Usaha Pisang Coklat

Usaha Makanan Ringan

Usaha makanan ringan atau snack memiliki peluang yang sangat besar untuk mencapai kesuksesan.

Banyak fakta yang bisa dijadikan bukti bahwa usaha ini bahkan bisa dijalankan siapa saja baik yang bermodal kecil maupun bagi mereka pemain besar dengan modal besar pula.

Tugas kita adalah memilih peluang usaha paling cocok dan prospektif agar usaha dapat dijalankan dengan maksimal.

Tentukan jenis makanan apa yang akan dijual, dan tentukan juga rentang harga produk dengan menyesuaikan segmen pasar yang akan diincar.

Apakah ingin berjualan makanan serba 2000,-an atau mungkin makanan ringan serba 1000,-an atau bahkan serba 500,-an.

Sesuaikan dengan pangsa pasarnya saja supaya jualan Anda akan cepat laku dengan memenuhi kemampuan daya beli dan juga selera konsumen.

Dan bagi yang menyasar segmen lebih tinggi seperti jualan makanan ringan di minimarket maka bisa membuat bisnis dengan kualitas premium dengan harga yang lebih mahal tentunya.

Jika sudah menemukan jenis dan rentang harga produk yang akan dijual maka akan lebih mudah dalam penentuan langkah selanjutnya, seperti penentuan modal, penentuan lokasi usaha, penentuan sistim jualan yang akan dijalankan dan seterusnya.

Disamping pamahaman diatas kita juga harus mengerti beberapa persyaratan dasar dalam menjalankan usaha makanan ringan agar supaya upaya yang akan dijalankan lebih mudah untuk menggapai target yang ingin dicapai.

Apa saja persyaratan yang harus dipenuhi tersebut? berikut ulasan selengkapanya.

1.Kenali Selera Konsumen

Konsumen adalah raja, karenanya agar produk makanan ringan yang akan dijual laku dipasaran, perlu memahami selera mereka.

Kita butuh serangkaian ujicoba pada produk makanan ringan yang akan diproduksi kemudian dibagikan kepada mereka calon konsumen secara acak untuk mendapat kritikan dan masukan untuk mengahasilklan produk akhir yang bisa diterima dengan baik secara umum.

Memang kita tidak bisa memenuhi selera semua konsumen namun jika ada 8 dari 10 orang menyatakan puas itu artinya produk snack Anda bisa dibilang cukup bagus.

Langkah pertama ini sangat penting untuk mendapatkan nilai sebenarnya dari keinginan pasar yang akan kita bidik, sehingga kemungkinan produk laku akan lebih besar.

2.Kuallitas Produk

Siapapun target pasar Anda kualitas produk makanan ringan harus diperhatikan dengan baik.

Rasa yang enak saja belum cukup, perhatikan cara Anda mengemas atau menyajikan, kebersihanya, tampilanya dan seterusnya.

Tentu harga jual akan sangat mempengaruhi dalam kualitas produk, jika Anda bermain pada makanan ringan harga 1000,-an kualitas produk tentu akan berbeda dengan jajan yang mencapai harga diatas 10.000,-an.

Bagaimanapun intinya adalah perhatikan persaingan pasar pada rentang harga yang sama dan kualitas produk Anda harus bisa tampil lebih baik.

3. Penentuan Lokasi Usaha

Lokasi Usaha yang Strategis
Lokasi Usaha yang Strategis

Tergantung bagaimana model bisnis makanan ringan yang akan dijalankan lokasi usaha akan berbeda dan tugas kita adalah menyesuaikan dengan model usaha tersebut.

Jika Anda hanya berbisnis makanan ringan dengan memproduksi saja maka lokasi ideal pada awal usaha cukup di rumah Anda, namun sebaliknya jika Anda lebih memilih berjualan langsung ke konsumen seperti makanan ringan siap saji maka lokasi strategis menjadi hal yang harus diperhitungkan dengan matang.

Lokasi usaha yang sangat strategis akan sangat menentukan kelancaran usaha yang Anda jalankan.

4. Pengaturan Keuangan yang Baik

Arus kas dalam bisnis sering kali tidak diperhatikan dengan seksama, masih banyak pengusaha kecil termasuk mereka yang jualan makanan ringan mencampur adukan uang bisnis dengan uang kebutuhan sehari-hari.

Ini jelas sangat keliru sehingga meskipun usaha Anda memiliki keuntungan yang besar namun pada akhirnya akan kesulitan mendapatkan perhitungan yang tepat tentang perkembangan usahanya, bahkan banyak yang jadi berantakan karena pemakaian uang yang melebihi dari jumlah keuntungan.

Jika ingin memulai usaha maka saatnya mencatat semua arus kas keuangan, baik pengeluaran maupu pemasukan sehingga kita bisa menilai sebarapa baik perkembangkan yang sedang dijalankan.

5.Ikuti Trend Pasar

Tak kalah pentingnya sebagus apapun perkembangan usaha yang sedang dijalankan, kita harus selalu waspada dan tak boleh lengah.

Persaingan usaha selalu ada, dan jenis makanan ringan selalu mengalami perubahan trend.

Disinilah kita harus selalu siap kapan saja jika tiba-tiba dalam waktu singkat penjualan turun drastis, atau jika minat pasar terhadap makanan ringan Anda menurun.

Kita harus selalu paham dengan trend pasar ini, jangan kaku, Anda harus fleksibel dengan trend dan keinginan masyarakat pada produk yang sedang booming.

Mengubah atau beralih pada produk baru bukan hal yang salah asalkan selalu melakukan analisa dan ujicoba resep dan mendengar pendapat calon konsumen.

Dalam memulai usaha makanan ringan pemilihan jenis makanan yanga akan jadi produk Anda harus tepat sesuai dengan kemampuan dan juga minat pasarnya.

Banyak sekali produk makanan ringan yang bisa dijadikan produk bisnis, pilih satu atau dua saja dan fokus pada usaha tersebut hingga berhasil, sebelum kemudian mengambil jenis produk makanan ringan yang lain.

Berikut adalah beberapa produk makanan ringan yag bisa Anda pertimbangkan.

Jualan Aneka Gorengan

Jualan gorengan dengan gerobak sebenarnya sudah menjamur dimana-mana, namun tahukah Anda  jika usaha ini sungguh menarik karena rata-rata pemilik usaha ini selalu sukses dan banyak para pengusaha barupun langsung disambut baik oleh konsumen.

Jajanan ini umunya digoreng langsung digerobak penjualan, seperti tempe goreng, ubi dan singkong goreng, molen dan sebagainya.

Lokasi usaha yang baik adalah berada di daerah yang ramai seperti didepan minimarket, perempatan jalan, dekat pasar, dekat terminal bis dan sebagainya.

Memproduksi atau Jualan Jajan Pasar

Usaha Jajan Pasar
Usaha Jajan Pasar

Jajan pasar merupakan jajan yang terus bertahan dari waktu ke waktu dan jenisnya juga sangat banyak, Anda bisa membuat berbagai variasi jajanan lalu menitipkan penjualnya di pasar atau tempat penjual jajan pasar disekitar Anda.

Membuat donat sederhana atau bisa juga membuat cenil, dadar gulung dan masih banyak lagi jenisnya.

Jenis makanan ringan ini dapat menghasilkan pundi-pundi keuntungan yang cukup baik selama jumlah penjualan cukup banyak.

Harga jajan pasar umumnya pada harga Rp.1000,-2000,-.

Jualan atau Produksi Makanan Ringan untuk Anak

Selain jajan pasar yang sudah tebukti laku, jualan makanan ringan untuk anak juga memiliki prospek baik.

Lokasi usaha jualan bisa di kantin sekolah, warung-warung dan area dimana banyak anak berkumpul seperti alun-alun kota, tempat wisata anak dan sebagainya.

Jenis jajan in juga sangat banyak dan bervariasai seperti; jualan telur gulung, jualan sosis bakar, jualan martabak mini, jualan cilok, jualan gulali rambut nenek, dan lain-lain.

Disamping berjualan sendiri secara langsung Anda juga memiliki peluang untuk membuat jajan anak sendiri dirumah dan kemudian menitipkan hasil olahanya di warung-warung terdekat seperti membuat aneka snack dengan harga murah antara Rp.500.- sampai Rp.2000,- an.

Usaha Jualan Rujak Buah

Jualan Rujak Buah
Jualan Rujak Buah

Rujak buah merupakan jenis makanan khas Indonesia yang memiliki penggemar setia terutama kalangan remaja putri dan ibu muda meski kalangan cowok juga banyak yang menggemari namun jajan asam pedas identik dengan selera cewek.

Jualan rujak tidak memiliki persyaratan khusus Anda bahkan dapat menjalankan usaha ini di depan rumah atau juga membuat warung bongkar pasang di area yang ramai.

Simak cara berjualan rujak buah agar sukses sepeerti pernah dibahas sebelumya.

Jualan Roti Bakar

Usaha Roti Bakar
Usaha Roti Bakar

Roti bakar umumnya diijual pada sore hingga malam hari, karena makanan ini emang paling cocok dinikmati saat malam tiba saat anggota keluarga berkumpul sambil menonton tv.

Untuk membuka usaha makanan ringan roti bakar, Anda perlu menentukan lokasi yang strategis di area yang ramai seperti di depan minimarket, deket alun-aln kota dan sejenisnya.

Simak ulasan yang pernah membahas usaha jualan roti bakar di postingan sebelumnya.

Jualan Siomay

Anda bisa julaan siomay keliling komplek ataupun juga jualan di daerah yang memiliki potensi penjulan banyak seperti area pabrik, dekat sekolah menengah, area perkantoran dan sebagainya.

Produksi Kerupuk dan Keripik

Jualan kerupuk atau keripik dan dikemas menarik lalu dititipkan ke warung-warung bisa dijadikan ide bisnis menarik.

Jenisnya juga sangat banyak ada kerupuk udang, kerupuk ikan, kerupuk kedelai dan sebagainya sementara Anda juga dapat membuat keripik tempe, keripik buah, atau iovasi keripik lain yang menarik calon pembeli.

Masih sangat banyak model dan jenis bisnis usaha makanan ringan yang bisa Anda pilih seperti jualan piscok, jualan, martabak asin dan manis dan Anda hanya perlu analisa sederhana dari berbagai jenis makana ringan tersebut dan kemudian anda jalankan.

Disini hanya dimuat beberapa contoh saja untuk membuka ingatan kita agar dapat mencari ide lain yang sangat banyak.

Semoga bermanfaat.