Prospek dan Cara Buka Warung Sembako Modern

Usaha Warung Sembako Modern

Cara Buka Warung Sembako Modern

Jika sebelumnya hinyong.com pernah membahas dengan detail tentang usaha warung sembako sederhana maka kali ini akan mencoba menganalisa prospek usaha warung sembako modern.

Karena akan ada perbedaan persepsi yang dimaksud, maka pada pembahasan kali ini akan mempersempit apa yang dimaksud warung sembako modern ini.

Jika pada usaha sembako pada umumnya masih dijalankan dengan sistim dan penataan yang sederhana dan tekesan masih sangat tradisional maka pada warung sembako modern yang akan di bahas agak sedkit berbeda karena pengelolaan maupaun tampilan sembako akan dibuat sedemikian rupa agar terlihat lebih menarik dan tentu saja memberikan kesan kekinian.

Bukan itu saja pelayanan yang masih tradisional dirubah menjadi sistim modern dengan model pelayanan layaknya minimarket, dan pembayaran menggunakan sisitim kasir.

Meski mengadopsi sistim pelayanan minimarket akan ada perbedaan mendasar yang tidak bisa dihilangkan  yaitu ruang usaha yang umumnya lebih kecil, dan juga sistim pembayaran masih bisa saja dilakukan manual meskipun menggunakan sistim yang hampir sama hanya tekhnologi  belum bisa disamakan layaknya minimarket.

Bisa dibilang toko sembako modern merupakan usaha sembako yang berada pada posisi antara warung sembako sederhana dan minimarket pada umumnya.

Keunggulan Warung Sembako Modern

Kenapa warung sembako modern ini mulai banyak bermunculan dan apakah mereka tidak takut ditinggalkan calon pembeli warung sembako yang rata-rata dari mereka yang  memilih sistim warung sederhana karena diangap lebih hemat dan bisa berbelanja barang-barang tertentu dalam jumlah sangat kecil?

Disinilah letak keunggulanya, dimana usaha ini mengisi celah yang belum sepenuhnya terisi oleh pengusaha ritel sembako.

Pada usaha minimarket modern baik minimarket mandiri maupun minimarket waralaba, memiliki sistim pengeloalaan yang sudah sangat profesional, tekhnologi sistim pembayaran yang telah trintegrasi dengan POS (Point of Sale) dan kenyaman pengunjung karena tempat yang bersih, ramah dan juga kelengkapan pendukung yang memanjakan pengunjung.

Dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan dapat dipastikan orang yang berbelanja akan merasa nyaman dan betah namun sayangnya usaha minimarket cenderung diperuntukan bagi ekonomi kelas menengah ke atas saja sehingga konsumen dengan kemampuan daya beli yang rendah tidak menyukai cara penjualan minimarket yang rata-rata menjual barang ritel dengan rentang harga yang cukup tinggi.

Ini merupakan jawaban bagi mereka yang lebih memilih berbelanja ke warung dengan menawarkan opsi harga yang merakyat namun memberikan kenyaman mendekati pelayanan yang ditawarkaan minimarket.

Ibu-ibu yang ingin berbelanja kebutuhan dapur dengan nominal dibawah Rp.10.000,- umumnya akan lebih memilih pergi ke warung sembako daripada mengunjungi minimarket, meskipun sebenarnya kenyamanan tetap lebih baik berbelanja disana.

Inilah keunggulan usaha warung sembako modern yang bisa ditawarkan dan kemungkinan akan menarik minat mereka yang berbelanja dengan situasi seperti diatas.

Dan harus diingat jumlah orang-orang seperti dicontohkan sangat besar jadi meskipun mereka berbelanja dengan nominal lebih kecil daripada pelanggan minimarket namun karena jumlahnya yang cukup banyak maka keuntunganyapun akan sebanding.

Disamping itu usaha ini juga bisa saja menyaingi usaha minimarket dengan menarik perhatian mereka yang sudah terbiasa berbelanja dalam jumlah cukup besar di minimarket karena rata-rata harga jual pada produk disana dijual  lebih tinggi dibandingkan harga penjualan di warung sembako.

Keunggulan lain yang akan didapat pengusaha warung sembako modern dibandingkan warung sederhana adalah memiliki pengaturan pembayaran yang lebih baik karena menggunakan sisitim pembayaran di kasir, serta dapat mencegah orang berhutang tidak seperti umumnya warung sembako sederhana.

Baca Juga:

Pemilihan Lokasi Usaha Warung Sembako Modern

Pemilihan lokasi menjadi isu penting untuk dapat mencapai target penjualan maksimal.

Jika warung sederhana bisa saja di jalankan di gang komplek maka usaha ini sebisa mungkin memilih lokasi yang jauh lebih strategis.

Lokasi yang berada di jalan raya atau jalan utama di daerah Anda akan memungkinkan menarik calon pelanggan bukan saja dari area yang sama namun dapat menjaring pembeli dari luar daerah yang kebetulan lewat berlalu lalang di jalan damana usaha didirikan.

Anda juga dapat memilih di area perkotaan, lokasi dekat gelanggang olahraga dan berbagai lokasi yang cukup stratagis lainya dimana banyak orang melakukan aktivitas ataupun di tempat dimana banyak orang yang berlalu lalang.

Tentukan Nama Usaha Warung Modern Anda

Nama usaha merupakan hal penting yang harus dipikirkan  sebelum usaha Anda benar-benar buka.

Memberi nama usaha toko sembako  sebenarnya cukup simpel namun tidak sedikit yang salah menerapkan sehingga usaha Anda tidak terdongkrak popularitasnya.

Untuk memilih nama usaha yang baik pikirkan hal-hal berikut:

  • Nama harus unik dan belum digunakan pada usaha lain
  • Mudah diucapkan dan gampang diingat
  • Nama menggambarkan usaha yang dijalankan

Dengan menerapkan 3 kriteria tersebut maka usaha Anda akan mudah dikenali dan orang akan selalu mengingat sehingga orang yang berkunjung dengan mudah akan menyampaikan nama usaha ke teman atau saudara jika usaha kita dianggap memuaskan.

Disamping nama usaha kita juga sebaiknya memiliki moto atau slogan yang berfungsi sebagai komitmen usaha warung modern yang akan dibangun, slogan usaha nantinya bisa ditulis dibawah nama toko.

Contoh slogan adalah:

  • Lebih Murah dan Nyaman
  • Hematnya Gak Nanggung
  • Cara Hemat Masakini

Setelah memiliki nama usaha dan slogan nantinya Anda dapat membuat poster nama warung modern tepat di depan jalan dan di atas bangunan berikut contoh poster nama usaha yang bisa dijadikan inspirasi:

 

 

Nama Warung Sembako
Poster Nama Warung Sembako

 

Nama Toko Sembako Modern
Nama Toko Sembako Modern

 

Nama Toko Sembako
Nama Toko Sembako

 

Desain Usaha Toko Sembako Modern

Desain warung modern dalam pembahasan ini merupaka salah satu pembeda utama dengan warung sederhana tradisonal pada umumnya.

Jika toko sembako biasanya menggunakan lemari etalase kaca untuk menjajakan daganganya, maka pada usaha warung sembako modern sangat direkomendasikan menggunakan rak layaknya minimarket, sehingga pengunjung dapat memilih barang belanjaan sendiri dengan leluasa.

Buat meja kasir yang berada di sebelah pintu keluar masuk toko, dan jangan lupa untuk memperhatikan penempatan barang dagangan dengan memisahkan rak masing-masing dengan item tersendiri untuk memudahkan pencarian barang jualan Anda.

Cat menggunakan warna yang cerah atau gunakan warna putih sebagai warna dominan agar terlihat bersih dan luas.

Menata warung sembako dengan baik akan membuat toko rapi dan pengunjung merasa betah untuk berbelanja.

Jangan lupa jaga kebersihan warung layaknya usaha minimarket agar terkesan profesional dan lebih nyaman.

Membuka Usaha Warung Sembako Modern Anda

Setelah semua persiapan selesai kini saatnya untuk memulai usaha Anda, barang keperluan belanja dan berbagai cara promosi harus benar-benar dijalankan dengan baik dan benar demi kelancaran usaha.

Untuk mendapatkan penjelasan lengkap tentang promosi belanja barang dagangan Anda dapat membaca lebih lanjut pada artikel sebelumnya tentang Usaha Warung Sembako Modal Kecil.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *