Strategi Usaha Toko Helm yang Tepat Bagi Pemula Agar Sukses

Usaha Toko Helm

Bisnis adalah jalan yang paling strategis untuk mendapatkan keuntungan dan kesuksesan, tetapi cara yang tepat untuk memulainya juga harus dipahami dan dilaksanakan.

Menentukan peluang usaha di salah satu bidang adalah caranya, termasuk dengan membuka usaha toko helm, mengingat benda tersebut setiap saat pasti dibutuhkan oleh semua orang.

Banyaknya pengendara sepeda motor yang kian meningkat pertahunnya juga menyebabkan usaha toko helm menjadi salah satu peluang besar yang sangat menjanjikan, apalagi ada beberapa orang yang juga memiliki hobi untuk mengoleksi aneka jenis helm.

Sebaiknya Anda tidak menyia-nyiakan peluang besar tersebut, dan segera memulainya meskipun harus mengalami banyak hambatan terlebih dahulu, karena jika strategi usaha toko helm dilakukan dengan tepat pada akhirnya akan menghasilkan kesuksesan bagaimanapun resikonya.

Tips Memulai Usaha Toko Helm

Kini pemilik usaha toko helm memang cukup populer, dan tersebar di berbagai tempat seperti pusat kota dan beberapa di wilayah pedesaan.

Meskipun begitu Anda tidak akan mengalami kerugian karena di manapun dan kapanpun pasti ada seseorang yang membutuhkan helm dan mengunjungi toko Anda.

Tetapi, hal tersebut bisa lebih efektif dan menguntungkan apabila Anda mengetahui sekaligus menerapkan strategi yang tepat, seperti pada beberapa poin di bawah ini.

Persiapan Modal Awal Usaha Toko Helm

Helm merupakan pelindung kepala yang dibutuhkan bagi setiap orang yang sedang berkendara di luar rumah menggunakan sepeda kayuh maupun sepeda motor.

Apabila Anda berencana membuka usaha toko helm, maka bisa memilih untuk menjual helm dengan fungsi “untuk apa dan bagaimana”. Atau bisa juga menyediakan helm untuk berbagai hal, baik bagi pengendara sepeda kayuh maupun sepeda motor.

Dana yang Anda habiskan untuk membeli stok persediaan helm dari berbagai jenis tersebut kurang lebih sekitar 2 hingga 4 juta, atau jauh lebih besar tergantung jumlah dan ragam helm dan merk yang akan Anda jual.

Sementara untuk kebutuhan perlengkapan serta peralatan toko bisa mencapai 4 jutaan, ditambah dengan biaya operasional bulanan sekitar 1.5 hingga 2.5 juta tergantung biaya sewa dan persediaan ulang stok helm.

JIka Anda menginginkan modal awal uang lebih irit tentu bisa, dengan cara memanfaatkan ruangan yang tersedia di rumah, serta menghemat biaya pemasaran dengan strategi lebih efektif melalui online.

Membuat Surat Izin Usaha Toko Helm

Langkah penting selanjutnya Anda harus memiliki surat izin usaha terutama jika anda menginginkan usaha toko helm yang memiliki toko fisik apalagi jika lokasinya berada di area perkotaan tujuanya agar toko helm Anda lebih aman dan legal dan memiliki pernyataan yang sah.

Serta nantinya sangat berguna untuk pengembangan toko agar lebih luas dan maju lagi.

Dengan memiliki surat izin, Anda juga bisa melakukan kerjasama atau peminjaman modal sekaligus investasi di lembaga keuangan resmi yang membantu usaha rakyat.

Pilih dan Tentukan Lokasi Usaha Toko Helm yang Strategis

Lokasi usaha sangat menetukan keberhasilan usaha toko helm, karena faktor jangkauan dan mudahnya akses calon konsumen dapat disiasati dengan pemilihan lokasi yang strategis.

Anda bisa menentukan lokasi strategis di manapun asalkan memiliki suasana yang cukup ramai, bisa di tempat tinggal Anda sendiri, apalagi jika di lingkungan rumah tersebut cukup padat penduduk.

Lokasi paling strategis yang bisa Anda pilih salah satunya adalah pusat perkotaan, atau di pinggir jalan raya utama yang sering dilewati oleh kendaraan bermotor atau para pesepeda.

Namun lebih baik lagi jika Anda memilih tempat yang halamannya luas tidak terlalu berdekatan dengan jalan raya untuk memberikan ruang bagi kendaraan para pelanggan yang diparkir di depat toko helm.

Jika Anda mendirikan toko di rumah, sementara jalan menuju ke rumah Anda jaraknya cukup sempit tentu tidak masalah, tetapi sebaiknya pasanglah banner atau papan yang menunjukkan tentang toko helm milik Anda, setidaknya usaha helm anda dapat menjangkau masyarakat sekitar lingkungan anda dengan syrat memiliki kepadatan jumlah penduduk yang mendukung.

Membangun toko fisik di lokasi strategis tentu akan memakan dana yang sangat besar, karenanya bijaklah dalam pengelolaan anggaran.

Sesuaikan budget yang akan kita gunakan.

Jika terlalu berat membeli atau membangun tempat usaha maka pertimbangkan untuk menyewa kios terlebih dahulu atau bahkan cukup memanfaatkan ruangan rumah anda.

Prinsipnya jalankan usaha sesuai dana dalam perencanaan, Anda bisa mengembangkan setahap demi setahap usaha helm Anda hingga mencapai target impian.

Apalah artinya lokasi sangat strategis namun anda kehabisan modal untuk membeli helm jualan Anda nantinya?

Namun juga apalah artinya jualan anda super lengkap namun loasi di desa terpencil?

Kesimpulanya adalah pemilihan lokasi harus realistis menyesuaikan dana yang ada dengan memaksimalkan berbagai strategi lain termasuk yang akan dibahas selanjutnya.

Baca Juga:

Strategi Pemasaran dan Promosi Usaha Toko Helm

Lakukan Analisa Sasaran Pasar Produk Helm

Analisa pasar tergolong penting, Anda bisa melakukannya sebelum dan sesudah menentukan lokasi yang tepat untuk toko helm.

Caranya dengan melihat kondisi dan suasana di sekitar tempat tersebut, jika penduduk di sekitar toko padat dan kebanyakan telah memiliki kendaraan maka warga di sekitar toko tersebut merupakan pasar yang strategis.

Bisa juga Anda menganalisis kebutuhan pasar yang lebih banyak memerlukan helm, misalnya saja pelajar atau mahasiswa sehingga Anda bisa mendirikan toko tidak jauh dari pusat pendidikan tersebut.

Karena hampir secara keseluruhan para pelajar atau akademisi di kawasan pusat pendidikan membutuhkan kendaraan bermotor sekaligus pengamannya, yakni helm. Bisa juga di kawasan industry atau perkantoran yang kebanyakan pegawainya mengendarai motor

Dari beberapa penjelasan di atas Anda bisa menyimpulkan bahwa sasaran konsumen Anda yang sangat strategis dan menguntungkan adalah para pelajar atau mahasiswa serta para pekerja.

Dan tempat yang strategis tentunya adalah lokasi yang sering dikunjungi oleh sasaran konsumen Anda tersebut.

Analisa pasar ini tidak hanya dilakukan pada tahap awal, tetapi Anda juga harus melakukannya secara berkala tiap waktu.

Terutama jika toko Anda sedang sepi pelanggan pada saat-saat tertentu, maka amatilah hal apa yang sedang terjadi atau yang menjadi tren para pelanggan.

Berikut cara menganalisis pasar dengan tepat.

– Mengetahui kebutuhan mayoritas pasar

– Mengetahui kendaraan utama yang seringkali digunakan oleh sasaran pasar

– Mengetahui tren helm populer, mengingat kini semakin beraneka ragam jenis helm yang digemari oleh para pengendara motor.

– Mengetahui faktor yang menyebabkan helm di toko kurang diminati, bisa diukur dari segi kualitas bahan serta merk.

Melihat dari berbagai hal di atas, Anda bisa menyediakan beragam jenis helm serta dengan berbagai merk dari yang biasa saja hingga merk terkenal.

Jangan sampai Anda menjual helm terpopuler saja tanpa menyediakan beberapa jenis helm yang memang benar-benar dibutuhkan sasaran pasar, seperti helm dengan mode normal atau biasa saja, helm bagi pesepeda, serta helm dengan model atau bentuk tertentu yang unik.

Trik Membangun Usaha Toko Helm Agar Untung Besar

Memilih Supplier Produk Helm dengan Tepat dan Terpercaya

Suplier merupakan pihak yang paling penting bagi keuntungan yang nantinya akan Anda dapatkan selama membuka usaha toko helm.

Carilah supplier yang menetapkan harga terjangkau untuk banyak pembelian, serta usahakan bahwa supplier tersebut memiliki kepribadian yang baik agar Anda bisa bekerjasama mengembangkan bisnis tersebut.

Cara menemukan supplier helm, Anda bisa mendatangi distributor produk helm secara langsung agar mendapatkan harga lebih murah.

Pastikan Anda memiliki jaringan relasi yang sangat luas untuk mendukung usaha yang sedang Anda jalankan.

Tidak mudah memang jika Anda memang benar-benar pemain baru, namun hadirnya tekhnologi internet akan memudahkan kita sebagai calon pengusaha mencari suplier helm terdekat cukup lewat smartphone anda.

Namun jika anda memiliki kerabat atau kenalan yang memiliki pengalaman seluk beluk usaha toko helm ini akan lebih baik lagi.

Anda bisa mendapatkan info dari mereka, entah kawan yang berpengalaman pernah bekerja di toko helm atau bahkan mungkin saudara yang sudah punya pengalaman di usaha ini.

Mengetahui Spesifikasi Setiap Model Helm

Salah satu hal yang paling penting adalah, Anda harus mengetahui spesifikasi helm secara detail, fungsi sekaligus kegunaannya, tambahkan pula beberapa kelebihan dan keunikan helm.

Biasanya para pelanggan akan memiliki minat tinggi jika Anda berhasil mendeskripsikan kelebihan produk helm dengan sempurna.

Anda harus tahu berbagai model helm yang sesuai dengan standart nasional, serta yang paling diminati di pasaran, misalnya helm bermerk seperti INK, atau helm unik model jadul yang kini juga banyak digemari para pengendara, dan sebagainya.

Maka Anda juga harus bisa mendeskripsikan kelebihan sekaligus kekurangan dari tiap model dan merk helm tersebut.

Berikan deskripsi atau cara agar helm bisa dijaga dengan aman dari para pencuri agar pelanggan memiliki antusias tinggi.

Ungkapkan dengan jujur kenapa satu harga helm bisa lebih mahal dan helm lain jauh lebih murah.

Sehingga konsumen merasa terbantu dalam menentukan jenis dan model helm yang akan mereka beli.

Tetapkan Harga Terjangkau Sesuai Pendapatan Pasar

Sebelum Anda memasarkan produk helm, sebaiknya ketahuilah terlebih dahulu tentang penetapan harga pasar.

Biasanya harga produk di tiap wilayah berbeda, sekaligus tergantung dengan kualitas bahan helm serta merknya.

Jika Anda mendirikan toko di wilayah dengan batas pendapatan daerah yang rendah maka, mau tidak mau Anda juga harus memberikan harga murah untuk helm-helm tersebut.

Namun, pastikan bahwa Anda juga mendapatkan stok dengan harga murah.

Begitupun sebaliknya, jika Anda memasarkan helm di daerah dengan pendapatan daerah yang cukup tinggi maka tetapkanlah harga yang cukup mahal, terutama pada helm dengan merk terkenal serta populer, karena sasaran pasar pasti akan membelinya.

Saat Anda menentukan sasaran pasar di pusat kota dengan penduduk yang sangat padat dan ramai, Anda bisa menetapkan harga stabil, bisa harga tinggi pada helm tertentu, bisa sedang, atau juga murah dnegan produk helm tertentu.

Anda bisa menentukan harga mahal dengan merk-merk import saat memasarkannya secara online, hal tersebut juga lebih menguntungkan karena mengirit banyak biaya bagi Anda.

Lakukan Analisa Hambatan Usaha Toko Helm dan Pengembangannya

Menganalisis dan Memprediksi Hambatan Usaha Toko Helm

Sebelum dan selama menjalankan usah toko helm, mengingat usaha tersebut banyak sekali peminatnya, artinya Anda memiliki banyak pesaing sehingga Anda harus menentukan strategi terbaik agar bisa bertahan dan sukses.

Apalagi jika Anda memilih tempat yang notabene terdapat banyak sekali toko helm yang tersedia di suatu wilayah.

Caranya Anda harus benar-benar memaksimalkan strategi promosi, serta menambah keunikan usaha toko helm Anda, misalnya dengan menonjolkan warna, desain atau bentuk helm, nama usaha, harga terjangkau dari yang lainnya, pelayanan yang baik menjaga kebersihan dan suasana nyaman baik tempat usaha hingga lahan parkir.

Lakukan Pengembangan Bisnis Toko Helm Online dan Offline

Strategi pengembangan bisnis toko helm yang sangat efektif salah satunya melalui media promosi.

Anda bisa melakukan pemasaran atau promosi dengan memasang iklan menggunakan banner, spanduk, brosuk pembukaan toko, dan sebagainya.

Bisa juga Anda memasang iklan promosi secara online. Jika Anda atau kenalan memiliki keahlian di bidang IT, maka manfaatkanlah untuk membantu perkembangan usaha dengan membuka toko online lewat situs website, jaringan market place, media sosial, dan lainnya.

Berjualan helm online lewat grup jual beli facebook, atau membuat akun facebook bisnis sebagai media jualan juga sangat direkomendasikan karena disamping menjual secara online ini juga akan mempromosikan usaha anda dengan efektif dan hemat biaya.

Tonjolkan Keunggulan Usaha Toko Helm Anda

Sebisa mungkin buatlah usaha toko helm yang Anda miliki berbeda dengan toko helm yang lainnya misalnya dengan memberikan layanan pelanggan toko helm dengan baik.

Saat Anda telah mendapatkan pelanggan setiap harinya dalam jumlah atau prosentase yang stabil, sebaiknya berikan pelayanan dengan nyaman, misalnya berkomunikasi dengan sopan, kemudian saling bertukar informasi tentang cara pengembangan bisnis yang tepat.

Serta menyediakan sarana atau media bagi para pelanggan untuk memberi kritik dan saran selama berbelanja atau mengunjungi toko Anda.

Ulasan dari para pelanggan tersebut sangat penting, terutama jika Anda melakukan pemasaran secara online. Hal tersebut bisa menjadi ukuran kualitas toko Anda.

Konsisten Untuk Selalu Jadi Yang Terbaik

Mengingat usaha jualan helm memiliki prospek yang sangat baik, hal ini dapat dipastikan akan membuat para calon pengusaha melirik usaha ini.

Artinya meskipun usaha Anda sudah berjalan dan mulai mendapatkan banyak pelanggan anda tidak boleh terlena.

Diluar sana banyak yang mengamati kesuksesan anda dan berusaha untuk memberikan layanan yang lebih baik agar dapat merebut pelanggan anda.

Karenanya selalu berprinsip untuk konsisten memberikan yang terbaik dalam mengembangakan usaha helm Anda, perhatikan persaingan yang anda meskipun usaha toko helm Anda barangkali sudah cukup terkenal.

Tips dan Kesimpulan

Jika Anda menyimak penjelasan di atas tentunya akan sangat tertarik untuk membuka bisnis toko helm, karena peluangnya sangat besar. Tetapi, yang terpenting adalah melakukan strateginya dengan tepat, serta menjalani denga tekun, sabar, serta tidak mudah menyerah agar memperoleh kesuksesan.

Referensi

http://www.bisikanbisnis.com/2018/03/modal-awal-buka-usahatoko-alat-Helm.html

https://infoStrategiusaha.org/raih-keuntungan-dari-usaha-toko-alat-Helm/

http://www.anginbisniss.com/2018/07/strategi-bisnis-toko-Helm-serta.html

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *