Menyusun Daftar Barang Warung Sembako Pertama Anda

Barang Dagangan Warung Sembako

Gambar oleh Mohamad Trilaksono dari Pixabay
Menyusun Daftar Barang   Warung Sembako Anda

Jika Anda sudah yakin dan perencanaan membangun usaha warung sembako sudah matang maka hal pertama yang paling umum di pikirkan adalah menyusun barang dagangan atau barang jualan.

Jika perencanaan usaha belum Anda susun silahkan baca artikel tentang usaha toko sembako yang diposting sebelumnya.

Bagi Anda yang memiliki modal besar penyusunan daftar barang sembako jualan bisa langsung lengkap sesuai kapasitas toko sembako yang telah disiapkan.

Nah, bagi yang memiliki modal terbatas bisa jadi usaha Anda masih sangat kecil atau masih sedang karena keterbatasan dana, maka perlu perencanaan lebih teliti memilih daftar barang sembako mana yang harus disiapkan untuk jualan terlebih dahulu.

Susun barang jualan warung sembako Anda dengan baik.

Utamakan Barang Sembako Paling Dicari

Dalam rencana penyusunan daftar barang warung sembako buat daftar catatan dengan mencari tahu barang apa saja yang paling dicari pada urutan pertama dan menyusun sesuai kategori.

Buat kategori makanan, kategori alat mandi, dan seterusnya.

Jika masih bingung karena keterbatasan pengetahuan tentang barang yang paling laku dan paling dicari maka coba untuk mencari teman atau saudara yang berjualan sembako agar menularkan ilmunya dan kemudian buat catatan penting,

Namun harus diingat keadaan keuangan yang berbeda maka hasilnya juga akan berbeda mungkin akan lebih sedikit jumlah daftar barang yang akan di jual atau lebih banyak.

Disini tidak akan di sebutkan merk apa saja yang harus dijual karena umumnya beda lokasi akan beda dan jenis barang yang lakupun berbeda menyesuaiakan dengan kemampuan daya beli masyarakat sekitar.

Sebagai contoh saja dari daftar peralatan mandi akan dijabarkan menjadi sabun mandi, pasta gigi, shampo dan seterusnya kemudian dari masing-masing item misalkan saja akan ditemui jenis sabun mandi batangan dan sabun mandi cair dari sabun mandi batangan saja terdapat banyak sekali merk yang berbeda dengan rentang harga yang berbeda pula.

Maka kemudian tugas kita adalah menyusun daftar merk paling laku per item hingga merk yang jarang dicari.

Ketika keadaan keuangan untuk modal usaha warung sembako sangat terbatas sebaiknya centang beberapa item paling atas atau paling laku di area Anda untuk di beli terlebih dahulu.

Namun sebelum melakukan cheklist mana yang akan didahulukan sebaiknya susun terlebih dahulu daftar jualan yang akan direncanakan dari keperluan makanan sepert beras, jajan anak hingga keperluan lain seperti menjual gas elpiji dan seterusnya hingga tuntas.

Perbanyak Keragaman Barang Bukan Jumlah Stok Barang

Ketika uang modal tidak masalah maka memiliki jumlah stok pada barang yang laku dan tahan lama merupakan pilihan tepat karena umumnya pembelian jumlah barang dalam jumlah banyak akan lebih murah.

Disamping itu barang dagangan sembako memiliki trend kenaikan harga dari waktu ke waktu.

Baca Juga:

Namun bagi Anda yang memiliki dana terbatas tentu ini akan menyita anggaran sehingga barang dagangan warung sembako Anda tertumpu pada item tertentu dan berakibat keragamanya menjadi lebih sedikit.

Meyiasati hal tersebut maka usahakan beli barang dagangan dalam jumlah lebih sedikit namun memiliki keragaman yang lebih lengkap sehingga warung atau toko sembako Anda akan terlihat komplit.

Tidak ada yang salah kalaupun Anda harus setiap hari ke toko grosir sembako untuk memenuhi keperluan kelengkapan jualan namun usaha terus berjalan dan lebih berpotensi banyak pelanggan karena koleksi keragaman barang jualan yang ditawarkan.

Nah bagi anda yang memiliki modal menengah maka saya menyarankan menyetok barang jualan pada item yang memiliki perpuataran lebih cepat dan tahan lama dengan jumlah lebih banyak dari barang lain.

Bgaimana apakah Anda sudah siap menyusun barang jualan warung sembako Anda hari ini?

Jangan menunda lagi lakukan sekarang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *