Punya Keahlian? Berikut Cara Memulai Usaha Kerajinan Tangan

Cara Memulai Usaha Kerajinan Tangan

Bisnis merupakan pekerjaan yang cocok bagi orang yang suka terhadap tantangan. Tantangan dalam berbisnis ini dapat menjadi pelajaran bagi pengusaha pemula maupun yang sudah professional sekalipun. Salah satu bisnis yang memiliki peluang bagus di Indonesia adalah kerajinan tangan. Kerajinan tangan ini merupakan ciri khas dari masyarakat Indonesia yang memiliki kunjungan dari turis di berbagai dunia.

Peluang bisnis kerajinan tangan ini sangat bagus karena mudah untuk dipelajari, modal awal usahanya sangat murah, dapat memperoleh keuntungan yang besar, peminatnya sangat besar dan bahan serta alatnya mudah ditemui dimanapun.

Keahlian dalam memulai usaha kerajinan tangan ini harus mengutamakan kerapian, keindahan, dan hasil kerajinan tangan yang dibuat dapat digunakan sebagai barang yang berfungsi dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga peluang bisnis kerajinan tangan ini semakin besar jika anda membuat sebuah produk dengan keindahan namun juga memiliki fungsinya.

Dalam memulai usaha ini juga anda tidak perlu memiliki gelar atau pendidikan yang bagus, siapapun dapat memulai usaha ini jika memiliki waktu luang dan ketekunan. Waktu luang sangat dibutuhkan dalam usaha ini karena proses pembuatannya membutuhkan waktu yang agak lama, khususnya bagi pemula.

Selain itu, tingkat kesulitan dari bentuk dari kerajinan tangan ini akan mempengaruhi lama tidaknya proses pembuatan serta harga dari kerajinan tangan. Berikut merupakan cara memulai usaha kerajinan tangan yang harus anda ketahui.

Cara Memilih Jenis Usaha Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan memiliki banyak jenis, seperti anyaman, keramik, ukir, batik, tenun, sulam, dan sebagainya. Adapun teknik seni kerajinan tangan tanpa mesin adalah ; menganyam, mengukir, menjahit, mengikat, merangkai-meronce, merajut, menempel, menyulam, membatik, melipat, membutsir, pilin, putar, mencetak, sablon, melukis, menoreh, membubut.

Dalam memilih usaha kerajinan tangan kali ini, saya merekomendasikan anda untuk membuat kerajinan yang mudah untuk dipelajari dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk membuat kerajinan tangan ini teknik seni yang digunakan adalah menjahit dan menempel.

Contoh jenisnya adalah gantungan kunci yang terbuat dari kain flannel. Kain flannel ini dapat dibentuk sesuai dengan keinginan anda. Saya akan merekomendasikan bentuk gantungan kunci yang lucu dan imut seperti bentuk kue bolu yang diberi topping astor, pisang, strawberry, dan krim di atasnya seperti gambar di bawah ini :

 

 

 Cara membuat gantungan kunci dengan bentuk kue seperti di atas adalah :

• Buat pola dari masing-masing bentuk menggunakan kertas karton lalu cetak pada kain flannel sesuai dengan warna lalu digunting

• Untuk bentuk strawberry, hasil cetakan yang telah jadi dijahit kemudian setelah membentuk bulat, isi dengan dakron, lalu tutup jahitan. Kemudian beri tanda hitam sebagai tanda bintik dari strawberry dengan cara menjahit secara random.

• Untuk bentuk astor, hasil cetakannya digulung lalu ditutup dengan gulungan benang yang warnanya lebih gelap dari kain flanelnya

• Untuk bentuk pisang, hasil cetakan dijahit pada bagian ujung dan bagian tengah menyerupai potongan pisang

• Untuk bentuk krim, hasil cetakan dijadikan ditekuk lalu ditempel dengan bagian lain yang ditekuk, cukup hanya dua kain flannel saja

• Untuk bagian bolu, dua warna kain flannel berbentuk persegi dijadikan satu lalu digulung Bersama membentuk kue bolu dengan lem tembak

• Setelah itu lem astor, strawberry, pisang, dan krim di lem di atas bolu

• Kemudian tempelkan gantungan kunci pada bagian ujung bolu

• Gantungan kunci siap dijual.

Rincian Anggaran Usaha Kerajinan Tangan

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, modal awal untuk memulai usaha kerajinan tangan ini sangat minim. Namun perlu dibuat rincian anggaran agar anda dapat mengetahui modal awal untuk mendapatkan keuntungan bersih jika telah berjualan. Contoh rincian anggaran usaha kerajinan tangan adalah seperti di bawah ini :

Bahan :

No|Bahan|Harga

1|Kain Flanel (warna coklat tua, coklat muda, merah, kuning, krem) @2.500|Rp. 15.000

2|lem 5 @1.500|Rp. 7.500

3|Benang (hitam, merah, coklat, krem) @1.000|Rp. 4.000

4|Dakron satu plastik @ 2.500|Rp. 5.000

Total Rp. 31.500

Alat :

No|Alat|Harga

1||Gunting  |Rp. 10.000

2|Alat tembak lem|Rp. 25.000

3|Pensil|Rp. 2.500

4|Kertas karton|Rp. 1.500

5|Gantungan kunci (10 biji)|Rp. 5.000

6|Tang craft|Rp. 45.000

Total Rp. 89.000

 

Dari rincian anggaran di atas, total biaya untuk membeli bahan dan alat adalah Rp. 120.500 saja. Dari jumlah bahan yang telah dianggarkan di atas, anda dapat memperoleh 6 buah gantungan kunci. Jika dalam satu kali produksi gantungan kunci memperoleh 6 dan setiap buahnya dijual Rp. 5000, anda akan memperoleh penghasilan Rp. 30.000.

Jika anda membeli bahan kembali untuk dibuat produk gantungan kunci lagi, maka anda akan memperoleh keuntungan yang sama pada setiap buahnya, sedangkan biaya untuk alatnya hanya digunakan satu kali dan alatnya dapat digunakan bertahun-tahun jika pemakaian teratur dan alat dirawat dengan baik. Peluang bisnis kerajinan tangan gantungan kunci ini sangat bagus jika ingin memperoleh keuntungan yang besar dengan modal yang kecil.

Terlebih sangat jarang sekali gantungan dengan bentuk seperti ini dijual di pasaran. Keunikan desainnya dapat menarik minat pembeli. Selain itu, harganya yang sangat terjangkau dapat menjadikan orang membeli lebih dari satu gantungan kunci untuk dihadiahkan kepada teman, saudara, dan lain sebagainya.

Peluang Bisnis Usaha Kerajinan Tangan

Peluang bisnis usaha kerajinan tangan ini dapat dikatakan sebagai pasar sebagai tempat penjualan serta pihak yang membeli. Pihak pembeli dan pengguna ini dibagi menjadi dua, konsumen perorangan dan konsumen bisnis atau usaha. Pembeli perorangan adalah masyarakat umum atau penikmat karya seni.

Sedangkan pembeli dari usaha datang dari perusahaan yang memang melakukan perdagangan barang kerajinan. Biasanya jumlah pemesanan dari pembeli usaha lebih besar dari pembeli perseorangan, sehingga pengrajin dapat melakukan kerjasama dengan pihak pembeli perorangan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, peluang bisnis ini juga dapat membesar jika anda sebagai pengrajin menawarkan pembelian kepada toko oleh-oleh khas di daerah anda atau toko-toko yang menjual barang-barang kerajinan yang lain.

Selain itu, jika anda memiliki jaringan untuk berjualan di luar negeri, anda dapat melakukan ekspor produk kerajinan yang anda buat sehingga dapat memberikan keuntungan yang lebih besar. Anda dapat bekerjasama dengan pemerintah maupun bekerjasama dengan instansi lain untuk memasarkan produk.

Sasaran penjualan kerajinan ini ditujukan untuk anak-anak dan perempuan pada usia remaja hingga usia dewasa. Biasanya yang senang terhadap kerajinan tangan ini adalah kalangan tersebut.

Lokasi dan Cara Promosi Usaha Kerajinan Tangan yang Tepat

Lokasi penjualan kerajinan tangan ini secara acak dapat dijual secara langsung maupun secara online. Dijual secara langsung jika dititipkan melalui toko-toko. Sedangkan dijual secara online dapat melalui media sosial. Dalam memulai usaha kerajinan tangan ini, anda harus memiliki akun media sosial untuk mempromosikan bisnis anda. Anda dapat membuka pemesanan melalui sistem PO (pre order), dan ready stock.

Sebelum itu, anda harus mengupload hasil kerajinan tangan atau gantungan kunci yang telah anda buat di media sosial tersebut. Sehingga para followers dapat memilih dan membeli produk yang anda buat. Bagi bisnis pemula harus banyak-banyak menggunakan promosi atau dengan cara give away seperti yang banyak dilakukan oleh pebisnis yang lain.

Dengan hadiah sebagai tujuan, orang-orang diharapkan dapat mempromosikan bisnis anda secara gratis, tentunya give away ini dilakukan dalam jangka waktu yang lama karena semakin lama jangka waktunya akan semakin banyak orang yang mempromosikan produk anda untuk mendapatkan hadiah. Semakin sering anda membuat give away, maka anda akan semakin banyak mendapatkan followers dari orang-orang.

Semua followers tersebut juga dapat mengetahui bahwa produk anda adalah kerajinan tangan yang dapat dijadikan sebagai hadiah untuk orang terdekat, anda juga dapat memberikan peluang bisnis kerajinan tangan ini dengan membuka reseller atau penjualan kembali kepada followers anda yang mau melakukan penjualan anda.

Dapat disimpulkan dalam bisnis ini anda dapat menjadikan lokasi fisik dan lokasi online sebagai tempat berjualan. Dalam sistem promosi anda juga dapat melakukan sistem online agar produk anda dikenal dalam dunia maya. Sedangkan dalam sehari-hari anda dapat menitipkan jualan anda melalui toko terdekat.  

Selain itu, anda juga dapat mempromosikan barang jualan anda kepada tetangga, saudara, maupun teman-teman anda sehingga anda dapat memiliki pembeli di lingkungan anda terlebih dahulu. Jika mereka senang dengan hasil produksi anda, secara tidak langsung mereka akan mempromosikan usaha gantungan kunci anda secara gratis kepada orang lain.

Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Tangan

Tidak dapat dipungkiri, gantungan kunci merupakan jenis kerajinan yang banyak dibuat oleh orang lain sebagai barang oleh-oleh. Namun, tingkat kreatifitas dalam membuatnya yang dapat menarik pembeli terhadap produk tersebut. Namun sebagai pemula, anda perlu menerapkan strategi pengembangan usaha seperti di bawah ini :

1) Penetrasi Pasar

Strategi ini dilakukan dengan memaksimalkan pemasaran kerajinan tangan yang telah ada dengan menawarkan produk secara langsung untuk jangka waktu yang lama. Dalam startegi ini, anda perlu menyamakan harga dengan kerajinan tangan yang lain.  

2) Perluasan Pasar

Perluasan pasar ini dilakukan dengan cara 1) bergabung dalam UKM daerah dan provinsi, 2) melakukan kerjasama dengan pemilik kerajinan tangan di luar daerah, 3) menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah, dan 4) mengikuti kegiatan UKM daerah maupun provinsi.

3) Pengembangan Produk

Seiring perkembangan zaman, pasti masyarakat memiliki selera tertentu dalam setiap fase, sehingga desain yang dibuat dalam gantungan kunci ini juga harus sesuai dengan tren yang sedang berlaku agar memiliki kesesuaian zaman.

Berikut lima hal yang dapat anda lakukan sebagai cara memulai usaha kerajinan tangan karena peluang bisnis kerajinan tangan ini sangat besar dan memiliki potensi yang bagus jika dipasarkan. Lima hal ini dapat digunakan sebagai langkah awal bagi anda yang akan memulai bisnis kerajinan tangan. Adapun beberapa tips yang ada di atas dapat anda rubah sesuai dengan keinginan berjualan anda. Selamat berbisnis!

Referensi

Wawancara secara langsung dengan Pengrajin Kota Probolinggo yaitu Dea Rahmania pada tanggal 1 Juni 2019.

Elisa & Lestari, Retno Budi. 2018. EL’S Craft (Perencanaan Pendirian Usaha Kerajinan Tangan). Manajemen STIE Multi Data, Palembang.

Sumanto & Sukamti. 2018. Keragaman Jenis dan Model Produk Home Industry Kerajinan Tangan sebagai Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang.

Aswicahyono, Haryo. 2014. Rencana Pengembangan Kerajinan Nasional 2015- 2019. Republik Solusi : Jakarta

Setiawan, Budi. 2010. Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Bambu di Wilayah Kampung Pajeleran Sukahati Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Prodi Manajemen STIE. Bogor.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *