Tips Melakukan Perjalanan Keluar Negeri,TKI/TKW Wajib Baca

Persiapkan 7 hal penting sebelum berangkat kerja keluar negeri
Persiapan yang matang,perjalanan tenang.

Tips Melakukan Perjalanan Keluar Negeri.

Keluar negeri dan mendapat penghasilan yang lebih baik merupakan alasan dari beberapa pekerja harus meninggalkan tanah air guna mendapatkan pekerjaanya di luar negeri.

Meski tidak ada jaminan bekerja di luar negeri memberikan keuntungan secara umum,namun berangkat kerja keluar negeri masih menjadi idola para pekerja agar mendapatkan penghasilan yang baik untuk masa depan.

Bagi yang baru pertama berangkat ke luar negeri barangkali akan sedikit ribet karena banyak hal yang mesti dipersiapkan seperti perlengkapan pribadi berupa baju dan semacamnya,belum lagi dokumen penting seperti ijazah,passport,tiket serta peralatan pendukung lainya.

Disini kita akan membahas apa saja yang paling perlu diperhatikan sebalum anda bersiap-siap merantau ke negeri orang terutama yang menggunakan transportasi udara.




1.Pastikan passport dan dokumen perjalanan

Tiket,Passport,Letter of Guarantee dari perusahaan ataupun lampiran berupa imigrasi chekpoint tersimpan dengan aman dan mudah ditemukan.

Simpan di tas jinjing/tas punggung dan jangan sampai dimasukan di bagasi,pisahkan penempatanya di tas jinjing/tas punggung anda sehingga mudah diambil karena dokumen ini penting ketika kita hendak chek in ke pesawat maupun saat pengecekan di imigrasi.

Akan tetapi jangan  disimpan di dalam tas kecil tersendiri  untuk menghindari kasus ketinggalan selama perjalanan.

 

2.Catat di smartphone anda dan lakukan juga di buku atau diary

Nomor penting seperti,nomor,email dan alamat dari agensi,perusahaan jangan lupa juga catat nomor telephone,alamat kantor kedutaan Indonesia di negara tujuan anda,juga tidak ketinggalan nomor saudara dirumah pastikan lebih dari satu saudara yang bisa dihubungi.

Tujuanya adalah untuk mengantisipasi jika keadaan tidak terduga terjadi,seperti ketinggalan peasawat,bermasalah dengan imigrasi ataupun hal lain yang tidak terprediksi sebelumnya.

 

3.Perhatikan dan pelajari tentang keadaan negara tujuan anda

Inii termasuk suhu politik,keamanan dan penting juga untuk mempelajari barang-barang yang tidak diperbolehkan dibawa ke negara tujuan,sebagai contoh negara Singapore melarang membawa tembakau dan rokok untuk masuk ke negaranya kecuali kita mau melapor ke bea cukai dengan biaya yang cukup mahal atau akan dikenakan denda yang berat bahkan hukuman pidana jika diketahui anda membawanya tanpa pelaporan.

 

4.Amankan bagasi anda

Pastikan bagasi tidak rusak dalam perjalanan serta cegah orang-orang jahat memasukan barang terlarang seperti narkoba dan sejenisnya ke dalam bagasi kita,untuk itu semua akses kebagasi sebaiknya di kunci atau di gembok.

 

5.Tukar uang saku anda ke dalam mata uang negara tujuan atau ke dolar Amerika.

Menukar mata uang penting,karena banyak penukaran uang di banyak negara menolak  mata uang rupiah,sedangkan dengan  dolar Amerika hampir semua negara menerimanya.

 

Baca Juga:

Tips Mendapatkan Pekerjaan di Linkedin

6.Pastikan dompet disimpan ditempat yang aman.

Dompet harus tersimpan aman dan jangan sampai ketinggalan apalagi kecopetan.

Jangan lupa bawa kartu debit atau atm yang berlaku di seluruh dunia caranya perhatikan logo di atm anda harus ada master card,cirrus dan sebagainya jika anda ragu tanyakan petugas bank atau layanan pelanggan penerbit kartu tersebut.

Ini untuk berjaga-jaga jika suatu ketika terjadi masalah dalam perjalanan anda maka anda dapat meminta bantuan saudara,orang tua dan orang lain di rumah untuk mentransfer dana dan mengambilnya di negara atau bandara luar negeri.

 

7.Perhatikan kesehatan.

Pastikan anda dalam keadaan sehat dan fit sebelum berangkat,istirahat yang cukup dan makan yang cukup membuat tubuh lebih fresh untuk menghindari stamina yang drop bahkan pingsan dalam perjalanan.Karena pentingnya poin ini kita harus benar-benar memberi perhatian khusus apalagi jika anda pergi keluar negeri seorang diri tanpa teman bersama anda.

Itulah hal penting yang harus jadi perhatian kita dan selalu ingat tips melakukan perjalanan keluar negeri ini disamping hal-hal lain seperti pemahan isi kontrak kerja dan sebagainya.

Jika ada yang kebetulan sedang mempersiapkan diri untuk berangkat sekarang ini,saya ucapkan selamat semoga lancar dan sukses serta jangan lupa berdo’a sebalum dan selama keberangkatan.

 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan