Belajar Bisnis Bagi Pemula Cara Termudah Dan Aman

belajar bisnis bagi pemula

Belajar Bisnis Bagi Pemula Cara Termudah Dan Aman

Pada postingan kali ini admin akan menggali lebih bagaimana menciptakan bisnis dari nol,dari tidak ada keinginan apapun sebelumnya kemudian merubah kita menjadi orang yang punya ambisi menjadi seorang pengusaha.

Menjadi pebisnis sukses adalah dambaan banyak orang,bahkan meskipun mereka yang sebenarnya tidak memiliki keinginan untuk berbisnis sekalipun,maksudnya adalah orang yang sukses dalam bisnis akan memberikan gambaran tentang betapa mudahnya mereka mendapatkan uang,memiliki karyawan dan hanya sedikit yang mereka lakukan namun hasilnya menakjubkan,sehingga orang yang melihatnya pasti mendambakan seperti mereka.

Sayangnya masih banyak anggapan bahwa orang yang sukses berbisnis  itu karena bakatnya atau karena faktor keluarganya adalagi yang berpendapat karena faktor keberuntungan semata.

Ini menjadi beberapa alasan bagi orang-orang yang merasa tidak mampu untuk menjalankan sebuah bisnis dan kebanyakan dari mereka merasa cukup dengan menjadi pegawai atau karyawan saja.Banyaknya kegagalan dari keluarga,kawan,atau mungkin pengalamanya turut menyumbangkan anggapan betapa menjalani sebuah bisnis adalah sesuatu yang terlalu beresiko dan tidak aman buat ditekuni.

Padahal salah satu ilmu yang paling baik adalah belajar dari kegagalan,dari beberapa orang-orang sukses didunia bahkan tidak  ada yang tidak pernah mengalami kegagalan.Semua pebisnis yang telah lebih dulu sukses semuanya pernah gagal,meski kegagalanya ada yang sampai mengalami kebangkrutan ataupun sebagian lagi mengalami kegagalan dalam satu tekhnik,bisa jadi pada pemasaran,gagal pada produksi dan lain-lain.

Disini kita sama sama akan belajar mencari cara teraman agar dalam menjalani sebuah bisnis dan bagaimana caranya kita tetap terus berkomitmen untuk menjadi pebisnis dengan mencari cara yang paling efektif dan realistik.

Yuk,kita mulai belajar bisnis dari awal.

 

Pengertian Bisnis

Bagi yang sangat awam mungkin ada yang bertanya apa itu bisnis?Karena bahasa bisnis ini merupakan kata serapan yang berasal dari business,sebuah kata dari bahasa inggris yang awal katanya adalah busy atau sibuk.Saya coba mencari jawaban  definisi bisnis dan menemukan di wikipedia yang menyatakan ,bahwa bisnis dalam ilmu ekonomi berati suatu organisasi yang berusaha menjual jasa atau barang kepada pembeli/konsumen,atau di bidang bisnis lain yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan/laba.

 

Jenis Bisnis

Banyak jenis bisnis yang perlu diketahui dilihat dari kepemilikan dan klasifikasinya.

 

Berdasarkan Kepemilikan bisnis umumnya dibagi menjadi:

 

1.Bisnis Perseorangan:

Bisnis ini dijalankan oleh perseorangan atau individu.Pemilik jenis ini mempunyai kuasa yang tak terbatas terhadap bisnis yang dikelolanya,karena dikelola sendiri dan modal sendiri maka pebisnis ini bebas mengatur kebijakanya sendiri dalam menentukan langkah dan tindakan serta strategi pasarnya.

Nanti kita akan menggali lebih jauh tentang jenis bisnis ini karena jenis ini palig banyak ditemui dan dikelola oleh pebisnis pemula atau orang yang baru menapakan kaki dalam dunia bisnis.

 

2.Bisnis Gabungan/Persekutuan

Bisnis jenis ini adalah bentuk bisnis dimana beberapa orang akan melakukan kerja sama untuk menjalankan perusahaan untuk mendapatkan laba,dengan sebuah perjanjian masing-masing anggota dan keuntungan akan dibagi sesuai perjanjian awal.

3.Bisnis Perseroan

Adalah sebuah bisnis yang fungsi dan kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang serta akan diawasi oleh dewan direktur.

 

3.Koperasi

Adalah Jenis bisnis yang didirikan oleh anggota-anggotanya dengan memegang prinsip koperasi,dimana bisnis ini bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya.Pada bisnis koperasi anggotamemegangupakan investor atau bagaimana dari pemilik bisnis sekaligus konsumen/pengguna.

 

Berdasarkan Klasifikasi Bisnis Dibagi Menjadi:

1.Manufaktur

Yaitu bisnis yang memproduksi barang dari bahan mentah atau setengah jadi menjadi barang yang lebih spesifik dan menjualnya kembali untuk mendapatkan laba.

 

2.Pengecer atau Distributor

Merupakan rantai bisnis yang mengarah kepada konsumen sebagai pemakai barang daganganya

 

3.Pertanian,Peternakan atau Pertambangan

Bisnis yang berorientasi mengexlpore bahan mentah dari alam,atau mengembang biakan serta menggandakan kuantitas  bisnis dengan cara mengandalkan faktor alam dan perawatan manusia untuk menghasilkan keuntungan.

 

4.Real Estate

Bisnis dengan menjual atau menyewakan bangunan untuk mendapatkan laba.

 

5.Finansial

Bisnis dengan mengandalkan modal yang diinfestasikan kepada perusahaan atau dengan membeli saham dan sebagainya.

 

6.Transportasi

Adalah bisnis dengan mengandalkan alat transportasi komersil untuk mendapat laba.

 

7.Bisnis Online

Merupakan bisnis yang sangat populer akhir-akhir ini,bisnis ini merupakan bisnis dengan memanfaatkan media internet,bisa jadi jual beli online,penawaran jasa ataupun menjadi pebisnis dengan menjadi internet marketer dan sebagainya.

Seiring perkembangan waktu jenis bisnis bisa saja berkembang dan banyak pilihan seiring kemajuan tekhnologi.

Sebagai pemula atau bahkan awam terhadap dunia bisnis barangkali masih bingung darimana kita mengawali sebuah usaha agar menjadi pebisnis yang sukses.

Agar kita lebih tau bagaiaman cara efektif dalam berbisnis mari kita pelajari topik selanjutnya dan kita akan membahas langkah-langkah memulai bisnis.

 

Langkah-Langkah Memulai Menjalankan Cara Bisnis Yang Mudah Dan Aman

 

Membuat sebuah bisnis yang bagus pada kenyataanya tidak semudah kita mencari uang sebagai pekerja,itu adalah fakta yang membuat orang enggan melakukan bisnis dan merasa nyaman dengan cukup menjadi karyawan saja.

Meski kenyataanya kita pasti tahu menjadi pengusaha yang berhasil mendatangkan keuntungan yang jauh lebih besar dari pada hanya sebagai pekerja.

Para pekerja berasumsi bahwa menjadi seorang karyawan dengan pendapatan bulanan atau mingguan  adalah cara teraman dan kecil resiko.

Apakah faktanya demikian?nyatanya seorang pekerja pun mempunyai resiko terhadap pemecatan sepihak,atau resiko pemecatan karena faktor kesehatan dan sebagainya,belum lagi faktor pendapatan yang dirasa akan terus berbanding terbalik dengan kebutuhan hidup yang terus membengkak dari bulan ke bulan sementara gaji karyawan umumnya hanya akan mengalami peningkatan setahun sekali itupun langsung dibuntuti dengan kenaikan harga pokok dan barang-barang kebutuhan yang mungkin lebih tinggi dari kenaikan gaji tersebut.

Disinilah kita akan mengkaji bagaimana kita bisa mengamankan kebutuhan hidup dan mencari tahu solusinya.

Bagi pekerja yang berpenghasilan besar mungkin sedikit lega meski fakta tidak ada batasan terhadap besarnya gaji karena semakin tinggi pendapatan akan disusul dengan gaya hidup dan kebutuhan yang naik.

Sementara bagi karyawan yang hanya mendapat upah kecil bahkan sebagian hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok atau malah kurang pasti di buat pusing tujuh keliling dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Tidak ada cara yang efektif kecuali berusaha melipatgandakan pendapatan kita untuk mendapatkan keseimbangan yang baik dengan kebutuhan harian yang makin membengkak.

Menjadi pebisnis atau pengusaha adalah cara yang saya pikir paling efektif untuk menangani kasus seperti diatas.

Apa yang penting dilakukan bagi kita yang awam atau masih pemula dalam dunia bisnis adalah mempelajari trik dan cara agar memulai bisnis yang aman dan sangat kecil resiko.

Mungkin ada yang menyangkal dan mengatakan tidak ada bisnis yang aman dari resiko apalagi tanpa resiko.

Betul memang menjadi pebisnis itu beresiko dan menjadi karyawan pun beresiko jadi tidak ada pekerjaan tanpa resiko,apa yang perlu adalah mempelajari resiko dan cara menanganinya.

Sehingga tidak ada alasan lagi menyatakan berbisnis adalah hal buruk,bahkan jika kita mengetahui keunggulanya menjadi pebisnis mempunyai prospek yang sangat lebih jauh menjanjikan.

Jika kita sudah yakin untuk mempelajari seluk beluk bisnis,mari kita lanjutkan ke bab berikutnya,tentang langkah-langkah memulai bisnis.

 

1.Ciptakan Mindset Pebisnis atau Pengusaha

 

Belajar Bisnis
Belajar Bisnis

Ini adalah hal pertama yang perlu kita ketahui dan wajib kita pelajari,dengan mempunyai mindset atau pola pikir seorang pengusaha maka kita akan lebih senang mempelajari hal-hal selanjutnya tentang bagaimana menjalankan cara bisnis yang mudah dan aman serta menangani segala kendalanya.

Hal pokok untuk merubah mindset pekerja menjadi mindset pengusaha adalah mematahkan mitos dan pola pikir tentang orang kebanyakan yang menganggap bahwa bisnis adalah beresiko tinggi,bahwa bisnis adalah dekat dengan kebangkrutan dan pandangan negatif lain.

Bagaimana caranya agar kita mempunyai pola pikir yang positif terhadap sebuah bisnis?

Masing-masing orang atau ahli dalam bisnis pasti mempunyai cara pandang tersendiri tentang dunia bisnis dan bagaimana memulai cara bisnis yang mudah dan aman.

Sebagai orang awam atau pemula kita perlu melakukan agar pola pikir kita sederajat dengan mereka  para pebisnis,apa saja yang kita perlukan?

  • Buang jauh-jauh anggapan bahwa memulai bisnis itu buruk,bahkan harus sebaliknya bahwa bisnis lebih banyak menguntungkan dan memberi banyak pelajaran
  • Berkumpul dengan para pebisnis yang telah sukses,cara ini akan sangat efektif karena pada umumnya cara pandang dan mindset seseorang sangat dipengaruhi oleh lingkungan dan pergaulanya,jika kesulitan mendapat pebisnis sukses yang di jadikan teman,maka minimal dekatlah dengan orang-orang yang punya misi sama.
  • Sering-seringlah mempelajari biografi orang-orang sukses,bisa anda dapatkan dari buku atau cukup mencari sumber-sumbernya di internet.
  • Bisa juga bergabung di forum-forum internet dengan komunitas yang ber keinginan sama dengan anda.
  • Yakinkan pada diri sendiri bahwa anda adalah orang yang pantas untuk sukses,pastikan dan yakinkan dengan penuh percaya diri bahwa anda adalah orang sukses.
  • Belajar disiplin dan menghargai waktu untuk kegiatan yang positif,berprinsiplah waktu adalah peluang.Karena pengusaha adalah mereka yang mampu menciptakan peluang dalam memanfaatkan waktunya dengan baik.

Dengan melatih dan mendapatkan pergaulan yang positif maka mindset kita akan berubah dan ketika mindset kita atau pola pikir kita sudah menjadi seperti para pebisnis maka mewujudkan cita-cita jadi pengusaha akan lebih mudah.

 

2.Bermimpilah

Mimpi bukan dalam artian yang sesungguhnya bukan dengan tidur yang nyenyak supaya kita mendapatkan mimpi.

Bercita-cita dengan keyakinan yang sangat kuat adalah maksud pada poin ini,dalam sekala kecil sebuah peluang bisnis jauh lebih mudah dijalankan,mereka yang menjalani sebuah atau beberapa bisnis berpuluh-puluh tahun dan hanya bertahan untuk makan dan kebutuhan sehari-hari juga dikategorikan sebagai pebisnis.

Nah bagi kita yang ingin menjadi pebisnis sukses tentu tidak demikian,sebuah bisnis yang terus tumbuh dan berkembang butuh pengetahuan dan skill serta target yang terarah,disinilah fungsi mimpi terhadap perkembangan peluang bisnis kita nantinya.

Kenapa mimpi di masukan poin awal sebelum kita melangkah jauh atau bertindak pada bisnis yang akan kita jalankan?

Jawabannya adalah dengan bermimpi maka kita akan membentuk bayangan seperti apa keinginana kita terhadap bisnis nantinya.

Dengan demikian kita memiliki gambaran yang sangat jelas dan pada prosesnya mencari jalan bagaimana kita bisa meraih gambaran tersebut menjadi nyata.

Kita bisa saja mengawali sebuah bisnis dari hal yang paling sederhana,namun dengan mimpi kita akan terus berusaha melompat dan mengembangkan bisnis yang sederhana tersebut menjadi apa yang jelas tergambar pada mimpi kita.

Belajar dari banyak pebisnis dari bawah yang telah sukses akan memompa kepercayaan diri kita dan keyakinan yang kuat untuk tetap berjalan pada rel yang telah kita buat tersebut.

Bermimpi juga harus dibarengi  mental tahan banting agar kita bisa bertahan dalam upaya kita mewujudkan pengembangan bisnis.

Syarat memiliki mental tahan banting itu mutlak,kenapa?ini adalah fakta yang harus kita ketahui bahwa hampir semua pebisnis sukses pernah mengalami kegagalan,dan apa yang membedakan pebisnis sukses dengan mereka yang tumbang adalah pebisnis sukses mempunyai mental baja untuk terus bangkit dan memperbaiki apa kesalahanya.

Tentu kita tidak mengharapkan kegagalan,namun harus sadar sebuah bisnis yang baru dijalankan kadang menemui kendala tekhnis yang tidak sesuai dengan yang kita rencanakan.

Itulah kenapa kita perlu mempelajari bagaimana cara bisnis yang mudah dan aman kemudian menciptakan peluang serta bagaimana menghadapi kendalanya.

Ini adalah tekhnik yang saling terkait,setelah kita mempunyai mimpi dan keyakinan kita juga butuh strategi dari cara memilih peluang bisnis yang tepat hingga menangani permasalahan di tengah jalan.Dengan kita mempelajari ini kepercayaan diri dan keyakinan kita semakin kuat.

Keyakinan dan kepercayaan diri adalah faktor penting menumbuhkan mental baja,sebagai perintis sebuah bisnis.

3. Cari Dan Dapatkan Peluang Cara Bisnis Yang Aman

Para pakar bisnis dan orang yang ahli bisnis mempunyai pandangan yang berbeda-beda tentang bagaimana menentukan cara bisnis yang aman.

Ada yang mengatakan mulailah sebuah bisnis sesuai dengan hobi,tujuanya supaya  kita tidak bosan dalam menjalankan bisnis yang kita jalankan.

Menjalankan bisnis yang sesuai hobi memang lebih mengasikan misalkan kita yang suka otomotif bisa membuat bengkel,bagi yang suka memasak mungkin lebih cocok membuat warung makan,dan sebagainya.

Namun apakah semua hobi selalu bisa dijadikan bisnis yang tepat dan aman?sebagai contoh jika anda tinggal di daerah pedesan yang hobinya memperbaiki komputer sehingga anda punya skill yang baik terhadap reparasi komputer.

Saya yakin anda akan berpikir membuka reparasi komputer adalah pilihan yang tepat,namun pada faktanya berapa lama anda harus menunggu bisnis anda berhasil sementara lokasi anda yang berada di daerah pedesaan tidak memiliki populasi yang memadai terhadap konsumen yang harus memiliki komputer sehingga bisnis anda bisa berjalan.

Sementara dengan dana yang terbatas anda barangkali belum punya cukup modal membuka peluang bisnis ini di daerah perkotaan.

Meski sebuah usaha yang anda sukai karena sesuai minat atau hobi,seberapa lama usaha tersebut mampu bertahan jika faktanya bisnis  anda dari sepi konsumen atau pemakai jasa anda?sementara pengeluaran biaya harian,bulanan dan barangkali sewa tempat anda harus anda bayar rutin.

Jika kita mempunyai cadangan dana yang mencukupi mengembangkan usaha sesuai hobi bisa saja menjadi pilihan yang baik,selama prospek jangka panjang akan bisnis tersebut bisa di andalkan.

Namun jika dana minimal cara terbaik yang paling aman adalah mengembangkan bisnis yang sesuai dengan hobi dengan prospek pemakai jasa/konsumen produk kita cukup banyak.

Namun jika prospek sebuah hobi tidak menjanjikan konsumen yang banyak maka sebaiknya kita menganilasa lebih jauh,bisnis yang paling cocok dan aman lainya.

Bisnis adalah sebuah seni permainan yang sangat simpel,selama ada permintaan pasar,selama itu peluang bisnis bisa kita ciptakan.

Singkatnya adalah jika mengibaratkan konsumen adalah pertanyaan maka yang perlu dipersiapkan seorang pebisnis memberikan jawaban.

Pasar/calon konsumen memerlukan apa,membutuhkan layanan apa nah kitalah sebagai calon pebisnis yang harus menyediakan keperluan atau jasa yang dibutuhkan mereka.

Begitu banyak keperluan pasar,begitu beragam jenisnya yang perlu di ciptakan seorang pebisnis cuma satu,memberikan satu saja keinginan pasar maka kita bisa menjadi pebisnis atau pengusaha,ciptakanlah peluang bisnis bukan mencari yang rumit.

Sebagai contoh yang sangat mudah setiap manusia membutuhkan makan,dari kebutuhan ini saja beragam jenis bisnis bisa kita ciptakan.

Beras adalah kebutuhan pokok,jika anda memilih menjadi penjual beras maka sudah dipastikan anda mempunyai prospek yang sangat besar karena semua orang membutuhakan barang ini.

Contoh lain adalah membuka warung di tempat yang padat karyawan atau di daerah wisata,ini juga memiliki prospek peluang bisnis yang bagus kenapa?para karyawan dan daerah wisata yang ramai memerlukan makanan untuk makan siang atau hanya sekedar minum atua membeli jajan di warung kita,meraka tidak punya waktu untuk memasak,mereka para wisatawan sudah menyiapkan dana untuk keperluan makan,hanya sedikit saja para wisatawan yang membawa bekal untuk keperluan ini.

Begitu juga bidang jasa,kita bisa lihat kenapa ada banyak salon di perkotaan kenapa banyak penjual tiket pesawat,mereka memberikan jawaban atas pertanyaan konsumen.

Karena itu ketika kita ingin melangkah membuat sebuah bisnis hal yang perlu diperhatikan adalah mencari tahu seberapa besar konsumen terhadap suatu produk,berapa banyak saingan kita terhadap penyedia produk tersebut.

Simpelnya adalah cari dan pilihlah menjadi penyedia jasa atau produk yang paling di minati atau paling dicari oleh pasar/calon konsumen,maka kita tidak perlu takut pangsa pasar nantinya.

 

Setelah kita membuat serangkain pertanyaan dan survey akan keinginan pasar maka tentukanlah dari sekian banyak pilihan peluang bisnis:

  1. Yang paling cepat berprospek mendatangkan konsumen
  2. Pilih jenis bisnis yang sesuai dengan dana anda,
  3. Jika masih mungkin dia adalah jenis yang anda minati.
  4. Yang paling sedikit pesaingnya.

Jika tidak bisa ketiganya minimal poin 1 dan 2 menjadi pilihan terbaik anda.

Kenapa poin ke 3 tidak dijadikan acuan terpenting jawabanya sudah dijelaskan diatas,sementara poin ke 4 kenapa juga tidak menjadi poin terpenting?

Pada poin ke 4,Yang paling sedikit pesaingnya,kenapa poin ini tidak menjadi penting?Seperti kita ketahui prospek pasar yang baik sudah dapat dipastikan memiliki persaingan yang ketat itu kenapa ketika kita memilih sebuah jenis produk/jasa dengan pangsa pasar yang bagus maka akan banyak dijumpai pebisnis yang lebih dahulu dari kita.

Tugas kita bukan kemudian mengalihkan pilihan jenis lain,karena bisnis pemula dengan prospek konsumen yang kecil akan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam menghasilkan laba ataupun mendatangkan pelanggan.

Meski banyak persaingan selama kita mau mencari strategi yang tepat maka sebuah bisnis baru dengan mudah dapat  masuk sebagai bagian pada pasar bisnis.

Nah untuk lebih jauh mengkaji bagaimana agar bisa masuk ke pasar bisnis yang penuh persaingan ,mari kita lihat pada topik selanjutnya.

4.Bagaimana Cara Memenangkan Persaingan

Untuk bisa memenangkan sebuah persaingan banyak hal yang perlu kita pelajari,namun belum bisa di muat disini karena akan membuat artikelnnya terlalu panjang.Akan dilanjutkan nanti di postingan berikut di kategori BISNIS.

Ada beberapa artikel yang mendukung dan sesuai dengan topik ini silahkan klik linknya dibawah ini:

 

Strategi Antigagal Dalam Memulai Bisnis

 

16 Tips Sukses Bisnis Kecil dan Menengah

 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan