Memulai Bisnis Usaha Toko Sepatu dan Sandal yang Modern Dan Trendy

Kebutuhan akan fashion saat ini semakin meningkat, seperti sepatu dan sandal, setiap orang pasti menggunakannya.

Kebutuhan akan sepatu atau sandal ini pasti akan terus ada, karena menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi setiap orang.

Sandal selalu dipakai setiap orang dalam setiap harinya, sedangkan sepatu juga menjadi kebutuhan khusus bagi pelajar, pekerja dan bahkan anak-anak dan orang yang tidak bekerja.

Maka dari itu peluang bisnis usaha sepatu dan usaha sandal menjadi sangat besar bagi orang-orang yang ingin membuka usaha, namun masih bingung akan memulai usaha apa, salah satunya anda dapat memulai membuka toko sepatu dan sandal.

Walaupun memang sudah banyak toko sepatu dan sandal, namun kebutuhan akan kedua barang ini sangat besar di masyarakat.

Anda dapat mengembangkan usaha toko sepatu dan sandal ini dengan gaya modern dan trendy, pastinya banyak dicari orang.

Cara Memulai Usaha Toko Sepatu dan Sandal

Memulai usaha toko sepatu dan sandal ini dapat dikatakan mudah dan keuntungan yang diperoleh juga akan besar jika dapat mengatur perencanaan yang baik pula dalam memulainya.

Anda dapat lihat sendiri saat ini usaha toko sepatu dan sandal sudah sangat pesat dan bagus perkembangannya.

Bagi Anda yang memiliki pengalaman usaha mungkin akan membantu dalam memulai usaha baru yang satu ini.

Artikel ini akan membantu Anda, baik yang sudah berpengalaman maupun pemula.

Strategi Awal Memulai Usaha Toko Sepatu Dan Sandal

Sebelum Anda memulai membuka toko, banyak persiapan yang harus Anda matangkan terlebih dahulu.

Salah satunya adalah dengan menggali informasi sebanyak mungkin mengenai usaha sepatu dan usaha sandal yang saat ini sedang berjalan, mulai dari barang dagangan yang sedang laris di pasaran hingga informasi toko sepatu dan sandal, serta harga-harga sepatu dan sandal di pasaran.

Selain itu Anda juga perlu mencari supplier yang nantinya akan menjadi pemasok sepatu dan sandal di toko Anda.

Dalam mengembangkan toko sepatu dan sandal ini nantinya, Anda harus memiliki cara yang berbeda dari toko yang lainnnya.

Anda dapat mengembangkan toko sepatu dan sandal ini dengan barang dagangan yang banyak dicari oleh konsumen.

Biasanya konsumen sepatu dan sandal saat ini lebih menyukai sepatu dan sandal yang terbaru atau modern dan trendy.

Pastikan toko Anda nantinya selalu menyetok sepatu dan sandal model terbaru dan trendy.

Untuk memulai sebuah usaha toko sepatu sandal ini Anda juga harus meluaskan jaringan sosial, Anda dapat memanfaatkan keluarga, saudara, dan teman sebagai pusat informasi Anda mengenai usaha ini, karena tidak menutup kemungkinan orang-orang yang berada disekitar Anda mengetahui informasi-informasi serta perkembangan terbaru mengenai toko sepatu dan sandal, kondisi pasar hingga informasi mengenai supplier yang murah dan berkualitas.

Anda juga dapat menggali informasi dan pengetahuan mengenai usaha sepatu dan usaha sandal dengan teman-teman Anda yang sudah berpengalaman di dunia bisnis jual beli, walaupun memiliki produk usaha bisnis yang berbeda, tetapi garis besar tentang usaha jual beli pasti sama.

Anda dapat membicarakan mengenai kondisi pasar, trik menarik calon pembeli, hingga promosi-promosi yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga: Usaha Warung Kedai Kopi Sederhana Modal Kecil Yang Menjanjikan Untung Besar

Lokasi Ideal Usaha Toko Sepatu dan Sandal

Lokasi ini juga menjadi hal yang harus Anda perhatikan sebelum membangun toko sepatu dan sandal ini.

Lokasi memungkinkan Anda mendapatkan konsumen dengan cepat dan banyak.

Pilihlah lokasi yang ramai, banyak dilalui kendaraan, sehingga akan banyak peluang calon konsumen melihat dan datang ke toko Anda.

Selain itu anda juga dapat memilih lokasi yang dekat dengan pusat perbelanjaan yang berada di pusat-pusat kota.

Hindari lokasi yang berdekatan dengan toko sepatu dan sandal lainnya, baik itu toko yang sudah berkembang dan laris manis, maupun toko yang tidak ramai pengunjung, karena akan memperbesar persaingan usaha.

Usahakan lokasi yang anda pilih jauh dari keduanya, sehingga persaingan akan lebih minim.

Selain itu anda juga dapat memilih lokasi di tempat yang strategis dan mudah dilihat calon konsumen.

Sebelum menentukan lokasi yang tepat ini Anda juga dapat melakukan perencanaan dan analisa, sebagai contoh jika anda menempati lokasi tersebut, berapa kira-kira konsumen yang akan datang, harga jual produk dan penghasilan kasar.

Jika sudah berada diatas rata2, maka dinyatakan tepat jika anda memlih lokasi tersebut.

Baca Juga: Peluang Usaha Jual Hijab dan Busana Muslim

Barang Dagangan Toko Sepatu dan Sandal

Untuk barang dagangan yang nantinya akan Anda jual, pilihlah jenis-jenis sepatu dan sandal yang selalu dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Sepatu sendiri memiliki banyak variasi yang mewakili setiap kegiatan yang berbeda, seperti sepatu sekolah, kerja, lari, hiking, heels hingga sepatu olahraga, jenis sepatu juga berbeda untuk perempuan dan untuk laki-laki.

Untuk sandal Anda dapat memilih sandal dengan jenis sandal jepit, sandal model terbuka, sandal model tertutup, wedges hingga sandal untuk traveling dan berpetualang.

Tentukan pilihan Anda juga dalam memilih merk atau brand usaha sepatu dan usaha sandal Anda nantinya, jangan lupa sesuaikan juga dengan modal yang Anda miliki.

Jika Anda memilih menjual merk-merk terkenal, pastinya harganya juga mahal. Sedangkan jika Anda memilih menjual sepatu yang tidak ber-merk tentunya harga pasti murah.

Namun Anda juga dapat melakukan variasi, dengan cara menjual keduanya.

Kalau Anda menyasar anak muda sebagai pangsa pasar utama produk yang anda jual, pasti memiliki potensi yang sangat besar, karena daya beli anak muda saat ini semakin tinggi dengan kebutuhan yang semakin banyak.

Selain itu anak muda saat ini lebih memperhatikan style dan gaya fashion yang modern dan trendy.

Sebelum itu Anda juga harus mengetahui ukuran-ukuran sepatu pada umumnya. Untuk pria ukuran sepatu pada umumnya adalah: 39,40,41,42,43,.

Sedangkan ukuran sepatu untuk wanita adalah: 37,38,39,40,41, usahakan Anda memiliki stok barang lengkap dan lebih dari satu untuk setiap ukuran.

Selain hal ini, Anda juga harus mengetahui jenis-jenis bahan sepatu yang ada, karena kebanyakan konsumen sebelum membeli sepatu atau sandal pasti menanyakan dari bahan dasar apa pembuatannya.

Anda dapat melihat barang-barang langsung ke toko-toko supplier sepatu dan sandal.

Untuk supplier barang dagangan Anda nantinya carilah supplier yang memiliki harga murah dengan kualitas yang baik.

Serta sudah terbukti baik dan bagus dari produk yang dihasilkan.

Selain itu ada beberapa supplier yang menyediakan pesanan barang sesuai dengan yang Anda inginkan.

Namun dengan kualitas yang baik dan mampu bersaing di pasar tentunya.

Untuk menjaga dan mengembangkan usaha sepatu dan usaha sandal supaya tetap bisa bersaing adalah dengan menjual produk-produk terbaru, trendy, nyaman digunakan tentunya dengan harga yang miring.

Jadi usahakan Anda melakukan negosiasi harga dahulu sebelum setuju kerjasama dengan supplier.

Selain itu, jika Anda adalah tipe orang yang memiliki kreatifitas tinggi dan mahir membaca persaingan di pasar.

Anda juga dapat memproduksi sendiri sepatu dan sandal sebagai produk Anda nantinya.

Dalam hal ini dibutuhkan karyawan yang sudah mahir dalam pembuatan sepatu dan sandal. Anda hanya memberikan desain dan arahan saja kepada mereka.

Usahakan membuat sepatu dan sandal dengan desain modern, banyak dicari dan harganya pun murah.

Tentunya kualitas dalam pembuatan sepatu dan sandal ini juga harus diutamakan. Gunakan bahan yang tidak mudah rusak, lem yang dapat merekat sempurna supaya sepatu dan sandal hasil produksi dapat awet serta pilihlah bahan yang nyaman digunakan dan tidak panas.

Baca Juga: 16 Tips Buka Usaha Kecil Kecilan Disertai Contoh Usahanya

Siapkan Modal Usaha Toko Sepatu dan Sandal

Modal menjadi sesuatu yang penting dalam memulai sebuah usaha. Baik dengan modal banyak maupun dengan modal yang pas-pasan, Anda tetap dapat memulai usaha sepatu dan sandal ini.

Untuk Anda yang memiliki modal besar, tentunya Anda dapat memiliki banyak peluang untuk mengembangkan toko sepatu dan sandal sesuai dengan keinginan Anda. Mulai dari membeli lahan, membangun toko, membeli stok barang dagangan, membayar karyawan hingga peralatan lainnya untuk keperluan toko

Namun jika modal masih kecil, Anda dapat menyewa tempat untuk dijadikan sebagai toko.

Jika Anda belum dapat membayar karyawan untuk membantu di toko, Anda dapat memanfaatkan keluarga atau saudara Anda terlebih dahulu.

Kemudian modal yang pasti sama dikeluarkan adalah Anda tetap harus memiliki modal untuk membeli stok barang dagangan, dan membeli peralatan untuk keperluan toko Anda nantinya.

Anda harus menyiapkan anggaran yang matang sebelum memulainya. Jika Anda memiliki modal besar, untuk keperluan membeli tanah dan membangun toko, Anda perlu menyiapkan 50% modal Anda untuk mewujudkannya.

Kemudian untuk membeli stok barang dagangan Anda dapat menyisihkan 40% dari modal, dan 10% nya dapat Anda gunakan untuk membeli perlengkapan penunjang toko Anda.

Bagi Anda yang memiliki modal kecil. Untuk menyewa toko Anda perlu menyisihkan 30% anggaran anda.

Kemudian untuk membei stok barang dagangan anggarkan 60%.

Dan untuk keperluan perlengkapan toko 10% sisanya.

Untuk awalnya, Anda dapat menyetok sepatu dan sandal dengan jenis yang lebih umum saja, kemudian jika sudah memungkinkan Anda dapat memulai menyetok sepatu dan sandal yang bermerk.

Strategi Pemasaran dan Promosi Usaha Toko Sepatu dan Sandal

Jika persiapan awal sudah matang, selanjutnya Anda perlu membuat strategi pemasaran yang baik dan menyeluruh, salah satunya dengan melakukan kegiatan promosi.

Promosi ini dilakukan supaya toko anda nantinya cepat diketahui oleh masyarakat secara luas, dan memungkinkan calon konsumen untuk datang ke toko, tentunya dengan strategi promosi yang menarik dan unik.

Usahakan calon konsumen Anda penasaran dengan toko dan barang-barang dagangan Anda.

Ada beberapa strategi promosi yang dapat Anda lakukan.

Media Sosial

Pertama Anda dapat memanfaatkan media sosial yang saat ini sudah sangat berkembang.

Dengan melakukan promosi di media sosial memberikan peluang besar agar toko anda cepat diketahui dan menarik orang untuk datang.

Anda dapat memasang iklan yang menarik di toko jual beli facebook.

Selain itu Anda juga dapat melakukan promosi di Instagram dengan memasang iklan di akun-akun promosi yang memiliki banyak pengikut.

Baca Juga: Bisnis Kuliner – Jualan Makanan Apa Saja Yang Laris dan Menguntungkan?Bagaimana Caranya?

• Iklan secara Offline

Mempromosikan iklan kepada orang terdekat adalah langkah awal terbaik.

Perkenalkna kepada saudara dan teman agar mereka mulai mengetahui usaha kita dengan menceritakan kelebihan-kelebihan yang anda tawarkan.

Promosi harus sesuai fakta dan selalu jujur terhadap apa yang dijual dan layanan umyang ditawarkan.

Dan yang tak kalah penting mintalah bantuan kepada mereka agar mau menceritakan kepada orang-orang terdekatnya.

Selanjutnya Anda juga dapat membuat iklan melalui Koran dan Radio, tentunya dengan memasang iklan di koran dan radio Anda dapat mencakup calon konsumen di daerah yang dekat dengan toko Anda.

Adakan Diskon

Untuk strategi promosi lainnya Anda dapat mengadakan diskon untuk barang dagangan Anda di hari pertama pembukaan toko.

Hal ini akan membuka peluang untuk toko Anda semakin dikenal dan memunculkan kesan pertama yang bagus di mata calon konsumen Anda. 

Itu tadi beberapa tips untuk memulai usaha sepatu dan usaha sandal yang dapat Anda jadikan sebagai acuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *