Pahami Cara Jualan di eBay Agar Cepat Sukses

Cara jualan di ebay

Tips Cara Jualan di eBay

Bagi Anda yang ingin menjual produk ke luar negeri secara online, cara berjualan di eBay ini bisa menjadi panduan.

 

Bagi para penjual produk online yang ingin memperluas target pasarnya ke luar negeri, sudah saatnya Anda berjualan situs marketplace ternama di dunia, eBay. Situs ini tak pernah sepi pengunjung dari berbagai belahan dunia bahkan pengunjungnya mencapai 181 juta orang setiap hari. Meskipun merupakan situs jual beli dari luar negeri, membuka toko online di eBay tidaklah sulit. Berikut cara jualan di eBay yang harus Anda ketahui.

 

Mendaftarkan Diri Jadi Penjual

eBay mengelompokan pengguna jasanya berdasarkan lokasi Negara tempat mereka tinggal. Karena itu, untuk menggunakan eBay, pastikan Anda terhubung dengan laman khusus yang tersedia di negara Anda. Jika Anda yang merupakan pengguna asal Indonesia, Anda bisa mengakses laman http://www.id.ebay.com. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

1. Setelah masuk ke laman utama eBay, pilihlah opsi “Sign In” yang ada di bagian atas laman.

2. Kemudian, wajib untuk melengkapi data yang diminta, mulai dari nama, alamat email, serta kata sandi. Anda juga harus memilih nama pengguna dalam tahap ini.

3. Pihak eBay akan mengirimi email untuk mengonfirmasi akun Anda. Klik tautan tersebut dan akun personal Anda pun bisa langsung digunakan.

4. Bila Anda merupakan penjual profesional dan telah memiliki perusahaan, sebaiknya Anda membuat akun untuk bisnis.

5. Untuk mendaftar, pilih opsi ‘Start a business account’. Kemudian lengkapi data-data yang diminta eBay.

6. Setelah itu, Anda harus mengatur informasi pembayaran. eBay menawarkan beberapa opsi pembayaran baik untuk penjual dan pembeli. Namun, hingga kini yang banyak digunakan adalah PayPal.

7. Bila tak memiliki akun PayPal, eBay juga melayani proses pembayaran melalui bentuk lain. Misalnya menggunakan ProPay, Skrill, serta kartu debit/kredit penjual yang sudah dapat digunakan di internet.

8. Setelah semua informasi yang diminta terpenuhi, Anda bisa memulai aktivitas menjual produk di eBay.

 

Memilih Produk yang Dijual

Setelah resmi memiliki akun eBay, sebaiknya pelajari dengan saksama mengenai aturan berjualan di eBay. Informasi ini tertera di laman utama dan bisa diakses dengan mudah. Selanjutnya lakukan persiapan berikut sebelum mulai berjualan.

Lakukan riset pasar

Sebelum menentukan jenis produk yang akan Anda jual, lakukanlah riset pasar di eBay. Mulailah dengan membuka laman barang populer di eBay.  Amati lelang yang sudah berakhir.

Informasi ini dapat membantu Anda melihat berapa banyak suatu produk yang sudah terjual, kapan waktunya terjual, serta berapa harganya. Anda juga dapat memanfaatkan fitur kotak pencarian eBay. Centang pada pilihan ‘Sold listings, atau ‘Completed listings’. Bila menginginkan hasil riset yang lebih akurat, Anda bisa menggunakan fitur khusus seperti Terapeak dan Vendio.

Pahami Aturan

eBay memiliki aturan super ketat untuk melarang penjualan beberapa item produk. Barang-barang ilegal seperti organ tubuh manusia, hewan yang masih hidup, serta layanan prostitusi tidak dapat diperdagangkan. Beberapa lini seperti barang-barang khusus untuk memenuhi kebutuhan seksual misalnya, masih bisa Anda jual. Namun hanya bisa diakses oleh golongan tertentu saja.

Lakukan Uji Coba

Untuk memperkecil risiko kerugian, Anda bisa menjual barang-barang yang telah Anda miliki kini. Bagi para pemula, memasang banyak item produk merupakan tindakan yang berisiko tinggi. Anda bisa menjual barang-barang bekas yang ada di rumah. Lakukan uji coba cara jualan di eBay sebelum menjual banyak barang lainnya.

 

Metode penjualan di eBay

Sebagai penjual, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana metode penjualan barang di eBay. Hingga kini terdapat dua metode yang biasa dilakukan yakni:

• Lelang online

Proses lelang dapat berlangsung antara 1-10 hari. Pada saat-saat tertentu, Anda dapat menaikkan harga barang karena pembeli saling berkompetisi untuk menawar dengan harga tertinggi. Cara ini cocok bila Anda memiliki barang yang banyak dicari orang. Misalnya, jersey Manchester United edisi khusus. Cara ini juga cocok digunakan jika Anda belum mengetahui berapa harga barang yang akan dijual.

• Buy it Now

Bila Anda memilih metode ini, maka barang yang Anda jual tak akan lagi mengalami perubahan harga. Jadi setelah pembeli menyelesaikan proses pembayaran, barang akan langsung dikirimkan. Barang yang telah terjual bisa langsung dikirimkan. Metode ‘Buy it Now’ sesuai digunakan untuk menjual barang-barang yang kerap dibeli konsumen. Misalnya, baju atau sepatu.

Baca Juga: Cara Jualan di Shopee Agar Cepat Sukses

Baca Juga: Cara Jualan di Bukalapak Agar Laris Manis

 

Tips Sukses Berjualan di eBay

Karena merupakan market place yang penjualnya berasal dari seluruh penjuru dunia, Anda harus memainkan strategi agar produk dagangan Anda cepat laku. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan.

• Membuat Iklan yang Menarik

Agar banyak orang tertarik pada iklan produk yang Anda buat, berikanlah judul yang menarik dan lengkap. Karena judul iklan dibatasi dengan jumlah karakter, maka gunakanlah kata kunci yang tepat sasaran dan kemungkinan banyak dicari melalui mesin pencari. Hindari pemakaian kata-kata rayuan seperti sempurna atau menakjubkan.

• Gunakan Foto Berkualitas

Bila Anda menampilkan foto yang memperlihatkan kondisi produk jualan dalam kondisi baik, maka calon konsumen akan semakin tertarik. Untuk mendapatkan foto yang baik, aturlah sudut pengambilan yang sesuai serta gunakanlah pencahayaan yang baik. Bila ada bagian produk yang cacat atau rusak, jangan dilewatkan. Calon pembeli cenderung lebih percaya kepada para penjual yang jujur.

• Beri Harga yang Relevan

Meskipun berniat menarik perhatian pembeli, tak berarti Anda harus banting harga gila-gilaan. Perhitungkan berapa modal yang Anda keluarkan untuk produk tersebut, berapa lama waktu penjualan, biaya tambahan di eBay, serta ongkos kirim.

 

Dengan mengetahui cara jualan di eBay ini Anda bisa dengan mudah mengatur rencana untuk meraup banyak keuntungan. Jangan tunggu lama lagi segeralah mendaftarkan diri di eBay.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *