Tips Memulai Usaha Kecil dari Nol

Siapa sih, yang tidak ingin jadi pebisnis sukses?

Namun begitu faktanya kebanyakan orang lebih memilih untuk mencari pekerjan dengan bekerja pada orang lain, bahkan mereka rela menunggu dan mencari hingga menghabiskan banyak waktu untuk menganggur tanpa pekerjaan pasti.

Bagi Anda yang sedang mengalami dilema serupa kenapa tidak mulai untuk merubah mindset dan mulai menjajaki dunia usaha?

Banyak orang yang sukses menjadi pebisnis besar bahkan mereka memulai usaha dari nol, alias tanpa pengalaman ataupun bukan dari keturunan seorang pebisnis.

Namun begitu pada kenyataanya justru jauh lebih banyak orang yang frustasi dan menyerah karana gagal dalam memulai usaha kecil mereka.

Sebenarnya apa yang salah dan benarkah memulai usaha dari nol itu sangat susah?

Kenapa banyak orang yang sukses dan terlihat mulus saja dalam mengembangkan dan membesarkan usahanya dan kenapa justru yang lain atau  mungkin Kita sendiri merasa begitu kesusahan?

Dalam artikel ini akan dibahas apa saja yang sikap dan tindakan yang seharusnya dilakukan seorang pemula dalam memulai usaha kecil dalam upaya mencapai target kesuksesan sesuai target perencanaan.

Ciptakan Ide yang Prospektif

Penentuan ide usaha yang tepat akan lebih memuluskan Anda dalam mewujudkan keinginan untuk memulai usaha kecil Anda.

Memilih usaha yang merupakan hobi Anda merupakan salah satu syarat yang baik, namun begitu Anda juga harus realistis terhadap hobi tersebut.

Artinya meskipun usaha atau bisnis yang sesuai dengan hobi akan lebih menyenangkan Anda harus melihat prospek bisnis itu.

Jika prospeknya baik dan itu merupakan hobi Anda maka ini merupakan pilihan yang tepat.

Namun begitu jika bisnis yang berdasarkan hobi Anda kurang potensial karena permintaan pasar di area Anda tidak mendukung maka sebaiknya pilih jenis usaha lain setidaknya pilihlah usaha yang tidak Anda benci, sehingga ketika Anda menjalani bisnis nanti bisa terus menikmati prosesnya hingga usaha berkembang dan sukses.

Pilih Partner yang Tepat

Membangun usaha sendiri dari nol tanpa dukungan partner yang tepat sering membuat kewalahan bahkan bisa cepat membuat kita putus asa ketika di hadapakan berbagai permasalahan.

Namun begitu memilih partner bisnis juga bukanlah perkara mudah.

Sering memunculkan perselisihan dikemudian hari, entah masalah keuangan, iri karena pembagian kerja yang tidak adil dan sebagainya.

Bagaimana memilih partner yang tepat agar dapat menjalankan bisnis hingga sukses dan terus berlanjut?

  • Pilihlah partner yang jujur dan memiliki visi atau pandangan yang sama tentang bisnis yang akan dijalankan.
  • Pilihlah partner yang memiliki kemampuan dalam menjalankan bisnis dengan keunggulan yang saling melengkapi. Jika Anda ingin membangun usaha warung makan setidaknya  satu diantara pemilik usaha memiliki kemampuan memasak yang sangat baik terutama jika Anda ingin membangun usaha dengan memasak sendiri, sementara partner lainya memiliki kemampuan yang bagus dalam memanajemen usaha atau bisa juga memiliki modal yang bagus, dan sebagianya.
  • Pilih partner yang dekat dengan Anda, partner yang memiliki kedekatan akan lebih mudah dalam membuat keputusan bersama. Jika memungkinkan partner Anda adalah istri atau suami Anda sendiri atau setidaknya sahabat yang sudah yakin akan kinerjanya dan sikap baiknya.

Meski Anda sudah menentukan partner yang tepat ini bukan berarti tidak ada kemungkinan perselisahan di kemudian hari.

Inilah yang harus Anda juga antisipasi dari awal, diskusi secara matang secara detail tentang rencana usaha yang akan dijalankan lalu buat kesepakatan dan tuangkan kesepakatan dalam surat perjanjian.

Isi surat perjanjian harus meliputi segala hal yang bisa menimbulkan perselisahan, seperti pembagian tugas, pembagian keuntungan dan kerugian, hak dan kewajiban, serta sangsi jika salah satu partner melanggar aturan yang dibuat, serta detail lain jika diperlukan.

Mungkin sebagai pemula akan kesulitan dalam menulis semua detail isi peraturan ini.

Jangan khawatir buatlah komitmen untuk fleksibel dalam menyusun perjanjian ini, sehingga perjanjian bisa di ulas ulang setiap bulan atau tahun dengan menyesuaikan pada realita yang dijalani.

Siap Bekerja Keras

Sebagai pemula jangan berandai-andai akan sukses dalam sekejap, persiapkan mental dan siap bekerja keras untuk membangun usaha dengan tangan Anda sendiri.

Ketika bisnis diterima baik di pasaran bukan tidak mungkin Anda harus bekerja lembur, kekurangan waktu untuk bersenang-senang dengan kerja keras Anda itu.

Namun begitu ketika usaha Anda dan kerja keras Anda terbayar maka akan ada masanya Anda kebih santai karena Anda bisa memperkerjakan karyawan untuk memegang apa yanga selama itu Anda lakukan.

Gunakan Waktu Semaksimal Mungkin

Ingat orang yang sukses sangat menghargai waktu mereka.

Sebagai pemula dalam memulai bisnis Anda juga harus mulai menerapkan sikap yang sama.

Sebagi contoh ketika di awal buka usaha warung makan bisa saja masih sepi pengunjung, waktu akan terbuang sia-sia jika Anda hanya menunggu pembeli hanya dengan berdiam diri.

Bukankah pada momen tersebut Anda bisa manfaatkan untuk hal yang bermanfaat seperti membuat desain promo di smartphone Anda kemudian Anda bagikan ke teman, status wa, status facebook hingga memosting di berbgai grup relevan yang masih dalam jangkauan bisnis.

Atau bisa juga Anda manfaatkan untuk mempelajari resep-resep baru hingga memanfaatkan waktu untuk merinci biaya-biaya dalam menjalankan usaha tersebut.

Rekrut Karyawan Terbaik

Ketika usaha terus berkembang dan Anda mulai kewalahan jangan biarkan pelanggan menunggu terlalu lama atau mengantri terlalu panjang karena kekurangan tenaga dalam melayani mereka.

Segera rekrut karyawan untuk menunjang bisnis Anda terus tumbuh dan dapat melipatgandakan keuntungan karena pelayanan menjadi lebih cepat dan dapat menjangkau lebih banyak lagi pelanggan.

Namun begitu pemilihan karyawan juga harus hatu-hati, pilihlah karyawan terbaik yang sesuai dengan tugas yang akan dipegangnya.

Untuk mendapatkan karyawan yang tepat silahkan baca disini.

Ciptakan Produk Terbaik

Mungkin usaha Anda akan disambut baik pasar karena strategi promosi yang Anda bangun berhasil denga baik.

Namun ingat kesuksesan promosi yang mendatangkan banyak pelanggan tidak akan bertahan lama jika produk yang Anda jual biasa saja.

Promosi yang baik harus dibarengi dengan kualitas produk yang terbaik.

Produk terbaik bukan berarti harus mengorbankan keuntungan, buatlah produk terbaik di rentang harga yang sama di antara pesaing-pesaing yang ada di area Anda menjalankan usaha tersebut.

Namun tetap mempertimbangkan harga jual yang masih menguntungkan.

Disiplin dan Manajemen yang Baik

Banyak pebisnis baru gagal karena tidak menerapkan disiplin dan tidak mampu menjalankan manajemen yang baik.

Banyak pebisnis yang memulai usaha membuat usaha kuliner dan mendapat respon yang antusias dari pembeli karena rasanya yang dianggap istimewa, namun seiring berjalanya waktu ketikan usaha mulai banyak orderan justru kualitas dan kuantitas produk semakin menurun.

Ada juga mereka yang tidak memanajeman usahanya dengan baik bahkan tidak jarang yang mencampur adukan keuangan dengan keungang keluarga sehingga tidak jelas keuntungan yang didapatkan bahkan ini bisa membuat usaha lama-lama kehabisan modal.

Tentu Anda tidak perlu mengalami apa yang mereka rasakan, dan harus benar-benar menerapakan disiplin dalam segala hal dengan menjaga kualitas produk, konsisten dalam menjalankan usaha seperti memberlakukan jam opersional yang selalu sama , memanajemen usaha dengan perhitungan yang baik dan sebagainya.

Manfaatkan Tekhnologi Terkini

Ketika usaha kecil Anda tumbuh, Anda tidak boleh lengah karena setiap hari muncul calon pengusaha baru yang akan siap bersaing dengan usaha Anda.

Jika selama ini Anda masih menggunakan cara tradisonal karena masih pemula, maka ketika usaha tumbuh dan berkembang mungkin Anda akan kewalahan.

Manfaatkan tekhnologi untuk mempercepat produktivitas, dari mesin produksi, peggunaan tekhnologi komputer untuk menunjang sistim manajemen, hingga menggunakan tekhnologi internet untuk berpromosi baik lewat iklan berbayar maupun memanfaatkan sosial media gratis untuk memperluas cakupan area bisnis Anda.

Supplier Adalah Raja Kaya

Bukan hanya pembeli atau pengguna produk Anda namun supplier atau pemasok barang juga adalah raja kaya yang harus diperlakukan dengan baik.

Banyak supplier yang telah mempercayai Anda dalam kerjasama bisnisnya akan memberikan kemudahan bagi Anda mendapatkan modal barang tanpa harus membayar di awal.

Ini adalah suntikan dana yang sangat membantu usaha terutama jika Usaha memerluakan pasokan barang yang melebihi budget yang Anda miliki.

Memperlakukan semua pemasok barang dengan baik juga akan meningkatkan kredibilitas Anda dalam berbisnis.

Jujur dan Berikan yang Terbaik

Jangan pernah tergiur dengan keuntungan materi sesaat sehingga Anda harus membohongi pelanggan Anda.

Kejujuran dan konsisten dalam berbisnis akan membuat usaha Anda menjadi usaha yang akan dipercaya.

Jangan juga berbisnis hanya untuk iseng semata, lakukan sepenuh hati dan lakukan yang terbaik untuk menghadirkan produk berkualitas dan mampu bersaing unggul dengan produk serupa pada rentang harga yang sama.

Dengan komitmen seperti ini maka pintu sukses dalam menjalani usaha akan terbuka lebar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright© Hinyong 2020
Tentang Hinyong| Hubungi Hinyong| Privacy Policy|Disclaimer|Terms Of Services|Sitemap