Tips dan Cara Memulai Usaha Coffee Shop

Cara Memulai Usaha Coffe Shop atau Kedai Kopi Modern

Trend kedai kopi modern atau orang lebih familiar dengan coffee shop kian populer.

Hal ini karena konsumen penikmat kopi di Indonesia sangat banyak, dan ini tentu merupakan peluang yang sangat baik bagi Anda yang menginginkan memulai usaha.

Membuka kedai kopi yang sukses bisa menjadi pengalaman yang berharga. Karena Anda, ratusan teman  sesama penikmat kopi dapat melakukan percakapan yang menyenangkan disana.

Jika  kebetulan Anda saat ini sudah memiliki kedai kopi sendiri namun masih sepi maka yang harus Anda lakukan adalah memperbaiki kedai kopi Anda

Sayangnya melakukan perbaikan usaha coffee shop itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan!

Nah, berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membuka kafe ini yang akan membantu Anda mengembangkan usaha kedai kopi agar lebih cepat sukses.

Kuatkan Tekad dan Pelajari Dengan Baik

Membuka cofee shop membutuhkan investasi yang tidak sedikit dalam waktu dan uang.

Karena itu sangat penting untuk tekadkan hati untuk menciptakan keyakinan dengan usaha kopi yang akan Anda dirikan, untuk mendukung keyaknan diri maka Anda perlu mempelajari secara mendalam tentang usaha ini.

Banyak cara  untuk mendapatkan informasi tentang cara mendirikan usaha kedai kopi baik melalui internet, youtube maupun melalui buku namun cara terbaik adalah dengan mendekati dan mengkaji ilmu dari pemilik bisnis kopi dan belajar dari pengalaman mereka; mencari tahu apa yang berhasil, dan apa yang tidak.

Selain itu mulailah menjelajahi kedai kopi yang masih sanggup Anda jangkau untuk mencoba menu sekaligus menilai apa keistimewaan dan kekurangan usaha pada masing-masing coffee shop.

Dengan mengunjungi banyak kafe Anda akan mendapatkan wawasan tentang bisnis yang Anda inginkan.

Jangan pernah ragu untuk bertanya kepada para pelanggan kedai kopi yang Anda kunjungi dan kenapa mereka memilih kedai tersebut, buat catatan-catatan perbandingan.

Dengan cara diatas Anda yang telah memiliki rencana besar akan memiliki gambaran jelas tentang kafe Anda yang akan Anda jalankan.

Visi Usaha yang Jelas

Memiliki visi yang jelas akan membantu Anda konsisten dalam memilih nama, memutuskan dekorasi, merencanakan makanan, memilih kopi, memilih cangkir, dan menentukan cara Anda berinteraksi dengan pelanggan.

Ingat: Anda tidak bisa menyenangkan semua orang – rahasia sukses adalah benar-benar memahami untuk siapa Anda merancang bisnis ini dan maksimalkan pada orang-orang yang memiliki kesamaan selera terutama pada penikmat kopi ala coffee shop modern.

Peta Rencana Usaha

Anda juga perlu membuat peta rencana bisnis, proses penulisan rencana bisnis membantu Anda benar-benar memahami pasar lokal Anda dan melihat dari dekat angka-angka yang Anda butuhkan untuk membuat bisnis sukses.

Rencana usaha akan memandu Anda melalui setiap tahap pengembangan dan pengelolaan cofees shop Anda, dan akan berfungsi sebagai peta jalan tentang cara menyusun, menjalankan, dan mengembangkan bisnis baru Anda tersebut.

Dalam menyusun peta rencana usaha harus memasukan data seperti:

  • Visi usaha kedai kopi anda, pastikan tertulis visi dari usaha Anda buatlah moto yang merupakan fokus dari bisnis ini, dan uraikan bagaimana cara agar hal itu akan menonjol.
  • Analisa pasar lokal yang meliputi siapa calon pelanggan tetap Anda, dan siapa pesaing Anda.
  • Penyusunan tim kerja  And pastikan dengan jelas apa yang akan Anda lakukan sendiri, buat susunan tim kerja yang Anda pekerjakan untuk melakukan sisanya.
  • Rencana pemasaran merupakan hal pentng yang harus tertuang dalam peta rencana usaha Anda, Bagaimana promosi yang akan Anda lakukan, dan langkah-langkah yang perlu diambil untuk memancing pelanggan.
  • Persiapan modal, modal harus tertulis jelas tentang berapa banyak uang tunai yang Anda butuhkan untuk memulai dan dari mana asalnya.
  • Target keuangan tulis secara rinci proyeksi Laba Rugi, Arus Kas harus dituangkan sebagai target usaha.
  • Strategi pemilihan lokasi apakah sewa atau milik Anda sendiri.

Ketika merencanaan usaha coffee shop akan ada banyak hal yang perlu dipikirkan, tetapi meluangkan waktu untuk merencanakan setiap aspek bisnis Anda ini akan membantu menyiapkan Anda untuk sukses.

Lokasi Usaha

Lokasi sangat penting untuk keberhasilan keseluruhan bisnis kafe.

Perhatikan baik-baik berapa banyak orang yang berjalan kaki, dan berapa banyak tempat parkir yang tersedia.

Apakah lokasinya cukup terlihat dan strateis? Hal-hal seperti apa yang disukai masyarakat setempat?

Apakah lokasi yang akan Anda pilih banyak kafe lain atau berada di lokasi tanpa persaingan?

Ingat pahami betul-betul lokasi yang tepat untuk memastikan bahwa usaha Anda benar-benar mudah menjangkau calon konsumen terutama para penikmat kopi.

Penting juga untuk memahami detail sewa apakah bulanan atau tahunan, lakukan perbandingan secara mendalam dari berbagai lokasi yang Anda telah Anda perhitungkan.

Medapatkan Bahan Baku

Mendapatkan bahan baku yang baik adalah komponen kunci dari kesuksesan bisnis apa pun.

Bahan utama biasanya kopi, susu, roti, produk segar, dan bahan makanan.

Anda juga membutuhkan cangkir (kertas dan porselen), serbet, pengaduk kopi, teko, sirup daftar barang ini akan terus bertambah seiring waktu.

Catat dengan rapi untuk membuat daftar semua persediaan yang Anda butuhkan, sedetail mungkin.

Anda juga memerlukan mesin pembuat kopi atau coffee maker, lemari es,  mesin kasir… dan sebagainya. Sekali lagi, buat daftar dan sedetail mungkin.

Beberapa item mungkin tidak dibutuhkan segera, jadi prioritaskan mana yang harus di beli dulu dan ingat barang target selanjutnya.

Desain Coffee Shop

Desain kedai kopi akan sangat penting untuk menarik pelanggan dan menarik mereka untuk kembali.

Konsepnya akan sangat bergantung pada audiens target Anda. Apakah akan modern? Retro? canggih? Ramah keluarga? Berfokus pada kesehatan? Pemahaman selera pengunjung yang akan Anda bidik akan menjadi pertimbangak terkuat dalam mendesain kafe Anda.

Sekali lagi, jangan mencoba menyenangkan semua orang; memilih satu tema dan berpegang teguh pada itu akan membuat identitas yang lebih kuat.

Desain furnitur, pencahayaan, dan papan nama serta penempatan meja kursi harus dipertimbangkan dengan teliti agar tampil senada.

Suasana yang hebat dan alur kerja yang efisien sangat penting, dan jika budget Anda memungkinkan Anda bisa mengutarakan seluruh ide untuk di tuangkan dalam kreasi desain oleh seorang desainer.

Menu Kedai Kopi Anda

Menu Anda harus mengekspresikan visi dan tema kafe Anda. Semuanya perlu dipertimbangkan, mulai dari pilihan makanan, desain, warna, hingga deskripsi, dan penentuan harga yang menarik.

Ini dapat meninggalkan Anda dengan lusinan item yang hampir tidak pernah dipesan.

Merekrut Karyawan

Kebanyakan orang rata-rata akan mencari staf yang berpengalaman, Tapi ada satu hal yang mengalahkan pengalaman yaitu sikap.

Keterampilan dapat dipelajari, tapi sikap yang baik tidak begitu banyak.

Ya, tentu Anda akan memerlukan beberapa tenaga  berpengalaman, terutama pada tahap awal.

Namun, mengembangkan budaya tim yang hebat hanya terjadi jika Anda menemukan karyawan dan mampu bekerja sebagi tim dengan sikap yang baik dan mau mempelajari dengan cepat seiring pertumbuhan usaha.

Jadi pastikan untuk menemukan orang yang paling cocok untuk bisnis Anda.

Promosi Usaha Coffee Shop

Promosi usaha kedai kopi sedari dini dengan cara dan metode yang tepat akan lebih memudahkan untuk mendatangkan pelanggan terutama saat awal usaha dibuka.

Beberapa minggu menjelang pembukaan kedai kopi Anda adalah kesempatan untuk mulai mempromosikan usaha Anda.

Media sosial dapat Anda gunakan sebagai ajang promosi gratis terutama untuk menjangkau rekan Anda agar mengetahui dan menarik minat mereka , jadi gunakan itu untuk membangun jaringan Anda.

Pastikan Anda mencantumkan usaha Anda di Google Maps agar muncul di penelusuran lokal, Gunakan gambar dan video untuk menarik minat penikmat kopi .

Ketika mulai ada pelanggan Anda masuk, ajak mereka untuk mengikuti halaman sosial Anda untuk menerima pembaruan, gratis, dan spesial.

Buka Usaha Coffee Shop

Untuk menyelenggarakan grand opening yang sukses, Anda harus mulai mempersiapkan segalanya semanjak dini.

Pertimbangkan juga untuk mengadakan soft opening ini adalah cara yang bagus untuk beradaptasi dengan lingkungan usaha kopi milik Anda sendiri dan ini juga memberi Anda kesempatan untuk memperbaiki kesalahan dasar sebelum usaha Anda benar-benar buka secara resmi.

Dengan membuka usaha, Anda sudah membuka diri untuk menikmati waktu dan menjadi bos bagi diri sendiri, menciptakan keuntungan material maupun non material berupa pengalaman luar biasa dalam berbisnis, dan menjalin hubungan baru dengan komunitas yang berhasil Anda ciptakan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright© Hinyong 2020
Tentang Hinyong| Hubungi Hinyong| Privacy Policy|Disclaimer|Terms Of Services|Sitemap