Tips Cara Jualan di Facebook Agar Cepat Laku dan Sukses  

Cara Jualan di Facebook

Tips sukses berikut ini perlu dilakukan agar produk yang Anda jual di Facebook semakin laris.

Facebook merupakan salah satu media sosial yang sangat efektif digunakan untuk berjualan. Selain banyak digunakan oleh masyarakat, fitur yang tersedia di Facebook juga cukup mudah dimengerti. Dengan ketekunan, Anda bahkan bisa sukses mendulang belasan juta per bulannya. Nah, agar barang dagangan cepat laku, berikut cara jualan di Facebook yang dapat Anda ikuti.

 

Pembuatan Akun Facebook

Hal pertama yang wajib Anda lakukan sebelum memulai bisnis jual beli produk adalah memiliki akun Facebook. Untuk berjualan, Anda bisa menggunakan akun profil atau fan page.  Namun ingat, jangan campur adukan urusan bisnis dengan urusan pribadi Anda. Sebaiknya buat satu akun Facebook khusus untuk berjualan.

Untuk membuat akun profil, Anda bisa mengakses laman www.facebook.com/r.php. Kemudian, isilah kelengkapan data yang diminta mulai dari nama, tanggal lahir, email, kata sandi, hingga jenis kelamin. Pihak Facebook akan meminta Anda untuk mengonfirmasi tautan yang mereka kirim ke email untuk mengaktifkan akun Facebook.

Bila Anda ingin menjangkau target pasar yang lebih luas, sebaiknya buat akun fan page.  Caranya, setelah login dengan akun pribadi, pilihlah opsi dan klik ‘Buat Halaman’. Kemudian, tentukan kategori halaman yang Anda inginkan. Isilah rincian data yang diminta kemudian tekan ‘Simpan Info.” Akun fan page Anda pun siap digunakan.

 

Persiapan Produk

Setelah akun Facebook Anda selesai dibuat, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mempersiapkan produk yang akan dijual. Mulai dari proses pemilihan produk hingga informasi yang diberikan kepada pelanggan.

• Kualitas Produk

Saat memilih produk yang akan dijual, pastikan memiliki kualitas yang baik. Kualitas produk yang buruk membuat konsumen enggan kembali berbelanja di toko online Anda. Membangun citra diri sebagai tempat berjualan yang profesional, membuat kelangsungan usaha Anda lebih lama.

• Produk Menarik

Pastikan Anda memilih produk yang menarik untuk dijual ke pasaran. Jangan lupa, di Facebook banyak pedagang yang menawarkan produk serupa kepada konsumen. Karena itu, pilihlah produk yang memiliki keunikan, sehingga Anda tak perlu menghadapi banyak kompetitor di lapangan. Misalnya, jika banyak pedagang yang menjual produk tas dari bahan plastik, Anda bisa menjual tas dari bahan dasar serat kayu.

• Foto

Langkah berikutnya adalah memamerkan produk yang akan Anda jual. Kebanyakan penjual menganggap sepele soal ini. Tak hanya menggunakan foto berkualitas buruk, beberapa penjual bahkan menggunakan foto yang diambil dari Google. Ini tentu akan membuat calon konsumen ragu membeli produk yang Anda tawarkan.

Karena itu, gunakanlah foto yang berkualitas tinggi. Pelajari teknik untuk menghasilkan foto produk yang baik baik menggunakan kamera ponsel atau kamera DSLR. Anda juga bisa memanfaatkan jasa fotografer profesional agar tampilan produk di Facebook menarik perhatian konsumen.

• Informasi Produk

Jangan malas untuk menyertakan informasi mengenai produk yang dijual. Kebanyakan penjual yang mengabaikan hal ini. Padahal sebelum membeli produk secara online, konsumen butuh informasi tambahan yang bisa meyakinkan mereka. Misalnya bila Anda menjual tas, sertakan informasi mengenai jenis bahan serta ukuran tas tersebut.

• Ketersediaan Produk

Selalu pastikan produk yang Anda jual dalam keadaan siap jual. Karena itu, cek kembali stok produk secara berkala kurang lebih seminggu sekali.

 

Tips Sukses Jualan di Facebook

Jika cara jualan di Facebook yang kita terapkan belum membuahkan hasil maksimal, saatnya mengintensifkan proses promosi melalui cara-cara berikut.

• Konten Marketing

Tak hanya mengunggah foto produk atau menulis ajakan agar konsumen membeli produk, Anda bisa membuat konten yang bermanfaat. Misalnya saja, Anda menjual kosmetik wajah. Maka Anda bisa menulis konten mengenai “cara memilih lipstik untuk wanita yang berkulit gelap”. Tawarkan solusi dalam setiap konten yang Anda buat Anda agar konsumen semakin yakin membeli produk yang ditawarkan.

• Memperluas Jaringan Pertemanan

Sangat penting bagi Anda yang berjualan di Facebook untuk memperluas jaringan pertemanan. Menambah satu teman berarti menambah kemungkinan lakunya produk. Karena itu, pilihlah teman yang kira-kira berminat pada produk yang akan Anda jual.

Luangkan pula waktu Anda sekitar 15-30 menit untuk berinteraksi dengan para calon konsumen. Misalnya dengan like atau comment di status mereka. Meskipun terkesan sepele, mereka akan tertarik untuk membuka laman Facebook milik Anda.

• Memanfaatkan Fasilitas Facebook Ads

Jika kita ingin cepat meningkatkan jumlah konsumen, manfaatkanlah faslitas Facebook Ads. Memang untuk memanfaatkan fitur ini Anda harus mengeluarkan biaya tambahan. Karena itu, siapkan pos anggaran untuk promosi sejak awal. Aturlah biaya iklan sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa, pilih target konsumen yang sesuai dengan produk yang dijual.

• Testimoni dari Pembeli

Cara promosi lainnya yang sejauh ini cukup efektif untuk menarik perhatian pelanggan adalah membagikan testimoni dari konsumen yang pernah berbelanja di toko online Anda. Adanya testimoni membuat teman Facebook Anda yakin bisnis Anda terpercaya. Semakin banyak testimoni positif, maka calon konsumen pun akan semakin tertarik.

Selain langkah-langkah promosi diatas, cara Anda melayani calon konsumen pun sangat berpengaruh pada suksesnya angka penjualan produk di Facebook. Usahakan selalu cepat tanggap bila ada konsumen yang bertanya.

Berikan pula informasi dengan detail untuk memenuhi rasa ingin tahu calon konsumen. Gunakan bahasa yang ramah serta sopan dan jangan terkesan memaksakan konsumen untuk segera membeli produk yang Anda jual.

Demikianlah tips cara jualan di Facebok yang bisa Anda lakukan. Karena menarik perhatian konsumen tak seperti membalikkan telapak tangan, maka diperlukan usaha yang konsisten. Selamat mencoba!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *