Tips dan Cara Buka Usaha Toko Bangunan Untuk Pemula

Usaha Toko Bangunan

Jika anda memiliki lokasi toko yang cukup strategis saya yakin ide membangun sebuah usaha toko besi dan bangunan merupakan pilihan tepat.

Bandingkan di era 10 tahun ke belakang, di pedesaan waktu itu masih banyak orang membangun rumah sederhana terbuat dari papan kayu dan bambu.

Namun bagaimana perkembanganya sekarang?

Rata-rata sekarang ini orang lebih memilih membuat rumah yang terbuat dengan bahan dasar batu bata dan sejenisnya.

Bahkan rumah sederhana sebagain besar sudah dirombak menjadi rumah permanen berbahan dasar semen.

Meskipun sering kita mendengar banyak orang yang mengeluh hingga ke media sosial akan sulitnya mencari uang namun fakta di lapangan menunjukan jika sebagian besar kemampuan daya beli untuk membangun rumah justru meningkat.

Apapun dalih dan alasanya ini artinya peluang untuk usaha toko bangunan sangat besar dan terus meningkat pla.

Namun begitu kita juga harus menyadari jika persaingan usaha toko bangunan inipun makin ketat.

Lantas bagaimana mensiasati agar usaha membangun usaha toko besi ini sukses meskipun pada kenyataanya persaingan makin ketat?

Jawabanya adalah, terus melangkah dan rebut kesempatan untuk memenangkan persaingan bisnis secara sehat, karena prospek usaha toko bangunan ini sangat terbuka lebar untuk masa sekarang dan masa yang akan datang.

Yang paling penting pelajari cara dan strategi usaha toko bangunan yang tepat agar usaha tersebut berhasil.

Cara Memulai Usaha Toko Bangunan

Daftar Isi:

Setidaknya ada dua metode utama dalam mensiasati usaha toko bangunan dari awal yaitu bagi mereka yang memiliki modal besar dan mereka yang memiliki modal terbatas atau modal kecil.

Namun meski cara penerapan dari dua metode berbeda namun pada prinsipnya tujuanya sama yaitu memaksimalkan agar usaha berjalan lancar dan pencapaian target sesuai yang diharapkan.

Jika anda memiliki modal yang cukup tentu ini akan memudahkan dalam pengelolaan awal karena anda bisa langsung membuka usaha toko besi dan bangunan lengkap dengan segala kebutuhan yang diperlukan.

Nah bagi anda yang memiliki modal terbatas namun ingin tetap bersaing dengan para pemain lama anda tetap memiliki kesempatan yang sama dengan lebih mengutamakan strategi pendekatan yang baik dalam bidang pemasaran.

Nanti kita akan membahasnya kedua metode tersebut pada masing-masing bab penjelasanya di bagian bawah, karenanya baca terus sampai tuntas.

Baca Juga: Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga dan Karyawan

Lokasi Usaha Toko Bangunan

Lokasi yang strategis
Lokasi yang strategis

Seperti umumnya pada usaha yang berhubungan langsung dengan konsumen apalagi disini adalah menjual barang dagangan maka lokasi strategis adalah salah satu syarat keberhasilan usaha toko bangunan yang akan didirikan.

Ada dua pilihan dalam menentukan lokasi usaha yaitu bagi yang memiliki modal besar dan mereka yang bermodal kecil.

Lokasi Usaha Bagi Yang Memiliki Modal Besar

Ketika modal tidak menjadi sebuah permasalahan maka memilih lokasi di daerah perkotaan dimana disitu merupakan hiruk-pikuk warga untuk berbelanja segala macam kebutuhan hidup adalah pilihan yang tepat.

Lokasi bisa saja didekat terminal, didekat pasar tradisional atau di daerah lain yang masih merupakan kawasan perbelanjaan secara umum.

Membeli lokasi usaha atau tempat usaha yang sudah sudah siap bisa jadi akan memakan dana yang sangat besar, namun sekali lagi jika anda pandai memilih lokasi yang tepat dan memiliki lahan parkir yang cukup luas tempat seperti ini merupakan tempat usaha yang ideal dan sesuai dengan prospek usaha yang akan dihasilkan.

Dengan catatan pengelolaan dan cara berbisnis juga harus dijalankan dengan benar.

Dengan memilih lokasi berada di area perkotaan maka dapat dipastikan calon konsumen akan mudah didapatkan.

Lokasi Usaha Bagi Yang Bermodal Kecil dan Menengah

Modal kecil dalam membangun usaha toko besi disini tentu tidak bisa disamakan dengan modal kecil ketika ingin memulai usaha seperti ternak kambing, usaha jualan bakso dan sejenisnya.

Biaya usaha yang akan didirikan tentu berbeda.
Bermodalkan 50 juta rupiah masuk pada kategori kecil jika ingin memulai usaha toko bangunan, meskipun jika anda ingin membuka toko sembako masuk kategori modal menengah.

Harga dan barang yang dijual memerlukan pendanaan yang besar belum lagi lokasi usaha yang juga butuh dana tidak sedikit.
Bagaimana caranya memaksimalkan modal usaha yang pas-pasan dalam menemukan lokasi usaha yang ideal?
Berikut beberapa pilihan dalam menentukan lokasi usaha yang tepat

1.Lokasi Di Ruko Sendiri

Jika anda tinggal dirumah yang sudah memiliki kios yang cukup luas maka membuka usaha di tempat sendiri adalah pilihan tepat meskipun mungkin lokasi tersebut tidak berada dipusat kota.
Di pinggir jalan raya yang ramai, atau bahkan berada di daerah pedesaan dengan pemukimanya yang padat masih tetap optimal dijadikan tempat usaha toko bangunan untuk skala kecil dan menengah.
Meski prospek penjualanya akan berbeda ketika dibandingkan dengan lokasi yang berada di kota.
Namun dengan dana yang jauh lebih kecil tentu sebanding dengan apa yang dihasilkan selama pengelolaan usaha tersebut juga maksimal.
Strategi pemasaran yang tepat akan menjaring potensi jualan usaha toko bangunan meski berada dilokasi yang tidak sestrategis di area kota.

2.Menyewa Kios Sesuai Budget atau Dana

Jika kenyataanya kita sama sekali belum memiliki tempat untuk membuka usaha maka langkah yang bisa diambil dan hemat biaya adalah dengan menyewa tempat usaha.
Membangun gedung usaha toko bangunan sebenarnya adalah lebih baik namun ketika pendanaan sangat terbatas maka pilihan menyewa saya rasa jauh lebih tepat.
Dengan menyewa kita bisa menghemat pengeluaran awal hingga puluhan kali lipat dimana kita belum tentu langsung bisa membuka usaha tersebut jika harus membangun tempat usaha sendiri karena alasan keterbatasan dana.
Lokasi yang sesuai bisa lebih fleksibel karena saya yakin akan banyak tempat atau kios disewakan di berbagai lokasi
Bebeapa pertimbangan lokasi yang bisa disewa adalah:

  • Di perkotaan yang strategis untuk membuka usaha toko bangunan seperti dekat pasar, terminal, dan sebaginya.
  • Area jalan raya yang ramai lalu lalang kendaraan warga lokal.
  • Di pedesaan namun jumlah penduduk dan pemukiman sangat potensial
  • Di daerah terpencil yang jauh dari akses perkotaan namun memiliki kepadatan penduduk dan perumahan yang cukup banyak dan luas.

Banyaknya pilihan tersebut membuat calon pemilik toko lebih leluasa dalam menentukan pilihan lokasi yang tepat sesuai dengan ketersediaan dana yang dimilikinya.

Memang lokasi terbaik adalah di area perkotaan namun sekali lagi jika menyewa tempat diarea perkotaan masih merupakan kendala karena alasan modal maka masih ada alternatif lain yang lebih ramah keuangan namun tetap prospektif.

Selain lokasi yang baik sebuah toko usaha bangunan juga harus memperhatikan lahan parkir.

Halaman parkir yang luas akan membuat pembeli mudah untuk datang berbelanja.

Disamping itu dengan parkir yang luas kita juga bisa menempatkan barang dagangan yang tidak harus berada di dalam ruangan seperti pasir, batu bata, dan juga baru kerikil untuk keperluan pembuatan beton.

Jika lahan yang luas terasa sangat sulit didapatkna maka minimal usaha toko tersebut memiliki tempat yang cukup untuk melakukan bongkar muat barang dari kendaraan roda empat seperti truk dan sebagainya.

Menyusun Daftar Barang Dagangan

Menyusun daftar dagangan
Menyusun daftar dagangan

Setelah menemukan lokasi langkah penting yang harus dipelajari selanjutnya adalah menyusun daftar barang toko bangunan atau dagangan yang akan dijual.

Ini sebenarnya justru permasalahan yang bisa jadi paling rumit terutama bagi pemain baru yang akan memulai usaha toko bangunan.

Untuk memaksimalkan pemanfaatan dana yang dimiliki maka penyusunan daftar barang dagangan harus sangat teliti dan efektif.

Artinya kita harus memanfaakan lebih banyak dana yang ada untuk berjualan pada barang yang memiliki perputaran cepat dan menyisakan sedikit saja pada barang yang kurang laku dengan stok sedikit agar modal berputar dengan baik.

Dengan modal yang berputar dengan baik maka pundi-pundi keuntungan dapat diraih lebih cepat.

Bagaimana kita tahu barang jualan yang paling laku dan yang kurang laku?

Disinilah kita perlu banyak belajar di awal-awal sebelum resmi membuat daftar barang ang akan dibeli dan dijual kembali.

Membaca buku sangat baik, mencari sumber di internet seperti yang sedang anda baca ini juga perlu namun pelajaran paling berharga adalah belajar langsung kepada pelaku usaha di bidang tersebut.

Gali informasi sebanyak-banyaknya tentang produk-produk apa saja yang paling dicari, paling menguntungkan, merk apa saja yang laku dan seterusnya.

Kita bisa mendapatkan informasi tersebut denga cara:

  • Menjalin kedekatan dengan pengusaha atau pemilik usaha toko bangunan yang sudah sukses.
  • Sering bergaul dengan orang lapangan seperti kontraktor bangunan, tukang batu professional untuk mendapatkan imformasi produk-produk apa saja yang paling sering mereka gunakan dan seterusnya.
  • Mencari pekerja untuk dijadikan karyawan toko yang telah memiliki pengalaman sangat dalam dibidangnya seperti pelayan toko bangunan, pekerja sebagai manajemen barang di toko bangunan dan sebagainya.

Dengan menjalin kedekatan dan mendapatkan karyawan yang berpengalaman kita bukan saja mendapat pengetahuan tentang daftar barang daganganya namun kita bisa mendapatkan informasi penyuplai barang yang terpercaya dengan cara diatas tersebut.

Setelah yakin dengan apa yang kita pelajari maka selanjutnya adalah mulai membuat susunan barang yang akan dibeli untuk dijual kembali dan anda bisa meminta bantuan karyawan dalam hal ini agar penyusunanya bisa lebih baik karena ada nasehat atau saran dari mereka yang berpengalaman.

Kita juga harus pandai mensortir kembali item tertentu dengan menyesuaikan ketersedian dana yang dimiliki, kecuali dana yang dimiliki cukup besar.

Disamping cara diatas anda juga bisa memulai usaha toko bangunan dengan cara berjualan pada item yang paling umum yang bahkan dikenal oleh pemula sekalipun sebagai awal usaha anda.

Jualan tersebut biasanya meliputi barang paling laku dan paling mudah didapatkan contohnya adalah:

  • Pasir
  • Batu bata
  • Semen
  • Besi berbagai ukuran
  • Cat tembok, cat besi dan cat kayu
  • Perlengkapan tukang seperti sekop, gergaji dan sebagainya

Dari jenis seperti itu saja saya rasa kita sudah bisa memulai usaha toko bengunan anda sendiri, syaratnya kita harus lebih proaktif dalam pemasaran mengingat usaha toko kita masih belum lengkap, jalin kedekatan dengan mereka para calon konsumen untuk menawarkan barang dagangan yang kita jual.

Nanti dibawah akan kita bahas lebih lanjut bagaimana cara berjualan usaha baru toko bangunan.

Sesudah dua tahapan yang dibahas selesai dan barang yang ada didaftar telah disusun dan barang juga sudah dibeli, maka selanjutnya adalah segera memulai usaha toko bangunan anda tersebut.

Promosi Usaha Toko Bangunan Anda

Memulai usaha toko yang telah dibangun dan mulai mempromosikan usaha tersebut adalah salah sayarat agar usaha cepat mendapatkan pembeli.

Apalah artinya usaha dengan berbagai keunggulan yang akan ditawarkan namun usaha tersebut masih jarang dikenal calon pembeli.
Dengan promosi yang tepat sasaran maka kita bisa menghemat waktu untuk menjangkau banyak calon konsumen usaha kita.
Beberapa langkah yang bisa diambil diantaranya adalah:

  • Perkenalkan Usaha Anda Kepada Teman dan Saudara dengan Menceritakan Usaha Baru Tersebut dengan Berbagai Keunggulan Yang Ditawarkan
  • Aktif Menjalin Kedekatan Dengan Kontraktor Bangunan dan Tukang Bangunan Agar Mereka Mau Berbelanja atau Merekomendasikan Usaha Kita dengan Menawarkan Berbagai Keunggulan.
  • Buat Promosi Keliling dengan Membuat Selebaran yang Berisi Daftar Harga, Promo dan Sebagainya Ke Daerah Sekitar Yang Sedang Membuat Bangunan atau Perbaikan Gedung, Rumah dan Sebagainya
  • Aktif di Sosial Media seperti Group Facebook Jual Beli Untuk Memperkenalkan Usaha Kita Tersebut.
  • Promosi Lewat Radio Lokal

Sebenarnya masih banyak cara promosi untuk mendapatkan calon pelanggan baru.

Dan hal yang tidak kalah pentingnya lagi adalah memberikan keunggulan di berbagai aspek agar mereka yang sudah mulai berbelanja akan terkesan dan dengan sukarela mempromosikan usaha kita kepada rekan dan saudara sebagai promosi rekomendasi yang sangat efektif.

Apa saja keunggulan yang bisa ditawarkan kepada pembeli?

Memenangkan Persaingan Usaha Toko Bangunan

Persaingan dalam sebuah usaha adalah hal yang wajar apalagi jika usaha tersebut adalah usaha yang sangat prospektif dari masa kemasa.

Tidak terkecuali dengan usaha toko besi dan bangunan yang tentunya sudah banyak pemainya.

Namun dengan penerapan strategi yang tepat dan memberikan keunggulan diberbagai bidang maka mendapatkan pelanggan dan memenangkan persaingan dalam berjualan masih sangat mungkin.

Pelayanan Yang Baik

Pelayanan maksimal terhadap pembeli adalah satu hal yang tidak bisa ditawar lagi.

  1. Bertutur kata sopan dan menyenangkan kepada semua pembeli meskipun jika mereka hanya membeli dalam nominal sangat kecil sekalipun.
  2. Ucapan terimakasih saat selesai transaksi dan jangan lupa juga sisipkan kata agar mereka mau kembali lagi.
  3. Sapa semua calon pembeli bahkan meskipun usaha anda sudah ramai.
  4. Ingat baik-baik nama pelanggan supaya ketika mereka berbelanja kembali kita bisa memanggil namanya dengan diawali kata pak, mba, kak, mas, bang dan sebagainya.Menyebut nama pembeli akan menembah kedekatan dan merasa dihargai sehingga mereka akan terkesan dengan pelayanan yang diberikan.
  5. Melayani setiap komplain dengan baik.Kadang kala pembeli merasa kecewa dengan barang yang dibelinya bisa jadi mereka ingin menukarkan barang yang telah dibelinya karena cacat atau ukuran yang ternyata tidak sesuai.Layani mereka dengan sabar dan jangan pernah emosi meskipun mungkin saja pembeli tersebut marah dan sebagainya.

Apa yang ditulis tersebut hanya sebagian kecil saja cara pelayanan yang baik yang bisa anda tawarkan.

Intinya teruslah belajar berbuat lebih baik lagi dalam melayani pembeli agar mereka semakin merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan.

Harga Yang Bersaing

Disamping pelayanan harga barang yang dijual juga merupakan hal penting yang tidak boleh diabaikan.

Hal mendasar yang perlu adalah jangan memberikan harga yang lebih mahal dari kompetitor.

Bagaimanapun tidak disarankan melakukan perang harga dengan membanting harga jauh dibawah pasaran semata-mata untuk mecari pelanggan.

Persaingan harga dengan harga sangat murah bukan saja tidak sehat namun akan berdampak pada keuntungan yang sulit dicapai.

Berikan harga sedikit saja dibawah harga pasaran kalau memang memungkinkan.

Jika tidak bisa minimal berikan harga yang sama namun unggul dari berbagai segi lain seperti pelayanan, kenyamanan berbelanja dan sebagainya.

Kejujuran Terhadap Kualitas Barang Yang Dijual

Adakalanya sebuah produk harganya sangat murah namun ternyata produk tersebut adalah produk bermerk tiruan atau yang dibuat produsen sangat mirip dengan produk berkualitas asli.

Jika usaha kita menjual barang seperti disebut diatas kita sebagai penjual harus memberikan penjelasan selengkapanya tentang produk tersebut.

Berikan alasan yang jujur kenapa harganya murah dan berikan juga kekurangan serta kelebihanya.

Jika mereka merasa kurang puas dengan kualitas produk tersebut maka tunjukan juga produk original dengan harga yang tentu saja lebih mahal.

Cara berdagang yang jujur akan membuat pembeli semakin mempercayai usaha kita dan menambah kesetian para pelanggan.

Berikan Layanan Tambahan Yang Menarik

Layanan tambahan disini bermaksud agar pembeli selalu merasa diuntungkan dan merasa jika kita menghargai kedatangan mereka dan nominal yang telah mereka belanjakan.

Layanan tersebut saja seperti:

  1. Parkir gratis
  2. Antar barang yang dibeli ketempat tujuan dengan jumlah tertentu secara gratis
  3. Memberikan hadiah cuma-cuma ketika seseorang berbelanja dengan nominal tertentu atau memberikan bonus berupa barang tertentu ketika mereka telah selesai berbelanja secara rutin dan proyek pembangunan mereka telah selesai.
  4. Berikan garansi pada produk tertentu jika memungkinkan.

Dengan memberikan layanan tambahan yang menarik tentu akan membuat pelanggan lebih betah berbelanja ke toko bangunan kita, dan kemungkinan mereka akan merekomendasikan usaha kita kepada orang lain lebih besar.

Masih banyak yang bisa anda maksimalkan dalam memaksimalkan potensi menjaring pembeli.

Dan jangan lupa lakukan pembukuan secara baik, jika usaha toko bangunan masih kategori usaha kecil maka mencatat semua pemasukan dan pengeluaran dalam buku tulis saya rasa sudah cukup.

Namun jika usaha toko bangunan sudah tergolong besar dan lengkap sebaiknya gunakan komputer dengan sistim POS (Point of Sales) Agar memudahkan dalam memanajemen semua kebutuhan barang dagangan dan juga perhitungan keuntungan akan lebih baik lagi.

Semoga bermanfaat.

One thought on “Tips dan Cara Buka Usaha Toko Bangunan Untuk Pemula

  • 16 Juni 2019 pada 01:27
    Permalink

    Artikel yang bagus, Pak Agus Riyanto. Saya sangat setuju dengan argumen ini, modal 50 juta rupiah masuk pada kategori kecil jika ingin memulai usaha toko bangunan. Usaha toko bangunan merupakan usaha yang potensial dengan modal yang cukup besar. Namun artikel Hinyong menjelaskan bahwa ini tidak menutup kemungkinan tetap dapat di mulai dengan modal kecil sekalipun, asal tepat strateginya.

    Di akhir artikel Pak Agus Riyanto menyinggung soal penggunaan aplikasi POS toko bangunan agar memudahkan dalam memanajemen semua kebutuhan barang dagangan dan juga perhitungan keuntungan akan lebih baik lagi.

    Saya ingin memberitahukan kepada para pembaca hinyong.com, bahwa Anda dapat mencoba gratis aplikasi kasir (POS) toko bangunan, SINDO POS TB. di softwareindo.com

    Mengingat modal yang dikeluarkan untuk membeli stok material toko bangunan yang tidak murah. Aplikasi ini didesain eksklusif untuk membantu Anda (Pengusaha Toko Bangunan, – Red) dalam pengelolaan manajemen stok yang baik.

    Salam sukses,
    Youfy Rizqy Fawzy
    SoftwareINDO.com

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright© Hinyong 2020
Tentang Hinyong| Hubungi Hinyong| Privacy Policy|Disclaimer|Terms Of Services|Sitemap