Usaha barbershop

Cara Buka Usaha Barbershop

Di masa sekarang ini bukan hanya perempuan yang ingin selalu tampil menarik.

Tampaknya trend kaum adam tampil rapi dan kekinian mewabah hingga ke penjuru negeri,  kita lihat saja pertanda dari ini semua dengan makin maraknya usaha barbershop yang tumbuh bak jamur di musim penghujan.

Kabar baiknya keberadaan barbershop ini rata-rata disambut baik oleh pelanggan, dan tentu ini akan menjadi ide peluang usaha bagi Anda yang kebetulan igin mendirikan usaha barbershop.

Beberapa alasan kenapa barbershop lebih laku dibandingkan tukang potong rambut biasa karena disini dihadirkan perpaduan sempurna perawatan rambut pria dan kenyamanan serta kepuasan pelanggan karena keahlian dalam menangani rambut dengan model terkini yang memberi kesan gaul sekaligus trendi.

Barbershop merupakan jawaban bagi pria yang mendambakan perawatan rambut profesional layaknya usaha salon kecantikan yang lebih fokus untuk perempuan.

Bagi Anda yang berminat untuk membuat usaha barbershop ini berikut ulasan singkat selengkapnya.

Lokasi Usaha Barbershop

lokasi barbershop
lokasi barbershop

Lokasi usaha merupakan hal pertama yang harus Anda pikirkan, semakin bagus  lokasi maka akan semakin besar kemungkinan untuk mencapai kesuksesan usaha ini.

Mungkin Anda akan mengeluhkan harga sewa yang terlalu mahal untuk sebuah lokasi yang strategis, namun percayalah ini jauh lebih baik dibandingkan mendapatkan sewa tempat murah namun lokasi jauh dari kata strategis.

Lokasi seperti di sekitar area kampus, di daerah perkantoran yang padat, atau bisa jadi berada di dekat pusat perbelanjaan merupakan kawasan yang sangat cocok untuk didirikan usaha barbershop.

Namun jika Anda benar-benar kekurangan dana untuk membayar sewa si lokasi strategis tesebut maka Anda tetep bisa mendirikan usaha barbershop di sekitaran rumah Anda sendiri dengan catatan memiliki lokasi dengan komunitas pria yang cukup banyak, dengan konsekuensi pendapatan mungkin akan lebih kecil dan tidak seramai jika memilih lokasi yang tepat.

Konsep Barbershop yang Menarik

Konsep desain barbershop

Untuk cepat menarik pelanggan maka buatlah konsep dan desain barbershop yang menarik.

Bukan hanya sekedar menawarkan potong rambut biasa, Anda bisa tawarkan layanan pijat sambil menunggu antrian atau Anda dapat menawarkan konsep barbershop cafe dengan menawarkan nikmatnya kopi di tempat yang nyaman sambil menunggu maupun setelah selesai perawatan rambut.

Pelayanan Ramah

Pelayanan yang baik adalah salah satu alasan kuat kenapa para pelanggan barbershop rela menjadi pelanggan tetap bahkan mau mempromosikan usaha kita ke teman mereka tanpa imbalan apapun.

Memberikan pelayanan terbaik adalah strategi usaha yang sangat baik, untuk dapat mewujudkan itu Anda dan tim yang bekerja harus solid dan terlatih dalam menyambut ataupun menciptakan suasana obrolan ketika ada pelanggan yang datang.

Pemilihan Karyawan yang Tepat

Karyawan Barbershop

Untuk menjalankan usaha barbershop Anda akan membutuhkan karyawan sebagai ujung tombak dalam perawatan rambut pelanggan, sekaligus mereka juga bertugas menjaga agar kebersihan area barbershop selalu terjaga.

Disamping harus piawai dalam penanganan masalah potong rambut dan jasa perawatan lainya karyawan juga harus memiliki cara yang menarik dalam melayani pelanggan.

Keramahan karyawan akan sangat membantu dalam mencapai tujuan suksesnya barbershop.

Memilih karywan yang paham model rambut kekinian mungin tidak banyak, karena itu Anda harus sangat selektif dalam memilih karyawan ini.

Carilah yang telah memiliki pengalaman cukup untuk memastikan mereka dapat langsung bekerja secara profesional tanpa canggung.

Peralatan yang Lengkap

Memiiki barbershop dengan peralatan lengkap tentu akan lebih menyenangkan karena baik karyawan maupun pelanggan akan lebih nyaman dengan dukungan peralatan ini.

Item peralatan barbershop harus disiapkan jauh hari untuk memastikan tidak ada yang kurang saat usaha barbershop mulai buka.

Barang-barang barbershop yang sangat penting tersebut diantaranya:

  • Gunting rambut biasa
  • Gunting kumis
  • Gunting bulu hidung
  • Gunting sasak
  • Mesin sukur atau clipper
  • Pisau cukur atau silet cukur
  • Sisir berbagai ukuran
  • Krim pencukur rambut
  • Handuk kecil dan besar
  • Shampoo
  • Water sprayer
  • Pommade
  • Kain penutup badan
  • Cermin besar
  • Kursi barber
  • Sofa ruang tunggu
  • dan lain-lain

Ruang Tunggu yang Nyaman

Menyediakan ruang tunggu atau minimal menyediakan sofa empuk yang nyaman untuk meraka yang menunggu giliran merupakan salah satu cara membuat tamu betah meski harus mengantri di barbershop Anda.

Kenyamanan itu akan lebih baik jika ditunjang dengan ruangan ber AC, televisi dan wifi gratis.

Tempat Parkir yag Memadai

Berikan tempat parkir yang luas dan cukup untuk menampung kendaraan pelanggan yang datang, ini akan membuat para pelanggan lebih tenang karena kendaraanya terparkir aman di depan area barbershop Anda.

Jika diperlukan berikan fasilitas ini gratis untuk memancing mereka berdatangan.

Promosi

Terakhir adalah promosi, ini merupakan bagian penting terutama ketika usaha masih baru buka untuk memperkenalkan usaha barbershop Anda.

Anda bisa memanfaatkan sosial media seperti facebook, wa, ataupun membuat selebaran promosi yang dapat Anda bagikan kepada orang-orang yang berlalu lalang ataupun Anda bagikan di kampus-kampus jika memungkinkan.

Semoga bermanfaat.