Strategi Jualan Kopi Keliling dengan Modal Sangat Minim Hasil Maksimal

Kopi merupakan minuman yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Bahkan saat ini kopi merupakan minuman yang dikonsumsi oleh semua kalangan, tidak hanya kaum lelaki namun juga dinikmati oleh kaum perempuan.

Biasanya kopi ini disajikan ketika ada tamu datang, pada saat berkumpul beersama keluarga atau teman, hingga saat ini pun kopi juga terjual di café ataupun di jalanan.
Kopi memiliki berbagai manfaat bagi tubuh kita ketika dikonsumsi, diantaranya memiliki kandungan antioksidan yang lebih banyak daripada teh dan coklat.

Selain itu, kopi dapat merangsang kinerja otak dan kandungan boron pada kopi dapat mencegah kanker prostat, kopi dapat membuat tubuh lebih segar dan hangat.

Kopi memiliki kandungan kafein yang memiliki manfaat pula bagi tubuh kita, yaitu dapat meningkatkan daya kerja aspirin dan obat-obatan penghilang rasa sakit, sebagai bahan campuran obat flu yang digunakan untuk menyeimbangkan dorongan rasa kantuk yang muncul dan sebagai campuran obat asma, kopi yang rendah kafein juga dapat menstimulasi sistem saraf sehingga dapat memperbaiki mood dan dapat memperlama konsentrasi.

Saat ini, budaya ngopi merupakan hal yang sangat sering dilakukan oleh berbagai kalangan di masyarakat Indonesia. Semakin banyaknya minat ngopi ini dapat menjadi peluang usaha bagi anda yang ingin berbisnis dengan hasil maksimal namun memiliki modal yang minim.

Tidak harus membuka café dan menyewa tempat, anda dapat berjualan kopi keliling di area yang ramai dikunjungi oleh orang-orang. Berikut strategi yang dapat anda lakukan jika ingin jualan kopi keliling.

Cara Memilih Jenis Kopi untuk Usaha Jualan Kopi Keliling

Siapa bilang jualan kopi keliling tidak memiliki resep? Justru dengan karakter unik yang anda ciptakan pada bisnis jualan kopi anda dapat menjadi karakteristik sendiri bagi usaha anda ini. Sebenarnya dalam jualan kopi ini anda tidak harus memiliki jenis kopi yang bermacam-macam seperti yang ada di café.

Namun anda dapat membeli berbagai jenis kopi sashetan yang memiliki berbagai karakter pula.

Anda harus memiliki kopi sashetan yang biasa diminum oleh orang laki-laki pada umumnya, seperti kopi hitam.

Kemudian anda harus membeli kopi yang aman dikonsumsi atau disukai oleh orang perempuan seperti kopi dengan campuran cream, kopi susu, sejenis moccacino, dan lain sebagainya.

Sehingga dalam jualan kopi ini anda telah memiliki menu yang aman untuk dijual, dalam arti orang-orang di kalangan manapun pasti menyukainya.

Untuk merek, saya tidak merekomendasikan merek tertentu, namun anda dapat memilih merek yang paling disukai oleh orang-orang.
Anda dapat mengetahuinya dari selera di lingkungan anda sendiri.

Selain itu, anda juga dapat menambah kelezatan kopi yang anda buat dengan topping yang berbeda-beda, anda dapat menyediakan topping coklat, creamer, gula putih, gula merah, dan lain sebagainya.

Sehingga anda dapat menarik biaya tambahan untuk topping ini. Kemudian untuk menjadi pembeda dari pedagang keliling lain, anda dapat menggunakan alat seperti gelas kaca, karena jika menggunakan gelas plastik dapat menambah sampah plastik yang susah diurai dan tidak sehat bagi tubuh konsumen.

Tenang, dalam hal ini anda tidak perlu takut barang anda hilang karena anda berjualan di area tersebut, sehingga anda dapat memantau orang yang ngopi dengan gelas anda. Anda juga dapat mencuci gelas-gelas tersebut di tempat umum.

Untuk air panas, sebaiknya anda bekerjasama dengan kedai yang memiliki kompor agar anda tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk merebus air di rumah anda sendiri. Tentunya, biaya yang anda keluarkan untuk air panas ini hanya sebagian kecil dari modal yang anda keluarkan.

Lokasi Jualan Kopi Keliling yang Tepat

Lokasi usaha merupakan hal kedua yang penting setelah menentukan kopi yang akan anda jual.

Lokasi usaha untuk jualan kopi keliling anda ini harus tempat yang ramai dikunjungi oleh berbagai kalangan, lokasi strategis yang dapat digunakan untuk lokasi usaha adalah alun-alun, taman, serta pinggir jalan yang biasanya digunakan untuk nongkrong.

Namun sebelum berjualan, usahakan anda harus memiliki izin terlebih dahulu untuk berjualan di salah satu lokasi tersebut, karena biasanya sudah ada kelompok tertentu yang berjualan di lingkungan tersebut. Sebagai pedagang baru, anda harus meminta izin agar aktivitas jualan anda aman.

Keuntungan jika memilih lokasi jualan kopi keliling yang tepat ini adalah anda dapat memperoleh konsumen yang banyak sehingga anda dapat memperoleh keuntungan yang banyak.

Rincian Anggaran Usaha Jualan Kopi Keliling

Rincian anggaran ini harus diperhitungkan secara rinci agar anda dapat memperoleh keuntungan yang besar dengan modal yang kecil.

Meskipun menggunakan modal yang minim, namun anda tetap harus menjaga kualitas produk ya, agar dagangan anda ramai dengan kualitas bagus yang telah anda bangun.

Adapun rincian anggaran ini terdiri dari bahan dan alat yang anda gunakan untuk jualan kopi keliling. Berikut merupakan contoh rincian anggaran jualan kopi keliling :

No Nama Alat / Bahan Harga

1 Tas gendong Rp. 500.000
2 Termos Rp. 125.000
3 Gelas 2 lusin @75.000 Rp. 150.000
4 Sendok 1 lusin Rp. 25.000
5 Galon 5 liter Rp. 25.000
6 Gula 1 kg Rp. 13.000
7 Kopi Kapal Api ukuran kecil isi 50 @5000 Rp.25.000
8 Teh Sari Wangi Celup 25 s Rp. 5000
9 Luwak White Coffe 30 bungkus Rp. 31.500
10 God Day Moccachino` 30 bungkus Rp.30.000
11 Nescafe Clasik 30 bungkus Rp. 35.000
12 Energen 3 rasa (coklat, vanilla, dan kacang hijau) 10 bungkus Rp. 40.000
13 Susu Frisian Flag cair rasa coklat dan vanilla 10 bungkus Rp. 30.000

Total Rp. 984.500.

Bahan dan alat di atas merupakan salah satu rekomendasi yang dapat anda pilih untuk meminimalisir modal awal anda untuk berjualan.

Jika anda memiliki rekomendasi harga yang lebih murah dari harga yang tercantumkan di atas, anda dipersilahkan mengubah harga beserta alat dan bahannya.

Keuntungannya, anda akan memperoleh modal yang lebih minim lagi.
Dalam berjualan kopi keliling anda harus memiliki koneksi yang bagus terkait tempat membeli kopi dan membeli alat untuk berjualan untuk mendapatkan harga yang murah meriah.

Sehingga anda dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal.
Selain rincian anggaran, berikut merupakan simulasi keuntungan yang anda peroleh jika menjual kopi dalam satu minggu dari hasil belanja di atas :

No Jenis Jumlah Harga Total

1 Kopi kapal api 35 Rp. 5000 Rp. 175.000
2 Teh Sariwangi 20 Rp. 5000 Rp. 100.000
3 Luwak White Coffe 25 Rp. 7000 Rp. 175.000
4 God Day Moccachino 20 Rp. 5000 Rp. 100.000
5 Nescafe 20 Rp. 7000 Rp. 140.000
6 Energen 15 Rp. 7000 Rp 105.000
7 Susu Frisian Flag 5 Rp. 5000 Rp 25.000

Total Rp 820.000

Hasil di atas merupakan perolehan bersih jika minimal per hari anda menjual 5 pcs jenis jualan.

Tentu saja, jika dagangan anda laku keras, maka anda akan memperoleh lebih banyak hasil.

Hasil di atas merupakan keuntungan yang diperoleh dalam satu minggu dan kurang Rp 164.500 menuju modal yang anda keluarkan sebelumnya.

Selebihnya anda akan mendapatkan keuntungan ketika melakukan pembelian bahan dan melakukan penjualan lagi.

Rincian anggaran ini dapat berubah jika dagangan anda laku keras. Anda akan menambah bahan bilaperlu alat untuk menjaga kecepatan anda dalam melakukan pelayanan.

Semakin banyak anda memiliki bahan dan alat, maka anda akan semakin banyak memiliki potensi untuk meningkatkan keuntungan.

Tidak menutup kemungkinan jika dagangan anda laku keras, maka anda akan mempekerjakan pegawai yang nantinya berjualan sama seperti anda, namun anda yang memberikan modal alat dan bahannya, pegawai tersebut tinggal berkeliling untuk menjual dan melayani pembeli saja.

Strategi dan Cara Pemasaran Jualan Kopi Keliling

Promosi ini wajib dilakukan jika anda adalah pedagang pemula, karena berfungsi untuk memperkenalkan produk jualan anda kepada orang lain.

Meskipun anda jualan kopi keliling, namun anda juga harus tetap memiliki strategi promosi yang baik agar tidak kalah bersaing dengan pedagang yang lainnya.

Untuk melakukan promosi pada saat jualan kopi keliling ini, anda dapat melakukan beberapa promosi, seperti mengeluarkan suara khas yang anda miliki dengan nada yang khas pula.

Semakin unik nada yang anda buat, maka semakin penasaran orang untuk membeli dagangan anda.

Selain itu, dalam berjualan ini anda tidak hanya menjual kopi saja, namun anda juga dapat menjual hal lain yang sama praktisnya, seperti dagang pulsa. Pulsa juga merupakan hal pokok yang saat ini menjadi kebutuhan masyarakat.

Modal dan keuntungan jika anda menjual pulsa ini harus disendirikan dari modal dan keuntungan bersih penjualan kopi agar terlihat keuntungan bersih yang anda dapatkan. Oke, kembali lagi dengan cara promosi yang dapat anda lakukan.

Pertama, anda dapat menggunakan nada yang unik untuk menarik pembeli.

Kedua, anda melakukan strategi berkeliling entah berjalan kaki atau menggunakan sepeda onthel, anda harus menjemput bola.

Terkadang jika orang yang duduk tidak memiliki minuman pasti akan merasa sepi kan? Maka datangi orang-orang tersebut agar membeli dagangan anda.

Jika perlu anda harus mendatangi orang yang baru datang dan duduk agar anda menjadi pedagang pertama yang dibeli.

Ketiga, setelah anda menawarkan kopi, anda harus menawarkan jualan lain yang anda jual, misal anda menjual pulsa, maka anda juga harus menawarkannya.

Keempat, jika anda telah menjual kopi, anda melakukan komunikasi dengan orang tersebut dengan meminta nomor mereka, jika mereka membutuhkan minuman lain atau membutuhkan pulsa yang anda jual, anda dapat dihubungi via telepon atau aplikasi whatsapp.

Hal ini juga berfungsi jika mereka datang dan ingin minum kopi, maka anda dapat dipanggil menggunakan telepon sehingga praktis dan efisien.

Empat strategi di atas merupakan hal-hal yang harus anda perhatikan jika ingin jualan kopi keliling.

Adapun cara dan pelaksanaannya dapat anda ganti sesuai dengan efisiensi waktu dan tenaga yang telah anda lakukan.

Nantinya, pasti anda akan memperoleh hal-hal yang bagus untuk dilakukan dan yang tidak pada saat jualan secara langsung.

Semoga strategi di atas dapat membantu jualan kopi keliling pertama anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *