Usaha Jualan Martabak

Usaha Jualan Martabak

Jualan martabak mungkin terdengar terlalu biasa karena memang usaha ini sudah banyak sekali pemainya.

Namun tahukah sebenarnya peluang usaha jualan martabak baik martabak manis ataupun martabak telor masih memiliki prospek sangat baik?

Yuk kita simak ulasan bagaimana cara jualan martabak ini.

Peluang Usaha Martabak

Memang usaha ini sudah banyak namun karena jenis makanan ini sudah begitu populer dan sangat digemari masyarakat, seakan tidak pernah surut potensi usaha satu ini.

Disamping peluang usaha masih tetap terbuka lebar, usaha ini juga sangat menguntungkan, tidak membutuhkan tempat yang luas, tidak membutuhkan banyak tenaga karywan dan juga resep atau cara pembuatan martabak manis maupun telor relatif mudah untuk dipelajari.

Jadi jika Anda memiliki keinginan untuk memulai usaha martabak ini, maka jangan pernah ragu untuk segera menyusun rencana usaha.

Asalkan di kerjakan dengan serius dan dijalani dengan metode yang tepat maka kesuksesan akan cepat tercapai.

Tips Memulai Jualan Martabak

SebelumAnda memulai usaha jualan martabak akan jauh lebih baik jika Anda membuat perencanaan secara matang bagaimana usaha Anda akan dijalankan, menentukan lokasi hingga rencana promosi harus Anda susun sebaik mungkin termasuk hal tepenting yaitu menguasai resep martabak baik martabak manis maupun martabak asin atau telor dengan sempurna.

Ini juga termasuk rencana penentuan harga yang cocok untuk usaha yang akan jalankan.

1.Pemilihan Lokasi Usaha Jualan Martabak

Lokasi usaha yang strategis untuk usaha martabak sangat berpengaruh terhadap proses kesuksesan usaha Anda.

Karena itu jangan pernah sekedar coba-coba dalam memilih lokasi usaha, ini karena lokasi sangat berperan penting dalam mencapai kesuksesan karena semakin baik lokasi usaha yang Anda pilih maka kemungkinan untuk menjaring pembeli akan lebih besar.

Dengan memilih lokasi yang tepat maka usaha martabak baru sekalipun akan sangat mudah mendapatkan pembeli.

Ketika lokasi usaha sudah yang terbaik sudah Anda dapatkan maka kesuksesan tinggal tergantung Anda sendiri karena kepuasan pembeli Andalah yang akan menentukan.

Lokasi usaha yang disarankan adalah berada di area jantung kota, berada di pusat perbelanjaan malam hari atau berada di tepi jalan jalur teramai di kota Anda.

Pemilihan lokasi untuk usaha martabak sebenarnya relitif lebih mudah karena usaha martabak in tidak memerlukan tempat yag luas, selama Anda dapat menempatkan gerobak untuk jualan maka disitulah Anda bisa mulai berjualan.

Namun bagi Anda yang lebih mengignginkan lokasi yang lebih aman dan strategis lagi maka Anda bisa menyewa tempat parkir pada usaha minmarket atau di area pusat perbelanjaan yang ramai di sekitar wilayah Anda.

2.Kuasai Resep Martabak dengan Sempurna

Jika lokasi usaha terbaik sudah yakin Anda dapatkan maka langkah selanjutnya adalah menguasai resep martabak dengan sempurna.

Karena usaha martabak sangat identik dengan varian martabak manis dan martabak telor, maka sebaiknya Anda membuka usaha ini dengan sajian ke dua menu tersebut.

Mampu membuat martabak enak saja tidak cukup, untuk sukses menjadi pengusaha martabak maka Anda harus benar-benar mampu menghasilkan martabak yang istimewa.

Artinya anda bisa menciptakan resep martabak dengan harga yang sama dengan pesaing namun memiliki kualitas dan rasa yang lebih baik.

Anda tidak perlu menjual martabak lebih murah dari pesaing, namun yang harus Anda lakukan adalah menciptakan sajian martabak yang lebih baik dari segi rasa dan penampilanya.

Bagaimana mungkin Anda bisa menciptakan martabak yang super enak, sementara pengalamana Anda masih minim bahkan mungkin nol?

Ketahuilah apalah artinya Anda membuka usaha martabak dengan segala perjuangan dan modal yang Anda keluarkan jika kemudian hanya ramai sesaat karena pembeli kecewa dengan apa yang mereka dapatkan?

Inilah alasan kenapa Anda mau tidak mau harus belajar dengan sebaik-baiknya untuk menciptkan martabak yang terbaik setidaknya di kawasan Anda sendiri.

Namun bukan berarti membuat martabak terbaik dengan bahan yang melampaui batas sehingga Anda sulit mendapat keuntungan.

Mampu menciptakan menu yang istimewa namun tetap mempertahanakan harga sesuai jangkauan masyarakat sekitar adalah yang dimaksud disini.

Bagaiamana cara belajar untuk menguasai resep-resep ini?

Sementara varian martabak manis saja memiliki banyak jenis, sepeti martabak coklat, martabak keju, martabak pisang+coklat dan berbagai kombinasi dari berbabgai bahan dan topping.

Belum lagi martabak telor yang juga memiliki beberapa varian seperti maratabak telor daging, martabak telor plus ayam, matabak telor plus jamur dan sebagainya.

Belajar terbaik adalah dengan menggandeng partner atau memperkerjakan karyawan yang pernah bekerja sebagai karywan usaha martabak, karena ini akan menghemat banyak waktu.

Anda hanya perlu belajar dari karyawan tesebut lalu membuat variasi pembeda agar terlihat khas baik dari variasi menu maupaun variasi tampilan.

Kesulitan mendapatkan karyawan yang sesuai harapan? Anda tetap bisa kok belajar sendiri dengan cara sering mengunjungi penjual martabak terbaik yang mampu Anda jagkau lalu amati dan tiru bagaiamana Mereka membuat sajian martabak yang dijual.

Anda bisa juga mendapat bantuan dari video youtube atau internet tentang bagaimana cara membuat resep martabak ini.

Sekarang banyak penjual martabak yang menjadi youtuber sehingga mereka mengajarakan cara membuat martabak yang benar tanpa ditutup-tutupi.

Saya yakin setiap orang akan memiliki kepekaan yang berbeda dalam belajar martabak ini, namun apapun kendalanya pastikan bahwa hasil olahan martabak yang akan Anda bisniskan harus sudah sesuai harapan.

Harus enak, berkualitas dan memilik tampilan yang menarik dan memiliki nilai jual.

3.Menentukan Harga Jual Martabak

Ini kadang yang menjadi dilema, bagi Anda yang masih baru dalam menjalani usaha martabak.

Mungkin sebenarnya sudah mampu mengahasilkan martabak yang enak, dan lebih baik dari para pesaing yang ada.

Sayangnya tidak sedikit yang mengeluh karena keuntungan sangat tipis jika harus dijual dengan harga yang sama dengan para pesaing yang ada.

Sebagai pengusaha baru mendapatkan pelanggan yang banyak adalah tujuan awal, Anda mungkin hanya mendapat keuntungan yang sangat kecil namun jika memang martabak hasil kerja Anda istimewa maka ada saatnya nanti ketika usaha ramai maka pelanggan tidak akan keberatan walaupaun Anda menaikan sedikit lebih mahal dari penjual yang lain.

Rasa dan kualitas yang lebih baik akan tetap diburu pelanggan walaupun harga sedikit lebih mahal.

Jadi jangan takut keuntunganya kecil di awal menjalankan usaha, fokuslah untuk mendapat manfaat yang jauh lebih baik dalam jangka panjang.

4. Mencari Karyawan atau Dikerjakan Sendiri?

Mungkin sebagian dari Anda masih bingung apakah harus merekrut karyawan di awal usaha atau cukup Anda kerjakan sendiri karena usaha baru berjalan?

Jawaban untuk pertanyaan seperti ini, Anda sendiri yang bisa menentukan.

Apakah Anda sanggup menjalankan segala urusan penataan, penyiapan jualan martabak sendiri?

Atau mungkin Anda masih canggung dan ragu untuk melakukan semua pekerjaan sendiri?

Merekrut karyawan bukan suatu yang salah selama Anda perhitungkan dengan baik agar tidak menambah beban, namun sebaliknya dapat mempercepat perkembangan usaha Anda.

Namun pilihan lain juga ada yaitu dengan mengajak saudara, teman terpercaya atau istri untuk menjadi tenaga bantuan selama awal-awal usaha Anda.

Dengan tenaga bantuan dari kerabat ini akan memudahkan Anda terutama di awal-awal usaha dimana Anda masih canggung karena belum ada pengalaman.

Pada masanya nanti ketika usaha mulai lancar dan mulai banyak pelanggan Anda dapat mengangkat tenaga bantuan menjadi karyawan tetap Anda dan mendapat gaji sesuai kesepakatan atau mendapat upah komisi dari omset penjualan jika kondisi perdagangan masih belum menentu, tentunya semua tergantung kesepakatan.

5.Persiapan Modal Usaha Jualan Martabak

Lokasi usaha sudah Anda tentukan bahkan mungkin sudah Anda dapatkan, resep terbaik juga sudah Anda kuasai maka kini saaatnya untuk menghitung estimasi modal usaha.

Estimasi modal ini sebenarnya sangat beragam tergantung banyak sekali faktor, namun disini akan coba urai secara garis besar dengan anggaran perkiraan yang pada intinya bisa Anda sesuaikan dengan kondisi keuangan dan juga fakta yang akan Anda hadapi.

Aset Jangka Panjang:

  1. Sewa tempat atau lahan (lahan parkir dsb)    Rp.2.500.000,-/tahun
  2. Gerobak jualan                                               Rp.2000.000,-
  3. Kompor dan gas                                             Rp. 350.000,-
  4. Wajan datar, loyang dan spatula                    Rp. 350.000,-
  5. Set Pisau                                                         Rp.  50.000,-
  6. Peralatan pendukung                                     Rp. 400.000,-

Total Modal Aset Jangka Panjang                       Rp.5.650.000

Biaya Operasional Perbulan

  1. Transportasi                                                   Rp.    200.000,-
  2. Listrik dan Air                                                 Rp.   100.000,-
  3. Retribusi                                                         Rp.     75.000,-
  4. Karyawan                                                        Rp. 1.500.000,-

Total Biaya Operasional Perbulan                       Rp. 1.875.000,-

Anggaran Belanja Bahan Baku Perbulan

Bahan anggaran untuk bahan kita hitung kasar adalah Rp.400.000,-/hari sehingga dalam sebulan diperlukan

Total biaya Rp.400.000,- x 30 = Rp. 12.000.000,-

Perhitungan diatas bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, dan dana.

Sementara pengeluaran perbulan akan terus berputar karena ada pemasukan setiap harinya.

Jadi dalam mempersiapkan modal tidak harus sebesar apa yang dituliskan di atas karena pada intinya akan ada pemasukan harian dari hasil penjualan yang akan terus berputar.

6.Pembukuan Keuangan

Penting sekali untuk selalu memanajemen keuangan dengan baik, karenanya buatlah catatan pemasukan dan pengeluaran dengan baik, agar usaha jualan martabak Anda dapat terpantau apakah mendapat keuntungan yang baik atau justru menderita kerugian.

Dari hasil pantauan keuntungan dan kerugian maka kita dapat mengevaluasi apa yang perlu diperbaiki.

Apakah perlu perbaikan penambahan variasi jualan martabak atau mungkin perlu meningkatkan promosi yang selama ini dianggap masih kurang atau mungkin mengadakan diskon menarik.

7.Promosi Usaha

Seperti disinggung tadi promosi usaha maratabak Anda merupakan langkah awal yang harus Anda pikirkan bahkan jauh sebelum usaha Anda buka.

Anda bisa menceritakan tentang rencana usaha Anda kepada rekan atau saudara agar mendapat respon serta dukungan dari mereka tentunya.

Disamping itu upaya promosi dapat Anda jalankan dengan memenfaatkan media sosial seperti faceboook, instagram, hingga promosi di grup whatsapp milik Anda.

Bagaimana cara menjalankan promosi bisnis lewat sosia media silahkan baca disini.

Semoga bermanfaat.