warung makan

Memaksimalakan Keuntungan Usaha Warung Makan

Bagi Anda yang sudah memiliki usaha warung makan dan ingin memaksimalkan pendapatanya berikut adalah tips untuk Anda.

Tambahkan Menu Spesial

Jika selama ini Anda hanya mengandalkan sajian warung makan dengan menu sederhana dengan harga yang murah meriah.

Maka ketika usaha sudah ramai coba ambil peluang untuk menambah menu masakan spesial dengan harga sedikit lebih mahal.

Anda juga harus memperhitungkan keuntunganya, upayakan agar Anda bisa menjual dengan keuntungan lebih tinggi karena merupakan menu istimewa.

Menu ini memang disajikan untuk orang tertentu saja namun akan meningkatkan pendapatan karena presentase keuntungan lebih tinggi.

Menu khusus ini bisa saja masakan gulai ayam kampung spesial, tongseng kambing muda, atau jenis makanan khas yang menarik minat pelanggan.

Jualan Produk Tambahan

Produk tambahan bisa disediakan setelah yakin usaha warung makan sudah mulai stabil dan memiliki pelanggan untuk meningkatkan keuntungan.

Coba tambah untuk menjual rokok, pulsa , permen , dan jajan atau Anda juga bisa menambahkan produk minuman es kelapa muda atau es dawet sebagai pelengkap usaha warung makan Anda.

Meski begitu penambahan produk sebaiknya dilakukan bertahap saja, kecuali Anda yakin memiliki dana lebih yang cukup.

Perluasan Lahan

Ada kalanya sebuah usaha warung makan mengalami peningkatan penjualan yang signifikan sehingga sering menemui kendala seperti mendapati banyaknya pelanggan yang mengantri dan rela duduk berdesakan karena ruangan yang ada tidak mampu menampung pembeli.

Jika tren positif ini dirasa stabil dalam beberapa bulan terkhir maka tidak ada salahnya untuk mulai memikirkan rencana perluasan lahan.

Meski begitu perluasan lahan jangan sampai mengganggu kegiatan usaha warung makan Anda.

Anda dapat mengatur perluasan lahan jualan sedemikian rupa agar supaya supaya usaha warung makan tetap berjalan dan pembangunan perluasan juga berjalan.

Anda bisa menutup area perluasan agar tidak terlalu mengganggu para pelanggan yang berkunjung.

Membuka Cabang

Jika usaha Anda yakin bahwa usaha warung makan makin ramai dan mendapatkan kepercayaan maka sebagai pengembangan usaha mulailah untuk membuka cabang.

Membuka cabang sebaiknya masih dalam wilayah yang sama namun dalam jangkauan yang berbeda seperti membuat warung makan di satu kabupaten namun berbeda kecamatan.

Utamakan memilih lokasi strategis agar lebih cepat mendapatkan pelanggan.

Lakukan promosi jauh hari sebelum usaha warung cabang dimulai, promosi internal bisa dilakukan dengan memajang poster pemberitahuan akan dibukanya usaha warung cabang di daerah yang direncanakan.

Ketika mendekati pembukaan usaha dan awal ketika usaha buka, Anda dapat mulai mengiklankan usaha Anda lewat media sosial seperti facebook di berbagai forum yang masih berhubungan topik dengan jual beli ataupun kuliner di area Anda.

Keberhasilan pengembangan usaha warung makan akan melipatgandakan keuntungan namun begitu pengembangan usaha yang gagal bisa jadi akan menghabiskan uang modal dan sangat berpotensi membuat usaha makin mundur.

Upayakan agar pengembangan usaha dilakukan hati-hati dengan membaca situasi, jika usaha sedang lesu maka sebaiknya bertahan saja dulu dengan mencari faktor penyebabnya, lalu memaksimalkan berbagai hal yang bisa di optimalkan.

Dengan menggali potensi yang ada dan mampu memberikan upaya pengembangan yang tepat  maka usaha warung makan akan terus maju dan berkembang.