Strategi Bisnis, Pemasaran dan Promosi Pada Usaha Kecil dan Menengah

Strategi Binis

Strategi Bisnis, Pemasaran dan Promosi

UMKM saat ini menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menguntungkan dan sedang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Jika Anda mencobanya, maka sesuaikan dengan passion dan kemampuan! Selain itu pahami juga strategi bisnis, pemasaran, beserta promosinya.

Memulai Usaha UMKM? Ikuti Berbagai Tips dan Penjelasan di Bawah Ini Agar Sukses!

Bisnis saat ini bisa dilakukan oleh berbagai kalangan, bahkan kini bisnis menjadi hal biasa yang telah ditekuni oleh masyarakat menengah ke bawah dengan berbagai cara yang khas orang Indonesia yang disebut UMKM.

Bahkan kini bisnis UMKM telah dilindungi atau diperkuat dalam undang-undang negara. Para pelakunya kebanyakan bergerak di sektor informal sehingga UMKM juga bisa disebut sebagai sistim atau kegiatan ekonomi rakyat.

Banyak contoh kegiatan UMKM yang bisa Anda temui saat ini, seperti toko kelontong, toko sembako, warung makan, usaha salon, dan sebagainya, di mana pengusaha di bidang tersebut merintisnya dari langkah paling bawah, seperti industri rumahan dan merambah ke skala yang sedikit lebih besar seperti usaha agribisnis.

Bisnis ini pun semakin banyak dilakukan oleh masyarakat lantaran hasilnya yang sangat menguntungkan meskipun dimulai dari langkah yang sederhana dan membutuhkan proses yang lama.

Karena bisnis ini sangat populer saat ini, maka persaingan pun bisa dibilang cukup ketat sehingga sangat dibutuhkan kecermatan dalam melakukan strategi bisnisnya.

Semua pebisnis pun harus mengetahui topik atau tema terbaru dan keunikan suatu produk yang bisa membuat pelanggan tertarik dan tidak pernah bosan. Ada banyak sekali tips yang perlu Anda pelajari agar bisa menjalankan usaha UMKM sukses, namun simaklah lebih lanjut bebrapa penjelasan di bawah ini.

Strategi Bisnis UMKM di Tengah Banyaknya Persaingan

Berkembangnya teknologi yang semakin canggih di masa kini membuat strategi bisnis lebih mudah dilakukan, khususnya di bidang UMKM. Bahkan semua orang per individu pun bisa melakukannya, asalkan memiliki kemampuan mengoperasikan media digital.

Kini seolah-olah seluruh masyarakat berprofesi sebagai pengusaha dengan adanya media yang makin canggih tersebut.

Namun, berbeda jika pengusaha merintis dari awal tanpa mengenal media digital tersebut, mungkin bisa berhasil dengan melakukan langkah tertentu.

Meskipun langkah tersebut dinilai membutuhkan waktu yang cukup lama, tetapi hasilnya sangat menjanjikan. Oleh karena itu mencari informasi tentang beragam strategi bisnis harus dilakukan, khususnya bagi para pemula.

Adapun beberapa strategi penting yang harus diupayakan agar bisnis UMKM semakin berkembang, berikut tipsnya:

– Gunakan Brand dan Logo Sebagai Simbol Atau Ciri Khas Milik Anda Pribadi

Kebanyakan para pebisnis UMKM saat ini memilih suatu produk usaha yang tema atau bidangnya sama dan seragam sehingga banyak sekali produk yang justru membingunkan para pelanggan untuk memilihnya.

Misalnya, bisnis UMKM di bidang fashion atau kosmetik, tentunya akan ada banyak sekali versi dari bisnis di kedua bidang tersebut.

Menghindari persaingan yang ketat ini, sebaiknya buatlah brand atau merk tertentu pada produk Anda untuk menandai secara simbolis tentang produk yang memang berasal dari bisnis yang Anda kembangkan. Terutama jika produk yang Anda pilih tersedia sangat banyak di pasaran. Brand tersebut sebaiknya lengkapi dengan nama dan logo agar lebih menarik minat para pelanggan.

– Cari Kekhasan Atau Keunikan Produk yang Berbeda dari Yang Lain

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa produk tertentu lebih digemari oleh para pengusaha untuk dikembangkan sebagai bisnis sehingga membuatnya tampak sangat mainstream untuk ditemukan di pasaran. Agar bisnis UMKM Anda sukses, sebaiknya pilihlah produk yang unik, meskipun sangat populer diproduksi di pasaran, sebaiknya tambahkan beberapa keunikan yang memuatnya tampak berbeda.

Jika Anda berbisnis kuliner, maka tekankan cita rasa yang berbeda, sementara jika Anda berbisnis fashion, maka tambahkan beberapa desain menarik yang belum ada duanya pada produk Anda.

– Jalin Relasi dengan Pelanggan Secara Perlahan

Pelanggan bagi para pengusaha adalah pihak yang paling penting. Anda harus pandai membaca dan menganalisis pasar. Tepatkan sasaran atau mangsa pasar Anda agar mendapatkan pelanggan yang tepat. Jika saat Anda pertama kali mendapatkan pelanggan dengan jumlah yang sedikit, maka jalinlah relasi dengan mereka, bila perlu minta informasi kontak mereka agar bisa dihubungi. Dan jangan lupa menyertakan kartu nama Anda.

– Cari dan Ikuti Komunitas Pebisnis Atau Lainnya yang Relevan

Mengawali bisnis tanpa menjalin jaringan terlebih dahulu memang terbilang sulit, oleh karena itu ikuti beberapa komunitas pebisnis tertentu yang setidaknya memeiliki passion atau kecenderungan pada produk yang sama. Produk lain yang berbeda juga boleh asalkan bidangnya sangat relevan dan strategis untuk mengembangkan jaringan Anda.

– Melakukan Promosi Atau Pemasaran

Langkah paling penting yang harus dilakukan oleh para pebisnis UMKM yakni melakukan promosi atau pemasaran. Jika dulu kegiatan pemasaran sangat sulit dilakukan, karena terbatasnya akses terhadap teknologi, maka sekarang ini dianggap lebih mudah untuk dilakukan. Strategi promosi yang tepat harus Anda lakukan agar konsumen tepat pada sasaran, dan Anda juga tidak mudah kehilangan pelanggan.

Pahami Strategi Pemasaran Produk Agar Tidak Kehilangan Pelanggan!

Kini ada berbagai macam cara untuk melakukan strategi pemasaran dengan mudah. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkahnya seperti pada poin berikut ini.

– Manfaatkan Media Digital

Masa kini sangat populer dengan penggunaan media digital, dan seolah-olah semua kebutuhan manusia tepenuhi di sana. Bahkan penggunanya pun tidak pernah berkurang, justru semakin bertambah. Oleh karena itu media digital sangat strategis untuk dijadikan sebagai alat pemasaran.

Caranya pun cukup mudah, Anda harus mengetahui cara mengoperasikan media sosial populer, seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan sebagainya, serta marketplace online.

– Gunakan Market Place Online

Pasar yang ada di dunia maya kini semakin banyak pengunjungnya, dan tidak pernah sepi.

Anda juga tidak boleh ketinggalan untuk memanfaatkannya, apalagi biaya pemasaran melalui media ini sangat murah, atau bahkan gratis, namun keuntungan yang bisa Anda gunakan sangatlah banyak. Tetapi, untuk melakukannya Anda juga harus memahami metodenya dari berbagai fitur yang telah disediakan marketplace online tersebut. Contohnya seperti jualan di Shopee, Amazon.com, jualan di Tokopedia, jualan di Bulalapak, jualan di Lazada dan masih banyak lagi.

– Tingkatkan Kepercayaan Pelanggan

Saat Anda berhasil mendapatkan beberapa pelanggan, maka usahakan bahwa Anda memperlakukannya dengan ramah dan baik agar tidak kehilangan pihak yang berharga tersebut.

Pastikan bahwa produk yang Anda jual kepada mereka benar-benar nyaman dan sesuai dengan keinginan mereka di bidang tertentu.

Namun, tetap terapkan beberapa peraturan untuk menghindari kerugian, karena tidak semua pelanggan memiliki karakter yang baik. Berikan sedikit ketegasan yang memang tepat bagi para pelanggan yang melanggar ketentuan yang Anda buat.

Kesimpulan dan Tips

Jadi, itu tadi beberapa Strategi Bisnis, Pemasaran dan Promosi Pada Usaha Kecil dan Menengah.

Pada dasarnya semua bergantung pada 4 poin penting yang harus Anda lakukan yakni strategi bisnis, strategi pemasaran, strategi promosi dan strategi pemasaran produk UKM.

Jangan pernah menyerah untuk mencapai kesuksesan dan selamat mencoba. Semoga UKM yang Anda jalankan bisa berjalan sukses.

Sumber referensi;

Anonim. Strategi Bisnis UKM – Pemasaran yang Efektif untuk UKM (Usaha Kecil Menengah). http://beone-solution.com/blog/strategi-bisnis-ukm-pemasaran-yang-efektif-untuk-ukm-usaha-kecil-menengah/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *