Pahami Strategi Marketing Untuk Usaha Toko Buku Online Agar Sukses

Di era modern serba online saat ini, terdapat beberapa banyak bisnis yang gencar mempromosikan produknya melalui sosial media.

Dulu banyak toko – toko buku banyak menghiasi pusat perbelanjaan tetapi kini pelan – pelan deretan toko buku di pusat perbelanjaan mulai mengurangi ekspansinya dalam bentuk gerai baru dan ikut berjualan dengan membuka usaha toko buku online.

Dengan membuka usaha toko buku online memang akan banyak mengurangi biaya yang harus dikeluarkan.

Potensi bisnis ini juga masih bagus di tengah tantangan perubahan zaman.

Minat baca masyarakat Indonesia masih bisa dijaga oleh komunitas-komunitas yang terus bertumbuh di indonesia.

Bahkan pemerintah pun ikut mendukung program komunita yang memiliki tujuan untuk membangun minat baca masyarakat.

Nah, menjual buku secara online memang tidak mudah, karena banyak hal yang perlu disiasati dan harus memiliki stategi yang tepat.

Apalagi sudah banyak perusahaan maupun perorangan yang sudah lebih dulu memulai bisnis ini.

Namun tak ada kata terlambat untuk memulai sebuah usaha.

Jika Anda ingin memulai bisnis ini dari nol, yuk simak cara dan strateginya lebih detail di bawah ini !

Cara Memulai Usaha Toko Buku Online

Berikut ini beberapa langkah untuk memulai atau membuka usaha online, yaitu :

Membuat Website Toko Buku Online

Langkah pertama yang harus di lakukan untuk menarik minat pembeli adalah melakukan promosi, salah satunya dengan membuat website baik sederhana maupun yang professional.

Dengan membuat website ini, diharapkan Anda dapat menentukan pemasukan yang di hasilkan dari promosi ini.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuat beberapa design situs yang menarik dan mengakomodasi gambar – gambar sampul buku yang nantinya akan Anda jual.

Selain itu, yang paling utama adalah website tersebut bersifat user friendly, artinya website yang Anda buat dapat memudahkan pembeli dalam memilih buku – buku yang di inginkan dan juga memudahkan pembeli dalam bertransaksi dengan owner (pemilik toko online).

Kendalanya jika Anda kurang memahami dunia design, maka Anda dapat menyewa seorang programmer freelance yang akan membuat website Anda menarik, tetapi jika ingin pengembangan situs toko online terus meningkat, maka sebaiknya menggunakan programmer sebagai karyawan yang mana memiliki tugas untuk tetap menjaga ketertarikan konsumen ketika mengunjungi situs toko buku online anda.

Agar kunjungan situs Anda tinggi, Anda perlu menaikkan traffic situs dengan cara menggunakan sinopsis.

Sinopsis yang di buat menarik akan mempengaruhi tingkat kunjungan situs yang Anda miliki.

Caranya dengan menggunakan kata-kata yang memiliki asosiasi kuat dengan buku tersebut dalam tiap sinopsis.

Hasil yang dapat dilihat, situs yang Anda miliki selalu berada di urutan paling atas mesin pencari saat orang mencari informasi tentang buku tersebut.

Baca Juga: Usaha Toko Buku Offline Menjanjikan

Menghubungi Penerbit dan Jalin Hubungan Baik

Langkah selanjutnya setelah membuat website adalah menghubungi beberapa penerbit buku yang ingin di jual.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin hubungan kerja sama, misalnya dengan ikatan kerja sama ini membuat Anda mendapatkan diskon khusus dan kerja sama seperti ini menguntungkan pada kedua belah pihak.

Supplier buku mendapatkan diskon / potongan harga yang lumayan besar, sedangkan penerbit ingin bukunya terjual lebih banyak lagi tanpa embel-embel diskon yang besar.

Kebanyakan penerbit tidak akan memberi diskon kepada supplier buku  yang belum terlalu besar namanya, namun akan melihat prestasi dan strategi penjualan yang di lakukan.

Jika dalam kurun waktu yang singkat dapat menjual beberapa item buku, maka supplier itu berhak mendapatkan diskon dalam jumlah besar karena telah membantu menaikkan omzet penerbit.

Kerjasama dengan penerbit ini, selain membicarakan diskon, juga akan menentukan stok buku yang bisa diambil terlebih dahulu tanpa harus membayar.

Istilahnya dalam dunia dagang disebut sistem konsinyasi. Dengan kata lain, system ini akan terus berjalan ketika para penerbit sudah percaya dengan sistem penjualan yang kita gunakan untuk promosi.

Melakukan Pemasaran Toko Buku Online

Bisnis dalam lini bidang apapun, pemasaran / marketing merupakan organ terpenting.

Karena dengan adanya marketing ini penjualan akan terus naik dan sesuai dengan target.

Jika situs web sudah ada, maka perlu ada tool satu lagi yang di tambahkan agar semakin menarik perhatian masyarakat.

Salah satunya adalah dengan memasarkannya melalui akun media sosial yang sekarang sedang booming, yaitu Instagram, line, twitter dan lainnya.

Dari situlah, calon pembeli buku akan terbawa dalam situs yang Anda buat.

Baca Juga: Strategi Usaha Toko Mainan Anak

Modal Usaha Toko Buku Online

Untuk membuka suatu usaha pasti di perlukan modal yang cukup besar agar usaha berjalan dengan lancar dan tidak terhalang hanya karena kurangnya dana.

Namun untuk modal usaha online tidak memerlukan modal yang terlalu banyak karena hanya mengandalkan sistem pemasaran / marketing yang handal saja.

Misalnya membutuhkan computer / laptop yang menunjang sarana promosi, selain itu dapat menggunakan smartphone masing – masing. 2 benda itu modal utama untuk membuka bisnis online, modal lainnya bisa berupa barang yang akan di pasarkan.

Disini Anda bebas memilih untuk menyetok barang di rumah atau melakukan sebuah sistem PO (Pre Order) yang mana pembeli harus menunggu beberapa hari untuk menerima pesanannya. Sangat mudah dan simple.

Promosi Dan Strategi Pemasaran Usaha Toko Buku Online

Tombak utama daari sebuah usaha online adalah cara atau strategi marketing untuk memasarkan produk yang di jual, berikut beberapa tips untuk mempromosikan produk, yaitu :

Jemput Bola

Strategi ini dapat di lakukan oleh para pebisnis online tudengan mudah, jemput bola maksutnya adalah mempromosikan produk tersebut dengan cara yang kreatif tapi tepat sasaran. Misalnya dengan cara email marketing kepada calon pembeli. Email marketing tersebut berisi tentang profil sekilas took online Anda dan berbagai produk yang dapat di beli. Dengan begitu orang mulaii penasaran dan akan tergiring masuk ke dalam situs web yang sudah Anda buat sebelumnya secara menarik.

Memberi Diskon

Siapa yang tertarik dengan diskon ? diskon atau potongan harga merupakan strategi marketing yang sangat efektif untuk menarik minat masyarakat dalam menjual apapun itu, termasuk buku. Hal ini akan sangat mempengaruhi besar penjualan yang di terima oleh anda.

 

Memberi Bonus

Sama halnya dengan memberi diskon, strategi ini dapat menjadi daya tarik masyarakat tersendiri oleh mereka. Strategi ini sering kali di lakukan oleh penerbit untuk menarik minat pembeli dengan cara memberikan bonus berupa goodie bag, note, pensil warna, pin dan lain sebagainya. Buku dengan tanda tangan penulis juga termasuk salah satu yang paling menarik minat pembeli.

 

Menjual E – book

Selain mempomosikan buku fisik, Anda juga dapat menjual e – book yang terkenal dengan cara praktisnya karena tidak perlu membawa buku di dalam tas, hanya perlu membuka smartphone masing – masing dan dapat membaca buku di dalamnya. Dengan menjual dua jenis buku maka Anda mengambil strategi jitu untuk meningkatkan penjualan.

 

Buku jenis elektronik saat ini pula banyak dibuat oleh penerbit. Bekerjasama dengan penerbit merupakan strategi yang bagus untuk ikut memasarkan e-book mereka. Lalu cari pasar yang tepat untuk menjual e-book tersebut. Kalangan kelas menengah ke atas dan masyarakat melek teknologi adalah sasaran utama.

Sistem Pre Order

Menjual buku yang belum terbit di pasaran adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan penjualan. Bekerjasama dengan penerbit dan membuat sistem pre-order adalah solusinya, yakni kerja sama untuk pemesanan buku yang belum dicetak. Pembeli baru mendapatkan pesanan bukunya ketika buku itu cetak. Artinya, mereka merupakan orang pertama yang memiliki buku tersebut bahkan ketika buku itu belum masuk ke pasaran toko buku. Selain itu menggunakan sistem pre order ini dengan mempromosikan buku yang jarang ada di toko buku terkenal, seperti gramedia.

Tulis review buku yang di jual

Review buku dapat menjadi alat marketing untuk meningkatkan daya tarik pembeli. Tulis review buku lalu sebarkan melalui situs website toko buku dan sosial media Anda, tentu beserta link dan cara pembeliannya. Review yang positif dapat membuat pembaca tertarik untuk membeli buku yang sama.

Akses yang mudah

Maksutnya disini adalah mempermudah calon pembeli untuk memesan buku. Baik kemudahan dalam memilih layanan pada situs website toko Anda maupun kemudahan dalam pemilihan pembayaran (menggunakan transaksi banking atau transaksi lainnya yang mudah di lakukan oleh pembeli).

Pemilihan jenis dan kategori buku

Membedakan buku sesuai dengan kategorinya dapat memudahkan para calon pembeli untuk menuju ke buku yang ingin di cari.

Pelayanan produk

Hal itu penting untuk dilakukan karena dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis online anda, cantumkan pula alamat dan contact person yang dapat dihubungi konsumen secara langsung. Bila perlu sediakan layanan chat online melalui aplikasi yang lagi tren, agar konsumen dapat berkomunikasi langsung ketika hendak menanyakan sebuah buku.

Baca Juga: Cara Buka Usaha Toko Komputer

Kelebihan Menjual Produk Secara Online

Setiap usaha  / bisnis memiliki kelebihan masing – masing termasuk usaha online, berikut ini kelebihan dari menjual produk secara online :

a. Pemasaran bisnis online akan memberikan akses yang luas dari pelanggan potensial

b. Internet merupakan satu – satunya media promosi yang dapat melintasi batas – batas geografis secara nasional

c. Biaya yang harus di keluarkan jauh lebih murah di bandingkan dengan biaya pemasaran produk yang lainnya dalam bentuk fisik

d. Internet memungkinkan penjual dengan pembeli selalu terhubung secara real time

e. Internet marketing yang menarik bisa mendapatkan umpan balik secara instan dari pelanggan.

f. Internet marketing atau pemasaran online dapat mengefisiensi waktu kedua belah pihak

g. Internet marketing juga dapat membuat bisnis Anda beroperasi 24 jam setiap hari

Beri Nilai Lebih pada Usaha Toko Buku Online Anda

Jika ingin mendapatkan banyak pelanggan maka kita sebagi pemain baru haruslah memenangkan persaingan.

Keunggulan usaha toko buku online Anda yang toko online lain tidak memberikan hal tersebut meliputi :

a. Harga yang bersaing

b. Kualitas buku yang di jual, baik itu buku fisik maupun buku elekstronik

c. Kenyamanan calon pembeli dalam membeli buku pada situs web online yang menarik

d. Bonus tertentu, dan sebagainya

Bagaimana menarik bukan ? Ayo susun rencana usaha toko buku online dari sekarang !

Referensi

https://pondokpesantrensurabaya.blogspot.com/2017/09/sukses-bisnis-toko-buku-online-tanpa.html

http://lembing.com/8-kelebihan-dan-kelemahan-pemasaran-online/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *