng jadi tempat usaha memang tidak perlu terlalu diperhitungkan.

 

Asalkan tempat berjualan anda berada dilokasi yang ramai, seperti di pinggir jalan raya, dekat komplek perumahan. Tempat usaha pun bisa disesuaikan dengan kondisi modal seperti mau memakai gerobak atau seperti sebuah rumah makan.

 

Memastikan Rasa Nasi Goreng Cocok Dengan Selera Konsumen

Rasa yang enak dipastikan dapat terlihat dari seringnya pelanggan atau konsumen membeli nasi goreng anda.

Terutama bila pembeli menyampaikan bahwa rasa nasi goreng anda enak, pastinya kemungkinan pembeli akan datang lagi esok harinya.

Jadi, sangat penting untuk membuat cita rasa yang enak dan lezat dan kalau bisa melebihi rasa dari penjual nasi goreng yang lain.

 

Penetapan Harga Jualan Nasi Goreng yang Terjangkau

Harga yang terjangkau juga menjadi salah satu pertimbangan dari pembeli.

Karena itu faktor harga perlu untuk diperhatikan, anda harus menjual dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat sekitar tempat anda berjualan.

 

Pasanglah harga sesuai standar yang ada tetapi jangan sampai mengurangi kualitas rasa nasi goreng anda.

Selain itu juga yang terpenting janganlah sampai menjual dengan harga yang terlalu murah karena bisa membuat anda mengalami kerugian.

 

Tips Jualan Nasi Goreng hingga Sukses

Beberapa tips jualan nasi goreng hingga sukses berikut perlu anda ketahui untuk menambah wawasan anda dan tentunya perlu untuk diterapkan jika anda sudah memulai usaha nasi goreng ini.

 

Cara Mengolah Nasi Goreng

Bagi yang baru membuka usaha nasi goreng ini, tentu mengolah nasi goreng dengan rasa yang enak bukanlah hal yang mudah.

Dikarenakan setiap orang memiliki rasa suka yang masing-masing berbeda. Hal penting tentunya adalah anda harus mengetahui kesukaan orang banyak dan daya tarik yang mampu menjadi penentu kesuksesan usaha anda.

 

Kemampuan anda dalam mengolah dengan menciptakan variasi rasa baru yang unik dan akan dapat dijadikan menu andalan. Jadi dengan olahan rasa yang menarik dan lebih berinovasi dapat menghadirkan rasa yang berkualitas.

 

Bahan Baku yang Baik  

Penyediaan bahan baku atau bahan dasar yang baik harus dimiliki oleh setiap pengusaha yang ingin sukses.

Hal itulah yang disebut dengan resep, maka dengan kualitas bahan dasar yang baik serta dengan bahan tambahan yang mendukung dapat tercipta resep nasi goreng yang berkualitas.

Jangan lupa pula untuk menambahkan ciri khas rasa yang dapat diminati oleh masyarakat luas.    

 

Jadi, anda yang ingin berjualan nasi goreng hingga sukses haru memperhatikan kualitas bahan terbaik dan juga kuantitas yang tepat untuk dijadikan bahan dasar pembuatan nasi goreng yang spesial.

 

Tenaga Kerja yang Baik  

Apabila usaha nasi goreng anda kelak menjadi ramai, tentu anda sangat sibuk dan perlu untuk mencari tenaga kerja atau karyawan yang dapat membantu usaha anda.

Pastikan untuk mempersiapkan pencarian tenaga kerja tambahan dengan baik dan benar. Pilihlah karyawan yang bekerja secara sigap dan cekatan agar lebih meringankan dan dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

 

Memperhatikan Persaingan Usaha  

Melakukan analisa terhadap persaingan usaha, dapat membantu anda untuk lebih mudah mendapatkan pangsa pasar.

Karena jika anda mampu melihat persaingan usaha, anda akan dapat melakukan inovasi yang berbeda.

Tetaplah fokus dan selalu memperhatikan kualitas agar anda selalu sigap menghadapi persaingan usaha-usaha yang lain.

 

Memberikan Ide yang Menarik    

Mencoba untuk memasarkan ide baru yang menarik tentu tidak ada salahnya, karena jika ide anda tentang sebuah resep baru berhasil, tidak menutup kemungkinan usaha anda dapat lebih diperluas dengan membentuk cabang usaha yang banyak.

Misalnya seperti menambahkan menu masakan atau olahan nasi goreng yang baru di daftar menu, hal ini merupakan cara untuk menghadirkan sesuatu yang lain dari pada yang lain dan akan membuat pembeli penasaran untuk mencicipi.

 

Pelayanan yang Terbaik    

Berusaha untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik secara maksimal merupakan faktor penting dalam sebuah usaha, terutama pada usaha jualan makanan seperti nasi goreng.

Terkait keramahan dan kesigapan dalam melayani pembeli ditambah dengan kualitas rasa yang enak adalah hal yang harus dimiliki untuk mengawali sebuah usaha agar berbuah manis.

 

Perlengkapan Usaha Nasi Goreng yang Baik    

Mempersiapkan perlengkapan yang baik untuk berjualan nasi goring adalah hal penting lainnya.

Tentu ini tergantung dengan jumlah modal awal yang anda siapkan, semakin banyak modal semakin banyak pula perlengkapan usaha yang dapat anda siapkan.

Perlengkapan usaha nasi goreng sama seperti perlengkapan usaha kuliner lainnya seperti memerlukan perlengkapan memasak dan fasilitas pendukung lainnya. Untuk meminimalisir biaya atau modal yang diperlukan, anda dapat menggunakan sebagian perangkat memasak di rumah sendiri.

 

Kualitas yang Baik    

Memperhatikan kualitas terbaik dan selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik adalah hal yang harus dimiliki setiap pengusaha.

Menjadikan segala macam usaha menjadi sesuatu yang baik dan membawa berkah rejeki untuk anda didukung oleh niat dan cara menjalankan usaha itu sendiri.

 

Menambah Wawasan      

Selalu berusaha untuk menambah wawasan baru sangatlah penting, karena dengan wawasan yang luas dapat membantu anda untuk menciptakan ide baru dan dapat dijadikan inspirasi untuk anda.

Mengolah rasa nasi goreng yang mampu menarik minat pembeli dan membuat rasa yang memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri sehingga usaha nasi goreng anda lebih dikenal.

 

Jika sudah memiliki ciri khas yang tersendiri dapat mempermudah untuk melakukan promosi dan memasarkan usaha nasi goreng anda.

 

Memasarkan Usaha dengan Baik        

Berbagai metode pemasaran bisa anda pilih seperti dengan cara promosi dari mulut ke mulut atau jika lebih giat bisa membuat sebuah brosur untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat.

Selain itu bisa juga dengan cara membuka sebuah rumah makan yang didukung dengan promosi secara online melalui media sosial.

 

Terutama pada masa sekarang sudah banyak rumah makan dan restoran yang bekerja sama dengan jasa kurir online seperti Gofood, Grabfood dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hal ini dapat membuat usaha nasi goreng anda menjadi lebih mudah dikenal masyarakat secara luas.

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dan trik tentang melakukan bisnis nasi goreng bagi anda pemula. Penjelasan informasi diatas dapat anda gunakan untuk memulai menjalankan bisnis nasi goreng.

Semoga informasi tadi dapat bermanfaat dan bisa dijadikan referensi bagi anda yang ingin membuka sebuah usaha dibidang kuliner.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *