Cara Memulai Usaha Toko Mebel dan Furniture Modern dan Minimalis

Pemilihan jenis usaha adalah pangkah awal yang tepat.

Mebel atau furniture merupakan salah satu jenis bidang usaha yang bisa dikembangkan menjadi usaha prospektif mengingat usaha ini terbukti bertahan dari dahulu hingga masa kini.

Meski memang memulai sebuah usaha harus memiliki niat kuat dan besar dari dalam diri.

Usaha apapun jika tidak ada keinginan dari dalam diri maka tidak akan bisa terwujud.

Selain itu memulai sebuah usaha juga usahakan harus sesuai dengan passion dan keinginan kita.

Jika kita lebih menyukai sebuah usaha kuliner daripada usaha kosmetik, maka kembangkan usaha kuliner.

Karena kita akan lebih nyaman dan enjoy dalam menjalani bisnis sesuai keinginan dan passion kita.

Nah jika anda lebih condong memiliki minat ataupun bakat pada usaha furniture maka lanjut simak pembahasan berikut

Cara Memulai Usaha Toko Mebel dan Furniture

Bagi Anda yang menyukai bisnis mebel dan furniture, dan memiliki keinginan untuk memulai usaha ini wajb membaca artikel ini sampai selesai.

Usaha toko mebel dan furniture saat ini merupakan peluang bisnis yang menjanjikan, karena kebutuhan masyarakat akan furniture untuk mengisi dan mempercantik rumah juga akan terus ada.

Untuk Anda yang memang menyukai usaha toko mebel maupun usaha furniture, atau pernah memilki pengalaman di bidang ini maka akan sangat mudah dalam proses menjalankan usaha ini.

Namun tenang, untuk Anda yang tidak memiliki pengalaman, namun ingin memulai usaha ini, maka Anda masih dapat memahami langkah-langkah awal menjalankan usaha ini,

Baca Juga: Peluang Usaha Toko Alat Musik yang Sukses dan Menguntungkan

Tips Memulai Usaha Toko Mebel dan Furniture

Bekerja sama dengan supplier

Tips usaha toko mebel dan furniture ini bisa anda jalankan adalah dengan melakukan kerja sama dengan pemasok kebutuhan mebel dan usaha furniture Anda.

Anda dapat bekerja sama dengan lebih dari satu pemasok kebutuhan toko Anda, tentunya seperti merk-merk furniture yang terkenal.

Anda dapat mencari di Internet informasi merk-merk furniture yang terkenal dan banyak dicari konsumen.

Kemudian Anda lakukan kerja sama untuk menjadi pemasok kebutuhan toko Anda nantinya.

Selain itu Anda juga dapat bekerja sama dengan pemasok kebutuhan toko Anda dengan supplier khusus pemasok mebel dan furniture untuk beberapa barang, biasanya pemasok ini hanya memiliki tempat yang mereka gunakan untuk membuat segala jenis mebel dan furniture sesuai keinginan toko.

Keuntungannya Anda dapat membuat pesanan mebel dan furniture sesuai keinginan konsumen.

Usahakan sebelum Anda melakukan kerjasama dengan supplier ini cek terlebih dahulu hasil dari produk-produk mereka, apakah sudah memiliki reputasi yang baik dan pastikan juga harga jual nantinya dapat terjangkau dengan daya beli masyarakat diarea dimana anda akan mendirikan usaha mebel tersebut.

Saat ini sudah banyak supplier pembuat mebel dan furniture yang membuat produk modern dan minimalis, seperti di kota-kota besar.

Namun, Anda juga harus teliti memilih supplier yang juga murah namun memiliki kualitas yang bagus dan modern.

Untuk mendapatkan info mengenai supplier ini Anda dapat melihat di internet maupun sosial media, karena biasanya mereka akan melihatkan hasil produk mereka melalui sosial media.

Kemudian mulai datangi supplier tersebut dan lakukan penawaran harga, karena Anda akan bekerja sama dengan mereka.

Atau akan lebih baik lagi jika Anda memiliki kerabat atau kenalan yang paham betul tentang dunia furniture sehingga kita dapat menimba ilmunya dari mereka untuk kemudian dijadikan bahan-bahan pertimbangan dalam menentukan supplier mebel usaha kita.

Rekrut Karyawan yang Sudah Berpengalaman

Karena dengan memiliki usaha toko mebel dan furniture ini Anda akan membutuhkan karyawan untuk membantu segala macam proses penjualan anda, mulai dari memasarkan produk, mengantar ke rumah konsumen, hingga biasanya dibutuhkan untuk memasang mebel dan furniture ini di rumah konsumen.

Jadi usahakan memilih karyawan yang sudah memiliki pengalaman di bidang ini, supaya pekerjaan menjadi lebih mudah dan ringan.

Jika Anda belum dapat membayar konsumen yang terampil, Anda bisa mengajak teman atau saudara Anda dahulu untuk dapat membantu pekerjaan Anda.

Memiliki karyawan yang berpengalaman juga akan sangat membantu terutama jika kita benar-benar mengawali usaha kita dari nol.

Karyawan yang berpengalaman tentu memiliki pengetahuan tentang model dan kualitas mebel atau furniture yang baik dan laku di pasaran.

Dan dari karyawan yang memiliki pengalaman yang cukup pulalah kita bisa mendapatkan informasi supplier yang baik.

Namun begitu karywana berpengalamn saja tidak cukup, teliti sebelum merekrut karyawan terutama yang berhubungan dengan kejujuran, kesehatan, dan semanagat kerjanya.

Sehingga karyawan terbaik akan dapat menjadi ujung tombak sekaligus menjadi pekerja yang gigih terutama saat-saat awal usaha ketika kita sebagai pengusaha masih minim dalam pengalaman.

Baca Juga: Kiat Sukses Usaha Toko Cat Bagi Pemula, Dijamin Sukses!

  • Ajak Rekan dan Saudara Berpartisipasi

Anda juga dapat memanfaatkan keluarga, saudara, dan teman selain karyawan anda sendiri sebagai ladang informasi Anda mengenai usaha ini, karena tidak menutup kemungkinan orang-orang disekitar Anda mengetahui informasi-informasi mengenai mebel dan furniture terbaru, kondisi pasar hingga informasi mengenai supplier yang murah dan berkualitas.

Anda dapat menggali informasi dan pengetahuan berdagang dengan teman-teman Anda yang sudah berpengalaman di dunia bisnis jual beli, walaupun memiliki produk usaha bisnis yang berbeda, tetapi garis besar tentang usaha jual beli pasti sama.

Anda dapat membicarakan mengenai kondisi pasar, trik menarik calon pembeli, hingga promosi-promosi yang bisa Anda lakukan.

Lokasi Ideal untuk Membuka Usaha Toko Mebel dan Furniture

Lokasi juga akan berpengaruh dalam keberhasilan sebuah usaha.

Sebelum memulai usaha toko mebel dan furniture ini Anda wajib memperhatikan lokasi yang nantinya akan Anda bangun toko sebagai pusat melakukan jual beli dengan konsumen..

Berada di Tempat atau Lokasi yang Strategis

Dalam pemilihan lokasi ini, harus dipastikan terlebih dahulu keberadaan toko kita ini nantinya di tempat yang ramai, untuk menarik konsumen.

Selain itu lokasi toko juga harus berada strategis dan mudah untuk dijangkau calon pembeli.

Pilh Lokasi dengan Pertumbuhan Penduduk yang Tinggi

Sebagai tambahan, untuk dapat menjalankan usaha ini Anda dapat memilih lokasi yang memiliki pertumbuhan penduduk tinggi seperti di wilayah perkotaan dan perkembangan wilayah juga tinggi, seperti sering dibangunnya rumah-rumah baru, maupun perumahan, karena target utama usaha mebel dan furniture ini adalah orang-orang yang membutuhkan beragam furniture baru untuk mengisi rumah mereka.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Toko Komputer Dijamin Menguntungkan

Pilih Lokasi yang Memiliki Ruangan Luas

Untuk toko yang nantinya akan dijadikan sebagai pusat jual beli, usahakan memiliki ruangan yang luas, karena nanti barang dagangan Anda akan dipasang disana, selain itu desain toko juga harus terlihat modern, karena akan semakin menarik calon pembeli.

Untuk Anda yang memiliki modal besar dalam memulai usaha ini dapat membeli tanah dan membangun toko sebagai pusat jual beli.

Sedangkan untuk Anda yang memiliki modal terbatas, dapat menyewa lahan dan toko kosong yang sekiranya cocok.

Setelah pembangunan toko selesai, silahkan isi barang-barang yang akan anda jual, tata dan berikan hiasan-hiasan khas toko furniture yang modern dan minimalis.

Baca Juga:

Modal Awal Membuka Usaha Toko Mebel dan Furniture

Untuk memulai usaha ini memang dibutuhkan modal yang tidak sedikit, namun jika kita memiliki niat yang sungguh-sungguh, maka keuntungan bisnis ini juga semakin besar.

Untuk Anda yang memiliki modal sendiri dan cukup maka akan mudah dalam melaksanakannya, namun untuk Anda yang belum memiliki modal jangan khawatir karena saat ini banyak dibuka peminjaman untuk modal usaha dengan bunga yang ringan.

Modal yang anda perlukan ini untuk pertama kali akan dibutuhkan untuk membeli lahan dan membangun toko, namun untuk Anda yang memiliki modal sedikit dapat menyewa tanah dan toko terlebih dahulu.

Selain itu juga untuk membeli barang-barang dagangan dan melakukan promosi-promosi.

Namun sebelum itu anda harus memastikan dana Anda dengan melakukan perencanaan keuangan yang baik.

Siapkan Barang Dagangan yang Dibutuhkan di Toko Mebel dan Furniture

Untuk barang dagangan yang nantinya akan Anda jual, pilihlah barang-barang yang selalu dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat. Seperti lemari, meja, kursi, tempat tidur, hingga hiasan-hiasan rumah, kantor, dan café yang modern dan minimalis.

Anda dapat menggali informasi barang-barang yang selalu dicari konsumen dengan supplier yang melakukan kerjasama dengan toko Anda sebagai pemasok kebutuhan mebel dan furniture dan juga karywan anda yang telah memiliki pengalaman matang di bidangnya.

Selain itu Anda juga dapat melihat produk-produk usaha furniture baru dari internet. Supaya barang dagangan Anda dapat bersaing dengan toko yang lain.

Setelah usaha berjalan masukan dari para calon pembeli akan setahap demi setahap mengarahkan kita untuk memahami kebutuhan pangsa pasar yang sebenarnya dan secara detail kita dapat mengetahui kebutuhan pasar ditinjau dari model, merk, dan harga yang paling diminati.

Baca Juga: Peluang Usaha Toko Perhiasan Emas, Investasi yang Menjanjikan

Tips Promosi dan Strategi Penjualan pada Usaha Toko Mebel dan Furniture

Supaya toko Anda lebih dikenal dan berkembang buatlah stategi pemasaran yang baik dan tertata, salah satunya dengan melakukan promosi.

Promosi ini sangat penting untuk setiap usaha jual beli, karena dengan melakukan promosi yang rutin dan berkualitas, pasti akan menarik pembeli, sehingga akan berdampak pada keuntungan yang kita peroleh.

Usahakan promosi yang Anda lakukan mencakup masyarakat luas, mulai dari kalangan atas dan bawah, hingga pengusaha. Ada beberapa strategi promosi yang dapat Anda lakukan:

Promosi Melalui Sosial Media

Di era ini sosial media semakin luas dan berkembang, karena hampir semua masyarakat juga memiliki sosial media, maka melakukan promosi melalui sosial media menjadi peluang besar yang dapat Anda lakukan.

Pertama Anda dapat membuat akun sosial media untuk toko Anda seperi instagram dan facebook, upload foto-foto produk anda dan berikan sedikit penjelasan mengenai produk Anda.

Selain itu Anda juga dapat menambah informasi mengenai toko Anda, produk apa saja yang Anda sediakan dan jangan lupa mencantumkan kontak yang dapat dihubungi oleh calon pembeli Anda.

Langkah selanjutnya Anda dapat melakukan kerjasama dengan akun-akun yang sekiranya memiliki pengikut yang banyak dan akun khusus iklan jual beli, dengan cara memasang iklan mengenai toko anda di akun-akun tersebut, lakukan promosi melalui sosial media lebih sering.

Lakukan juga promosi di beranda facebook, di forum jual beli, di grup whats up Anda atau juga di Instagram dan menyebarkan info bisnis mebel Anda terutama untuk mereka calon konsumen yang masih dalam jangakauan area usaha toko mebel yang sudah di bangun.

Mengadakan Diskon

Setelah melakukan berbagai promosi melalui berbagai media, pembukaan toko pertama Anda dapat mengadakan diskon yang tentunya ini akan sangat menarik minat calon konsumen, serta mengenalkan calon konsumen mengenai produk Anda dan harga-harga yang Anda tawarkan di toko.

Tentunya sebelum mengadakan diskon ini, Anda harus benar-benar melakukan perencanaan yang baik, jangan mengabaikan pengeluaran yang Anda lakukan.

Karena dengan adanya diskon ini selain menarik calon pembeli, Anda juga harus melihat untung-rugi yang anda dapatkan ketika melakukan diskon.

Karena dengan adanya diskon ini akan memberikan dampak baik dan keuntungan, jika Anda lakukan dengan perencanaan yang baik.

Mengikuti Event Pameran

Anda juga dapat mengikuti beberapa event pameran yang diadakan, cara ini juga dapat membuat toko Anda semakin dikenal oleh masyarakat luas dan calon pembeli.

Usahakan mengikuti pameran ini dengan memasang produk-produk terbaik dan berkualitas yang Anda miliki, usahakan membawa brosur yang berisi informasi toko, alamat, kontak, produk, harga dan diskon yang sedang ditawarkan.

Keuntungan lainnya Anda juga dapat memperluas jaringan Anda dengan toko-toko mebel yang lain, supaya Anda juga dapat membandingkan barang dagangan Anda, harga yang diberikan dan tentunya sharing pengalaman dengan mereka.

Usahakan bangun komunikasi dan gali informasi sebanyak-banyaknya ya!

Sediakan Juga Toko Mebel dan Furniture Online

Toko online ini dapat Anda lakukan jika Anda sudah siap dan toko Anda sudah tertata dengan baik, karena jika Anda belum siap maka dengan adanya toko online ini justru akan memperhambat pekerjaan Anda. Jadi perbaiki sistem dan persiapan Anda di toko terlebih dahulu kemudian Anda dapat membuat toko online.

Karena toko online ini juga akan mempermudah calon pembeli yang berada jauh diluar daerah Anda, dengan adanya toko online ini akan menjangkau seluruh calon pembeli yang ada diluar daerah. Selain itu pangsa pasar Anda juga akan semakin luas dan lebih dikenal oleh masyarakat secara luas juga.

Penutup

Itu tadi beberapa cara memulai usaha toko mebel dan furniture yang dapat Anda terapkan, yang terpenting adalah lakukan perencanaan yang baik di setiap langkahnya, dan selalu kembangkan jiwa bisnis Anda.

Tidak ada orang sukses tanpa susah payah di awal. Jadi selamat mencoba!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *