Usaha Jualan Gorengan

Usaha Aneka Gorengan

Meski usaha jualan gorengan sudah sangat banyak namun faktanya peluang ini masih sangat mungkin untuk dikembangkan.

Memang usaha jualan gorengan ini sepintas terlihat sepele, namun tahukah bahwa ternyata keuntunganya cukup menggiurkan selama usaha tersebut dijalankan dengan baik.

Alasan utama untuk menjadikan ini sebagai ide bisnis adalah karena peminat gorengan di Indonesia sangat besar.

Artinya Anda bisa menjalankan usaha ini didaerah mana saja, selama lokasinya strategis maka kemungkinan untuk berhasil sangat tinggi.

Namun begitu potensi sukses sebuah usaha harus juga dibarengi dengan strategi yang tepat karena banyak faktor yang akan mempengaruhi jalanya sebuah usaha.

Nah, berikut akan dibahas apa saja yang seharusnya diperisapkan sebelum memulai usaha jualan aneka gorengan.

Kuasai Resep Jenis Gorengan yang Akan Dijual

Hal utama yang sangat wajib adalah menguasai dengan baik resep dan cara memasak  menu jualan gorengan.

Tentukan terlebih dahulu jenis gorengan apa saja yang akan dijual, pilih jenis gorengan yang paling populer dan memiliki profit keuntungan lumayan.

Beberapa jenis gorengan yang sangat populer adalah:

  • Keripik tempe
  • Singkong goreng
  • Ubi jalar goreng
  • Pisang goreng
  • Tahu goreng
  • Bakwan
  • Cireng ( Aci goreng)
  • Piscok
  • Kue molen pisang
  • Dan lain-lain

Semakin lengkap menu jualan gorengan yang dijual maka akan semakin menarik bagi calon pelanggan untuk membeli dagangan kita.

Jika Anda masih benar-benar baru dan belum memiliki pengetahuan bagaimana cara berjualan gorengan ini, sebaiknya pelajari dahulu dasar-dasar cara berjualan terlebih dahulu baru setelah Anda yakin sanggup menjalani usaha ini maka kemudian mempelajari menu dan cara memasak gorengan yang baik dan menghasilkan gorengan layak jual minimal setara dengan kualitas gorengan yang dijual pada umumnya.

Lakukan ujicoba resep yang telah Anda pelajari satu persatu, misalkan membuat keripik tempe yang enak dan gurih, baru setelah yakin berhasil baru mempelajari menu gorengan lain seperti disebut pada contoh diatas.

Lokasi Usaha

Penentuan lokasi usaha menjadi faktor penting berikutnya untuk mempercepat keberhasilan dalam memulai usaha jualan aneka gorengan ini.

Memang Anda bisa saja menggunakan strategi berpindah tempat dengan menggunakan gerobak dorong saat berjualan sehingga lokasi usaha akan berpindah-pindah.

Namun demikian penentuan titik lokasi utama yang akan dijadikan pangkalan akan memudahkan saat usaha sudah akan dijalankan.

Perhatikan lokasi strategis seperti area terminal bis, persimpangan jalan ramai, dan area pasar atau bisa juga menyewa lahan parkir minimarket tertentu.

Pastikan lokasi yang akan dijadikan titik utama berjualan selalu ramai calon pembeli, dan sebisa mungkin minim persaingan usaha sejenis.

Baca Juga: Usaha Warung Sembako Sederhana

Persiapan Peralatan

Jangan menunda, jika sudah yakin menguasai resep dengan baik dan sudah melakukan ujicoba dan hasilnya bagus, serta telah berhasil menentukan lokasi usaha yanga akan dijadikan tempat jualan.

Maka Anda sekarang menyiapkan peralatan yang diperluakan, besarnya anggaran yang diperlukan akan sangat bervariasi tergantung model usaha jualan yang akan dijalankan.

Setidaknya kita perlu meyiapkan dana antara 5 – 10 juta untuk membeli peralatan dan modal usaha.

Jika ingin berjualan berpindah-pindah maka kita memerlukan gerobak yang bisa dengan mudah dibawa berkeliling.

Jika ingin berjualan di satu tempat maka Anda bisa sedikit berhemat karena tidak memerlukan gerobak, Anda cukup menggunakan meja dan kursi dan menjual gorengan di area yang teduh seperti emperan ruko yang strategis dan seterusnya.

Buat catatan untuk membeli peralatan yang dibutuhkan seperti kompor, wajan , mampan ,ember dan berbagai keperluan lainya.

Jika membuat gerobak pastikan pembelian peralatan seperti kompor dan wajan disesuaikan dengan kebutuhan model gerobaknya, atau bisa juga memesan gerobak gorengan kepada ahlinya lengkap dengan kompor yang sudah terpasang.

Jika masih awam sebaiknya lakukan peneletian sederhana dengan banyak bertanya kepada pengusaha sejenis untuk memastikan Anda dapat memesan atau berbelanja peralatan di tempat yang tepat dan mendapat harga yang bagus.

Ingat, buat catatan seperlunya agar semua kebutuhan yang diperlukan tercatat dengan baik.

Memulai Usaha Jualan Aneka Gorengan

Jika semua persiapan diatas sudah siap maka sekarang saatnya untuk mulai menyiapkan jualan aneka gorengan Anda.

Jika Anda masih benar-benar baru dan tidak memiliki pengalaman jualan sebelumnya makan akan sangat baik jika Anda mengajak sauadara atau teman untuk membantu setidaknya pada 2 atau 3 hari pertama.

Dengan memiliki teman akan memunculkan semangat dan percaya diri yang baik, tentu pilih orang yang dapat memberikan dukungan positif terhadap usaha yang dijalankan agar semuanya berjalan dengan baik.

Persiapkan semua bahan adonan dan bahan gorengan dengan rapi, untuk memudahkan proses penggorengan saat berjualan.

Pada awalnya mungkin akan terasa ribet dan repot karena harus memasak sekaligus melayani pembeli apalagi jika usaha tersebut langsung mendapat respon pembeli yang ramai.

Inilah fungsi tenaga bantuan pada awal usaha agar saat berjualan Anda tidak kewalahan.

Sebaliknya kalaupun usaha Anda mungkin sepi pada awal permulaanya maka dengan adanya kawan yang menemani ini dapat memberikan dukungan yang akan membantu menguatkan mental dagang Anda.

Pada awal usaha sebaiknya jual barang dengan jumlah sedikit terlebih dahulu namun jenis gorenganya usahakan lumayan lengkap.

Ini bertujuan untuk menghindari kerugian karena kita belum tahu pasti bagaimana kondisi penjualan pada tahap awal ini.

Tentukan waktu jualan, apakah ingin berjualan dari pagi hingga sore hari atau jualan dari sore hingga malam hari, perhatikan situasi keramaian area tersebut dan konsisten tepat waktu saat memulai usaha Anda, agar pelanggan akan lebih mudah menemukan jualan Anda karena sudah paham jadwal operasi usaha yang Anda jalankan.

Semoga bermanfaat.