Cara Mengobati Penyakit Asam Urat Serta Pencegahanya

Bagaimana Cara Mengetahui Penyakit Asam Urat
Bagaimana Cara Mengetahui Penyakit Asam Urat
Bagaimana Cara Mengetahui Penyakit Asam Urat
Bagaimana Cara Mengetahui Penyakit Asam Urat

 

Bagaimana Cara Mengetahui Penyakit Asam Urat?Saya sangat yakin kita semua sudah tidak asing dengan sebutan untuk penyakit Asam Urat ini.Namun apakah semua orang tahu pengertian asam urat,gejala asam urat,pengobatan asam urat hingga pencegahan asam urat?

Penulis mencoba mencari informasi semua A-Z tentang penyakit satu ini dengan tujuan agar kita lebih banyak tahu tentang bagaimana seharusnya tindakan kita supaya terhindar,atau cara yang benar mengobati dan mencegah asam urat ini.

Pengertian Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat merupakan penyakit dimana penderita mengalami gejala nyeri yang hebat disertai pembengkakan  dan rasa panas terutama di daerah persendian.Sendi yang paling sering terserang meliputi sendi jari tangan dan kaki,persendian lutut juga pada pergelangan kaki.

Sementera mengutip definisi pengertian dari penyakit asam urat wikipedia menyebutkan bahwa,penyakit asam urat merupakan sebuah penyakit sebagai akibat dari asupan zat purin yang berlebihan.Purin inilah yang kemudian diolah menjadi asam urat pada sistim tubuh kita.

Dikarenakan asam urat yang berlebihan kemudian ginjal kewalahan dan tidak mampu mengeluarkan yang berakibat kristal asam urat menumpuk pada daerah-daerah persendian.Jika keadaan ini berlangsung lama biasanya penderita akan mengalami rasa nyeri serta pembengkakan pada sekitar persendian tersebut.

Menngetahui lebih lanjut darimana asal muasal purin ini,di wikipedia menyebutkan jika purin adalah zat yang terdapat pada makhluk hidup.Intinya adalah dalam sistem tubuh makhluk hidup akan didapati zat purin ini.

Manusia sebagai makhluk yang mengonsumsi makhluk hidup lain sebagai akibatnya zat purin ini secara otomatis berpindah ke dalam tubuh manusia.

Namun bukan makhluk hidup saja yang mengandung zat purin berbagai sayuran dan bermacam buah-buahan juga terdapat zat purin.Bahkan selain dari sumber diatas purin juga bisa dihasilkan karena adanya adanya perusakan sel tubuh baik secara normal maupun karena adanya serangan penyakit tertentu.

Gejala Penyakit Asam Urat

Meski jenis penyakit ini umumnya menyerang pada usia lanjut pada kebanyakan golongan pria dan bagi wanita banyak dijumpai setelah mereka memasuki masa monopouse,namun sebagai kaum muda juga perlu mengetahui supaya  sebisa mungkin menghindari dengan sedikit membekali pengetahuan tentang penyakit ini,serta mengetahui juga gejalanya.

Berikut adalah gejala asam urat yang biasanya terjadi:

  1. Penderita umumnya akan merasakan ngilu pada persendian,nyeri yang hebat hingga kesemutan bahkan pada kasus yang lebih berat dijumpai bengkak dan kemerahan disertai peradangan pada sekitar persendian.
  2. Terjadinya nyeri persendian yang berulang-ulang.
  3. Pada penderita yang berat rasa nyeri dan ngilu serta efek dari peradangan membuat penderita kesulitan menggerakan persendianya sehingga akan kesulitan berjalan menggerakan jari-jari dan daerah lain yang terkena dampak asam urat ini.
  4. Nyeri pada persendian sering dialami pada saat bangun dari tidur ataupun pada malam hari,maka jika anda mulai merasakan ini coba periksa ada kemungkinan gejala asam urat.

Mungkin pada setiap individu tidak mengalami hal yang sama pada gejala penyakit ini,namun jika satu dari 4 diatas anda rasakan sebaiknya periksa ke dokter ahlinya agar memastikan apakah anda sudah mengidap penyakit ini.

Jika dokter ahli anda menyatakan positif menderita penyakit asam urat maka selanjutnya kita perlu tahu bagaimana pengobatan yang tepat terhadap asam urat ini.Tidak ada yang lebih baik selain mendapat nasihat langsung dari dokter sebagai ahlinya karena akan dilakukan diagnosis yang paling tepat berkaitan dengan seberapa parah penyakit yang diderita.

Namun tidak ada salahnya juga kita mengintip lebih jauh bagaiman cara pengobatan yang benar menurut dokter.

Baca Juga;

Pengen Tetep Cantik?Jangan Remehkan Khasiat Buah Naga

Cara Mengobati Penyakit Asam Urat

Mekipun dalam artikel ini saya mencoba mencari informasi dari sumber-sumber yang bisa dipercaya namun saya sangat menyarankan agar berkonsultasi pada dokter pada pengobatan yang tepat adalah cara yang terbaik.

Didalam artikel ini digunakan sebagai penambahan wawasan saja tentang cara pengobatan yang benar,dan bukan untuk mempraktekan sendiri tanpa adanya diagnosa dan dosis obat yang tepat sesuai gejala yang diderita.

Hal pertama yang perlu diketahui dan perlu dipraktekan adalah mengambil waktu istirahat yang cukup hindari sebisa mungkin persendian yang terserang asam urat dari benturan.Mengompres dengan es selama beberapa menit juga dipercaya mampu meredakan rasa nyeri,namun perlu diperhatikan es yang dikompreskan mesti dibungkus/dibalut dengan kain/plastik atau dari bahan tertentu dan jangan mengompres es dengan kontak langsung pada kulit sekitar persendian anda,ditakutkan berakibat kerusakan jaringan kulit.

Segeralah meminum obat yang diresepkan atau disarankan oleh dokter anda,perhatikan dosis dan aturan pakainya.

Pada kutipan yang saya dapat dari aladokter.com ,obat yang paling sering di konsumsi untuk mengobati atau meredakan penyakit ini adalah kelompok obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS),sedangakan jenisnya seperti indometasin,diclofenac,naproxen,dan etoricoxib.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang fungsi obat ini saya sarankan anda buka di alodokter.com,yang membahas lebih lanjut.

Pencegahan Penyakit Asam Urat

Setelah kita mengetahui pengertaian,gejala dan pengobatan asam urat maka kurang lengkap jika tidak mengetahui bagaimana caranya mencegah penyakit asam urat ini.

Tujuanya adalah meminimalkan resiko datangnya kembali/kambuhnya kembali asam urat,dan bagi yang belum pernah menderita berupaya agar terhindar dari penyakit satu ini.

Pencegahan penyakit asam urat disini maksudnya bagaimana caranya agar asam urat yang ada di dalam tubuh tidak melebihi batas normal yang dianjurkan secara ilmu medis.

Karena kita tahu kelebihan asam urat inilah sebagai penyebab yang jelas terhadap Penyakit Asam Urat.

Perlu diketahui kadar asam urat normal pada pria sekitar 3,5-7mg/dl sementara untuk kaum hawa 2,6-6mg/dl.Keadaan yang melebihi batasan normal inilah sebagai sebab paling berpotensi menderita Penyakit Asam Urat.

Memang tidak semua orang yang memiliki asam urat melebihi kapasitas normal menderita gejala-gejala asam urat atau gout,hanya dalam kisaran 25 % saja dari jumlah orang yang memiliki kadar asam urat diatas 7mg/dl,kemudian mengidap penyakit asam urat.

Karena orang yang tidak mengalami gejala-gejala penyakit asam urat meskipun kadar asam uratnya tinggi masih menganggap jika dirinya tidak menderita penyakit ini.

Namun perlu diketahui seiring berjalanya waktu dan bertambahnya usia keadaan asam urat yang berlebih cenderung akan menjadi penderita penyakit asam urat meski gejalanya tidak selalu dirasakan pada waktu yang singkat.

Inilah yang disebut sebagai asam urat stadium pertama,jika dibiarkan tanpa pencegahan maka potensinya menjadi tinggi.

Namun bagi yang menyadari dan kemudian menjaga kadar asam uratnya untuk kembali normal maka penderita kelebihan asam urat stadium pertama tidak lagi beresiko dan tidak merasakan adanya gejala-gejala yang dimaksud.

Bagi yang telah diklaim menderita penyakit asam urat mereka perlu secara intensif memberlakukan pengobatan sekaligus pencegahan agar asam urat tidak merembet pada serangan gejala lainya.

Sementara bagi kita yang merasa masih muda atau barangkali sudah berumur namun merasa sehat-sehat saja tidak ada salahnya untuk sekali-sekali melakukan cek medis untuk memastikan kadar asam urat kita aman.

Karena meski pada umumnya asam urat menyerang usia lanjut namun pada beberapa kasus gejala asam urat bisa ditemukan pada usia 30 an tahun bahkan dalam jumlah kecil pada usia 20 an.

Secara teori cara mudah mencegah adalah dengan mengetahui penyebab,maka disini kita juga akan mencari tahu penyebab penyakit asam urat ini dan kemudian tindakan pencegahanya.

Penyebab penyakit asam urat secara garis besar di bagi menjadi dua.Pertama adalah penyebab primer,yaitu yang disebabkan karena faktor keadaan tubuh atau asal usul penderita itu sendiri.Kedua adalah penyebab sekunder merupakan penyebab yang diketahui sebagai penyebab dari luar seperti pola dan gaya hidup,asupan makanan dan lain-lain.

Faktor Primer Penyakit Asam Urat dan Pencegahanya

1.Sebab Keturunan.

Faktor keturunan,umumnya orang yang dari keturunan pengidap penyakit asam urat mempunyai potensi lebih tinggi mengidap penyakit ini.Meski kita tidak mungkin mencegah faktor keturunan sebagai penyebab penyakit asam urat,namun kabar baiknya bagi mereka yang bisa konsisten menjaga gaya hidup dan pola makan yang sehat serta olahraga yang rutin,mereka bisa hidup sehat dan terbebas dari penyakit ini.Maka jangan sungkan untuk memeriksakan kandungan asam urat sesuai anjuran medis,dan hidup dengan pola yang sehat.

2.Masalah Pada Hormon

Penyebab hormon bisa diakibatkan karena ketidak seimbangan hormon dalam tubuh.Hormon sendiri berasal dari bahasa yunani yang berarti menggerakan,yaitu pembawa pesan kimiawi sel atau antar kelompok sel.Hormon banyak berperan pada masa reproduksi dan banyak hal yang juga banyak berpengaruh pada tubuh.

Ketidakseimbangan hormon dapat berakibat tidak stabilnya sistem kerja tubuh,pada kasus tertentu ketidak seimbangan hormon pada tubuh dapat memepengaruhi produksi purin pada tubuh,purin inilah yang kemudian diolah menjadi asam urat.Meskipun pada keadaan normal manusia mampu menciptakan purin hingga 85% dari kebutuhanya,namun dengan adanya ketidakseimbangan  hormon bisa berakibat produksi purin bertambah bahkan hingga berkali lipat.

Ketidak seimbangan hormon ini bisa disebabkan dari berbagai hal,berikut beberapa penyebab ketidak seimbangan hormon dan bagaimana mencegahnya agar tidak terjadi hal tersebut.

  • Emosi yang tidak terkontrol dengan baik.
  • Gaya dan pola hidup tidak sehat dan tidak teratur
  • Adanya Radikal Bebas

Kebalikan dengan penyebab ketidak seimbangan hormon berikut cara pencegahanya.

  • Jagalah emosi kita agar selalu stabil dan selalu berpikir sehat dan positif.
  • Menjaga pola hidup sehat dan berolahraga secara rutin
  • Mencegah tubuh dari radikal bebas dan lakukan cara sehat agar racun dalam tubuh tidak banyak menumpuk.Pengaruh polusi dan lingkungan tidak sehat harus diperhatikan.

Faktor Sekunder Asam Urat dan Pencegahanya

Faktor sekunder penyebab asam urat atau faktor yang datangnya dari luar tubuh kita ini sangat erat kaitanya dengan konsumsi makanan dan zat-zat kimia seperti obat-obatan yang masuk kedalam tubuh kita.Berikut adalah penyebab penyakit asam urat dari faktor sekunder dan pencegahanya.

1.Konsumsi Makanan Tinggi Purin yang Berlebih

Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat tinggi purin akan berakibat kandungan purin dalam tubuh melebihi kebutuhan normal sehingga produksi asam urat terjadi peningkatan yang signifikan,asam urat yang berlebihan inilah sebagai penyebab awal terjadinya penyakit dimaksud.

Untuk mencegah hal ini maka perhatikan makanan yang dikonsumsi agar kita tetap sehat dengan kandungan purin secukupnya.Nanti kita akan bahas makanan yang sehat dan makanan pantangan untuk mencegah penyakit ini.

2.Alkohol dan Obat-Obatan Kimia.

Ternyata alkohol memiliki efek yang buruk karena memacu enzim tertentu di dalam liver yang akan memecah zat protein dan mampu menghasilkan lebih banyak zat asam urat.Demikian juga obat-obatan kimia,meski secara medis kita diperkenankan menggunakan obat dalam kasus penyembuhan suatu penyakit,namun ternyata kandungan zat kimia pada obat dipercaya mempunyai efek samping karena kandungan zat kimia tertentu pada obat dapat mempengaruhi kinerja ginjal,liver dan organ tubuh lain.Dalam hal ini menggunakan obat kimia dibenarkan selama merujuk pada anjuran ahli medis atau dokter ahli.

Sementara jika ginjal terganggu maka dipastikan pengeluaran zat asam urat lewat urine akan terganggu sehingga kandungan asam urat akan makin menumpuk dalam tubuh.

Untuk mencegah penyebab dari bahaya alkohol dan abat-obatan kimia terhadap penyakit asam urat maka sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi minuman beralkohol,disamping memabukan juga banyak efek lain yang lebih merugikan.

Begitupun pada penggunaan obat-obatan kimia,pastikan hanya mengkonsumsi obat-obatan hanya jika dirasa diperlukan,pada obat-obatan yang mengharuskan resep dokter maka harus meminta rekomendasi dokter demi menjaga kestabilan kesehatan di kemudiana hari termasuk efek munculnya penyakit asam urat.

Itulah berbagai macam penyebab dan cara pencegahan penyakit asam urat,saya yakin masih banyak kekurangan meski saya sendiri mencari materi dari berbagai sumber,namun sebagai tambahan untuk melengkapi berikut adalah beberapa tips pantangan makanan dan anjuran yang ditujukan terhadap pencegahan Penyakit Asam Urat.

Pantangan Makanan Penderita Asam Urat dan Pencegah Kambuhnya Asam Urat



  1. Jeroan,ini meliputi:paru-paru,usus,babat,hati,empela,otak.
  2. Ikan Sungai seperti:udang,kepiting,lele,belut,udang
  3. Makanan Laut atau seafood:cumi-cumi,kerang,tiram,sarden dan sejenisnya.
  4. Daging kambing,babi,sapi,kerbau
  5. Makanan ikan atau daging dalam kaleng yang diawetkan
  6. Abon dan dendeng
  7. Burung dan jenis kelelawar
  8. Kacang-kacangan seperti:kedelai,kacang tanah,melinjo dan hasil olahanya seperti tempe dan sejenisnya.
  9. Sayuran:kembang kol,buncis,jamur kuping,daun singkong,daun pepaya,kangkung,cabe atau lombok.
  10. Buah-buahan:durian,air kelapa.
  11. Santan dan jenis makanan yang digoreng
  12. Makanan lain yang kaya protein,lemak dan darah.

Beberapa Tips dan Makanan yang Dianjurkan

  1. Makanalah yang mengandung potasium tinggi seperti kentang,pisang dan tomat
  2. Buah yang mengandung vitamin C seperti:Stroberi,jeruk dan pepaya
  3. Karbohidrat komplek bisa dari nasi,singkong atau roti
  4. Jangan terlalu lelah,banyaklah istirahat
  5. Olahraga yang cukup sesuaikan dengan kebutuhan
  6. Cek secara berkala kandungan asam urat pada tubuh ke ahli medis terpercaya.
  7. Banyak minum air putih umumnya antara 8-10 gelas perhari.

Demikian ulasan mengenai bagaimana cara mengetahui penyakit asam urat,pencegahan dan pengobatanya,semoga bermanfaat./dari berbagai sumber

Loading...

1 Komentar

Tinggalkan Balasan