Inilah Cara Memulai Usaha Toko Jam yang Tepat Bagi Pemula!

Usaha Toko Jam

Usaha Toko Jam

Jam adalah benda paling dibutuhkan di seluruh dunia, karena sebagai penanda waktu sedang berjalan.

Mengingat banyak orang di masa kini yang menginginkan produk jam dengan berbagai inovasi teknologi yang canggih, karena tanpa melihat jam mereka tidak akan bisa memperhitungkan segala kegiatan dengan tepat waktu.

Dari situlah yang membuat produk jam bisa dijadikan sebagai salah satu peluang besar usaha yang menjanjikan, selain pasti laku karena dibutuhkan oleh semua orang, terkadang jam juga bisa dijadikan sebagai pelengkap aksesori yang Anda gunakan.

Jadi, cobalah untuk memulai usaha toko jam dalam berbagai kesempatan dan peluang, serta ikuti tipsnya dengan tepat agar bisa mencapai kesuksesan dan keuntungan.

Tips Membuka Usaha Toko Jam yang Menguntungkan

Meskipun saat ini jam telah diinovasi dengan teknologi terbaru misalnya dengan menerapkannya pada sistem pada perangkat digital seperti Android, smartphone, PC, dan berbagai perangkat lainnya sehingga disebut jam digital.

Tetapi, hingga kini permintaan pasar pada jam non digital juga masih sangat tinggi, misalnya seperti jam dinding, jam tangan, jam beker, dan sebagainya.

Oleh karena itu, peminat usaha di bidang toko jam juga terbilang cukup populer sehingga bisa dikatakan persaingan dalam bisnis tersebut cukup ketat.

Agar Anda bisa mengetasinya dan mencapai kesuksesan dengan menjual aneka jam, ikuti tips berikut ini.

Persiapan Awal Membuka Usaha Toko Jam

Siapkan Anggaran Untuk Modal Awal Usaha Toko Jam

Semua orang yang hendak memulai sebuah bisnis atau usaha tentunya membutuhkan dana untuk modal awal, termasuk ketika hendak membuka toko jam.

Biaya yang harus Anda keluarkan sebagai modal awal sangat beragam, tergantung pada jenis jam yang akan dijual, kemudian lokasi toko, serta pada merk jam.

Apabila Anda menginginkan usaha toko aneka jam dinding tentu saja lebih murah mengingat semua orang tidak terlalu membutuhkannya sebagai perhiasan atau aksesori fashion, namun ada juga berbagai jenis jam dinding kualitas mewah yang harganya cukup mahal.

Anda bisa mengeluarkan modal awal kurang lebih sekitar 8 hingga 15 juta, tergantung pada jumlah dan jenis stok jam, serta status lokasi atau tempat didirikannya toko jam.

Anda bisa mengeluarkan biaya moda awal lebih murah jika memanfaatkannya dengan baik, misalnya tidak menyewa lokasi karena biaya akan lebih mahal, atau dengan menyediakan stok jam dinding yang cukup sederhana.

Sementara jika Anda berminat untuk membuka toko aneka jenis jam, mulai jam dinding sederhana hingga berkualitas mewah misalnya jam lonceng, kemudian aneka jam tangan mulai dari yang kualitas merknya terkenal hingga KW, tentu saja modal awal bisa mencapai 20 hingga 40 juta. Tetapi pastikan Anda bisa melakukan strategi dengan baik agar bisa menekan biaya modal awal.

Baca Juga: Strategi Usaha Toko Helm yang Tepat Bagi Pemula Agar Sukses

Mengurus Surat Izin Usaha Toko Jam

Surat izin usaha juga Anda perlukan meskipun pada tahap awal usaha toko jam berada di skala individu atau kecil hingga menengah.

Karena, apabila Anda telah memiliki legalitas yang ditandai dengan surat izin tersebut, nantinya usaha lebih mudah untuk dikembangkan dengan cepat untuk mencapai kesuksesan.

Tetapi jika pada tahap awal hanya membuat toko secara online saja, bukan toko jam di lapangan nyata, maka tidak perlu mengurus surat izin usaha terlebih dahulu.

Bisa Anda lakukan saat sedang memiliki banyak pelanggan meskipun secara online.

Pilih dan Tentukan Lokasi Usaha Toko Jam yang Strategis

Letak toko juga sangat mempengaruhi tingkat kefektifan perkembangan bisnis jam Anda, maka pilihlah lokasi yang benar-benar strategis.

Ada banyak pilihan lokasi yang bisa Anda tentukan, mulai dari rumah Anda sendiri, pusat pertokoan, hingga pusat perbelanjaan. Namun, yang terpenting Anda perlu memastikan bahwa lokasi tersebut seringkali padat dengan keramaian penduduk.

Anda boleh membuka toko di pusat perbelanjaan, namun pilihlah mall populer yang sering dikunjungi pelanggan, karena jika tidak, toko akan sepi pengunjung mengingat di sana juga terdapat banyak pesaing yang harus Anda hadapi.

Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan dana cukup banyak untuk membayar biaya sewa tiap periodenya.

Jadi sebaiknya bukalah toko sendiri di luar bangunan pusat perbelanjaan dengan memilih pusat-pusat yang padat penduduk, seperti pasar, pusat pertokoan di pinggir jalan, ruangan kosong di rumah Anda yang dikelilingi dengan para penduduk yang berlalu lalang, dan sebagainya.

Lokasi yang dipilih juga harus sesuai dengan pasaran harga produk jam yang akan Anda jual.

Misalnya di daerah sekitar toko Anda adalah penduduk perkotaan, maka juallah aneka jam bermerk, dengan kualitas dan harga tinggi.

Begitupun sebaliknya jika Anda membuka toko jam di berbagai wilayah lainnya.

Baca Juga: Peluang Usaha Toko Alat Musik yang Sukses dan Menguntungkan

Lakukan Analisa Permintaan Pasar Pada Produk Jam

Selanjutnya, Anda perlu menganalisa kondisi pasar di sekitar toko jam, jika permintaan jam lebih banyak jatuh pada jam dinding mengingat warga di sekitar lebih membutuhkan jam dinding, maka sediakanlah stok jam dinding lebih banyak daripada jenis lainnya.

Namun, jika lingkungan di sekitar toko jam tersebut merupakan pusat kota yang dipenuhi dengan masyarakat dari berbagai kalangan dan aliran, seperti para pelajar, pegawai kantor, para tokoh seni, music, akademisi, dan sebagainya.

Anda bisa menyediakan stok jam tangan lebih banyak dengan berbagai mode, dan merk, mulai yang sederhana hingga paling mewah.

Jika Anda menerapkan strategi tersebut maka toko jam akan lebih laris dan cepat didatangi pengunjung meskipun tidak semuanya membeli produk yang Anda jual. Itu merupakan tahap awal sebelum nantinya toko jam Anda kebanjiran pembeli.

Siapkan Perlengkapan dan Barang Dagangan Usaha Toko Jam

Sediakan Berbagai Perlengkapan yang Sesuai Untuk Toko Jam

Meskipun usaha yang akan Anda mulai adalah aneka jam, tetapi jangan menyediakan satu jenis barang saja.

Sebaiknya sediakanlah berbagai peralatan dan perlengkapan yang lain sebagai pendukung jam, seperti aneka jenis baterai, mulai dari baterai jam tangan,hingga baterai untuk jam dinding.

Sediakan juga charger jika Anda menjual produk jam tangan digital yang bisa diisi ulang.

Selain itu, produk lain yang bisa Anda sediakan di toko misalnya jasa reparasi jam, karena seringkali dicari oleh pelanggan yang memiliki kenangan tertentu pada sebuah jam dan menganggapnya sebagai barang yang sangat berharga di hidupnya.

Baca Juga: Memulai Bisnis Usaha Toko Sepatu dan Sandal yang Modern Dan Trendy

Ketahui Berbagai Merk Sekaligus Spesifikasi Jam

Sebagai penjual dan pemilik usaha toko jam tentunya Anda harus memiliki banyak pengetahuan tentang jam mulai dari aneka bahan yang bisa dijadikan jam, mesinnya, baterai, dan kualitas jam.

Hal-hal tersebut sangat penting yang nanti bisa Anda sediakan bagi para pelanggan yang memiliki pertanyaan tertentu seputar jam.

Jika Anda menjual jam dengan berbagai merk, khususnya pada jam tangan maka Anda juga harus menguasai informasi tentang detail spesifikasi dari tiap-tiap merk jam tangan.

Sertakan kelebihan fitur dari jam tersebut agar minat pelanggan semakin bertambah.

Pastikan Penentuan Harga Sesuai Target Pasar dan Kualitas Jam

Hal yang paling penting dan perlu Anda lakukan agar bisnis bisa berkembang terkail dengan penentuan harga produk.

Pastikan Anda juga memahami strategi penentuan harga dalam ilmu ekonomi dan bisnis agar tepat pada sasaran.

Harga jam tangan biasanya sangat tergantung pada merk dan kualitas jam, atau bisa juga dengan rentang harga pasaran yang dijadikan sebagai acuan.

Jika Anda menjual jam tangan dengan merk terkenal, dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, misalnya, anti gores, anti pecah, water resist atau tahan air, memiliki fitur alarm, dan sebagainya, maka berikan harga lebih mahal dibandingkan dengan jam tangan biasa pada produk jam bermerk umumnya sudah memiliki standard harga yang sama karena sudah ditentukan harga jualnya dari pihak produsen.

Sangat banyak merk jam tangan terkenal yang fiturnya cukup sederhana namun harga jualnya sangat mahal, itu tergantung pada tingkat popularitas jam serta kualitas bahan yang digunakan untuk membuat jam.

Dan pastikan Anda memahami semua hal tersebut agar bisa tepat sasaran saat menentukan harga jual produk.

Baca Juga: Kiat Sukses Usaha Toko Cat Bagi Pemula, Dijamin Sukses!

Strategi Membangun Usaha Toko Jam

Analisis dan Prediksi Berbagai Resiko dan Hambatan Usaha Toko Jam

Setiap usaha selama proses sedang dijalankan tentunya memiliki hambatan sekaligus resiko, terutama saat membuka usaha toko jam mengingat ada banyak sekali pihak yang berminat untuk menjalankan bisnis di bidang tersebut.

Nah, karena pesaing bisnis ini cukup banyak sebaiknya Anda menganalisisnya lebih awal saat hendak memulai usaha serta saat menjalankannya.

Prediksi berbagai kemungkinan resiko serta hambatan yang Anda alami selama proses sedang berjalan.

Misalnya Anda secara umum bisa memperhatikan bahwa aneka jam yang dijual di toko biasa saja, atau tidak memiliki desain yang unik, maka Anda bisa memanfaatkan ide kreatif dengan menyediakan produk jam unik, seperti dari segi desain, bahan pembuatan, dan sebagainya.

Kini banyak sekali orang kreatif yang memiliki ide mengagumkan seperti membuat jam tangan dengan bahan dasar kayu, tentu unik dan elegan bukan?

Anda pun bisa mengembangkan ide unik lainnya agar toko jam milik Anda berbeda dari toko-toko biasa serta bisa bertahan di dalam persaingan yang cukup ketat.

Lakukan Strategi Pengembangan Bisnis Efektif Pada Usaha Toko Jam

Langkah paling penting yang harus atau wajib dilakukan oleh semua pemilik usaha, termasuk toko jam adalah melakukan pengembangan bisnis.

Ada berbagai strategi yang bisa dilakukan, terutama adalah pemasaran atau promosi.

Hal tersebut menjadi penting karena Anda harus mendapatkan jaringan konsumen yang luas agar produk bisa laris terjual, dan bisnis pun semakin maju dengan banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Lakukan pengembangan bisnis dengan efektif, melalui metode secara online maupun offline.

Anda bisa membuka toko online di berbagai media, platform, atau marketplace online agar jaringan pelanggan semakin banyak.

Sementara itu Anda juga bisa menjalin relasi dengan orang-orang di sekitar yang memiliki minat untuk mengoleksi aneka jam atau seluruh kalangan penduduk untuk mempromosikan produk dari mulut ke mulut.

Tips dan Kesimpulan

Toko jam adalah salah satu peluang besar yang bisa Anda jadikan sebagai bisnis atau usaha yang hasilnya sangat menjanjikan mengingat semua orang pasti membutuhkan jam. Tetapi, kesuksesan tidak mudah untuk didapatkan jika Anda tidak mengetahui strategi dan tipsnya dengan baik seperti yang telah dijelaskan di poin-poin di atas. Oleh karena itu, sebelum memulai usaha toko jam, pastikan Anda membaca kiat-kiat suksesnya lebih dalam sekaligus mempraktekkannya dengan serius.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *