Strategi Bersaing pada Usaha Kecil dan Menengah

Straregi Bersaing pada Usaha UMKM

Strategi Bersaing Pada Bisnis

Sudah berani mencoba dan menekuni bidang usaha UKM sesuai target Anda?

Jangan lupa pahami lebih dulu berbagai kiat dan strategi menghadapi pesaing usaha yang bisa menguntungkan dan merugikan Anda dengan langkah yang tepat seperti yang akan dijelaskan di sini!

Tingginya Popularitas Usaha Kecil Menengah di Kalangan Masyarakat

Melihat tingginya popularitas di bidang bisnis UKM atau usaha kecil menengah tentu membuat tiap pebisnis memiliki banyak pesaing usaha.

Jika tidak diatasi maka bisa-bisa usaha Anda pun mengalami kerugian. Oleh karena itu simak tips untuk melakukan strategi bersaing yang tepat pada penjelasan yang ada di sini, agar usaha Anda tetap mengalami kelancaran!

Hal ini juga menjadi salah satu faktor yang bisa menjadi penyebab pentingnya strategi bersaing perlu diterapkan oleh para pengusaha, khususnya pemula yang belum benar-benar memahami analisis pasar.

Pentingnya Strategi Bersaing pada Usaha Kecil Menengah

Ini dia beberapa alasan mengapa strategi bersaing sangat penting diterapkan pada usaha kecil dan menengah saat ini.

Jika Anda memiliki kemampuan yang baik dalam analisa pasar, sebenarnya akan ada banyak faktor yang bisa Anda temukan sebagai penyebab pentingnya strategi menghadapi pesaing perlu diterapkan.

Simaklah 4 alasan yang menyebabkan para pengusaha wajib mempelajari strategi bersaing secara sehat antar usaha dalam produk atau bidang yang sama.

1. Agar Usaha Bisa Bertahan Lebih Lama

Saat adanya banyak pihak yang mendirikan usaha atau bisnis di bidang tertentu yang kemudian menjadi populer dan mainstream, usaha tersebut biasanya juga memiliki sasaran pasar yang sama sehingga perlu untuk direbutkan oleh para pengusaha.

Dan para pengusaha bun belum tentu bisa menjamin kenyamanan para konsumennya, karena banyaknya pilihan yang ada.

Jika Anda tidak bisa mempertahankan jumlah konsumen secara stabil, maka bisa saja pihak pesaing yang memiliki usaha serupa lebih unggul dibandingkan Anda.

Dan pada saat itu kerugian pun mengancam bisnis yang sedang dikelola secara bertahap. Oleh karena itu, mengetahui berbagai cara untuk menjalankan strategi usaha dan bersaing sangatlah penting agar segala yang telah Anda upayakan bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama

2. Popularitas UKM Tidak Pernah Turun, Terus Meningkat

Melihat banyaknya media digital yang menjanjikan, membuat hampir semua orang saat ini memiliki minat yang tinggi untuk berbisnis, dan kegiatan bisnis tersebut tergolong sebagai UKM karena dilakukan secara pribadi atau individu.

Dan bisnis yang dikembangkan pun bukan merupakan sebuah industry yang besar, namun produk seadanya yang bisa diperjualbelikan.

Bahkan tidak jarang barang pribadi juga bisa dijadikan sebagai sasaran untuk diperjualbelikan, yang dinamakan sebagai barang preloved.

3. Produk dengan Jenis yang Sama Semakin Banyak

Maraknya system transaksi jual beli yang dilakukan secara online membuat banyak orang menjadi semakin konsumtif, tidak hanya itu, individu yang juga tertarik untuk melakukan bisnis juga semakin meningkat. Banyaknya jumlah pembeli dan penjual saat ini membuat banyak sekali produk yang beredar di pasaran seringkali memiliki kemiripan.

Mengingat masyarakat Indonesia juga memiliki kebiasaan meniru untuk menjual barang dagangan yang sedang populer, namun kurang bisa menganalisis kestabilan permintaan beserta harga jualnya.

4. Agar Tidak Kehilangan Pelanggan Berharga

Melihat berbagai kemungkinan yang buruk untuk kemajuan bisnis Anda, stratebi bisnis bersaing bisa mencegah Anda agar tidak kehilangan para pelanggan yang berharga.

Apalagi jika produk yang sedang Anda jual memiliki banyak kemiripan produk lain yang kualitasnya pun hampir sama.

Hal itu bisa membuat para konsumen yang sasarannya juga sama mengalami kebingunan dan berpikir panjang untuk memilih produk yang mana.

Baca Juga:

Berikut Ini Cara dan Strategi Memenangkan Persaingan Pada Usaha Atau Bisnis UKM

Saat hendak bersaing dengan pihak lain yang bisa dianggap sebagai lawan Anda, tentunya langkah persiapan yang dilakukan harus matang.

Maka bagi Anda para pemula yang baru pertama kalinya ingin membuka peluang usaha, sebaiknya pelajari dengan cermat berbagai kemungkinan pesaing Anda yang akan ditemui nanti di pasar.

Setelah itu barulah jalani dan praktekkan dengan langkah yang tepat strategi bersaingnya. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memenangkan persaingan dalam usaha Anda nantinya, seperti pada beberapa poin di bawah ini:

1. Menganalisis Pesaing

Sebelum Anda memajukan usaha milik sendiri, sebaiknya pahami dulu kondisi pasar yang akan Anda geluti. Di sana Anda akan menemui banyak sekali pesaing yang memiliki berbagai jenis kekuatan, ada yang kuat, sedang, kurang lebih sama dengan Anda, serta sangat lemah. Semua itu tergantung atas berbagai aspek hambatan yang gagal diatasi oleh masing-masing pengusaha yang sedang menjalankan bisnisnya.

Hal ini termasuk salah satu kategori untuk mengawali tindakan menganalisis para pesaing yang nanti bisa berpotensi besar menjadi lawan utama Anda. Namun, pahami juga system koalisi atau kerja sama antar pengusaha yang mungkin ada di antara mereka, karena hal itu bisa menjamin sebuah usaha menjadi besar dan kuat.

2. Memperkuat Berbagai Kelebihan Produk dan Brand

Langkah selanjutnya, setelah Anda benar-benar memahami karakter, kelebihan, sekaligus kekurangan yang dimiliki oleh para pesaing Anda.

Perkuatlah berbagai ciri produk yang sedang Anda unggulkan. Misalnya Anda mengunggulkan cita rasa yang unik, maka buatlah rasa yang belum pernah ada di pasar kuliner dengan cara mengkreasi bahan-bahan perasa tertentu.

Serta berikan ciri khas seperti dari sisi bahan alaminya, keunikan bentuknya, atau bahkan keunikan nama brandnya dengan mencamtumkan kisah sejarah.

3. Tingkatkan Strategi Pemasaran Produk yang Anda Gunakan

Beberapa strategi promosi yang sangat menarik dan menjanjikan seperti melalui iklan, serta dengan menggunakan tokoh terkenal yang sedang memerankan iklan produk milik Anda tersebut.

Dengan begitu konsumen akan merasa penasaran karena produk dianggap populer setelah digunakan oleh para tokoh atau artis ternama, meskipun barang atau produknya belum tentu sesuai dengan kriteria dan keinginan Anda untuk dikonsumsi.

4. Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelanggan Agar Nyaman

Untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan adalah gampang-gampang susah.

Meskipun produk sangat berkualitas baik itu berupa barang atau jasa, tetapi jika pelayanan pelanggannya sangat tidak memuaskan (misalnya para pegawai bersikap tidak ramah), tentu membuat pelanggan menjauh pada segala yang telah kita usahakan.

Mereka tentu lebih memilih tempat yang lebih baik dengan produk yang memenuhi kriteria meskipun tidak terlalu bagus seperti produk yang Anda kembangkan.

Karena meeka percaya bahwa kini telah terdapat banyak sekali pihak yang mengembangkan usaha produk atau jasa tertentu dengan kemiripan yang tidak jauh berbeda antara satu dengan yang lain.

Kesimpulan dan Tips

Pada dasarnya setiap lawan atau pesaing dalam bisnis selalu ada, mengingat maraknya berbagai media yang mempermudah semua orang dalam menjalankan sebuah bisnis dan usaha.

Hal ini menjadi penting untuk Anda pelajari dan analisis agar produk yang sedang Anda kembangkan bisa menghasilkan keuntungan dan mencapai kesuksesan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *