Promosi Lewat Sosial Media

Pengguna sosial media di Indonesia sekarang ini sangat besar, bahkan merupakan pengguna facebook terbesar si Asia Tenggara dan masuk 10 besar dunia.

Belum lagi platform lain seperti instagram, twitter dan lainya.

Banyaknya pengguna sosial media yang terus mengalami peningkatan tentu sangat berdampak baik jika dijadikan sarana berpromosi untuk memajukan usaha atau bisnis Anda.

Dengan mengembangkan promosi di sosial media yang benar maka akan menumbuhkan pengikut, menghasilkan prospek serta dapat meningkatkan penjualan.

Disamping jangkauan yang sangat luas, penggunaan sosial media sebagai ajang promosi juga sangat hemat jika dibandingkan promosi konvensional pada umumnya.

Bagaimana cara berpromosi untuk menumbuhkan kemajuan bisnis lewat sosial media ini?

Berikut ulasan selengkapnya.

Terapkan Stategi Khusus Untuk Setiap Platform Media Sosial

Setiap media sosial memiliki cara yang berbeda dalam pengelolaan strategi untuk tujuan promosi usaha Anda.

Pelajari cara yang tepat untuk mencapai target promosi yang diinginkan.

Ada banyak media sosial yang bisa Anda gunakan untuk berpromosi namun bagi pemula yang belum memiliki pengalaman dalam bidang ini, maka fokus membuat promosi di salah satu media sosial adalah pilihan tepat.

Anda bisa memmilih facebook, instagram, linkedin bahkan twitter.

Seseuaikan dengan bidikan pangsa pasar seseuai dengan bisnis Anda, mana yang paling efektif menurut Anda.

Ini bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan semua jaringan media sosial secara bersamaan, namun bagi usaha kecil pemula tentu memilih salah satu saja dahulu merupakan langkah awal yang paling tepat.

Nanti seiring berjalanya waktu dan keahlian Anda makin baik maka penggunaan beberapa media sosial bisa mulai diterapkan.

Beberapa hal yang harus Anda pahami adalah tentang, jenis bisnis yang akan Anda promosikan, apakah produk jasa atau jualan barang buatan sendiri atau jenis produk yang banyak di pasaran.

Dengan mengenal produk yang akan Anda promosikan maka Anda dapat menargetkan kelompok audiens atau pemirsa yang ingin Anda tuju.

Dengan begitu promosi akan lebih efektif terutama jika Anda ingin mempromosikan bisnis di grup facebook, ataupun melalui iklan faebook.

Konsisten

Jika Anda aktif di grup jual beli maka jangan berharap untuk langsung medapat banyak perhatian dari anggota forum apalagi jika produk Anda merupakan produk yang sudah sangat umum.

Anda harus konsisten dalam berpromosi namun dengan cara yang tepat.

Terlalu sering memosting jualan di forum tertentu juga akan membuat anggota forum justru tidak tertarik karena dianggap sebagai hal yang kurang menarik untuk dilihat.

Cobalah untuk konsisiten berinteraksi dengan anggota forum dengan memberikan komentar yang menarik perhatian anggota lain sehingga Anda terlihat menonjol sebagai Anggota aktif yang akan mendapat banyak interaksi.

Jika ada anggota sebuah forum yang memiliki keluhan atau pertanyaan cobalah berikan sebuah jawaban terbaik agar posisi Anda dalam grup makin menonjol.

Jika demikian maka ketika Anda melakukan promosi di dalam forum tersebut maka orang akan lebih mempercayai Anda dan memiliki kemungkinan interaksi yang jauh lebih baik.

Hal penting berikutnya adalah konsistensi Anda dalam memposting harus spesifik untuk setiap situs media sosial yang Anda gunakan.

Beberapa platform seperti Twitter dan Instagram Stories mengharuskan Anda untuk aktif beberapa kali per hari untuk mendapatkan potensi maksimal dari audiens Anda.

Namun jenis postingan seperti Postingan Instagram biasa dan pembaruan Facebook, bisa di update lebih jarang.

Agar strategi postingan Anda lebih efektif maka pelajari faktor-faktor bagaimana algoritma bekerja untuk setiap platform.

Yang penting lakukan perencanaan konsisten tentang seberapa sering Anda berencana untuk mempublikasikan di setiap platform media sosial berdasarkan praktik terbaik untuk platform itu, dan fokus pada jenis konten apa yang Anda rencanakan untuk diposting di setiap platform.

Fokus Pada Tujuan Promosi

Memiliki tujuan promosi yang terfokus akan membantu Anda membuat konten berkualitas lebih tinggi yang sesuai dengan produk dan dapat mengena sesuai tujuan promosi dengan audiens Anda.

Artinya setiap postingan yang Anda buat harus selalu relevan dengan bidang produk yang ingin Anda promosikan, Anda bisa membagikan cerita viral ataupun hal menarik yang dapat menjadi inspirasi atau tentang apapun, namun setiap pesan harus masih relevan dengan tujuan promosi sehingga Anda akan dianggap ahli pada bidang produk tersebut.

Menganalisa Hasil Promosi Anda

Untuk memastikan Anda mendapatkan hasil terbaik dari pemasaran media sosial, Anda harus melacak dan mengukur upaya Anda secara akurat.

Beberapa metrik yang dapat Anda pantau meliputi:

  • Tayangan, retweet, dan sebutan di Twitter
  • Klik, tayangan, dan interaksi di LinkedIn
  • Keterlibatan dan kesan di Pinterest
  • Suka, komentar, dan sebutan di Instagram
  • Tampilan dan keterlibatan di Instagram Stories

Anda dapat meninjau metrik tersebut tiap minggu dan setiap bulan dan membandingkan mana yang memiliki trend positif dan mana yang cenderung stagnan bahkan nyaris tanpa tanggapan.

Dengan mengetahui mana yang terbaik dan menghasilkan banyak interaksi Anda dapat mngetahui lebih lanjut mana promosi yang efektif dan dapat menghasilkan interaksi terhadap produk yang Anda promosikan.

Dengan begitu Anda dengan mudah untuk menganalisa mana yang perlu diperbaiki sehingga fokus promosi lebih baik.

Salah satu alasan mengapa suatu konten tidak berhasil di media sosial mungkin karena konten tersebut kurang berkualitas atau tidak mampu menarik minat.

Atau bisa jadi judul utama Anda di kiriman Tweet, Pinterest, atau Facebook tidak menarik perhatian pengikut Anda.

Namun begitu faktor lain juga  menentukan seperti isi konten yang cenderung monoton di setiap postingan sehingga pengikut atau pemirsa cenderung bosan.

Pemahaman Tentang Algoritma Media Sosial

Situs media sosial terkenal seperti facebook dan instagram akan mengubah algoritma mereka secara acak tanpa pemberitahuan, membuat banyak pengguna frustrasi karena berdampak pada jangkauan promosi yang secara tiba-tiba mengalami penurunan.

Untuk memahami apa yang berubah dalam algoritma dan menyesuaikan strategi konten Anda – dalam banyak kasus, mempertahankan konten berkualitas tinggi akan membantu Anda menghindari konsekuensi yang signifikan dari perubahan algoritma itu sendiri.

Namun jika postingan Anda sepi dan tidak banyak mendapat interaksi alihkan fokus Anda untuk menjangkau orang-orang melalui Instagram Stories.

Anda dapat memposting Cerita ketika Anda memiliki posting baru di feed Anda untuk memancing orang agar mengklik profil Anda dan menyukai foto Anda.

Cara seperti ini akan memberi tahu algoritma bahwa mereka audiens menyukai untuk berinteraksi dengan pemilik post sekaligus ini dapat dijadikan cara untuk mendekatkan Anda dengan audiens.

Bermitra dengan Influencer dan Mikro-Influencer

Cara tercepat untuk dapat mempromosikan produk adalah dengan meminta bantuan para influencer untuk dapat mempromosikan produk Anda.

Mereka yang telah memiliki banyak pengikut di instagram dapat dengan mudah mengenalkan produk Anda kepada pengikutnya untuk mendapat lebih banyak interaksi dan cara ini jauh lebih efektif.

Ketika Anda bermitra dengan influencer mapan yang memiliki pengikut aktif , Anda dapat memperkenalkan merek Anda ke audiens baru yang mungkin tidak mengetahui produk Anda.

Influencer dengan banyak pengikut biasanya akan mematok tarif yang cukup mahal untuk bermitra untuk mempromosikan produk Anda.

Nah bagi yang memiliki budget kecil Anda dapat memanfaatkan micro-influencer yang lebih spesifik dimana memiliki pengikut hanya ribuan saja namun memiliki minat sesuai dengan produk

Kiat Promosi Berdasarkan Platform

Kiat media sosial untuk Facebook

Gunakan iklan Facebook
Jika algoritme Facebook terus mengubah visibilitas organik secara signifikan tanpa pemberitahuan maka menggunakan klan berbayar bisa menjadi strategi yang andal untuk mendapat audiens terpilih yang dapat Anda seting sesuai dengan minat audiens.

Dengan iklan yang berbayar di facebook maka Anda dapat membuat pesan yang sangat terfokus yang menargetkan demografi tertentu dari usia dan lokasi hingga jenis perangkat yang mereka gunakan saat mereka melihat iklan.

Video Live
Video Facebook Live dapat Anda manfaatkan untuk menjangkau lebih banyak audiens dan bepotensi mendapat komentar lebih agresif dibandingkan jika mengupload video bukan live.

Umumnya orang-orang akan menonton video Langsung hingga tiga kali lebih lama daripada menonton video yang direkam sebelumnya, jika video yang Anda siarkan mampu menarik perhatian audiens.

Dengan siaran live di facebook Anda dapat menayangkan hiburan sekaligus berbagai tutorial yang akan sangat disukai pemirsa sehingga akan menjaring penonton berinteraksi dengan komentar akan keingintahuan mereka.

Fokuslah pada tema siaran langsung yang relevan dengan produk promosi sehingga Anda dapat menggabunggkan promosi dari acara live yang menyenangkan.

Bangun komunitas di Grup Facebook
Jika Anda telah memiliki Halaman Facebook, maka mulaialah mempertimbangkan untuk membuat grup facebook agar lebih terhubung dekat dengan pengikut Anda .

Halaman Facebook Anda dapat menawarkan informasi yang lebih umum, sementara grup Anda dapat menciptakan komunikasi lebih dekat antara Anda dan audiens Anda dan di antara audiens Anda sendiri.

Dengan komunitas grup Anda dapat berbagi ilmu dan manfaat dari serangkaian produk yang Anda ingin promosikan dan dijadikan sarana untuk diskusi tentang produk Anda.

Manfaatkan Messenger
Facebook Messenger mungkin terasa ribet karena harus mengirimkan promosi satu persatu.

Namun faktatnya messenger terbukti efektif karena mampu menjalin komunikasi lebih dekat langsung ke ke pesan pribadi orang per orang.

Asalkan cara penyampaian tepat dan menargetkan audiens yang relevan dan memiliki minat yang sesuai kriteria produk ini benar-benar sangat efektif.

 

Kiat Promosi dengan Twitter

Bergabung dengan Percakapan
Twitter masih menjadi salah satu cara tercepat untuk terlibat dengan orang-orang di area komunitas yang memiliki minat pada produk Anda bahkan pada orang yang tidak pernah mengikuti Anda sekalipun.

Dengan Twitter akan memungkinkan Anda untuk bergabung dalam percakapan yang sedang tren dan Anda dapat andil untuk bergabung dengan percakapan dengan  orang-or ang yang kemungkinan memiliki ketertarikan dengan produk yang ingin  Anda promosikan.

Iklan Twitter

Iklan berbayar dapat menjadi cara yang efektif untuk menyampaikan pesan Anda kepada orang yang tepat.

Twitter setidaknya memiliki tiga cara untuk mengiklankan produk Anda:

  • Tweet Promosi,
  • Akun Promosi, dan
  • Tren Promosi.

Kelebihan iklan di twitter adalah tayangan iklan yang sangat mirip dengan postingan organik bahkan kebanyakan orang sekilas menyangka postingan promosi tersebut bukanlah sebuah iklan.

Kiat Promosi di Instagram

Posting Cerita Instagram
Sudah diketahui bahwa Instagram akan mengubah cara postingan berinteraksi dengan algoritmanya bahkan tanpa sepengetahuan kita sebagai pemilik akun instagram, sangat sulit untuk memprediksi apakah postingan Anda akan menghasilkan interaksi yang baik ketika algoritma ini berubah.

Salah satu cara untuk memastikan bahwa Anda tetap berada di depan pengikut Anda  dengan memposting Stories secara konsisten.

IGTV
Jika Anda memiliki video tutorial yang Anda yakin menarik maka IGTV bisa dimanfaatkan untuk mengupload dan menyisipkan promosi produk Anda.

Selama video Anda relevan dana selalu fokus dengan konten yang ingin dipromosikan maka kemungkinan Anda akan mendapatkan manfaat dari promosi ini sangat baik.

Kesimpulan

Media sosial mengalami peningkatan yang sangat signifikan dari tahun ke tahun, seiring berjalanya waktu Anda akan menemukan cara terbaik untuk berpromosi lewat media sosial ini, dan konsistensi dengan cara yang tepat pasti akan berbuah manis.