Strategi Buka Warung Untuk Jualan Mie Ayam

Jualan Mie Ayam

Usaha Jualan Mie Ayam

Indonesia merupakan salah satu negara yang terkenal dengan ragam kulinernya. Mulai dari makanan tradisional hingga modern, sampai makanan berbahan dasar sederhana yang diolah secara unik.

Untuk itu banyak peluang usaha kuliner yang mempunyai prospek cerah dan menjanjikan saat ini.

Usaha kuliner saat ini memberikan peluang keberhasilan yang besar jika Anda mengetahui cara terbaik dalam mengembangkannya.

Selain terkenal sebagai negara yang mayoritas masyarakatnya mengonsumsi nasi sebagai makanan utama, Indonesia juga terkenal dengan kuliner yang berbahan dasar mie, bukan?

Hampir semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua menyukai mie. Salah satu kuliner yang berbahan dasar mie adalah mie ayam. Siapa yang tidak pernah merasakan nikmatnya mie ayam?

Kegemaran masyarakat terhadap sesuatu makanan yang diolah dengan mie, menjadikan banyak para pelaku usaha membuka usaha yang menawarkan pengolahan mie dengan berbagai ragam cara penyajian.

Salah satu jenis mie yang cukup terkenal di Indonesia adalah mie ayam.

Mie dengan kuah menggunakan topping berupa ayam cincang serta pangsit goreng ditambah dengan lezatnya kaldu ayam membuat semakin menambah selera.

Tips Memulai Usaha Mie Ayam

Peluang pasar dengan usaha mie ayam sangatlah besar. Beberapa orang menyukai kuliner mie ayam yang mempunyai rasa enak dan lezat.

Ada beragam jenis menu mie ayam yang ada, seperti mie ayam ceker, mie ayam pangsit, mie ayam bakso, mie ayam solo hingga mie ayam Jakarta.

Seiring dengan perkembangan jaman, menu mie ayam terus mengalami perubahan, namun tetap diminati banyak orang.

Bagi Anda yang akan membuka warung mie ayam, sebelumnya dapat membuat perencanaan yang matang untuk mengembangkan dengan baik usaha ini. Berikut ada beberapa tips jualan mie ayam antara lain:

• Yang paling utama adalah Anda harus menguasai proses pengolahan mie ayam, cara membuat, hingga resep-resep pilihan yang membuat cita rasa mie ayam menjadi semakin lezat dan nikmat.

Anda dapat mencoba membuat masakan mie ayam tersebut sebelum mulai membuka warung.

Tidak ada salahnya untuk mencicipi terlebih dahulu sebelum menjual ke konsumen. Pastikan Anda membuka usaha mie ayam dengan rasa enak dan sesuai selera pasar.

• Putuskan metode berjualan Anda, apakah Anda akan membuka warung dan menetap di wilayah tersebut atau memilih berjualan keliling menggunakan gerobak.

Pastinya Anda harus mencari tempat yang ramai untuk membuka usaha mie ayam.

Dan pastikan di tempat Anda tidak ada pedagang mie ayam yang lain, karena akan membuat adanya persaingan.

• Berikan selalu pelayanan terbaik Anda kepasa semua pelanggan. Karena ada istilah ‘pembeli adalah raja’, jadi sebisa mungkin Anda sebagai penjual tetap melayani dengan ramah berbagai sifat pelanggan Anda nantinya.

Hal ini supaya pelanggan merasa nyaman dan kemungkinan besar untuk kembali ke warung mie ayam Anda sangat besar.

• Selalu gunakan bahan-bahan yang segar, karena hal ini akan berpengaruh pada cita rasa mie ayam buatan Anda.

Selalu jual produk terbaik Anda, jangan pernah menrunkan kualitas mie ayam yang Anda buat, karena pelanggan akan selalu peka terhadap rasa dan kualitas mie ayam yang pernah dibelinya. Jadi usahakan selalu menjaga konsistensi rasa mie ayam yang Anda jual kepada konsumen.

• Jual lah mie ayam Anda dengan harga normal yang ada di pasaran. Jangan mematok harga yang sangat tinggi, namun juga jangan mematok harga terlalu rendah.

Karena mie ayam bukanlah makanan yang mahal, jadi berilah harga yang normal namun dengan kualitas dan rasa yang enak serta lezat. Harga ini dapat Anda putuskan sesuai dengan jumlah uang yang Anda keluarkan.

• Selain itu, biasanya pembeli akan menilai warung Anda dari kecepatan penyajian. Bila mereka mendapatkan mie ayam yang mereka pesan dalam waktu cepat tentu saja pembeli akan merasa nyaman dan berkemungkinan akan kembali lagi ke warung Anda. Dan warung Anda terhindar dari kesan negatif dari konsumen.

Lokasi Ideal Usaha Mie Ayam

Sebelum memulai membuka warung mie ayam, Anda harus mencari lokasi yang akan Anda jadikan tempat jualan mie ayam ini. Dalam hal ini Anda harus bisa menyesuaikan antara strategi dan modal yang Anda punya untuk memulai.

Hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih lokasi adalah kestrategisan tempat, lingkungan masyarakat sekitar, waktu penjualan dan kebersihan tempat.

Untuk membuka usaha ini, jika Anda memilih berjualan keliling, maka usahakan mencari lokasi yang ramai, dan jangan sampai ada penjual mie ayam yang lain.

Anda dapat berkeliling di area perkampungan yang padat, area pusat keramaian, pastinya usahakan mencari tempat dengan calon konsumen yang banyak dan memiliki daya beli yang tinggi.

Jika Anda memilih menetap di suatu tempat tertentu, pilihlah lokasi mie ayam di sekitar kampus, area kos-kosan mahasiswa, pasar tradisional maupun modern, sekitar perkampungan padat penduduk, area wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, hingga pusat-pusat kota yang banyak dilewati orang.

Karena target utama konsumen mie ayam inia adalah semua kalangan dan semua umur, maka akan sangat mudah bagi Anda untuk menentukan lokasi.

Untuk usaha mie ayam di daerah pedesaan, sangat cocok menggunakan gerobak mie ayam dengan menggunakan tenda yang dilengkapi dengan meja dan kursi.

Selain itu, jika Anda membuka warung mie ayam di daerah pedesaan, patoklah harga yang murah, karena masyarakat desa mempunyai daya beli yang cukup rendah. Selalu ingat, jangan membuka warung di dekat penjual mie ayam yang lain. Karena hal ini akan menurunkan peluang calon konsumen Anda nantinya.

Selalu usahakan memberi banner yang besar untuk warung Anda, hal ini akan memudahkan calon konsumen membaca dan mengerti warung Anda menjual apa.

Jadi seenak apapun mie ayam yang Anda jual, akan terasa percuma jika lokasi usaha tidak tepat. Karena pada setiap usaha kuliner, lokasi usaha sangat menentukan potensi keberhasilan.

Hindari memilih lokasi di perumahan baru, perumahan yang sepi, jalan-jalan besar yang hanya dilewati oleh kendaraan besar.

Beberapa penjual mie ayam kebanyakan memilih lokasi yang bisa dikategorikan kotor dan kurang terawatt, hal ini akan sangat berpengaruh terhadap jualan mie ayam Anda, walaupun kualitas dan rasa mie ayam Anda enak, namun konsumen akan selalu berfikir dua kali untuk membeli mie ayam Anda.

Cara Membuat Mie Ayam dengan Resep Pilihan

Bahan:

  • Mie basah atau mie telor
  • Daging ayam
  • Minyak ayam
  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Daun bawang
  • Sawi
  • Ketumbar
  • Kunyit seruas jari
  • Kemiri
  • Jahe
  • Air rebusan daging ayam
  • Lada bubuk
  • Garam
  • Tulang ayam secukupnya

Cara membuat:

  1. Pertama, buat kuah mie ayam terlebih dahulu, yaitu dengan merebus kembali air rebusan daging ayam ditambahkan dengan lada bubuk, garam, dan tulang ayam secukupnya.
  2.  Kedua, membuat toping ayam. Yaitu ayam yang telah direbus kemudian di potong kecil-kecil atau potong halus.
  3. Haluskan bumbu, yaitu bawang putih, bawang merah, kunyit, kemiri, ketumbar, dan jahe.
  4.  Tumis ayam dengan bumbu yang sudah dihaluskan tadi.
  5. Tambahkan garam serta penyedap ras.
  6. Rebus mie yang sudah disiapkan, saat merebus mie, siapkan mangkuk.
  7. Kemudian tambahkan minyak ayam dan merica secukupnya.
  8. Tuangkan mie yang telah matang ke dalam mangkuk.
  9. Rebus sawi yang telah dipotong-potong dengan memakai kuah.
  10. Tiriskan sawi yang telah direbus, tambahkan dalam mangkuk.
  11. Kemudian aduk mie hingga tercampur sempurna dengan minyak ayam.
  12. Tambahkan toping ayam dan kuah ayam.
  13. Mie ayam siap disajikan.

Modal Usaha Mie Ayam

Modal Utama:

  • Etalase/gerobak: Rp. 2.500.000
  • Alat masak: Rp. 2.000.000
  • Alat makan: Rp.500.000
  • Meja kursi: Rp. 500.000
  • Tenda (terpal): Rp. 250.000
  • Bahan: Rp. 500.000
  • Perlengkapan lain: Rp. 100.000

 

Modal Bulanan:

  • Listrik: Rp. 200.000
  • Air: Rp.200.000
  • Biaya Operasional Lain: Rp.300.000

 

Strategi Pemasaran Usaha Mie Ayam

Untuk mengembangkan sebuah usaha kuliner, perlu adanya strategi pemasaran supaya usaha cepat berkembang dan memperoleh keuntungan yang cepat. Dalam strategi pemasaran ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:

1. Pelayanan

Berikan pelayanan yang baik dan ramah kepada setiap pembeli yang datang ke toko Anda. Pelayanan yang baik menjadi salah satu alasan suatu usaha terkenal dan banyak diminati. Pelayanan ini dapat berupa, sopan dan ramah terhadap pembeli, selalu perhatikan kecepatan penyajian, berikan bahan-bahan yang berkualitas.

Pelayanan yang baik, tentu akan membuat pembeli akan merasa nyaman. Dengan memberikan kesan positif kepada pembeli yang datang, maka tidak menutup kemungkinan akan datang lagi ke warung mie ayam Anda.

2. Promosi

Beberapa pengusaha warung mie ayam pinggir jalan merasa tidak perlu melakukan promosi karena tempat usaha yang mudah ditemukan. Namun promosi menjadi salah satu hal terpenting supaya warung Anda dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas. Saat ini media sosial sudah maju dan dapat Anda jadikan sarana untuk melakukan promosi jualan mie ayam Anda supaya lebih dikenal.

3. Kenyamanan tempat

Lokasi warung di pinggir jalan memang tidak akan senyaman restoran mewah. Namun, selama warung Anda nyaman dan juga bersih, maka akan banyak pelanggan yang mampir dan mengunjungi warung Anda.Meskipun di pinggir jalan harusnya tidak mengurangi kenyamanan warung mie ayam Anda, misalnya tempat yang teduh untuk para pelanggan agar tidak kepanasan, lahan parkir yang cukup, siapkan tempat duduk atau tempat tunggu.

Perluasan Usaha Mie Ayam

Setelah warung Anda berjalan dengan lancar dan sudahpermanen di suatu tempat. Untuk lebih meningkatkan omset, Anda dapat membuat cabang baru untuk warung mie ayam Anda, atau Anda dapat mempekerjakan karyawan untuk berjualan mie ayam secara keliling menggunakan gerobak.

Jadi akan mempermudah pembeli untuk menjangkau mie ayam yang Anda jual. Sebab masih ada orang yang malas untuk keluar rumah walaupun hanya sekedar membeli satu porsi mie ayam.

Namun seiring perkembangan jaman yang lebih modern ini, banyak orang yang lebih memilih untuk menikmati kuliner mie ayam di tempat-tempat modern, instagramable dan unik.

Untuk itu sangat diperlukan inovasi baru supaya mie ayam Anda lebih diminati oleh banyak orang. Misalnya selain berjualan mie ayam, Anda bisa mengkreasikan mie ayam baru dengan rasa yang lebih berkualitas pastinya

Beberapa strategi membuka usaha mie ayam diatas dapat Anda coba terapkan. Selamat mencoba!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *