Usaha Jajan Pasar

Peluang Usaha Jajan Pasar

Jika Anda memiliki hobi sekaligus pandai memasak olahan jajanan tradisional atau jajan pasar, maka postingan ini sangat cocok untuk Anda.

Kita tentu tahu jajan pasar sudah terbukti dari jaman dulu selalu laku di pasaran dan tidak pernah kalah pamor dengan gempuran makanan modern yang kian bervariasi.

Salah satu alasan kenapa jajan pasar tetap menjadi kegemaran kebanyakan masyarakat adalah karena harga jual yang murah dengan rasa yang tidak kalah dengan kue-kue kekinian bahkan jajan dari luar negeri sekalipun.

Bagaimana cara memulai usaha jajan pasar ini? sebenarnya banyak metode yang bisa Anda lakukan seperti jualan online, jual di pasar, atau bisa juga menyewa kios dan menjualnya disana.

Namun bagi Anda yang baru ingin memulai usaha jajan pasar maka tidak harus ribet mencari lokasi usaha ataupun menjualnya sendiri yang akan memakan waktu untuk medapatkan pelanggan.

Metode yang paling mudah namun menjanjikan adalah membuat jajan pasar lalu menitipkanya pada mereka yang berjualan khusus jajan pasar atau bisa juga di warung-warung yang pelangganya banyak.

Cara ini jauh lebih mudah dan Anda hanya fokus untuk membuat jajan tersebut, dan biarkan merekan yang ahli berjualan menjualkan dagangan milik Anda.

Lantas bagaimana dan trik apa saja agar peluang usaha jajan pasar denga sistim dititipkan ini sukses?

Tentukan Beberapa Jenis Jajan Pasar Paling Laku dan Menguntungkan

Hal terpenting dari usaha ini adalah pemilihan beberapa jenis jajan pasar yang paling laku di daerah Anda, lalu kuasi resep dan buat jajan pasar dengan kualitas dan rasa yang baik.

Beberapa contoh jajan pasar populer diantaranya adalah kue lapis, kue klepon, kue getas, donat, dan sebagainya.

Untuk menguasai resep ini, Anda bisa belajar dari ahlinya atau Anda bisa menyimak cara pembuatan resep-resep tersebut dari youtube.

Saya yakin  banyak orang yang tahu cara membuat klepon, tapi hanya sedikit dari mereka yang mampu menghasikan kue klepon yang layak jual dan mampu bersaing di pasaran.

Begitupun dengan resep lain, kuasai dengan sempurna beberapa resep jajan tersebut lalu buat dengan kualitas terbaik untuk bersaing di usaha jajan pasar.

Ujicoba Resep

Setelah yakin Anda menguasai resep yang hendak Anda bisniskan maka saatnya melakukan serangkain ujicoba dan memberikan kepada saudara dan teman untuk mendapat penilaian jujur dari mereka.

Anda harus terbuka dan mau menerima masukan tentang kualitas dan rasa dari hasil ujicoba ini untuk mendapat hasil terbaik dengan memperbaiki kualitas dan rasa dari masukan yang Anda terima.

Jangan lupa juga tanyakan kepada mereka harga yang cocok atau pas untuk produk yang Anda uji tersebut.

Jika Anda sudah yakin dengan hasil uji coba maka buatlah resep baku milik Anda dan catat secara detail resep tersebut, tujuanya agar Anda selalu membuat resep dengan kualitas dan rasa yang tidak berubah-ubah.

Jalankan Usaha Secara Bertahap

Setelah yakin dan mantap dengan hasil tahap ujicoba resep beberapa produk jajan pasar maka sekarang saatnya untuk memulai usaha Anda, mulailah secara bertahap dan hindari nafsu untuk langsung berbisnis dengan modal besar.

Tahap awal memulai usaha ini merupakan fase penjajakan apakah produk Anda dapat diterima pasar dan mampu bersaing dengan produk sejenis atau belum.

Jika respon pembeli masih kurang bagus, Anda mesti bersabar karena banyak kemungkinan  yang bisa terjadi, apakah karena pembeli pada umumnya belum mengenal atau memang mungkin harga jual produk Anda terlalu mahal.

Perbaiki semua kekurangan dan terus kuasai berbagai permasalahan yang bisa jadi tidak pernah teduga sebelumnya.

Namun ketika usaha jajan pasar yang Anda jalankan langsung disambut dengan antusias, ini merupakan berita bagus yang pasti akan makin meningkatkan semangat Anda.

Meski begitu bukan berarti Anda menjadi lupa diri dan langsung membesarkan modal usaha tanpa perhitungan.

Berbagai penyebab yang menyebabkan langsung ramai bisa jadi karena memang produk Anda sangat istimewa, namun bisa jadi produk Anda laku keras karena konsumen penasaran dengan jajan pasar yang Anda tawarkan.

Karenanya tetap harus menjalankanm usaha secara normal dengan peningkatan kuantitas secara bertahap , sambil menunggu dan memastikan bahwa usaha jajan  pasar Anda memang benar-benar diterima oleh masyarakat.

Pilih Penjual yang Memiliki Banyak Langganan

Karena pada pembahasan kali ini kita berbicara bisnis jajan pasar dengan cara dititipkan, maka hal peting berikutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan memilih penjual-penjual yang ramai pelanggan.

Dengan begitu produk jajan milik Anda akan memiliki kemungkinan laku dipasaran apalagi jika mampu memberikan harga, rasa dan kualitas yang terbaik.

Jaga Kualitas dan Harga Produk

Sudah rahasia umum pembeli selalu mengharap produk makanan yang mereka beli harus enak dan semurah mungkin.

Kualitas dan harga memang harus dijaga agar mampu bersaing di pasaran agar selalu menang dalam persaingan pasar.

Bersikap Baik dan Jujur Terhadap Pelanggan

Salah satu sikap jujur dalam berbisnis terhadap konsumen merupakan pondasi kuat untuk menjaga kepercayaan pelanggan dengan usaha yang Anda bangun.

Ketika pelanggan atau konsumen sudah mempercayai usaha kita maka Akan ada promosi gratis dari pelangggan Anda itu sendiri.

Mereka akan dengan suka rela merekomendasikan usaha Anda kepada orang lain.

Terus Berinovasi dan Kembangkan Usaha

Jangan pernah merasa puas dengan pencapain yang Anda buat.

Terus berinovasi dan mengembangkan usaha ke level berikutnya.

Apalagi jika orang sudah mulai mengenal produk Anda dan sudah mampu mendatangkan banyak pelanggan, kemungkinan order langsung ke tangan Anda akan berdatangan bahkan pada saatnya akan mampu membuat jajan pasar sekaligus menjual sendiri.

Ini karena banyak orang yang akan mendatangi Anda dan berharap mendapat harga terbaik dibandingkan membeli kepada penjual dimana Anda menitipkan dagangan tersebut.

Mulailah untuk mengembangkan usaha lebih baik dengan berjualan online, membuat toko jajan sendiri dan sebagainya.

Nah mudah bukan untuk menajaki peluang usaha jajan pasar?