Usaha Grosir Snack

Usaha grosir snack

Bukan hanya usaha grosir sembako yang memiliki peluang menggiurkan karena ternyata usaha grosir makanan ringan juga sangat menjanjikan.

Bagaimana cara menjalankan usaha grosir snack ini bisa menjadi usaha pilihan untuk Anda wujudkan?

Lokasi Usaha

Untuk mendirikan usaha grosir snack yang berhasil maka lokasi akan sangat memegang peran penting.

Pilihlah lokasi yang cukup strategis setidaknya berada di area jalan raya dan jika memungkinkan maka pilihlah lokasi di dekat pusat perbelanjaan.

Pemilihan lokasi yang salah bisa akan menghambat perkembangan usaha grosir Anda nantinya.

Memang lokasi yang strategis memiliki sewa yang lebih mahal namun ini akan sebanding dengan hasil yang akan Anda dapatkan mengingat semakin bagus lokasi maka daya jangkau terhadap calon pelanggan dapat dipastikan akan semakin baik.

Toko Yang Luas dan Parkir Yang Memadai

Bukan cuma lokasi yang harus strategis namun lahan parkir juga harus memadai untuk parkir roda 4, ini karena usaha grosir akan sering didatangi mereka yang berbelanja dengan mobil atau didatangi supplier barang dagangan.

Disamping tempat parkir luas, bangunan atau toko atau bisa juga disebut gudang harus luas mengingat jajan ini rata-rata memiliki volume yang besar namun harga yang kecil saja.

Bahkan untuk produk jajanan anak dengan kisaran harga eceran antara Rp.1000,- Rp.5000,- ini membutuhkan bidang lahan yang luas, sehingga memang pada awal perencanaan bisnis, tempat usaha bisa jadi merupakan hal yang harus benar-benar diperhitungkan dengan baik.

Bahkan sebagian modal Anda akan terkuras demi mendapatkan lokasi yang strategis dan cocok terutama jika Anda berniat untuk menyewa lokasi dengan pembayaran tahunan.

Nama Usaha Grosir Snack

Nama usaha atau nama toko juga harus Anda kaji dengan baik, karena nama toko merupakan brand yang akan Anda bawa terus hingga usaha Anda naik dan melejit.

Apalagi jika lokasi usaha adalah lokasi sewa, tanpa nama usaha yang baik dan mudah dikenal maka pada saat nanti Anda tidak dapat memperpanjang kontrak sewa tempat maka Anda akan kesulitan mengembalikan pelanggan ke lokasi baru Anda.

Namun jika sudah memiliki nama usaha maka Anda akan dengan mudah mendirikan usaha di lokasi lain dengan nama toko yang sama sehingga para pelanggan akan dengan mudah menemukan lokasi baru Anda.

Mendapatkan Stok Barang Dagangan

Hal terumit kedua bagi pemain baru adalah mendapatkan barang atau stok dagangan pertama Anda, banyak  yang bingung bagaimana cara agar Anda dengan cepat mendapatkan dagangan layaknya usaha grosir snack lain yang sudah lengkap.

Namun sejatinya pada awal Anda membuka usaha grosir ini Anda bahkan tidak perlu memiliki stok yang lengkap.

Seiring berjalanya waktu Anda akan paham dengan sendirinya dimana Anda harus berbelanja barang kebutuhan toko grosir Anda.

Disamping itu selama lokasi yang Anda pilih cukup strategis maka para supplier atau distributor akan berdatangan, dan percayalah stok dagangan Anda akan menyamai dengan grosir snack pada umumnya dan ini tidak membutuhkan waktu yang lama.

Atau jika Anda ingin lebih cepat lagi dalam mendapatkan barang dagangan yang lengkap namun pengetahuan Anda masih minim maka jalan terbaik adalah dengan menanyakan kepada rekan atau kenalan yang kebetulan memiliki usaha sejenis di wilayah Anda namun berbeda area pasar atau lokasi yang berbeda atau bersebelahan sehingga masih memiliki kemungkinan menanyakan tempat belanja barang dagangan yang dibutuhkan, namun tidak bersaing dalam mencari pelanggan karena jangkauan yang berbeda.

Jika saudara atau kenalan juga Anda tidak miliki maka jalan alternatif adalah dengan merekrut karyawan toko yang berpengalaman  bekerja di toko grosir snack di wilayah Anda.

Dengan merekrut karyawan ini maka Anda dapat menanyakan atau mempercayakan kepada karyawan untuk menyusun daftar barang dagangan dan mencarikan distributor yang dapat menyuplai keperluan belanja tersebut.

Promosi Usaha Grosir Snack

Jika usaha sudah terencana dengan baik bahkan mungkin sudah mulai berjalan maka promosi usaha merupakan hal terpenting yang harus Anda lakukan.

Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan teman lewat facebook, whatsapp, instagram, tweeter dan sebagainya untuk memperkenalkan usaha baru Anda ini.

Tawarkan kelebihan usaha Anda atau adakan diskon pada item tertentu agar usaha makin menarik minat calon pembeli.

Selain media sosial Anda juga dapat menyiapkan brosur atau selebaran yang berisi tentang usaha Anda beserta daftar barang item tertentu terutama pada item populer dengan memberikan harga terbaik untuk kemudian menyebarkan atau memberikan brosur tersebut kepada usaha-usaha makanan ringan eceran, usaha warung sembako dan tempat lain yang memiliki potensi untuk datang menjadi pelangaan di area Anda.

Jika Anda menginginkan usaha lebih cepat dikenal maka upaya jemput bola adalah hal terbaik untuk mempromosikan usaha grosir snack Anda.

Persiapkan mobil bak terbuka atau bisa juga mobil jenis APV dan sejenisnya dan sekaligus membawa dagangan untuk Anda tawarkan dari warung ke warung sambil membawa kartu nama atau brosur gratis.

Dengan upaya jemput bola akan lebih cepat untuk mendapatkan calon pelanggan yang lebih baik lagi.

Pelayanan dan Harga Terbaik

Tidak bisa dipungkiri harga merupakan salah satu alasan kenapa orang memilih berbelanja di usaha Anda, karena itu selalu pantau harga pasaran yang ada dan usahakan selalu memberikan harga terbaik atau minimal Anda tidak menjual lebih mahal dari usaha sejenis.

Selain harga Anda juga harus memberikan pelayanan istimewa kepada pelanggan.

Hargai semua pelanggan dengan baik perlakukan pelanggan dengan akrab layaknya keluarga untuk menjalin kedekatan,jangan sungkan untuk menanyakan jumlah anak kabar keluarganya dan seterusnya.

Lakukan hal baik seperti ini sesibuk apapun Anda saat itu.

Jangan pernah membiarkan calon pembeli menunggu tanpa Anda sapa.

Nilai Lebih

Untuk menjaga kesetiaan pelanggan yang sudah ada jangan lupa untuk memberikan nilai lebih yang bisa Anda berikan untuk memastikan pelanggan makin puas berbelanja di toko Anda.

Nilai lebih ini bisa berupa bingkisan kado pada saat lebaran, hadiah ketika pelanggan mengadakan hajatan seperti pernikahan dan sebagainya.

Anda juga bisa memberi nilai lebih dengan mengantarkan barang belanjaan pelanggan jika memenuhi minimal belanja tertentu.

Usaha grosir snack memang awalnya terlihat ribet namun ketika usaha sudah berjalan maka Anda akan menemukan ritme bisnis yang tidak lagi terlihat rumit.

Semuanya hanya soal waktu dan seberapa serius Anda membengun usaha grosir makanan ringan ini.