Cara Memulai Usaha Toko Mainan Anak yang Menjanjikan

Usaha Toko Mainan Anak

 

Siapa bilang menjual mainan anak-anak tidak menguntungkan? Asalkan tips dan langkahnya tepat dalam memulai usaha toko mainan anak-anak dapat dipastikan bisnis bisa berjalan lancar dan mencapai kesuksesan.

Ini Dia 11 Tips Memulai Usaha Toko Mainan dengan Langkah yang Tepat

Mainan anak-anak hingga kini sebenarnya menjadi hal masih banyak dicari atau tinggi peminatnya, meskipun bersaing dengan game atau permainan dalam media digital.

Oleh karena itu, mainan bisa dijadikan sebagai peluang usaha menguntungkan jika dijalani dengan tekun, kerja keras dan kesabaran.

Dan jangan lupa untuk mengikuti beberapa tips sukses sebagai langkah awal membuka usaha toko mainan anak-anak menguntungkan.

Persiapkan Modal Awal Untuk Memulai Usaha Toko Mainan

Anggaran yang perlu Anda keluarkan sebagai modal awal usaha toko mainan sebenarnya cukup murah, yakni sekitar 3 hingga 5 juta saja bisa dipergunakan untuk membeli berbagai mainan yang ragamnya cukup lengkap.

Namun, juga disesuaikan dengan kualitas dan merk mainan yang sedang diperjualbelikan, karena tidak jarang juga beberapa mainan kelas atas yang dijual dengan harga hingga ratusan ribu rupiah dan jutaan per produk.

Tetapi jika Anda memiliki jaringan atau relasi bisnis strategis seperti supplier mainan dengan harga murah namun berkualitas, maka Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menyuplai produk mainan yang akan dijual dengan harga lebih murah.

Dari situ Anda bisa mengambil keuntungan lebih banyak dan mendapatkan minat dan kepercayaan tinggi dari pelanggan.

Anda juga tidak boleh lupa dalam mempersiapkan dana untuk hal-hal lain misalnya biaya sewa ruangan, listrik, pembelian perlengkapan dan perabot, toko dan lain-lain.

Jadi, total untuk semuanya kurang lebih sekitar 7 juta rupiah untuk modal awal. Tapi jika Anda tahu tipsnya dengan tepat, sebenarnya bisa mengeluarkan modal awal dengan biaya lebih murah, caranya dengan mengikuti tips selanjutnya.

Baca Juga: Cara Buka Usaha Toko Plastik

Pilih Jenis atau Ragam Produk Toko Mainan

Setelah Anda memiliki modal yang cukup untuk membeli stok dan berbagai perlengkapan toko mainan, maka saatnya untuk memilih ragam atau jenis produk mainan.

Sebaiknya pilihlah mainan yang sedang tren di pasaran.

Namun bisa juga menjual mainan tradisional untuk melestarikannya kembali, tetapi Anda harus memberitahukan cara bermainnya terlebih dahulu kepada anak-anak saat mengunjungi toko Anda.

Tentukan Lokasi Strategis Untuk Toko Mainan

Lokasi Toko Mainan Anak

Lokasi menjadi faktor penting penentu suksesnya suatu usaha atau bisnis, termasuk membuka toko mainan.

Jika Anda memiliki modal yang kurang untuk mendirikan atau menyewa toko, maka manfaatkan ruang kosong yang ada di rumah Anda.

Namun, pastikan lokasi rumah Anda juga strategis, misalnya di sekitar perumahan yang ramai penduduk, atau tidak jauh dari jalan raya, tetapi memiliki lahan parkir cukup luas.

Jika Anda memiliki modal cukup besar, maka bisa melakukan berbagai hal, Anda bisa mendirikan toko di pusat kota yang ramai, di dekat pusat taman bermain anak-anak, atau dengan menyewa tempat di dalam pusat perbelanjaan populer.

Gunakan Brand atau Nama Usaha Toko Mainan

Brand berupa logo sekaligus nama usaha sangatlah penting agar bisnis yang sedang kita promosikan semakin dikenal secara luas.

Gunakan nama usaha yang unik, serta berbeda dengan toko mainan lainnya.

Jangan lupa berikan gambar logo yang disukai anak-anak, begitu juga dengan nama usahanya, pastikan agar mudah untuk didengar dan diingat oleh anak-anak.

Gunakan warna cerah untuk menghiasi logo toko mainan Anda, sertakan gambar karakter lucu favorit anak agar lebih menarik.

Begitupun dengan nama tokonya, anak-anak lebih menyukai nama yang singkat atau sesuai dengan karakter tokoh mainan favorit yang mudah diingat.

Desainlah Toko Mainan Menjadi Lucu dan Menarik Bagi Anak-Anak

Karena sasaran pengunjung atau pelanggannya anak-anak, meskipun mereka masih harus didampingi orang tua, tetapi pastikan segala sesuatu yang ada di toko mainan Anda sangat cocok dengan karakter anak-anak.

Berikan hiasan di toko dengan karakter mainan favorit, bisa berupa lukisan juga, serta gunakan cat cerah dan warna-warni di toko mainan Anda.

Desain bagian depan dengan aneka warna dan bentuk unik agar tampilannya sangat menarik untuk dikunjungi anak-anak.

Misalnya dengan pintu berbentuk bulat, disertai dengan jendela yang berbentuk bulat juga, atau dengan desain ruangan terbuka namun di dalam ruangan diberi hiasan balon besar sebagai pintu masuk, dan barang unik lainnya.

Baca Juga: Usaha Warung Sembako Modal 5 Juta

Sediakan Berbagai Produk Mainan Lengkap

Jenis Mainan Anak

Pastikan bahwa pelanggan Anda telah merasa terlengkapi kebutuhannya sekaligus dengan hanya mengunjungi satu toko mainan saja sehingga lebih baik jika Anda menjual mainan dengan seri lengkap.

Selain itu Anda juga akan mendapatkan keuntungan bertambah jika si anak menginginkan produk dengan seri lengkap baik dalam satu waktu atau beberapa waktu.

Selain menyediakan produk yang sedang populer, sebaiknya Anda juga menyediakan produk yang jarang ditemui di toko mainan lain dan bisa membuat anak penasaran dengan salah satu produk mainan unik tertentu.

Hal itu juga untuk menghindari anak agar tidak mengalami kebosanan pada produk mainan yang dijual secara umum.

Siapkan Perabotan, Peralatan, Perlengkapan dan Hal Lain yang Dibutuhkan Toko Mainan

Sebelum Anda membuka usaha toko mainan anak secara resmi, dan sebelum menyediakan stok mainan beraneka ragam dengan lengkap, sebaiknya persiapkanlah terlebih dahulu berbagai perabotan yang dibutuhkan dalam toko mainan Anda.

Sediakan beberapa barang, seperti etalasi, rak yang bisa menampung seluruh mainan yang Anda jual, tempat sampah di sudut ruangan, serta beberapa barang untuk menghias toko mainan.

Anda juga bisa melengkapi toko dengan jam dinding atau kalender untuk menandai berjalannya waktu bisnis Anda, dan bekerja sesuai target waktu per harinya.

Sediakan juga mesin kasir serta tempat beberapa tempat duduk yang diletakkan di posisi strategis bagi pegawai dan pelanggan Anda.

Dengan begitu, mereka akan merasa nyaman untuk mengunjungi toko Anda. Setelah semua perabot disiapkan, kemudian letakkan stok mainan yang akan dijual ke rak dan etalase.

Pajang beberapa produk mainan populer yang bisa menarik anak-anak untuk mengunjungi toko Anda saat sedang melewatinya.

Baca Juga: Cara Buka Usaha Salon Kecantikan

Siapkan Pekerja Toko Mainan

Saat membuka toko, tentu Anda tidak akan bisa menghandle, atau mengelolanya sendiri. Bisa dipastikan bahwa Anda akan membutuhkan bantuan orang lain, maka rekrutlah para pekerja sebagai pegawai di toko Anda, antara lain seperti.

Kasir

Pegawai yang bekerja pada bagian kasir posisinya sangat penting, karena mencatat hasil penjualan produk mainan Anda. Oleh karena itu, pilihlah kandidat yang memiliki kriteria kecermatan dan ketelitian tinggi saat menghitung barang, terutama perhitungan harga dan diskon.

Sales atau Penjaga toko

Anda bisa mempekerjakan seorang penjaga toko yang sekaligus menjadi sales untuk menawarkan, dan mempromosikan semua produk mainan kepada pelanggan. Untuk memilih calon kandidat seperti ini, sebaiknya pilih dengan kriteria yang pandai dalam berkomunikasi dengan seseorang, serta mudah untuk menjalin relasi.

Selenggarakan Event Grand Opening Untuk Mengawali Usaha Toko Mainan

Saat mengawali pembukaan toko mainan di hari pertama, sebaiknya perkenalkan toko Anda kepada warga umum, khususnya yang sedang berada di sekitar area toko.

Anda bisa menyelenggarakan event grand opening yang memberikan kesempatan bagi banyak orang untuk mengunjungi toko Anda.

Caranya dengan menyebarkan selebaran brosur toko, yang ditujukan untuk para orang-orang yang memiliki anak, adik yang masih kecil atau secara langsung bisa diberikan kepada anak-anak kecil.

Jangan sampai salah sasaran, karena pelanggan utama produk yang Anda jual adalah anak-anak.

Berikan Potongan Harga, Diskon, Bonus, atau Hadiah untuk Pembelian Pertama

Pada hari pertama grand opening, akan lebih meriah jika Anda memberikan berbagai promo menarik untuk meningkatkan minat para pelanggan.

Misalnya dengan menyediakan diskon pada beberapa produk populer, atau penambahan bonus dan hadiah untuk setiap produk mainan populer.

Bisa juga dengan memberikan stiker unik yang disukai anak-anak.

Pastikan bahwa program promosi Anda di awal pembukaan toko tersebut bisa membuat pelanggan di beberapa hari ke depan mengunjungi toko mainan Anda kembali.

Dan, berilah keterangan waktu yang jelas jika ada batasan tertentu pada promo yang sedang Anda sebarkan.

Di awal memang akan menghabiskan dana yang cukup banyak, tapi Anda tidak perlu khawatir karena pelanggan akan meningkat secara bertahap di kemudian hari setelah mengetahui kualitas  dan ragam produk mainan yang dijual.

Perawatan, Pemeliharaan dan Pengembangan Bisnis Toko Mainan

Berikan perawatan kepada toko mainan secara intensif agar produ-produk mainan terjaga kualitasnya, segera bersihkan jika terdapat debu yang mengotori rak atau etalase.

Dan berhati-hatilah dalam menjaga serta merawat mainan yang dikeluarkan sebagai produk pajangan toko.

Sebaiknya gunakan alat khusus atau pegawai ahli yang bertugas membersihkan debu pada mainan pajangan, karena jika rusak Anda akan mengalami kerugian.

Langkah pengembangan bisnis toko mainan kini sangat mudah untuk dilakukan karena semakin canggihnya media digital.

Anda pun sebenarnya bisa memulai promosi lewat toko online sebelum mendirikan toko di lapangan secara nyata. Bahkan Anda juga bisa gunakan toko online tersebut untuk mengumpulkan modal awal mendirikan toko real.

Pasarkan aneka produk mainan Anda melalui internet, bisa memanfaatkan media apapun yang tersedia di sana, misalnya media sosial, toko atau pasar online populer seperti tokopedia, shopee, dan sebagainya.

Dengan bantuan media tersebut, Anda bisa memperluas jaringan pelanggan dan menambah keuntungan lebih banyak tanpa menghabiskan tenaga, banyak waktu, serta dana untuk pembiayaan toko.

Gunakan strategi pemasaran online menggunakan fitur penanda, atau tagar agar produk yang Anda jual muncul di pencarian dalam skala internasional.

Cukup mudah bukan? Tetapi Anda juga harus menjalin relasi dengan pihak-pihak yang secara nyata menguntungkan bisnis Anda, seperti supplier mainan, distributor produk mainan, serta rekan atau kerabat yang memiliki jalinan dengan anak-anak.

Tips dan Kesimpulan

Modal untuk membuka usaha toko mainan bisa dibilang cukup besar, terutama bagi Anda yang hanya memiliki dana pas-pasan.

Namun, jangan khawatir Anda bisa gunakan dana pinjaman dan menjalaninya sesuai tips di atas hingga sukses, dan bisa mengembalikan uang pinjaman dalam waktu yang cepat.

Jadi, ada banyak peluang dan untung yang bisa Anda hasilkan dengan mengikuti tips tepat untuk berbisnis toko mainan.

Selamat Berwirausaha.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *