Usaha Toko Buah

Usaha Toko Buah

Seperti halnya usaha lain, usaha toko yang khusus menjual khusus buah-buahan memiliki kelebihan dan kekurangan.

Namun begitu sejatinya jika Anda ingin serius membuka usaha toko buah ini masih memiliki potensi sangat bagus.

Hal yang menarik dari usaha jualan buah adalah keuntungan yang lumayan besar, bisa mencapai angka 25%  atau lebih dari modal pembelian.

Namun begitu resiko kerugian usaha toko buah juga sangat tinggi mengingat barang dagangan yang dijual rata-rata tidak bisa bertahan lama.

Butuh strategi penjualan yang benar agar usaha Anda berjalan lancar dan tetap menguntungkan.

Disini akan dibahas apa saja yang perlu Anda perhatikan untuk menghindari kerugian pada toko buah terutama untuk usaha baru yang belum memiliki banyak pelanggan.

Pemilihan Lokasi

Lokasi yang paling cocok untuk usaha jualan buah adalah di pinggir jalan di area yang ramai, sehingga usaha Anda akan mudah ditemukan.

Akan lebih bagus lagi jika pemilihan lokasi berada di area persimpangan jalan, atau di dekat pusat perbelanjaan.

Namun hal yang tidak kalah penting pastikan Anda memiliki tempat yang cukup untuk dijadikan lahan parkir.

Pemilihan Nama Toko

Meski mungkin usaha Anda masih sederhana namun nama toko wajib Anda pikirkan dengan baik.

Nama toko akan memudahkan para pelanggan untuk mengingat usaha Anda sekaligus akan lebih mudah bagi mereka jika ingin merekomendasikan usaha toko buah Anda ke rekan-rekanya, dan ini merupakan promo paling efektif dan terbaik.

Pilihlah nama toko yang memiliki makna baik dan juga sangat mudah diingat dan usahakan belum ada toko buah lain yang telah menggunakan nama tersebut.

Toko yang Tertata Rapi

Mungkin toko Anda bukanlah toko  karena jualan buah dipinggir jalan dengan mendirikan toko yang Anda buat sendiri, entah dengan terpal maupun dengan papan kayu.

Namun pastikan agar toko tertata rapi dan terlihat bersih, bebas dari bau busuk buah yang sudah kadaluarsa, serta usahakan lantai minimal sudah menggunakan semen.

Baca juga: Usaha jualan rujak buah dengan keuntungan maksimal

Stok Buah yang Lengkap

Untuk menarik minat pengunjung usaha toko buah Anda harus memiliki stok buah yang lengkap, karena rata-rata pengunjung akan cenderung memilih toko buah yang variasi buahnya lebih lengkap.

Mulai dari buah yang ada sepanjang waktu seperti pisang, nanas, pepaya, salak hingga buah musiman seperti buah duku, rambutan dan juga ketersedian buah import seperti apple, pir, kiwi dan sebagainya.

Kualitas Buah yang Bagus

Rata-rata pembeli akan lebih memilih buah dengan kualitas terbaik meski harga yang dijual lebih mahal.

Ini menjadi pedoman Anda agar selalu menjual kualitas buah yang baik sebagai prioritas meskipun harga jualnya akan menjadi lebih mahal.

Namun begitu jika Anda memiliki stok buah dengan kualitas yang rendah Anda tetap dapat menjualnya dengan catatan harus memisahkan buah ini di penjualan harga terpisah.

Jangan sekali-kali mencampur buah kualitas bagus dengan kualitas rendah semata-mata untuk menaikan keuntungan sesaat.

Jual Kuantiti Buah Sesuai Kemampuan Jualnya

Untuk menghindari kerugian maka sangat disarankan agar Anda menjual buah tidak melebihi kemampuan jualanya.

Jika Anda terlalu banyak stok buah yang mudah kadaluarsa sementara Anda kesulitan menjualnya  maka ini akan membuat Anda merugi karena buah akan kadaluarsa dan membusuk.

Pada item tertentu seperti buah pisang, pepaya, nanas dan sebagainya maka Anda dapat memiliki stok lebih banyak namun simpanlah buah tersebut dalam keadaan belum sepenuhnya matang.

Pada buah seperti duku sebaiknya menjual secukupnya saja kemudian belanja kembali ketika barang sudah mendekati habis.

Pilih Supplier Buah yang Terpercaya

Memiliki supplier buah yang dapat dipercaya merupakan perkara yang tidak mudah.

Biasanya ketika Anda memulai usaha jualan buah di pinggir jalan maka akan ada banyak supplier buah yang menawarkan berbagai jenis buah ke toko Anda.

Namun Anda mesti selektif dalam memilih supplier ini karena tidak semuanya jujur dalam berdagang.

Banyak penjual buah seperti ini memberikan kualitas barang yang kurang bagus namun pada bagian atas buah ini ditutup dengan kualitas buah terbaik.

Hati-hati dalam membeli dan cek secara keseluruhan isi buah yang ditawarkna supplier buah guna memastikan kualitas buah sudah seseuai yang diharapkan.

Disamping kualitas buah, Anda juga harus selalu menimbang ulang berat buah yang anda beli, umumnya pembelian grosir dari supplier seperti ini Anda akan medapatkan tambahan 10% dari berat timbangan yang Anda bayarkan.

Penambahan 10% ini adalah jumlah toleransi karena berat buah akan selalu mengalami penyusutan dari hari ke hari.

Berikan Pelayanan Terbaik

Seperti usaha toko lain usaha toko buah juga harus mengutamakan pelayanan terbaik.

Keramahan dalam melayani harus menjadi prioritas sesibuk dan seramai apapun langganan toko Anda saat itu.

Promosi Usaha Toko Buah

Terutama diawal usaha upaya promosi usaha toko buah menjadi sangat penting, ini karena langganan Anda belum ada dan promosi merupakan upaya pengenalan yang akan memancing pembeli berdatangan.

Disamping promosi lewat sosial media agar lebih mengenalkan usaha jualan buah Anda, maka promosi secara langsung dengan memberikan brosur kepada orang-orang sekitar bisa Anda terapkan dan bisa juga dengan memberikan potongan harga yang menarik bagi pembeli dengan jumlah pembelian tertentu.