Jualan Keliling dengan Mobil Paling Efektif Dan Menguntungkan

Usaha Jualan Keliling dengan Mobil

Jualan di mobil ini merupakan suatu peluang usaha yang sangat baik. Karena dengan jualan di mobil maka Anda dapat bebas memilih tempat – tempat yang strategis tanpa harus menyewa toko yang biaya sewanya bisa jadi kelewat mahal.

Sehingga modal usaha yang Anda miliki dapat Anda alihkan sepenuhnya untuk membeli keperluan barang – barang yang nantinya akan Anda jual.

Apalagi untuk Anda yang mempunyai mobil pribadi terutama jenis pick up yang tidak dipakai. Sangat disayangkan jika Anda tidak memanfaatkan mobil tersebut.

Karena dengan sedikit memodifikasi saja, maka mobil tersebut dapat menjadi warung dan aset untuk memiliki bisnis dan menambah penghasilan.

Peluang Usaha Jualan Keliling dengan Mobil yang Untung Besar

Banyak usaha menggunakan mobil pribadi yang dapat Anda coba. Selama ini kebanyakan orang berpikir untuk mendapatkan uang dari mobil pribadi hanya bisa dengan mendaftar sebagai pengemudi taksi online. Padahal, masih banyak jualan di mobil lainnya yang bisa menghasilkan banyak uang.

Anda tidak usah bingung, karena pada dasarnya jualan di mobil ini sangat cocok untuk jualan apa saja. Ini tergantung pada minat dan keinginan Anda. Anda dapat berjualan makanan, minuman, pakaian, buah buahan, sayur sayuran, semua dapat disesuaikan dengan mobil atau modifikasinya.

Jika Anda masih bingung, Anda dapat mencoba untuk melakukan survei di daerah tempat tinggal. apa Anda dapat melihat apa saja barang yang mereka jual di mobil. Dan dimana saja biasanya mereka mangkal. Dari hal ini, Anda dapat menyimpulkan apa kira kira usaha yang masih potensial dan belum terlalu banyak pesaingnya.

Selain bisa mendapatkan uang, dengan mencoba jualan keliling menggunakan mobil pribadi berarti Anda mencoba untuk terjun ke dunia bisnis. Hal ini akan menjadi langkah awal untuk belajar bisnis.

Berikut adalah bisnis atau usaha jualan keliling yang cocok dengan menggunakan mobil pribadi. Mari disimak infonya.

Beberapa Macam Jualan Keliling Dengan Cara Jualan Di Mobil

1. Jualan keliling tahu bulat dengan jualan di mobil pick up

Ini sepertinya paling mudah. Jualan tahu bulat cukup sederhana karena bahan – bahannya sekaligus dapat dibawa dan digoreng pada saat itu juga. Seperti namanya, Tahu Bulat Dadakan, jadi segala sesuatunya memang mendadak dipersiapkan di mobil.

Anda hanya perlu mengeluarkan modal berupa alat penggorengan, gas, dan kompor. Dan, tentunya stok tahu bulat mentah yang akan Anda goreng dan jual. Tahu bulat mentah tersebut dapat Anda ambil dari suplier atau Anda dapat membuatnya sendiri.

Hal yang perlu Anda perhatikan saat jualan tahu bulat adalah Anda harus memilih kompor yang benar – benar aman. Selain itu, Anda harus memilih penggorengan yang seperti panci agar minyak panas tidak tumpah ketika mobil sedang berjalan.

2. Buat food truck dengan jualan di mobil van

Jika Anda memiliki mobil van, Anda dapat memanfaatkan mobil jenis ini untuk jualan di mobil dengan cara berbisnis food truck. Usaha dengan cara menggunakan mobil pribadi jenis van ini semakin trend akhir – akhir ini. Terlebih lagi dengan banyaknya bazar yang digelar, baik di dalam mal ataupun di pasar tertentu.

Usaha food truck juga terasa lebih ringkas dan sederhana. Sebab biaya sewa akan lebih murah dibandingkan Anda harus menyewa kios yang tempatnya permanen. Selain itu, Anda dapat berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain atau dari satu bazar ke bazar lain.

 

3. Jualan keliling oleh-oleh dengan jualan di mobil MPV

Jika Anda memiliki mobil low-MPV seperti Avanza atau Xenia yang semula hanya Anda gunakan untuk ke kantor atau aktifitas sehari – hari, maka kini Anda dapat memanfaatkan mobil tersebut untuk mendapatkan keuntungan.

Salah satu hal yang paling umum ialah dengan jualan keliling oleh-oleh. Contohnya, Anda dapat mengambil Bolu Amanda atau Bolu Sangkuriang dari suplier. Lalu, Anda hanya parkir, berhenti di pinggir jalan, dan membuka bagasi mobil Anda.

Bahkan Anda tidak perlu membayar sewa tempat dengan metode jualan seperti ini. Perlu diketahui, cukup banyak orang yang terkadang kepepet untuk mencari oleh – oleh. Jadi dengan Anda jualan di mobil, akan membantu mereka yang ingin membeli oleh – oleh tertentu.

Baca Juga;

4. Jualan keliling hasil kreasi dengan jualan di mobil MPV

Masih sama dengan yang sebelumnya, Anda juga dapat jualan keliling hasil kreasi Anda dengan jualan di mobil pribadi.

Contohnya, anda jualan keliling produk hiasan dinding atau kerajinan tangan lainnya yang unik dan menarik. Anda dapat parkir dan berhenti di daerah yang dekat dengan sekolah, kampung, atau pusat keramaian lainnya.

Untuk cara jualan keliling seperti ini, ada baiknya Anda menetap di satu tempat pada selang waktu tertentu. Dengan begitu, orang akan mengingat ke mana harus mencari Anda. Mungkin saja pada awalnya mereka tidak tertarik. Tetapi siapa tahu keesokan harinya mereka akan berubah pikiran.

5. Jualan keliling sayuran dengan jualan di mobil pick up

Jualan sayur jaman sekarang makin efektif karena Anda dapat jualan di mobil pick-up. Kini jualan keliling sayuran tidak lagi dengan gerobak dorong. Jangkauan dagangan Anda juga akan lebih luas.

Cara memulai usaha ini pun terbilang mudah. Anda cukup mengambil berbagai sayuran atau buah – buahan dari tengkulak. Lalu, anda jualan keliling di pagi hari. Usahakan untuk mulai jualan keliling sekitar jam enam pagi. Kalau kesiangan kemungkinan pelanggan akan membeli ke tempat lain.

Peluang Usaha dengan Mobil Lainnya yang Juga Menguntungkan

6. Jasa travel keluar kota

Mobil travel keluar kota dapat dengan menggunakan mobil MPV atau minibus. Jika anda memiliki mobil jenis ini, tidak ada salahnya untuk menghasilkan uang dengan menjadikannya mobil travel.

Jika anda mempunyai modal lebih, tidak ada salahnya juga untuk menyediakan lebih dari satu mobil. Dengan begitu, Anda dapat mengangkut lebih banyak penumpang.

Dan cara promosinya? Anda dapat menaruh plang di depan rumah atau dengan membuat iklan di Internet pada akun media sosial atau pada akun marketplace.

7. Jasa antar jemput anak sekolah

Usaha menggunakan mobil pribadi yang satu ini juga cukup sederhana. Anda dapat menggunakan mobil MPV atau minibus untuk menyediakan jasa antar jemput anak sekolah.

Anda cukup menawarkan kepada tetangga di sekitar rumah. Mengapa dimulai dengan tetangga di sekitar rumah? Karena Anda sudah kenal dengan mereka dan tentunya mereka lebih percaya untuk menitipkan anak – anak mereka untuk diantar jemput.

8. Jasa pindahan rumah dengan menggunakan mobil boks atau pick up

Jika Anda memiliki mobil pick up atau mobil boks yang tidak dipakai lebih baik mencoba untuk menggunakannya dan menawarkan jasa pindahan kepada orang – orang yang membutuhkan jasa tersebut.

Caranya, Anda dapat memasang iklan pada akun media sosial dan akun marketplace anda di Internet atau mendaftarkan diri ke layanan GO BOX dari GO JEK.

Setelah pembahasan mengenai macam – macam jualan keliling dengan cara jualan di mobil, selanjutnya mari disimak tips – tips nya berikut ini.

Tips Menjalankan Jualan Keliling Dengan Cara Jualan Di Mobil

1. Sesuaikan modifikasi mobil dengan barang yang akan Anda jual

Hal ini sangat penting. Tujuannya ialah agar dapat lebih menarik minat dan perhatian masyarakat. Karena akan terlihat lucu jika anda berjualan makanan tetapi memakai mobil pick up yang biasa saja. Mungkin kalau anda jualan keliling sayur atau buah tidak menjadi masalah jika mobil pick up Anda tidak dimodifikasi.

Untuk jualan keliling makanan, anda dapat memodifikasi mobil Anda semenarik mungkin agar orang tertarik. Jangan ragu untuk berinvestasi lebih untuk desain yang menarik, karena hal ini dapat mengundang minat orang untuk datang ke tempat jualan di mobil Anda dan mau membeli barang dagangan Anda dibandingkan dengan hanya menggunakan mobil apa adanya.

2. Plih tempat untuk mangkal atau berhenti yang strategis

Bagaimana memilih tempat yang strategis ? Jika Anda bingung, Anda pilih saja tempat – tempat yang biasanya selalu ramai dan mudah dijangkau oleh orang lain, seperti di bundaran, pasar malam, car free day, perkantoran, dan yang lainnya. Dimana ada keramaian maka disitulah tempat yang bagus untuk Anda mangkal.

3. Buat jadwal mangkal yang teratur

Walaupun dengan jualan di mobil Anda dapat berpindah – pindah lokasi atau tempat dengan mudah, tetapi bukan berarti Anda menjadi tidak disiplin dan seenaknya saja. Karena hal ini akan membuat para konsumen Anda bingung.

Sebaiknya Anda membuat jadwal dan waktu mangkal yang konsisten antara tempat yang satu dan yang lainnya. Ini akan memudahkan para konsumen untuk menemukannya. Sebagai contoh, pada pagi hari Anda mangkal di sekolah atau kantor, pada sore hari Anda mangkal di pinggir jalan atau pasar, dan pada malam hari Anda mangkal di bundaran.

Dengan begitu maka para pelanggan akan mudah menemukan Anda. Dan mereka juga tahu jadwal mangkal Anda sehingga mereka dapat menyesuaikan waktu jika mereka akan berbelanja di tempat jualan keliling Anda.

Perlukah izin untuk mangkal di Jalan?

Mengenai izin mangkal, sebenarnya tergantung dari kebijakan masing – masing daerah. Karena daerah yang satu dengan yang lainnya berbeda. Ada yang tidak perlu memakai izin, karena memang masih tergolong daerah berkembang. Tetapi ada juga yang harus menggunakan izin karena sudah merupakan daerah perkotaan atau industri.

Anda tidak perlu takut dan khawatir. Karena nantinya pasti Anda akan berhadapan dengan Satpol PP. Jika seandainya Anda diminta untuk membayar, Anda dapat mengkomunikasikannya. Ini masih jauh lebih hemat dan efisien dibandingkan harus berjualan dengan menyewa toko.

Tapi jika memang Anda masih ragu, jangan sungkan untuk bertanya kepada mereka yang sudah pernah jualan di mobil. Tanyakan pada mereka apakah memerlukan izin atau tidak, dan bagaimana prosedurnya.

Penutup

Demikian pembahasan tentang jualan di mobil. Intinya jika Anda ingin melakukan sesuatu, maka anda jangan takut untuk mencoba dan jangan pernah takut untuk gagal. Karena tanpa mencoba maka Anda tidak akan pernah tahu hasilnya.

Seandainya Anda mengalami kegagalan maka dari kegagalan tersebut Anda dapat belajar dan memperbaikinya untuk dapat Anda jadikan pelajaran ke depannya.

Setelah Anda baca ulasan di atas, ternyata tidak sulit untuk mulai jualan keliling dengan cara jualan di mobil. Kini, tidak ada kata menganggur untuk mobil – mobil di rumah anda. Segera pikirkan ide apa yang cocok untuk Anda dan manfaatkan mobil Anda sekarang juga.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *